IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi
Page Hits Counter

Kamis, 25 Januari 2018

Sebab Flek Hitam

Flek Hitam - Sebab, Gejala, Dan Pengobatannya - BiriBisi
Daftar Isi
Bab I        : Definisi Flek Hitam
Bab II       : Sebab Flek Hitam
Bab III      : Gejala Flek Hitam
Bab IV       : Pengobatan Flek Hitam Dengan Obat Alami
Bab V        : Pencegahan Flek Hitam

Bab II
Sebab Flek Hitam - BiriBisi
Flek hitam tidak timbul begitu saja tanpa sebab. Banyak faktor yang menyebabkan timbulnya flek hitam, mulai dari yang sebetulnya mudah dihindari sampai yang sangat sulit untuk dihindari. Berikut ini beberapa penyebab flek hitam yang perlu kita ketahui:
1. Sisa Facial
Melakukan facial agar sel-sel kulit mati pada wajah bisa tereksfoliasi merupakan hal yang biasa dilakukan oleh seorang perempuan. Karena hal itu dapat membuat wajahnya terlihat lebih bersih dan lebih menarik.

Akan tetapi, tidak jarang setelah pemakaian krim atau lotion pada wajah, bekas-bekasnya masih tertinggal, karena tidak dibersihkan secara sempurna. Padahal hal itu dapat menyebabkan peradangan pada kulit, karena didalamnya terkandung berbagai macam bahan kimia.

Zat kimia yang tertinggal pada lapisan kulit ini cukup berbahaya, karena bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif dan menjadi lebih cepat terbakar oleh sinar matahari langsung.

Apabila hal tersebut membuat terjadinya peradangan, maka untuk mengatasinya kita bisa mengoleskan minyak bayi atau krim yang mengandung hydrocartosine pada daerah yang mengalami peradangan secara rutin, setidaknya 3 hari secara berturut-turut, atau mengatasinya dengan obat alami yang akan saya sebutkan pada Bab IV: Pengobatan Flek Hitam. 

Dan ketika kulit dalam keadaan super sensitif seperti ini, maka sebaiknya kita juga tidak menggunakan toner atau scrub wajah, karena kandungannya terlalu keras untuk kulit wajah yang sensitif, sehingga justru akan memperparah keadaan.

2. Kosmetik Yang Mengandung Lemon
Tanpa disadari, kosmetik yang mengandung lemon dapat menyebabkan kulit menjadi belang dan berujung pada munculnya hiperpigmentasi (flek hitam). Kenapa bisa begitu? Ternyata, lemon atau jeruk nipis mengandung berbagai macam zat yang dapat menyebabkan reaksi phototoxic, yaitu suatu reaksi yang terjadi ketika kulit terpapar sinar UV, sehingga menyebabkan kulit lebih cepat terbakar atau menjadi belang.

3. Penyakit Kulit
Salah satu penyebab flek hitam adalah penyakit kulit. Namun tidak semua penyakit kulit menjadi penyebab timbulnya flek hitam, hanya beberapa saja. Karena itu, alangkah lebih baiknya jika anda mengetahui jenis-jenis penyakit kukit tersebut, agar anda bisa lebih waspada. Berikut ini daftar penyakit kulit yang menjadi penyebab timbulnya flek hitam:

  • Melasma
Penyakit kulit yang satu ini menyebabkan timbulnya flek berwarna keabuan yang biasanya menyerang daerah tertentu, seperti dahi, pipi, serta area sekitar mulut dan hidung. Penyakit ini juga bisa menyerang daerah tubuh yang sering terpapar sinar matahari, seperti bahu atau siku.


  • Linea Fusca
Garis-garis halus yang biasanya mulai muncul pada wanita yang telah memasuki usia paruh baya ini juga berujung pada timbulnya flek hitam.


  • Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH)
Daerah wajah yang dulunya terdapat luka akan lebih sensitif daripada daerah wajah yang tidak pernah ada luka sebelumnya dan hal ini menyebabkan daerah wajah tersebut lebih cepat untuk terbakar.


  • Porki Loderma or Civatte
Penyakit kulit ini cenderung menyerang daerah leher karena merupakan bagian wajah yang sering terpapar sinar matahari. Penyakit kulit yang satu ini akan menyebabkan noda yang berwarna kemerahan atau merah kecoklatan.


  • Riehl’s Melanosis
Penyakit kulit yang satu ini akan menimbulkan noda berwarna keabuan atau kecoklatan pada wajah akibat hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi ini bisa disebabkan oleh terlalu lama terpapar sinar matahari atau karena menggunakan berbagai produk kecantikan yang menyebabkan kulit menjadi super sensitif.

4. Konsumsi Obat Tertentu
Terdapat beberapa obat yang sangat efektif untuk mengatasi berbagai macam penyakit tertentu, namun sayangnya obat-obatan tersebut dapat menyebabkan timbulnya flek hitam pada wajah. Hal itu bisa terjadi, karena kandungan yang terdapat pada obat tersebut akan tertimbun pada lapisan kulit dermis, kemudian memicu timbulnya hiperpigmentasi.

Proses pembentukan flek hitam bisa semakin cepat jika si pengguna obat sering terpapar sinar matahari secara langsung karena kulitnya sedang dalam kondisi yang sensitif. Proses ini juga lebih cepat dari pada mereka yang sedang tidak mengkonsumsi obat tertentu, bahkan walaupun mereka tidak menggunakan tabir surya sekali pun. 

Berikut ini beberapa obat-obatan yang kemungkinan dapat menyebabkan flek hitam:

  • Estrogen

Obat yang digunakan untuk menyeimbangkan hormon ini biasa dikonsumsi pada ibu hamil atau wanita yang sudah mengalami menopause.

  • Tetracyclines

Antibiotik yang satu ini biasa digunakan untuk mengatasi jerawat atau mengalami rosacea.

  • Amiodarone

Obat yang satu ini cenderung digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan jantung dan juga untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

  • Phenytoin

Obat ini biasa digunakan oleh penderita epilepsi dan cenderung menimbulkan flek hitam pada wajah dan daerah tubuh lainnya.

5. Bekas Jerawat
Seperti yang kita tahu, timbulnya jerawat membuat penampilan kita menjadi kurang menarik dan sayangnya tidak jarang jerawat menimbulkan bekas pada wajah kita. Bekas jerawat ini juga bisa memicu timbulnya permasalahan kulit lainnya, yaitu timbulnya flek hitam. Selain jerawat, komedo juga bisa memicu timbulnya flek hitam pada beberapa daerah wajah, seperti pada dahi, pipi, atau leher. Selain itu, jerawat juga menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif daripada biasanya sehingga kulit akan lebih mudah terbakar dan teriritasi akibat paparan sinar matahari.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Bekas Jerawat.

6. Paparan Sinar Matahari
Kulit yang terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama atau secara terus menerus dapat menyebabkan warna kulit menjadi belang atau timbul flek hitam. Hal ini sebenarnya dapat kita hindari dengan hanya melakukan satu hal yang praktis, yaitu menggunakan tabir surya saat bepergian, sehingga kulit akan lebih terlindungi dari paparan sinar matahari.

7. Penggunaan Scrub
Menggunakan scrub secara rutin adalah salah satu pilihan perawatan wajah yang praktis dilakukan, karena bahan utamanya mudah didapat. Namun, tahukah anda jika kita terlalu sering menggunakan scrub justru dapat menimbulkan permasalahan kulit, lebih tepatnya bisa menyebabkan timbulnya flek hitam?!

Itu, karena kandungan yang terdapat pada scrub cenderung terlalu keras bagi kulit, sehingga dapat menyebabkan terjadinya peradangan dan dapat meningkatkan produksi melanin. Kondisi seperti ini tentu saja akan memperburuk keadaan flek hitam yang sudah muncul pada kulit atau justru membuat flek hitam semakin menyebar alias semakin banyak.

8. Perubahan Hormon
Perubahan hormon khususnya peningkatan produksi estrogen dan proyesterone biasa terjadi pada ibu hamil atau ketika seorang perempuan mengkonsumsi pil KB. Kondisi hormon yang tidak seimbang ini cenderung akan lebih cepat menimbulkan flek hitam pada daerah tertentu dalam.

9. Usia
Usia seseorang juga bisa menjadi penyebab munculnya flek hitam. Semakin bertambahnya usia seseorang akan membuat semakin menurunnya kemampuan sel-sel kulitnya untuk melakukan regenerasi.

Keadaan tersebut sangat berbeda dengan keadaan ketika usia seseorang masih lebih muda. Disamping itu kulit juga akan semakin sulit untuk memperbaiki sel-selnya yang rusak dan akan semakin sulit mengembalikan warnanya yang belang kewarnanya yang semula.

10. Kosmetik Yang Tidak Tepat
Seperti telah diketahui, bahwa belakangan ini cukup banyak produk kosmetik yang menawarkan berbagai hal yang menggiurkan untuk membuat wajah semakin terlihat lebih cantik, seperti mampu memutihkan wajah, menghilangkan bekas jerawat, menghilangkan garis halus dan keriput.

Semuanya akan diselesaikan hanya dalam waktu yang singkat. Itu tentu sangat menarik minat perempuan. Namun sayangnya, seseorang sering kali tidak memperhatikan kandungan yang terdapat didalamnya, karena tidak jarang kandungannya itu justru dapat membahayakan kesehatan kulit, sehingga tragedi pun terjadi.

Bahan-bahan berbahaya yang dimaksud dapat berbentuk parfum atau pewarna yang dapat memicu terjadinya fotosensitivitas, yaitu keadaan dimana kulit menjadi lebih sensitif ketika terpapar sinar matahari, sehingga kulit akan mudah terbakar atau mudah teriritasi.

11. Polusi Udara
Polusi udara merupakan salah satu penyebab terjadinya flek hitam, karena udara yang terpolusi berbagai macam zat berbahaya akan mengganggu kesehatan kulit yang terpapar secara terus menerus. 

Sehingga saat itu sel-sel kulit akan melepaskan melanin secara berlebih untuk melawan kerusakan akibat zat-zat yang mengiritasinya. Kelebihan produksi melanin inilah yang menyebabkan terjadinya flek hitam pada kulit.

Secara logika, flek hitam yang disebabkan oleh udara ini kemungkinan bisa sembuh dengan sendirinya, apabila polusi tersebut berhenti dan perlawanannya berhasil, walau tanpa obat sekalipun.

Demikianlah informasi mengenai sebab flek hitam yang bisa saya sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat. Amin!

Refernsi:
Dari berbagai sumber

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: