IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi
Page Hits Counter

Kamis, 11 Januari 2018

Sebab Dan Gejala Ketombe

Ketombe - Sebab, Gejala, Dan Pengobatannya - BiriBisi
Daftar Isi
Bab I   : Definisi Ketombe
Bab II  : Sebab Dan Gejala Ketombe
Bab III : Pengobatan Ketombe Dengan Obat Alami

Bab II
Sebab Dan Gejala Ketombe - BiriBisi
Sebab Ketombe
Proses terjadinya ketombe adalah pada saat siklus pergantian kulit baru, sel-sel epidermal akan terdorong kepermukaan, kemudian sel-sel tersebut mati dan terkelupas. Bagi orang yang normal (tanpa ketombe), siklus pergantian kulit ini berlangsung ± setiap satu bulan sekali, sehingga mereka mempunyai kulit kepala dan rambut yang relatif bersih, hampir tanpa ketombe.

Sedangkan bagi orang yang berketombe, siklus pergantian kulit baru akan terjadi lebih cepat, yaitu ± setiap dua minggu sekali, sehingga ketombe yang terus bertumpuk diatas kepala akan berhamburan apabila dia tidak mau merawat rambutnya secara rutin dan teratur.


Dalam beberapa kasus terjadinya ketombe juga bisa diakibatkan oleh masalah asupan gizi yang buruk, khususnya disebabkan defisiensi mineral seng. Sebetulnya mineral seng dapat ditemukan dalam banyak makanan sehari-hari, namun karena suatu hal terkadang tubuh seseorang tidak mampu menyerapnya dengan sempurna, sehingga terjadilah defisiensi.


Ketombe juga bisa disebabkan oleh faktor genetik atau lingkungan. Tapi, tidak ada kaitannya dengan kebersihan yang kurang baik. Ketombe juga bisa diakibatkan karena terlalu banyak jamur yang biasanya muncul pada area kulit yang berminyak. Kondisi tersebut menyebabkan kulit kepala menjadi merah, muncul serpihan putih, dan gatal pada kulit.


Gejala Ketombe

Gejala umum ketombe adalah rasa gatal yang berlebih dikepala dan adanya serpihan kekuning-kuningan yang berhamburan saat digaruk. Apabila anda mengalami hal demikian, maka sebaiknya menghindari terlalu sering menggaruk, sebab hal itu justru akan memperparah keadaan. Akan lebih baik jika anda segera melakukan keramas untuk mencuci rambut dan membersihkan kepala dari serpihan-serpihan tersebut.

Demikianlah informasi mengenai sebab dan gejala ketombe yang bisa saya sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat. Amin!


Refernsi:

Dari berbagai sumber

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: