IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi
Page Hits Counter

Sabtu, 06 Januari 2018

17 Manfaat Minyak Kelapa Murni Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

17 Manfaat Minyak Kelapa Murni Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Daftar Isi
Bab I        : Minyak Kelapa Murni (VCO)
Bab II       : Sejarah Minyak Kelapa Murni
Bab III      : Cara Membuat Minyak Kelapa Murni
Bab IV       : Kandungan Minyak Kelapa Murni
Bab V        : Manfaat Minyak Kelapa Murni

Bab I
Minyak Kelapa Murni (VCO) - BiriBisi
Minyak kelapa murni (VCO) bisa digunakan untuk membuat pastry yang cantik dengan kulit yang tipis dan berlapis-lapis seperti scone dan pie crust. Penggunaan minyak kelapa akan menambahkan rasa vanila yang lembut dan jauh lebih sehat dari pada lemak tradisional, seperti minyak babi atau pun mentega.

Minyak Kelapa Murni berbeda dengan minyak sayur atau minyak goreng biasa, karena didalam minyak kelapa murni terkandung ± 92 % asam lemak jenuh rantai sedang yang mudah diserap melalui dinding usus, karena asam lemak jenuh rantai sedang bisa diproses lebih cepat oleh usus tanpa melalui proses hidrolisis dan enzimatik. Hal ini kebalikan dari asam lemak jenuh rantai panjang.

Lalu minyak kelapa murni yang kaya akan nutirisi ini bisa langsung dipasok masuk kedalam aliran darah dan langsung dibawa kedalam organ hati (liver) untuk proses metabolisme. Didalam hati minyak kelapa murni langsung diproses menjadi energi untuk diolah menjadi kalori, tanpa harus ditimbun menjadi kolesterol dan  lemak terlebih dulu.

Kemudian energi tersebut digunakan untuk meningkatkan fungsi semua kelenjar endoktrin, fungsi organ dan jaringan tubuh secara menyeluruh.

Selain di Indonesia minyak kelapa juga banyak digunakan dan dikonsumsi dinegara-negara tropis lainnya, seperti dinegara-negara Asia Tenggara, dan lain-lain, bahkan Minyak kelapa juga pernah populer dinegara-negara barat seperti Amerika Serikat dan Kanada.

Namun sejak tahun 1970 M. telah banyak digantikan oleh minyak jagung dan minyak kedelai. Minyak kelapa murni juga pernah dianggap berbahaya bagi tubuh, karena kandungan lemak jenuhnya yang tinggi hingga dekade terakhir, yaitu ditahun 2000-an.

Bab II
Sejarah Minyak Kelapa Murni - BiriBisi
Selama sekitar 3960 tahun yang lalu, dari 4000 tahun sejak adanya catatan sejarah, telah diketahui penggunaan buah kelapa sebagai bahan makanan dan kesehatan. Selama itu, dicatat bahwa buah kelapa memang sangat bermanfaat, tanpa efek samping.

Pohon kelapa dipandang sebagai sumber daya berkelanjutan yang memberikan hasil panen yang berpengaruh terhadap segala aspek kehidupan masyarakat didaerah tropis. Dan yang penting adalah buahnya, daging kelapa, air kelapa, santan, dan minyaknya (Darmoyuwono, 2006).

Belakangan ini, pemanfaatan daging buah kelapa menjadi lebih variatif. Virgin coconut oil (VCO) merupakan bentuk olahan daging kelapa yang baru-baru ini banyak diproduksi orang. Dibeberapa daerah, VCO lebih terkenal dengan nama minyak perawan, minyak sara, atau minyak kelapa murni ( Setiaji dan Prayugo, 2006 ).

Pada pengolahan minyak kelapa biasa atau minyak goreng secara tradisional dihasilkan minyak kelapa bermutu kurang baik. Hal tersebut ditandai dengan adanya kadar air dan asam lemak bebas yang cukup tinggi didalam minyak kelapa. Bahkan warnanya agak kecokelatan, sehingga cepat menjadi tengik. Daya simpannya pun tidak lama, hanya sekitar dua bulan saja.

Oleh karena itu, dilakukan serangkaian pengujian untuk memperbaiki teknik pengolahan minyak kelapa tersebut, sehingga diperoleh minyak kelapa dengan mutu yang lebih baik dari cara sebelumnya.

Minyak kelapa yang dihasilkan memiliki kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah, berwarna bening, serta berbau harum. Daya simpannya pun menjadi lebih lama, bisa lebih dari 12 tahun (Rindengan dan Novarianto, 2004).

Minyak kelapa murni merupakan hasil olahan kelapa yang bebas dari trans￾fatty acid (TFA) atau asam lemak-trans. Asam lemak trans ini dapat terjadi akibat proses hidrogenasi. Agar tidak mengalami proses hidrogenasi, maka ekstraksi minyak kelapa ini dilakukan dengan proses dingin. Misalnya, secara fermentasi, pancingan, sentrifugasi, pemanasan terkendali, pengeringan parutan kelapa secara cepat dan lain-lain ( Darmoyuwono, 2006 ).

Bab III
Cara Membuat Minyak Kelapa Murni (VCO) - BiriBisi
Minyak kelapa bisa memberikan sejumlah manfaat kepada penggunanya, dapat digunakan untuk memasak, dapat digunakan untuk perawatan kulit, dapat digunakan untuk perawatan rambut, dan dapat digunakan untuk perawatan kesehatan dan perawatan kecantikan lainnya.

Minyak kelapa murni dipercaya memiliki kualitas yang sangat tinggi, karena dibuat secara alami dan bebas dari zat-zat kimia. Berikut ini beberapa cara pembuatannya:
1. Cara Tradisional
Cara ini sudah sejak ribuan tahun yang lalu dipraktekkan oleh masyarakat dipedesaan Indonesia, sejak masa-masa kerajaan kuno. VCO yang dihasilkan dengan cara tradisional berwarna agak kekuningan dan memiliki daya simpan yang tidak lama. Kandungan antioksidan dan asam lemak rantai sedang juga sudah banyak yang hilang.

Cara pembuatannya adalah:
Kupas sabutnnya. Kemudian dibelah atau dipatiki (membuang batoknya dengan cara dibacok sedikit-sedikt pakai golok, sehingga daging kelapanya masih utuh). Lalu dibersihkan dengan air mengalir. Kemudian diparut. Hasil parutan kelapa dicampur air dengan perbandingan 10:6. Kemudian diperas untuk dipambil santannya.

Endapkan santan sekitar 1 jam sampai terbentuk krim dan skim santan, kemudian ambil krim santannya dan panaskan hingga mendidih pada suhu sekitar 100-110° C.

Bila sudah terbentuk minyak dan blendo, maka segera matikan apinya. Kemudian disaring menggunakan kain dan kertas saring untuk memisahkan minyak dari blendonya. Lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat minyak kelapa dengan cara ini sekitar 3-4 jam.

Ampas dari pembuatan minyak kelapa yang biasa disebut "blendo" oleh masyarakat didaerah saya, Brebes Jawa Tengah ini diperjual belikan, karena rasanya cukup enak, yaitu agak manis dan gurih. Mereka sering kali mengkonsumsinya secara langsung sebagai cemilan atau untuk dijadikan bumbu penyedap masakan.

Pada umumnya masyarakat Indonesia yang berada dipedasaan membuat minyak kelapa murni ini disamping untuk keperluan memasak lauk-pauk, juga untuk keperluan merawat rambut, untuk dikonsumsi oleh ibu-ibu yang sedang hamil tua agar proses melahirkannya diberi kemudahan oleh yang maha kuasa, Alloh SWT, biasanya para ibu hamil mengkonsumsi minyak kelapa murni secara langsung, sebanyak 1 sendok makan setiap hari, pada saat usia kehamilan mereka sudah mencapai bulan kesembilan, dan untuk pengobatan berbagai macam penyakit kulit.

Namun pada masa sekarang sudah sangat jarang orang yang membuat minyak kelapa sendiri. Mereka kebanyakan lebih memilih membeli minyak kelapa murni yang sudah jadi dari para produsen minyak kelapa.

Alasannya sangat beragam, mulai dari semakin mudahnya memperoleh obat-obatan, hingga salah satunya karena pohon kelapa sudah mulai jarang dan kebanyakan penduduk sudah tidak memiliki pohon kelapa lagi, khususnya didaerah-daerah padat penduduk, seperti dipulau Jawa.

2. Cara Pemanasan Bertahap
Cara ini dilakukan untuk menyempurnakan pembuatan VCO cara tradisonal. Minyak yang dihasilkan dengan cara ini memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan yang dihasilkan dengan cara tradisional, berwarna bening seperti kristal dan memiliki daya simpan yang lebih lama, yaitu berkisar 10-12 bulan.

Kandungan asam lemaknya tidak banyak yang berubah dan kandungan antioksidannya pun masih lengkap dalam jumlah yang seimbang. Cara pembuatan dengan metode ini sama dengan cara pembuatan dengan cara tradisional, yang berbeda terletak pada suhu pemanasan saja.

Dalam pemanasan bertahap suhu yang dibutuhkan sekitar 60-75° C. Jadi apabila suhu mendekati angka 75° C, maka apinya harus dimatikan dan apabila suhu mendekati angka 60° C, maka apinya harus dinyalakan lagi.

Begitulah seterusnya sampai minyak dan blendo terbentuk. Setelah itu dilakukan penyaringan untuk mendapatkan minyak yang bersih dari blendo.

3. Cara Enzimatis
Cara ini merupakan cara pembuatan VCO tanpa proses pemanasan. Dan minyak yang dihasilkannya berwarna bening seperti kristal. Kandungan asam lemak rantai sedang dan antioksidannya tidak banyak berubah, sehingga tidak mudah tengik.

Enzim yang dibutuhkan adalah enzim protease, enzim papain (daun papaya), enzim bromelin (buah nanas), dan enzim protease dari kepiting sungai.

Cara pembuatan santannya sama dengan dua metode diatas. Setelah terbentuk santan, diamkan selama 1 jam sampai terbentuk krim dan skim santan. Buang bagian skim santannya menggunakan selang. Lalu parut nanas hingga halus.

Jika menggunakan daun papaya, maka iris tipis-tipis sampai mengeluarkan getah. Dan jika menggunakan kepiting sungai, maka kepiting tersebut dihaluskan terlebih dulu. Kemudian campurkan enzim bromelin (buah nanas), enzim papain (daun pepaya), atau enzim protease pada santan dengan cara diaduk-aduk.

Kemudian diamkan selama 20 jam hingga terbentuk 3 lapisan, yaitu lapisan minyak, lapisan blendo, dan lapisan air. Buang airnya dengan selang dan ambil minyaknya dengan sendok besar secara hati-hati, agar blendonya tidak ikut terbawa. Lalu disaring agar minyaknya benar-benar bersih dari blendo.

4. Cara Pengasaman
Cara ini tidak memerlukan pemanasan, sehingga minyak yang dihasilkan berwarna bening, tidak cepat tengik, dan daya simpannya ± 10 tahun.

Cara pembuatan santannya sama dengan cara diatas. Lalu diamkan santan sampai berbentuk krim dan skim, lalu buang bagian skimnya, kemudian tambahkan beberapa mili liter asam cuka kedalam krim santan tersebut.

Ambil kertas lakmus, celupkan kedalam campuran santan-cuka. Cek pH-nya, jika kurang dari 4,3, maka tambahkan lagi asam cuka. Sebaliknya jika lebih dari 4,3, maka tambahkan lagi air. Dan jika pH sudah cocok,  maka diamkan campuran tersebut selama 10 jam hingga terbentuk minyak, blendo, dan air. Buang bagian air dan ambil bagian minyaknya, kemudian lakukan penyaringan.

5. Cara Sentrifugasi
Sentrifugasi adalah cara pembuatan VCO dengan cara mekanik. Cara ini membutuhkan biaya yang mahal, karena menggunakan alat yang mahal. Namun waktu yang diperlukan untuk pembuatannya relatif sangat cepat, yaitu ± 15 menit. Cara ini lebih cocok digunakan dalam skala besar, seperti dalam pabrik.

Cara pembuatan santannya sama saja dengan yang diatas. Lalu diamkan santan selama 1 jam, kemudian masukkan krim santan kedalam alat sentrifuse. Atur pada angka 20.000 rpm dan waktunya pada angka 15  menit, kemudian nyalakan alat sentrifuse.

Setelah itu matikan sentrifuse, lalu ambil tabung, dan didalamnya akan terbentuk 3 lapisan. Lalu ambil bagian minyak (VCO)-nya dengan menggunakan pipet tetes.

6. Cara Pemancingan

Cara ini ditemukan untuk memperbaiki cara-cara pembuatan VCO santan sebelumnya. Untuk mendapatkan VCO yang baik, maka pada cara ini memerlukan VCO sebagai umpan.

Cara pembuatan santannya sama saja dengan cara diatas. Lalu diamkan santan sampai terbentuk krim dan skim. Buang bagian skimnya, kemudian tambahkan minyak kelapa murni (VCO) kedalam bagian krimnya dengan perbandingan 1:3.

Aduk-aduk sampai rata ± 7 menit, lalu diamkan selama 10 jam sampai terbentuk VCO, blendo, dan air. Buang bagian airnya dengan selang, dan ambil bagian VCO-nya dengan sendok, kemudian lakukan penyaringan agar mendapatkan VCO yang bersih dari blendo.

Bab IV
Kandungan Minyak Kelapa Murni - BiriBisi
Minyak kelapa murni mengandung ± 92 % asam lemak jenuh rantai sedang, sisanya beberapa jenis asam lemak tak jenuh, seperti asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda. Berikut ini rinciannya:


  • Asam lemak jenuh rantai sedang: Kebanyakan berupa zat trigliserida rantai sedang yang berfungsi untuk mengasimilasi dengan baik. Dan asam laurat merupakan kontributor utama dari komposisi asam lemak jenuh rantai sedang tersebut, dengan ketersediaannya hingga mencapai ± 52 %, kemudian diikuti oleh asam kaprat, asam kaprilat, asam miristat dan asam palmitat
  • Asam lemak tak jenuh tunggal: Asam oleat
  • Asam lemak tak jenuh ganda: Asam linoleat
  • Poly-fenol: Kelapa mengandung asam galat (asam fenolat), yaitu poli-fenol yang berfungsi memberi aroma dan rasa pada minyak kelapa. Minyak kelapa murni kaya akan poli-fenol
  • Derivatif tertentu dari asam lemak lain, seperti betain, ethanolamide, etoksilat, ester lemak, polisorbat lemak, monogliserida dan poliol ester
  • Klorida lemak: Lemak alkohol sulfat dan asam lemak alkohol eter sulfat, yang semuanya adalah turunan dari alkohol lemak
  • Kalsiun
  • Vitamin-E
  • Vitamin K


Kandungan Gizi Minyak Kelapa Murni
Banyaknya Minyak Kelapa yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Minyak Kelapa yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Energi = 870 kkal
Protein = 1 gr
Lemak = 98 gr
Karbohidrat = 0 gr
Kalsium = 3 mg
Fosfor = 0 mg
Zat Besi = 0 mg
Vitamin A = 0 IU
Vitamin B1 = 0 mg
Vitamin C = 0 mg

Sumber Informasi Gizi: Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Keterangan:
Riset/penelitian pada Minyak Kelapa yang berbeda bisa menghasilkan perbedaan hasil yang didapat, karena berbagai faktor yang mempengaruhi. Mohon maaf apabila ada kesalahan atau kekurangan pada informasi daftar komposisi bahan makanan Minyak Kelapa ini.

Sifat Kimia-Fisika Minyak Kelapa Murni
Minyak kelapa murni memiliki sifat kimia-fisika sebagai berikut:


  • 1. Penampakan: tidak berwarna, Kristal seperti jarum
  • 2. Aroma: sedikit berbau asam ditambah bau caramel
  • 3. Kelarutan: tidak larut dalam air, tetapi larut dalam alcohol (1:1)
  • 4. Berat jenis: 0,883 pada suhu 20° C
  • 5. pH: tidak terukur, karena tidak larut dalam air. Namun karena termasuk dalam senyawa asam maka dipastikan memiliki pH dibawah 7
  • 6. Persentase penguapan: tidak menguap pada suhu 21° C (0 %)
  • 7. Titik cair: 20-25° C
  • 8. Titik didih: 225° C
  • 9. Kerapatan udara (Udara = 1): 6,91
  • 10. Tekanan uap (mmHg): 1 pada suhu 121° C
  • 11. Kecepatan penguapan (Asam Butirat = 1): tidak diketahui 

( Darmoyuwono, 2006 ).

Virgin Coconut Oil mengandung asam lemak rantai sedang yang mudah dicerna dan dioksidasi oleh tubuh, sehingga mencegah penimbunan didalam tubuh.

Disamping itu ternyata kandungan anti-oksidan didalam VCO pun sangat tinggi seperti tokoferol dan betakaroten. Anti-oksidan ini berfungsi untuk mencegah penuaan dini dan menjaga vitalitas tubuh (Setiaji dan Prayugo, 2006).

Komponen utama VCO adalah asam lemak jenuh sekitar 90 % dan asam lemak tak jenuh sekitar 10 %. Asam lemak jenuh VCO didominasi oleh asam laurat. VCO mengandung sekitar 53 % asam laurat dan sekitar 7 % asam kaprilat.

Keduanya merupakan asam lemak rantai sedang yang biasa disebut Medium Chain Fatty Acid (MCFA). Sedangkan menurut Price (2004) VCO mengandung 92 % lemak jenuh, 6 % lemak mono tidak jenuh dan 2 % lemak poli tidak jenuh (Wardani, 2007).

Bab V
Manfaat Minyak Kelapa Murni - BiriBisi
Minyak kelapa murni memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, karena didalamnya terkandung asam laurat, asam kaprat dan asam kaprilat, yang memiliki fungsi sebagai anti-mikroba, anti-oksidan, anti-jamur, anti-bakteri dan bersifat menenangkan.

Didalam tubuh, asam laurat akan diubah menjadi senyawa monolaurin, sebuah senyawa monoglycine yang dapat merusak lapisan lipid pada virus seperti HIV, hepatitis, influenza dan bakteri patogen lainnya.

Asam laurat juga mampu membangun sistem kekebalan tubuh yang sama persis dengan kemampuan yang dihasilkan oleh  air susu ibu (ASI).

Selain itu, asam laurat juga dapat membantu agar terhindar dari masalah ginjal, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, masalah gigi, dan masalah kekeroposan tulang.

Tidak seperti nutrisi lain, asam laurat tidak perlu enzim untuk melewati sel-sel tubuh. Pada sistem pencernaan, usus dapat menyerapnya tanpa proses hidrolisis.

Setelah itu, asam laurat masuk pada aliran darah, kemudian mencapai organ hati (liver) untuk proses metabolisme. Dengan cara ini, energi akan diproduksi lebih cepat, untuk diolah menjadi kalori, tanpa harus ditumpuk sebagai lemak dulu.

Hal ini, tidak terjadi pada asam lemak jenuh umum yang disebut asam lemak jenuh rantai panjang. Karena panjang, maka asam lemak tersebut harus terlebih dahulu dipotong dan dibagi menjadi lipoprotein sebelum diambil oleh aliran darah untuk dialirkan keseluruh tubuh dan masuk liver. Proses yang panjang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya masalah kadar lemak meningkat, dan penumpukan lemak.

Sedangkan asam lemak rantai sedang (asam laurat) hanya membutuhkan proses pembakaran yang singkat, sehingga dapat meningkatkan sistem pencernaan, sistem kekebalan tubuh, dan pemulihan tubuh. Sel-sel pun akan bekerja lebih efisien dalam menghasilkan sel-sel baru untuk mengganti sel-sel yang rusak.

Minyak kelapa murni juga mengandung 6% asam kaprat. Didalam tubuh, asam kaprat diubah menjadi monocaprine, yaitu suatu senyawa yang mampu menurunkan resiko penyakit seksual seperti HSV-2 dan HSV-1 dan bakteri Neisseria gonorrhoeae.

Dalam dunia kesehatan dan kecantikan, minyak kelapa murni memiliki banyak kegunaan, antara lain untuk perawatan rambut, perawatan kulit, menghilangkan stres, menjaga kadar kolesterol, menjaga berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan dan metabolisme tubuh.

Sebuah studi di Amerika serikat menunjukkan bahwa masyarakat yang mengkonsumsi minyak kelapa murni tidak pernah punya masalah serangan jantung atau stroke. Kolesterol dan tekanan darah mereka juga lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi minyak kelapa murni.

Selain di Indonesia, di India juga minyak kelapa sudah sejak lama digunakan dalam sistem pengobatan tradisional mereka. Bahkan dunia pengobatan modern saat ini pun telah banyak memanfaatkannya. Berikut ini berbagai macam manfaat dari minyak kelapa murni (VCO) yang telah dibuktikan dalam dunia kesehatan dan kecantikan:
1. Perawatan Rambut
Minyak kelapa murni adalah salah satu sumber nutrisi alami terbaik untuk rambut. Minyak kelapa murni dapat membantu pertumbuhan rambut yang sehat dengan memberikan lapisan mengkilap. Hal ini efektif dalam mengurangi kerugian protein, baik bagi rambut yang rusak maupun rambut yang tidak rusak.

Dahulu sebagian besar orang di Indonesia, khususnya para perempuan selalu mengoleskan minyak kelapa murni pada rambut mereka setiap hari setelah mandi. Ini berguna sebagai kondisioner yang sangat baik dan membantu pertumbuhan kembali rambut yang rusak.

Hal ini juga bermanfaat untuk menyediakan protein dan gizi penting yang diperlukan untuk rambut yang rusak. Dalam sebuah penelitian diketahui bahwa minyak kelapa murni memberikan perlindungan yang lebih baik untuk rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh kelelahan hygral.

Memijat kepala secara teratur dengan minyak kelapa murni dapat dilakukan untuk membuat kulit kepala terbebas dari ketombe, bahkan untuk kulit kepala yang kering juga sangat baik. Perlakuan seperti ini juga dapat membantu untuk menjaga rambut dan kulit kepala bebas dari kutu dan telurnya.

Karena itu, minyak kelapa murni sangat baik digunakan sebagai minyak perawatan rambut atau untuk pembuatan berbagai macam kondisioner, dan krim bebas ketombe. Untuk keperluan perawatan rambut anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa murni kerambut sebelum menyisirnya.

2. Perawatan Kulit
Minyak kelapa murni juga merupakan minyak yang cukup baik untuk digunakan sebagai minyak pijat bagi kulit, ia juga bisa digunakan sebagai pelembab yang sangat efektif untuk semua jenis kulit, termasuk kulit kering.

Manfaat minyak kelapa murni bagi kulit sebanding dengan manfaat minyak mineral, namun tidak sama persis dengan minyak mineral, karena minyak kelapa murni tidak memiliki efek samping yang dapat merugikan kulit. Oleh karena itu, minyak kelapa murni dianggap sebagai solusi yang tepat dan aman untuk mencegah kekeringan dan pengelupasan kulit.

Minyak kelapa murni juga dapat membantu dalam mencegah penuaan dini, penyakit degeneratif, karena minyak kelapa murni bisa bertindak sebagai anti-oksidan. Minyak kelapa murni juga dapat menunda kulit keriput, kulit kendur yang biasanya datang pada usia tua, dan dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam masalah kulit, termasuk psoriasis, dermatitis, eksim dan infeksi kulit lainnya.

Karena itu, minyak kelapa murni banyak digunakan sebagai bahan dasar berbagai macam produk perawatan kulit, seperti sabun, lotion, krim, dan lain-lain.

3. Mencegah Penyakit Jantung
Ada banyak terjadi kesalah pahaman terkait minyak kelapa murni ini, diantaranya banyak orang yang menganggap bahwa minyak kelapa murni tidak baik untuk jantung, karena didalamnya terkandung asam lemak jenuh yang cukup dominan yaitu ± 92 %-nan.

Namun kenyataannya, minyak kelapa murni bermanfaat bagi kesehatan jantung, karena ± 50 % dari kandungan asam lemak jenuhnya berupa asam laurat yang dapat melindungi jantung dari berbagai macam masalah, termasuk mampu mencegah dari kadar kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Asam lemak jenuh yang terdapat dalam minyak kelapa murni tidak berbahaya, tidak seperti asam lemak jenuh yang terdapat dalam minyak sayur lainnya. Minyak kelapa murni tidak menyebabkan peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL). Disamping itu, minyak kelapa murni juga bisa membantu mengurangi resiko cedera pada arteri, sehingga dapat membantu dalam mencegah aterosklerosis.

4. Menurunkan Berat Badan
Minyak kelapa murni sangat berguna untuk menurunkan berat badan, karena minyak kelapa murni mengandung asam lemak jenuh rantai pendek dan rantai menengah yang dapat membantu dalam mengurangi kelebihan berat badan.

Minyak kelapa murni juga mudah dicerna, sehingga akan membantu fungsi sehat dari kelenjar tiroid dan sistem enzim.

Minyak kelapa murni juga akan memberi energi dengan cepat, sehingga menimbulkan rasa cepat kenyang dan tidak merasa lapar sampai tiba waktu makan.

MCFA dalam minyak kelapa murni dapat langsung masuk pada aliran darah dan diubah menjadi energi, sehingga tidak ditimbun dalam badan sebagai tumpukan lemak.

Pada saat minyak kelapa murni dibakar turut dibakar pula asam lemak jenuh rantai panjang (LCFA) yang ada dalam tubuh, sehingga timbunan lemak menjadi berkurang dan berat badan akan menjadi turun.

Selanjutnya, metabolisme tubuh akan meningkat dengan menghilangkan stres pada pankreas, sehingga mampu membakar lebih banyak energi untuk membantu seseorang terhindar dari obesitas dan kelebihan berat badan.

Oleh karena itu, orang-orang yang tinggal didaerah pesisir tropis yang menjadikan minyak kelapa murni sebagai minyak goreng utama untuk keperluan sehari-harinya mempunyai bentuk tubuh yang ramping, mereka tidak terlihat gemuk, apalagi menderita obesitas atau kelebihan berat badan.

5. Melancarkan Pencernaan
Penggunaan minyak kelapa murni sebagai minyak goreng dapat membantu untuk memperlancar sistem pencernaan. Dengan demikian dapat mencegah timbulnya berbagai macam masalah perut yang terkait dengan masalah pencernaan, termasuk sindrom iritasi usus besar.

Karena asam lemak jenuh dalam minyak kelapa murni memiliki sifat anti-mikroba, sehingga dapat mencegah dan membasmi berbagai macam bakteri, jamur, parasit, dan lain-lain yang menjadi penyebab terganggunya sistem pencernaan. Minyak kelapa murni juga dapat membantu usus dalam penyerapan nutrisi lain seperti vitamin, mineral dan asam amino.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Minyak kelapa murni juga baik untuk sistem kekebalan tubuh, karena didalamnya terkandung lipid anti-mikroba, asam laurat, asam kaprat dan asam kaprilat yang memiliki sifat anti-jamur, anti-bakteri dan anti-virus.

Tubuh manusia akan mengubah asam laurat menjadi monolaurin yang diklaim dapat membantu dalam mencegah dan membasmi virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit seperti penyakit herpes, penyakit influenza, penyakit cytomegalovirus, dan bahkan penyakit HIV.

Ini berarti minyak kelapa murni dapat membantu sistem kekebalan tubuh dalam memerangi bakteri berbahaya, seperti bakteri listeria monocytogenes dan bakteri heliobacter pylori, serta protozoa berbahaya, seperti protozoa giardia lamblia.

7. Membantu Proses Penyembuhan Dan Menghindarkan Infeksi
Pada saat minyak kelapa murni digunakan untuk mengatasi infeksi, maka minyak kelapa murni akan membentuk lapisan yang melindungi bagian tubuh yang diolesi dari debu, udara, jamur, bakteri dan virus. Minyak kelapa murni  juga merupakan minyak yang paling efektif untuk membantu mengobati memar, karena ia dapat mempercepat proses penyembuhan dengan cara memperbaiki jaringan yang rusak.

Minyak kelapa murni sangat efektif untuk mengatasi berbagai macam infeksi, karena ia bersifat anti-jamur, anti-virus, dan anti-bakteri.

Menurut Pusat Penelitian Kelapa, minyak kelapa murni dapat mematikan virus yang menyebabkan influenza, campak, hepatitis, herpes, dan lain-lain, juga mematikan bakteri penyebab bisul, infeksi tenggorokan, infeksi saluran kemih, pneumonia, dan gonore, dan lain-lain. Minyak kelapa murni juga sangat efektif dalam membasmi jamur dan ragi yang menyebabkan kandidiasis, kurap, kutu air, sariawan, ruam popok, dan lain-lain.

8. Hati (Liver)
Kehadiran trigliserida rantai menengah dan asam lemak membantu dalam mencegah penyakit hati (liver), karena zat-zat tersebut mudah diubah menjadi energi ketika telah mencapai hati, sehingga mengurangi beban kerja pada hati dan juga mencegah akumulasi lemak.

9. Mencegah Gangguan Ginjal

Minyak kelapa murni juga dapat membantu dalam mencegah penyakit ginjal dan kandung empedu. Disamping itu, minyak kelapa murni juga dapat membantu dalam melarutkan batu ginjal, sehingga organ ginjal akan kembali menjadi sehat dan mampu bekerja secara optimal.

10. Mencegah Stres
Telah disinggung diatas bahwa minyak kelapa murni bersifat menenangkan. Karena itu minyak kelapa murni dapat membantu dalam mengatasi stres. Untuk keperluan itu anda dapat mengkonsumsinya secara rutin dan teratur setiap hari, dengan dosis 1 sendok makan saja.

Agar hasilnya lebih optimal anda dapat mengoleskannya juga kebagian kepala dengan diikuti pijatan-pijatan lembut, sehingga ketegangan mental yang anda derita dapat terkendurkan (terrelaksasi). Perlakuan seperti ni juga sekaligus sebagai perawatan rambut.

11. Mencegah Dan Menanggulangi Diabetes
Mengkonsumsi minyak kelapa murni juga sangat baik bagi kesehatan. Bagi penderita diabetes sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi minyak kelapa murni secara rutin dan teratur, karena minyak kelapa murni dapat membantu dalam mengendalikan gula darah. Itu karena minyak kalapa murni dapat meningkatkan sekresi insulin. Hal ini juga membantu dalam pemanfaatan yang efektif dari glukosa darah, sehingga dapat mencegah dan mengobati diabetes.

12. Meningkatkan Kepadatan Tulang
Seperti disebutkan sebelumnya, minyak kelapa murni dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap mineral penting,termasuk kalsium dan magnesium yang diperlukan untuk perkembangan tulang.

Dengan demikian minyak kelapa murni sangat berguna bagi perempuan yang rentan terhadap osteoporosis setelah usia paruh baya. Konsumsilah minyak kelapa murni secara rutin dan teratur setiap hari, dengan dosis 1 sendok makan agar tulang bisa terhindar dari kekeroposan.

13. Perawatan Gigi
Kalsium merupakan elemen penting dalam pembentukan gigi. Karena minyak kelapa murni bisa memfasilitasi penyerapan kalsium oleh tubuh, maka ia dapat memperkuat gigi dan juga dapat menghentikan proses kerusakan pada gigi.

14. Melancarkan Persalinan
Mengkonsumsi minyak kelapa murni secara rutin dan teratur sangat baik bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya dan dapat memperlancar proses kelahiran. Journal Asia Tenggara Kedokteran Tropis Dan Kesehatan Masyarakat yang diterbitkan pada bulan November 2007 menyatakan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi minyak kelapa murni selama trimester ketiga kehamilannya telah mengurangi angka kematian janin.

Penelitian lain yang diterbitkan oleh “International Journal of Neuroscience” pada bulan April 2011 menunjukkan bahwa mengkonsumsi minyak kelapa murni selama kehamilan mungkin membantu melindungi anak dari efek stres sebelum melahirkan, yang diyakini menyebabkan masalah perkembangan neurologis setelah lahir.

15. Mengurangi Risiko Alzheimer
Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang merusak fungsi otak, sehingga penderitanya akan melupakan berbagai hal, seperti teman, keluarga, aktivitas sehari-hari, dan berbagai hal lainnya.

Minyak kelapa murni bermanfaat untuk memerangi penyakit alzheimer, karena didalam minyak kelapa murni terkandung zat keton yang dapat menjaga kesehatan otak. Seorang dokter anak telah membuktikan manfaat minyak kelapa murni bagi penderita penyakit alzheimer.

Dia secara rutin dan teratur memberikan minyak kelapa murni pada si penderita yang merupakan suaminya sendiri, sehingga suaminya berangsur-angsur mengalami kemajuan ingatan. Ini adalah efek positif dari perawatan menggunakan minyak kelapa murni terhadap penderita alzheimer yang tidak didapat dari perawatan menggunakan obat-ibat lainnya yang bahkan jauh lebih mahal.

Penelitian lain juga telah mengungkapkan adanya keterkaitan antara minyak kelapa murni dengan penyakit alzheimer. Kandungan zat keton dalam minyak kelapa murni lah yang menjadi penyabab mengapa minyak kelapa murni mampu berperan dalam menjaga kesehatan otak.

Zat ini sangat baik untuk menjaga fungsi otak saat tubuh memiliki kandungan glukosa yang lebih rendah. Keton juga dapat membantu meningkatkan memori para penderita alzheimer yang selama ini menurun.

Sebuah laporan penelitian yang disampaikan oleh Dr Newport menyatakan, bahwa minyak kelapa murni berguna untuk mengobati penyakit Alzheimer. Selain itu ada bukti ilmiah atau pengetahuan tradisional tentang penggunaan minyak kelapa murni untuk mengobati penyakit alzheimer.

Hal yang tidak diketahui secara tradisional adalah bahwa minyak kelapa murni dapat membantu dalam meningkatkan fungsi otak dalam bentuk apapun. Dosis 2 sendok teh per hari sudah cukup membantu fungsi kognitif.

16. Menurunkan Resiko Terjangkit Penyakit Seksual
Minyak kelapa murni juga dapat menurunkan resiko kemungkinan terkena penyakit seksual, karena minyak kelapa murni mengandung 6% asam kaprat yang akan diubah oleh tubuh menjadi monocaprine, yaitu suatu senyawa yang mampu menurunkan resiko terkena penyakit seksual, seperti HSV-2 dan HSV-1 dan bakteri Neisseria gonorrhoeae.

17. Pankreatitis (Radang Pankreas)
Minyak kelapa juga diyakini berguna dalam mengobati pankreatitis.

Demikianlah informasi mengenai manfaat ninyak kelapa murni untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa saya sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat. Amin!

Refernsi:
Dari berbegai sumber

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: