IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi
Page Hits Counter

Kamis, 11 Januari 2018

Ketombe - Sebab, Gejala, Dan Pengobatannya - BiriBisi

Ketombe - Sebab, Gejala, Dan Pengobatannya - BiriBisi
Daftar Isi
Bab I    : Definisi Ketombe
Bab II   : Sebab Dan Gejala Ketombe
Bab III  : Pengobata Ketombe Dengan Obat Alami

Bab I
Definisi Ketombe - BiriBisi
Ketombe (pityriasis capitis) adalah serpihan-serpihan yang sangat kecil dari sel-sel kulit kepala yang telah mati dan terkelupas. Terkelupasnya sel-sel kulit kepala yang telah mati merupakan kejadian alami yang masih dianggap normal, apabila dalam jumlah yang relatif sedikit.

Namun beberapa orang ada yang mengalami hal tersebut secara berlebihan, bahkan disertai dengan pemerahan kulit kepala dan iritasi. Apabila anda termasuk dari beberapa orang tersebut, maka anda tidak perlu risau, karena kebanyakan kasus ketombe dapat diatasi dengan asupan gizi yang baik dan dengan pengobatan menggunakan obat-obatan alami yang akan saya sampaikan pada Bab III: Pengobatan Ketombe.


Ketombe juga bisa merupakan suatu gejala dari seborrhoeic dermatitis, psoriasis, infeksi jamur atau kutu rambut. Apabila anda mengalami ketombean, maka sebaiknya menghindari menggaruk-garuk kepala secara berlebihan, sebab hal itu dapat menyebabkan kerusakan kulit dan meningkatkan resiko infeksi, terutama dari bakteri staphylococcus aureus dan streptococcus.


Bab II

Sebab Dan Gejala Ketombe - BiriBisi
Sebab Ketombe
Proses terjadinya ketombe adalah pada saat siklus pergantian kulit baru, sel-sel epidermal akan terdorong kepermukaan, kemudian sel-sel tersebut mati dan terkelupas. Bagi orang yang normal (tanpa ketombe), siklus pergantian kulit ini berlangsung ± setiap satu bulan sekali, sehingga mereka mempunyai kulit kepala dan rambut yang relatif bersih, hampir tanpa ketombe.

Sedangkan bagi orang yang berketombe, siklus pergantian kulit baru akan terjadi lebih cepat, yaitu ± setiap dua minggu sekali, sehingga ketombe yang terus bertumpuk diatas kepala akan berhamburan apabila dia tidak mau merawat rambutnya secara rutin dan teratur.


Dalam beberapa kasus terjadinya ketombe juga bisa diakibatkan oleh masalah asupan gizi yang buruk, khususnya disebabkan defisiensi mineral seng. Sebetulnya mineral seng dapat ditemukan dalam banyak makanan sehari-hari, namun karena suatu hal terkadang tubuh seseorang tidak mampu menyerapnya dengan sempurna, sehingga terjadilah defisiensi.


Ketombe juga bisa disebabkan oleh faktor genetik atau lingkungan. Tapi, tidak ada kaitannya dengan kebersihan yang kurang baik. Ketombe juga bisa diakibatkan karena terlalu banyak jamur yang biasanya muncul pada area kulit yang berminyak. Kondisi tersebut menyebabkan kulit kepala menjadi merah, muncul serpihan putih, dan gatal pada kulit.


Gejala Ketombe

Gejala umum ketombe adalah rasa gatal yang berlebih dikepala dan adanya serpihan kekuning-kuningan yang berhamburan saat digaruk. Apabila anda mengalami hal demikian, maka sebaiknya menghindari terlalu sering menggaruk, sebab hal itu justru akan memperparah keadaan. Akan lebih baik jika anda segera melakukan keramas untuk mencuci rambut dan membersihkan kepala dari serpihan-serpihan tersebut.

Bab III

Pengobatan Ketombe Dengan Obat Alami - BiriBisi
Meski ketombean merupakan hal yang biasa terjadi, tetapi kondisi ini perlu segera diatasi, karena jika diabaikan, maka kemungkinan akan menghambat folikel rambut dan mencegah rambut baru tumbuh, sehingga dalam jangka panjang, hal itu bisa saja menyebabkan kebotakan. Berikut ini beberapa resep obat alami yang sudah sangat populer untuk mengatasi ketombe:
1. Lidah buaya
Lidah buaya dikenal memiliki banyak manfaat, karena didalamnya terkandung banyak nutrisi, antara lain protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C, dan lain-lain. Lidah buaya tidak hanya berkhasiat untuk menghitamkan rambut, membuat rambut berkilau, mencegah rambut rontok, dan menguatkan akar rambut saja, namun lidah buaya juga sangat ampuh untuk digunakan sebagai penghilang ketombe secara alami.

Caranya, haluskan daging lidah buaya secukupnya, kemudian oleskan secara merata pada permukaan kulit kepala sambil memijit-mijit dengan lembut agar meresap. Biarkan selama ± 30 menit, lalu bilas hingga bersih.


2. Daun sirsak

Salah satu kandungan yang terdapat pada daun sirsak dan bermanfaat bagi kesehatan adalah acetogenin. Acetogenin merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik (membunuh racun) didalam tubuh dengan cara menghambat transport ATP (adenosina trifosfat) atau energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang.

Acetogenin akan masuk dan menempel pada reseptor dinding sel dan merusak ATP didinding mitokondria. Daun sirsak bermanfaat bagi manusia, namun tidak disukai oleh serangga atau parasit, baginya ia merupakan racun yang mematikan. Karena itu, daun sirsak dapat digunakan untuk menghambat dan membasmi kutu yang merupakan salah satu penyebab ketombe.


Caranya, siapkan beberapa helai daun sirsak, lalu tumbuk sampai halus, kekudian tambahkan sedikit air. Oleskan pada rambut hingga merata, biarkan selama ± 30 menit, lalu blas sampai bersih.


3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan jenis jeruk yang kaya akan kandungan vitamin C. Bukan hanya vitamin C, jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fofsor, magnesium, kalium, seng, gula, dan asam sitrat yang membuat rasa asam.

Vitamin C pada jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan akar rambut. Anda dapat menggunakan jeruk nipis untuk menebalkan rambut atau untuk mengatasi kebotakan. Selain itu, penggunaan jeruk nipis secara rutin dan teratur pada kulit kepala juga dapat membersihkan ketombe.


Caranya, peras buah jeruk nipis, campurkan dengan air secukupnya, lalu oleskan secara merata pada rambut. Biarkan sebentar agar meresap pada kulit kepala, lalu bilas hingga bersih.


4. Minyak Kemiri

Bukan hanya bermanfaat sebagai minyak penyubur rambut, minyak kemiri juga dapat digunakan sebagai penghilang ketombe secara alami dan tanpa merusak rambut.

Caranya, gunakan minyak kemiri sebelum keramas, biarkan selama ± 30 menit, lalu bilas hingga bersih.


5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan obat ketombe yang cukup terkenal. Ketika minyak zaitun dioleskan pada kulit kepala, maka ia akan melembabkan bagian yang kering. Minyak zaitun mampu meresap kebagian kulit kepala yang menebal karena tumpukan ketombe, sehingga secara efektif mampu mengakhiri masalah ketombe.

Membiarkan minyak zaitun meresap kedalam kulit kepala selama semalaman merupakan langkah terbaik untuk mengatasi masalah ketombe yang cukup parah.


Cara menggunakan masker minyak zaitun semalaman adalah tuangkan 8 sampai 10 tetes minyak zaitun ketelapak tangan sambil melakukan pijatan lembut, lalu gunakan topi mandi (shower cap) agar tidak meninggalkan noda pada bantal dan seprai anda. Keesokan harinya cucilah rambut anda hingga bersih.


6. Minyak Almond

Minyak selanjutnya yang dapat digunakan sebagai penghilang ketombe secara alami, cepat, dan permanen adalah minyak almond.

Caranya, oleskan minyak almond pada kulit kepala secara merata sambil melakukan pijatan ringan agar minyak almond meresap. Diamkan selama ± 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.


7. Asam Cuka

Jika anda ingin mengobati ketombe secara efektif, maka asam cuka ini salah satu solusinya. Asam cuka tinggi akan asam dan mengandung enzim yang dapat membunuh jamur dan bakteri. Keasamannya dapat menghilangkan penyumbatan pada pori-pori kulit kepala dan menyeimbangkan pH.

Anda bisa mencairkan 60 ml asam cuka dengan 60 ml air dalam botol semprot. Semprot kulit kepala anda secara menyeluruh, kemudian tutup kepala anda dengan handuk selama 15 menit sampai satu jam, lalu cuci rambut anda sampai bersih. Lakukan pengobatan ini dua kali dalam seminggu.


8. Garam Dapur

Salah satu solusi terbaik untuk menghilangkan ketombe adalah menggunakan garam, karena Kasarnya garam dapat mengelupaskan sel-sel kulit kepala yang telah mati dengan baik. Gosokkan garam halus kekulit kepala untuk menghilangkan serpihan ketombe sebelum memulai keramas, sambil melakukan pijatan lembut, kemudian lakukan keramas seperti biasa.

9. Bawang Putih

Bawang putih mempunyai sifat anti-bakteri yang cukup sempurna untuk menghilangkan ketombe. Caranya, tumbuk bawang putih, lalu oleskan secara merata kekulit kepala sambil melakukan pijatan lembut. Untuk menghindari baunya yang menyengat, anda bisa mencampurkan madu secukupnya, kemudian diamkan selama 5 sampai 10 menit, lalu bilas hingga bersih.

10. Baking Soda

Selain sebagai bahan campuran untuk pembuatan kue, baking soda juga dapat dipergunakan untuk mengatasi masalah ketombe secara alami, karena ia dapat mengelupaskan sel-sel kulit kepala yang telah mati, menghilangkannya, dan mengurangi minyak yang berlebih pada kulit kepala. Selain itu, baking soda juga merupakan alkaline, yang dapat menetralisir kulit kepala dan menyeimbangkan pH-nya.

Caranya, campurkan sejumlah baking soda dengan air secukupnya, kemudian gosokkan pada kulit kepala sambil melakukan pijatan lembut. Biarkan beberapa saat, lalu bilas hingga bersih tanpa menggunakan shampo. 


Untuk beberapa kali pemakaian mungkin rambut anda akan terasa kering, tetapi setelah beberapa minggu kulit kepala akan mulai memproduksi minyak alami, sehingga akan membuat rambut anda menjadi lebih lembut dan bebas ketombe.


Demikianlah informasi mengenai ketombe, sebab, gejala, dan pengobatannya yang bisa saya sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat. Amin!


Referensi:

Dari berbagai sumber

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: