IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi
Page Hits Counter

Kamis, 25 Januari 2018

Flek Hitam - Sebab, Gejala, Dan Pengobatannya - BiriBisi

Flek Hitam - Sebab, Gejala, Dan Pengobatannya - BiriBisi
Daftar Isi
Bab I      : Definisi Flek Hitam
Bab II     : Sebab Flek Hitam
Bab III    : Gejala Flek Hitam
Bab IV     : Pengobatan Flek Hitam Dengan Obat Alami
Bab V      : Pencegahan Flek Hitam

Bab I
Definisi Flek Hitam (Ephelis) - BiriBisi
Flek hitam adalah bercak-bercak pada kulit yang terjadi akibat produksi melanin atau pigmen alami kulit yang melebihi batas, terutama setelah terpapar oleh sinar matahari atau sinar ultraviolet (UV). Bercak-bercak ini cenderung mudah terlihat dan mudah muncul pada orang yang mempunyai warna kulit putih.

Melanin adalah pigmen yang menentukan warna pada kulit, mata, dan rambut manusia. Saat kulit mendapat gangguan atau teriritasi, maka produksi melanin atau pigmen alami sel-sel kulit akan meningkat hingga melebihi batas. Tujuannya adalah untuk melawan kerusakan yang diakibatkan oleh zat-zat yang mengganggunya.

Produksi melanin atau pigmen alami sel-sel kulit yang melebihi batas itulah yang menyebabkan terjadinya flek hitam pada kulit. Penumpukan melanin pada titk-titik tertentu dalam kulit menyebabkan titik-titik tersebut terlihat lebih gelap dari bagian kulit yang berada disekitarnya, sehingga secara keseluruhan akan tampak bercak-bercak.

Flek hitam lebih sering timbul pada area wajah, meski pun bisa juga timbul pada area-area kulit lainnya, seperti lengan, dada, atau pun leher.

Flek hitam pada umumnya dialami oleh para perempuan ketika mereka memasuki usia paruh baya, meski pun dalam beberapa kasus dialami juga oleh perempuan-perempuan muda.

Flek hitam biasa tidak berbahaya bagi kesehatan. Namun apabila anda mengalami flek hitam yang tidak kunjung hilang dalam jangka waktu yang cukup lama, meskipun sudah diobati, maka anda perlu waspada, karena ada jenis flek hitam yang merupakan suatu gejala dari adanya suatu permasalahan kulit yang lebih serius lagi (penyakit). Untuk itu, jika anda mendapatkan flek hitam yang demikian, maka sebaiknya anda segera mengkonsultasikannya dengan dokter kulit atau dermatologis.

Berkonsultasi dengan dokter kulit akan membuat kita bisa mengetahui lebih jauh tentang permasalahan kulit yang kita alami dan apa yang sebaiknya kita lakukan, sehingga permasalahan kulit tersebut bisa diketahui secara nyata dan bisa segera ditanggulangi.

Bab II
Sebab Flek Hitam - BiriBisi
Flek hitam tidak timbul begitu saja tanpa sebab. Banyak faktor yang menyebabkan timbulnya flek hitam, mulai dari yang sebetulnya mudah dihindari sampai yang sangat sulit untuk dihindari. Berikut ini beberapa penyebab flek hitam yang perlu kita ketahui:
1. Sisa Facial
Melakukan facial agar sel-sel kulit mati pada wajah bisa tereksfoliasi merupakan hal yang biasa dilakukan oleh seorang perempuan. Karena hal itu dapat membuat wajahnya terlihat lebih bersih dan lebih menarik.

Akan tetapi, tidak jarang setelah pemakaian krim atau lotion pada wajah, bekas-bekasnya masih tertinggal, karena tidak dibersihkan secara sempurna. Padahal hal itu dapat menyebabkan peradangan pada kulit, karena didalamnya terkandung berbagai macam bahan kimia.

Zat kimia yang tertinggal pada lapisan kulit ini cukup berbahaya, karena bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif dan menjadi lebih cepat terbakar oleh sinar matahari langsung.

Apabila hal tersebut membuat terjadinya peradangan, maka untuk mengatasinya kita bisa mengoleskan minyak bayi atau krim yang mengandung hydrocartosine pada daerah yang mengalami peradangan secara rutin, setidaknya 3 hari secara berturut-turut, atau mengatasinya dengan obat alami yang akan saya sebutkan pada Bab IV: Pengobatan Flek Hitam.

Dan ketika kulit dalam keadaan super sensitif seperti ini, maka sebaiknya kita juga tidak menggunakan toner atau scrub wajah, karena kandungannya terlalu keras untuk kulit wajah yang sensitif, sehingga justru akan memperparah keadaan.

2. Kosmetik Yang Mengandung Lemon
Tanpa disadari, kosmetik yang mengandung lemon dapat menyebabkan kulit menjadi belang dan berujung pada munculnya hiperpigmentasi (flek hitam). Kenapa bisa begitu? Ternyata, lemon atau jeruk nipis mengandung berbagai macam zat yang dapat menyebabkan reaksi phototoxic, yaitu suatu reaksi yang terjadi ketika kulit terpapar sinar UV, sehingga menyebabkan kulit lebih cepat terbakar atau menjadi belang.

3. Penyakit Kulit
Salah satu penyebab flek hitam adalah penyakit kulit. Namun tidak semua penyakit kulit menjadi penyebab timbulnya flek hitam, hanya beberapa saja. Karena itu, alangkah lebih baiknya jika anda mengetahui jenis-jenis penyakit kukit tersebut, agar anda bisa lebih waspada. Berikut ini daftar penyakit kulit yang menjadi penyebab timbulnya flek hitam:
Melasma (bercak hiperpigmentasi)
Penyakit kulit yang satu ini menyebabkan timbulnya flek berwarna keabuan yang biasanya menyerang daerah tertentu, seperti dahi, pipi, serta area sekitar mulut dan hidung. Penyakit ini juga bisa menyerang daerah tubuh yang sering terpapar sinar matahari, seperti bahu atau siku.

Linea Fusca
Garis-garis halus yang biasanya mulai muncul pada wanita yang telah memasuki usia paruh baya ini juga berujung pada timbulnya flek hitam.

Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH)
Daerah wajah yang dulunya terdapat luka akan lebih sensitif daripada daerah wajah yang tidak pernah ada luka sebelumnya dan hal ini menyebabkan daerah wajah tersebut lebih cepat untuk terbakar.

Porki Loderma or Civatte
Penyakit kulit ini cenderung menyerang daerah leher karena merupakan bagian wajah yang sering terpapar sinar matahari. Penyakit kulit yang satu ini akan menyebabkan noda yang berwarna kemerahan atau merah kecoklatan.

Riehl’s Melanosis
Penyakit kulit yang satu ini akan menimbulkan noda berwarna keabuan atau kecoklatan pada wajah akibat hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi ini bisa disebabkan oleh terlalu lama terpapar sinar matahari atau karena menggunakan berbagai produk kecantikan yang menyebabkan kulit menjadi super sensitif.

4. Konsumsi Obat Tertentu
Terdapat beberapa obat yang sangat efektif untuk mengatasi berbagai macam penyakit tertentu, namun sayangnya obat-obatan tersebut dapat menyebabkan timbulnya flek hitam pada wajah. Hal itu bisa terjadi, karena kandungan yang terdapat pada obat tersebut akan tertimbun pada lapisan kulit dermis, kemudian memicu timbulnya hiperpigmentasi.

Proses pembentukan flek hitam bisa semakin cepat jika si pengguna obat sering terpapar sinar matahari secara langsung karena kulitnya sedang dalam kondisi yang sensitif. Proses ini juga lebih cepat dari pada mereka yang sedang tidak mengkonsumsi obat tertentu, bahkan walaupun mereka tidak menggunakan tabir surya sekali pun.

Berikut ini beberapa obat-obatan yang kemungkinan dapat menyebabkan flek hitam:
  • Estrogen
Obat yang digunakan untuk menyeimbangkan hormon ini biasa dikonsumsi pada ibu hamil atau wanita yang sudah mengalami menopause.


  • Tetracyclines
Antibiotik yang satu ini biasa digunakan untuk mengatasi jerawat atau mengalami rosacea.


  • Amiodarone
Obat yang satu ini cenderung digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan jantung dan juga untuk mengatasi tekanan darah tinggi.


  • Phenytoin
Obat ini biasa digunakan oleh penderita epilepsi dan cenderung menimbulkan flek hitam pada wajah dan daerah tubuh lainnya.

5. Bekas Jerawat
Seperti yang kita tahu, timbulnya jerawat membuat penampilan kita menjadi kurang menarik dan sayangnya tidak jarang jerawat menimbulkan bekas pada wajah kita. Bekas jerawat ini juga bisa memicu timbulnya permasalahan kulit lainnya, yaitu timbulnya flek hitam. Selain jerawat, komedo juga bisa memicu timbulnya flek hitam pada beberapa daerah wajah, seperti pada dahi, pipi, atau leher. Selain itu, jerawat juga menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif daripada biasanya sehingga kulit akan lebih mudah terbakar dan teriritasi akibat paparan sinar matahari.

6. Paparan Sinar Matahari
Kulit yang terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama atau secara terus menerus dapat menyebabkan warna kulit menjadi belang atau timbul flek hitam. Hal ini sebenarnya dapat kita hindari dengan hanya melakukan satu hal yang praktis, yaitu menggunakan tabir surya saat bepergian, sehingga kulit akan lebih terlindungi dari paparan sinar matahari.

7. Penggunaan Scrub
Menggunakan scrub secara rutin adalah salah satu pilihan perawatan wajah yang praktis dilakukan, karena bahan utamanya mudah didapat. Namun, tahukah anda jika kita terlalu sering menggunakan scrub justru dapat menimbulkan permasalahan kulit, lebih tepatnya bisa menyebabkan timbulnya flek hitam?!

Itu, karena kandungan yang terdapat pada scrub cenderung terlalu keras bagi kulit, sehingga dapat menyebabkan terjadinya peradangan dan dapat meningkatkan produksi melanin. Kondisi seperti ini tentu saja akan memperburuk keadaan flek hitam yang sudah muncul pada kulit atau justru membuat flek hitam semakin menyebar alias semakin banyak.

8. Perubahan Hormon
Perubahan hormon khususnya peningkatan produksi estrogen dan proyesterone biasa terjadi pada ibu hamil atau ketika seorang perempuan mengkonsumsi pil KB. Kondisi hormon yang tidak seimbang ini cenderung akan lebih cepat menimbulkan flek hitam pada daerah tertentu dalam.

9. Usia
Usia seseorang juga bisa menjadi penyebab munculnya flek hitam. Semakin bertambahnya usia seseorang akan membuat semakin menurunnya kemampuan sel-sel kulitnya untuk melakukan regenerasi.

Keadaan tersebut sangat berbeda dengan keadaan ketika usia seseorang masih lebih muda. Disamping itu kulit juga akan semakin sulit untuk memperbaiki sel-selnya yang rusak dan akan semakin sulit mengembalikan warnanya yang belang kewarnanya yang semula.

10. Kosmetik Yang Tidak Tepat
Seperti telah diketahui, bahwa belakangan ini cukup banyak produk kosmetik yang menawarkan berbagai hal yang menggiurkan untuk membuat wajah semakin terlihat lebih cantik, seperti mampu memutihkan wajah, menghilangkan bekas jerawat, menghilangkan garis halus dan keriput.

Semuanya akan diselesaikan hanya dalam waktu yang singkat. Itu tentu sangat menarik minat perempuan. Namun sayangnya, seseorang sering kali tidak memperhatikan kandungan yang terdapat didalamnya, karena tidak jarang kandungannya itu justru dapat membahayakan kesehatan kulit, sehingga tragedi pun terjadi.

Bahan-bahan berbahaya yang dimaksud dapat berbentuk parfum atau pewarna yang dapat memicu terjadinya fotosensitivitas, yaitu keadaan dimana kulit menjadi lebih sensitif ketika terpapar sinar matahari, sehingga kulit akan mudah terbakar atau mudah teriritasi.

11. Polusi Udara
Polusi udara merupakan salah satu penyebab terjadinya flek hitam, karena udara yang terpolusi berbagai macam zat berbahaya akan mengganggu kesehatan kulit yang terpapar secara terus menerus.

Sehingga saat itu sel-sel kulit akan melepaskan melanin secara berlebih untuk melawan kerusakan akibat zat-zat yang mengiritasinya. Kelebihan produksi melanin inilah yang menyebabkan terjadinya flek hitam pada kulit.

Secara logika, flek hitam yang disebabkan oleh udara ini kemungkinan bisa sembuh dengan sendirinya, apabila polusi tersebut berhenti dan perlawanannya berhasil, walau tanpa obat sekalipun.

Bab III
Gejala Flek Hitam - BiriBisi
Flek hitam pada kulit akan terlihat seperti bercak atau titik noda berwarna lebih gelap dari kulit disekitarnya dan tidak menonjol (rata).

Flek hitam umumnya tidak menimbulkan rasa sakit, tidak berbahaya bagi kesehatan, dan tidak dapat berubah menjadi kanker. Flek hitam (ephelis) juga tidak timbul dikulit yang tidak terpapar sinar matahari.

Beberapa penyakit berbahaya yang perlu diwaspadai karena terdapat kemiripan dengan flek hitam adalah penyakit neurofibromatosis dan melanoma. Oleh karena itu, ada baiknya mewaspadai bercak atau titik noda tersebut dan segera temui dokter kulit untuk mengenali dan mendapatkan diagnosis yang tepat. Tes kulit dan biopsi umumnya akan dilakukan untuk menetukan diagnosis.

Bab IV
Pengobatan Flek Hitam - BiriBisi
Timbulnya flek hitam tentu bukan suatu hal yang diinginkan, namun, kedatangannya bukanlah suatu hal yang bisa diprediksi. Meskipun kita merasa sudah berusaha menjaga kesehatan wajah semaksimal mungkin, tetapi ternyata flek hitam tetap saja datang. Itu karena banyak faktor yang menyebabkan kedatangannya, seperti yang telah kita bicarakan dalam Bab II: Sebab Flek Hitam.

Lalu, apa yang harus dilakukan apabila flek hitam sudah terlanjur datang? Ya tentu saja harus ditanggulangi. Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya, karena disetiap kesulitan tentu ada solusinya.

Perlu diketahui bahwa penanggulangan dan pengobatan flek hitam dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu cara medis dan cara alami.

Pengobatan Flek Hitam Secara Medis
Pengobatan flek hitam seqqcara medis dapat dilakukan pada klinik-klinik kecantikan, namun untuk itu anda harus mengeluarkan biaya yang cukup tinggi. Berikut ini beberapa cara menghilangkan flek hitam yang sering dilakukan secara medis:


  • Peeling (Pengelupasan Kulit)
Metoda ini dilakukan untuk menghilangkan kulit bagian luar dan merangsang pertumbuhan kulit baru. Pengobatan dengan metoda operasi ini sangat efektif dalam jangka pendek, namun harus dilakukan secara berulang-ulang, karena hanya menghilangkan kulit yang terkena bercak saja, tanpa menghentikan proses peningkatan produksi melanin, sehingga dalam beberapa minggu saja flek hitam akan kembali tampak.


  • Chemical Peeling
Metoda ini dilakukan apabila metoda peeling dirasa tidak mampu mengatasi flek hitam. Chemical Peeling, dibagi menjadi dua, yaitu Chemical Peeling Ringan dan Chemical Peeling Mendalam.


  • Pengobatan Topical Acid
Metoda ini dapat dilakukan pada semua jenis kulit dan berfungsi untuk menghilangkan lapisan sel kulit mati dan merangsang proses peremajaan kulit, sehingga sel-sel kulit mati dapat tergantikan oleh sel-sel kulit baru.


  • Microdermabrasion
Metoda ini dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dengan menggunakan vacum microdermabrasion yang dapat mencerahkan dan menghaluskan kulit.

Pengobatan Flek Hitam Secara Alami
Pengobatan flek hitam secara alami dapat anda lakukan sendiri dirumah dan dengan biaya yang sangat murah. Pengobatan menggunakan bahan-bahan alami ini sama efektifnya dengan pengobatan medis, namun lebih aman.

Berikut ini bahan-bahan alami yang bisa dipergunakan untuk mengatasi flek hitam. Anda bisa memilih bahan mana yang dirasa paling cocok bagi anda:
1. Madu, Jahe, Dan Cuka
  • Madu
Madu adalah cairan kental, manis, dan berwarna coklat keemasan, berasal dari cairan manis yang terdapat pada bunga (nektar) yang telah bercampur dengan saliva (air liur) lebah dan kemudian disimpan dalam sarangnya.

Madu tersusun dari glukosa, fruktosa dan air. Madu juga mengandung berbagai macam senyawa, seperti protein, vitamin dan mineral, termasuk niasin, kalsium, tembaga, riboflavin, zat besi, magnesium,potassium dan zinc.

Tidak hanya itu, madu juga mengandung flavonoid dan asam fenolat yang dapat bertindak sebagai senyawa antioksidan. Karena itu, madu sangat efektif dipergunakan untuk perawatan kulit, termasuk untuk menyamarkan flek hitam.


  • Jahe
Rimpang jahe mengandung 19 komponen bioaktif yang berguna bagi tubuh. Komponen yang paling utama adalah gingerol yang bersifat ANTIKOAGULAN (mencegah penggumpalan darah). Itu berarti jahe dapat mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, dan serangan jantung, karena tidak ada lagi darah yang menggumpal yang menjadi penyebab tersumbatnya pembuluh darah. Gingerol diperkirakan membantu menurunkan kadar kolesterol.

Komponen lain yang terdapat pada rimpang jahe adalah minyak atsiri, damar, mineral sineol, fellandren, kamfer, borneol, zingiberin, zingiberol, gigerol (misalnya di bagian-bagian merah), zingeron, lipidas, asam aminos, niacin, vitamin A, B1, C dan protein.

Kandungan-kandungan tersebut membuat jahe layak dijadikan sebagai bahan obat-obatan alami yang sangat baik untuk perawatan kulit, sehingga kulit akan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.


  • Cuka (Asam Asetat)
Asam cuka (asam asetat / Asam Etanoat) adalah asam organik yang dikenal sebagai pemberi rasa asam pada makanan atau minuman. Asam cuka (asam asetat) merupakan salah satu asam karboksilat paling sederhana, setelah asam format.

Larutan asam cuka (asam asetat) dalam air adalah sebuah asam yang lemah, artinya hanya terdisosiasi sebagian menjadi ion H+ dan CH3COO–.

Asam cuka pekat bersifat korosif terhadap kulit, karena itu harus digunakan dengan benar dan hati-hati. Penggunaan asam cuka yang direkomendasikan untuk konsumsi adalah cuka rumah tangga yang selama ini sudah beredar bebas dipasaran.

Asam cuka mengandung energi sebesar 12 kilokalori, protein 0,1 gram, karbohidrat 5 gram, lemak 0,1 gram, kalsium 7 miligram, fosfor 10 miligram, dan zat besi 0 miligram.  Selain itu didalam asam cuka juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram asam cuka, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Sifat korosif asam cuka bukan hanya terhadap kulit saja, namun juga terhadap benda-benda logam, seperti besi, magnesium, dan seng. Sifat korosif asam cuka terhadap kulit bisa bermanfaat untuk mengikis lapisan luar kulit yang terkena flek hitam, sehingga flek hitam bisa tersamarkan.

Pembuatan obat alami penghilang flek hitam dengan 3 bahan ini tidak sulit. Anda hanya perlu mencampur ketiganya menjadi satu, kemudian mendiamkannya selama satu hari satu malam dalam lemari pendingin. Berikut ini cara pembuatannya:
  • Cuci bersih jahe, iris-iris tipis
  • Masukkan kedalam wadah (toples)
  • Masukkan juga asam cuka secukupnya (± setinggi tumpukan irisan jahe atau dalam bahasa Jawa-nya nyemek-nyemek)
  • Tutup rapat toples tersebut
  • Simpan dalam kulkas selama 1 hari (24 jam)
  • Setelah 24 jam, buka toples, lalu masukkan madu secukupnya
  • Obat penghilang flek sudah bisa digunakan
  • Tetap disimpan dalam kulkas untuk digunakan sampai habis


Adonan obat penghilang flek siap disimpan (dipermentasikan)
Obat penghilang flek sudah siap dipakai

Cara Penggunaan:
  • Ambil potongan (irisan) jahe
  • Usapkan pelan-pelan kekulit muka yang terkena flek
  • Diamkan beberapa saat sampai kering
  • Bilas dengan air hangat

2. Minyak Vitamin E
Bukan hanya katanya saja bahwa senyawa alami yang satu ini ampuh untuk mengatasi flek hitam, namun sudah banyak dermatologis yang membuktikannya bahwa minyak vitamin E sangat efektif untuk mengatasi permasalahan kulit, termasuk flek hitam.

Adanya peran anti-oksidan pada minyak vitamin E yang berfungsi untuk mencegah penuaan dini dan mempercepat proses penyembuhan sel-sel kulit yang rusak inilah yang membuatnya sangat efektif untuk mengatasi masalah flek hitam.

Kabar baiknya lagi, minyak vitamin E tidak dipadukan dengan bahan lainnya pun sudah efektif untuk digunakan sebagai obat untuk perawatan wajah. Benar-benar praktis bukan?!

Untuk penggunaannya, kita hanya perlu mengoleskan beberapa tetes minyak vitamin E pada daerah wajah yang terserang flek hitam sambil memijat-mijatnya secara perlahan. Lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur setiap hari sebelum tidur.

3. Kentang
Berbagai zat yang ada dalam kentang sangatlah efektif untuk mengangkat dan meregenerasi sel-sel kulit. Selain itu, beberapa mineral seperti potassium, zinc, dan phosphorus berfungsi untuk meremajakan kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

Seperti halnya minyak vitamin E, kentang yang tanpa dipadukan dengan bahan alami lainnya juga sudah sangat efektif untuk digunakan sebagai bahan perawatan wajah. Caranya pun sangat mudah, yaitu hanya dengan meletakkan potongan kentang pada daerah wajah yang terserang flek hitam dan mendiamkannya selama 10 menit. Namun perawatan menggunakan kentang ini harus dilakukan secara rutin setiap hari, sampai flek hitam benar-benar hilang.

4. Minyak Almond
Bukan suatu hal yang mengherankan jika kita menemukan minyak almond pada kandungan berbagai macam kosmetik, karena minyak almond merupakan salah satu bahan alami yang sangat efektif untuk digunakan sebagai bahan tabir surya dan sebagai bahan pelindung kulit dari bahaya paparan sinar matahari.

Minyak almond mengandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, vitamin B2, vitamin B6, vitamin D serta vitamin E yang sangat efektif untuk menyamarkan flek hitam, noda pada wajah, serta segala macam pigmentasi yang terjadi.

Hal terbaik dari minyak almond adalah kandungannya yang tidak berat sama sekali, sehingga mudah diserap oleh kulit dan juga aman digunakan pada kulit yang sensitif sekali pun. Menggunakannya juga sangat mudah, yaitu cukup dengan mengoleskannya beberapa tetes saja pada daerah yang terdapat flek hitam, kemudian mendiamkannya tanpa perlu membilasnya. Lakukan perawatan ini dapat kita gunakan secara rutin dan teratur setiap malam menjelang tidur.

5. Stroberi
Buah yang satu ini sudah cukup dikenal di Indonesia, dari kota hingga kepelosok desa hampir semua orang telah mengenalnya, kendati sebenarnya buah stroberi ini bukan buah-buahan asli Indonesia.

Tingginya kandungan salicylic acid yang bisa berfungsi sebagai pengangkat sel-sel kulit mati, serta adanya alpha hydroxy acids, membuat stroberi menjadi salah satu buah yang mampu menyamarkan flek hitam secara efektif.

Menggunakan stroberi sebagai bahan untuk perawatan kulit wajah juga sangat praktis, yaitu cukup hanya dengan mencampurkan 4-5 buah stroberi segar yang sudah dihaluskan dengan 1 sendok makan madu saja, kemudian digunakan sebagai masker wajah, lalu didiamkan selama ± 40 menit, kemudian dibilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur setiap hari.

6. Yogurt
Yogurt merupakan salah satu bahan alami yang mengandung lactic acid dan dapat berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, serta menyamarkan berbagai macam jenis hiperpigmentasi yang muncul, termasuk menyamarkan flek hitam pada wajah. selain itu, yogurt juga sangat efektif untuk digunakan sebagai pelembut, pengencang, serta pencerah wajah.

Penggunaan yogurt untuk perawatan ini sangatlah mudah, yaitu cukup mencampurkan 2 sendok makan yogurt, 1 sendok makan air lemon, serta 1 sendok makan oatmeal hingga rata, kemudian digunakan untuk masker wajah yang dipenuhi oleh flek hitam. Lalu didiamkan selama ± 20 menit hingga mengering, kemudian dibilas sampai bersih. Lakukan perawatan ini setidaknya 3 kali dalam seminggu.

Bab V
Pencegahan Flek Hitam - BiriBisi
Berikut beberapa cara mencegah flek hitam:
1. Lindungi Kulit Dari Sinar Matahari
Sebelum aktifitas diluar rumah, ada baiknya menggunakan cream anti UV atau secara alami dengan minyak gandum dan minyak alpukat untuk melindungi wajah.

2. Menjaga Kebersihan Kulit
Usahakan untuk membasuh wajah dengan air bersih, setelah perjalanan, bekerja dan menjelang tidur.

3. Menjaga Asupan Makanan
Mencegah flek hitam dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan antioksidan, yabg dapat menangkal radikal bebas penyebab flek hitam seperti:

Demikianlah informasi mengenai flek hitam, sebab, gejala, dan pengobatannya yang bisa saya sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat. Amin!

Referensi:
Dari berbagai sumber

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: