IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi
Page Hits Counter

Jumat, 29 Desember 2017

Perawatan Demam


Demam - Sebab, Gejala, Dan Pengobatannya - BiriBisi
Daftar Isi
Bab I    : Definisi Demam
Bab II   : Suhu Rata-Rata Tubuh Manusia
Bab III  : Kategori Demam
Bab IV   : Sebab Demam
Bab V    : Gejala Demam
Bab VI   : Perawatan Demam
Bab VII  : Pengobatan Demam Dengan Obat Alami


Bab VI
Perwatan Demam - BiriBisi
Selain pengobatan, penderita demam (panastis) juga perlu mendapatkan perawatan sebagai berikut, agar dia bisa beristirahat dengan lebih nyaman selama demam:
1. Sering Minum
Sering minum air putih bisa membantu mengendalikan suhu tubuh agar tidak terlalu panas. Selain itu, sering minum air bisa membuang berbagai kuman, bakteri, dan racun dari dalam tubuh. Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh dapat meningkat, sehingga tubuh akan mampu melawan virus dan bakteri penyebab demam.  

2. Pakaian Tidak Terlalu Tebal
Waktu tidak enak badan, insting seseorang mungkin langsung menyuruhnya untuk mengenakan baju hangat dan meringkuk dibalik selimut yang sangat tebal. Cara ini kurang tepat. Sebab memakai baju dan selimut yang sangat tebal mungkin justru akan memerangkap udara panas didalam tubuhnya, sehingga demam tidak kunjung turun.

Jadi sebaiknya memakai pakaian dan selimut yang tidak terlalu tebal dan yang mampu menyerap keringat. Jangan lupa atur suhu kamar supaya cukup nyaman, tidak terlalu dingin. Kalau menggigil, maka segera minum air hangat. Jangan cuma menyelimuti atau membungkus tubuh dengan kain.

Namun beberapa orang mempunyai alasan yang cukup logis dalam berselimut dengan kain yang sangat tebal sesaat setelah minum obat agar tubuhnya bisa berkeringat, setelah itu kemudian membuka selimutnya. Ini tentu baik, sebab dengan keluarnya keringat biasanya demam akan sedikit mereda.

3. Mandi Air Hangat
Demam dan panas tinggi mungkin bisa membuat anda berkeringat dingin. Karena itu, anda bisa mandi dengan air hangat atau air suam-suam kuku. Pastikan suhu airnya tak terlalu panas atau dingin. Selain itu, mandi air hangat juga bisa membantu meredakan nyeri otot ketika demam menyerang.

4. Banyak Tidur
Orang sakit harus banyak tidur. Sebab saat anda tidur, tubuh memproduksi sel-sel darah putih. Sel-sel darah putih tersebut sangat dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh guna melawan virus atau bakteri penyebab demam.  

Kalau anda tidak bisa tidur saat demam, maka redupkan lampu kamar dan coba tarik napas dalam-dalam, kemudian dilepaskan pelan-pelan, tujuannya agar supaya tubuh anda bisa lebih rileks, sehingga anda bisa tertidur dengan pulas.

5. Tidak Perlu Pijat
Ketika demam, sebenarnya anda tidak perlu dipijat untuk meredakan nyeri otot. Menurut para ahli, dipijat ketika demam justru akan memberikan stimulasi berlebihan pada badan. Padahal badan anda sedang membutuhkan istirahat yang cukup supaya bisa melawan penyakit.

Dan juga sebenarnya obat demam yang anda minum, misalnya paracetamol, sudah mengandung pereda nyeri. Karenanya anda cukup beristirahat saja dan biarkan tubuh bekerja sendiri untuk mengatasi demam.

6. Kompres Air Hangat
Kompres dingin jadi pilihan banyak orang untuk menurunkan demam, padahal cara ini kurang tepat. Kompres dingin justru akan membuat badan menggigil dan semakin panas. Pasalnya, suhu tubuh jadi panas supaya bisa menyerang bakteri atau virus penyebab penyakit. Bila dilawan dengan kompres dingin, tubuh melihat adanya ancaman sehingga otak akan semakin meningkatkan suhu tubuh.

Jadi kalau anda memang ingin dikompres saat tidak enak badan, maka pakai saja kompres hangat. Kompres hangat didahi lebih efektif untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi pusing atau sakit kepala.

Berikut adalah cara kompres yang baik untuk menurunkan panas tubuh:
Pastikan suhu air yang digunakan untuk mengompres adalah 38° C Kemudian, rendam lap atau handuk didalam air panas tersebut
Lepaskan pakaian penderita demam sebelum dikompres
Letakkan handuk yang sudah direndam dengan air panas tersebut didahi, ketiak, dan lipatan paha. Pasalnya, pembuluh darah besar terdapat diketiak dan lipatan paha. Jadi, ketika anda mengompres dibagian tersebut, maka pembuluh darah akan mengirim sinyal untuk menurunkan panas keotak
Setelah 10 menit, basahi kembali handuk dengan air panas
Keringkan tubuh setelah dikompres dan kenakan pakaian yang tipis agar tidak berkeringat

Perawatan Medis - BiriBisi
Seorang yang sedang mengalami demam akan memerlukan perawatan medis, apabila memiliki salah satu dari gejala-gejala berikut:
  • Demam lebih dari 40 derajat dan tidak dapat diobati dengan obat yang beredar dipasaran
  • Demam yang berlangsung selama lebih dari 48 sampai 72 jam
  • Adanya penyakit serius, seperti masalah jantung, diabetes, atau cystic fibrosis
  • Ruam atau memar
  • Sakit tenggorokan, sakit kepala, atau batuk

Demikianlah penjelasan mengenai Perawatan demam yang bisa saya sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat. Amin!

Referensi:
Dari berbagai sumber

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: