IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi
Page Hits Counter

Jumat, 01 Desember 2017

Pencegahan Jerawat


Jerawat - Sebab, Gejala, Dan Pengobatannya - BiriBisi
Daftar Isi
Bab I   : Definisi Jerawat (Acne Vulgaris)
Bab II  : Sebab Jerawat
Bab III : Gejala Jerawat
Bab IV  : Penanganan Jerawat
Bab V   : Pengobatan Jerawat Dengan Obat Alami
Bab VI  : Pencegahan Jerawat

Bab VI
Pencegahan Jerawat - BiriBisi
Jerawat adalah penyakit kulit yang bisa membuat si penderitanya menjadi minder dan hilang rasa kepercayaan dirinya, sehingga akan menghambat aktifitas sehari-harinya, khususnya bila ia mempunyai profesi yang membuatnya harus selalu berhubungan dengan orang lain.

Karena itu sebisa mungkin perlu adanya upaya pencegahan, agar tidak selalu timbul kembali. Berikut ini langkah-langkah yang perlu anda lakukan untuk mencegah timbulnya jerawat:
1. Rajin Membersihkan Wajah
Rawatlah kesehatan wajah dengan cara membersihkan wajah, minimal dua kali sehari dengan pembersih wajah. Pilihlah pembersih yang sesuai dengan jenis kulit dan aman untuk kulit wajah anda.

Saat ini, dipasaran sudah banyak pembersih yang mengandung bahan alami. Rajin membersihkan wajah adalah kunci dalam menjaga kulit dari kotoran dan minyak berlebih yang dapat menyebabkan jerawat.

2. Jangan Memencet Jerawat
Jika wajah anda sedang berjerawat, jangan pernah menyentuh wajah dengan tangan kotor, apalagi memencetnya. Memencet jerawat dapat memperparah kondisi kulit dan menimbulkan bekas jerawat yang sulit dihilangkan.

3. Hindari Make Up Berlebih
Jangan terlalu sering menggunakan make up atau riasan berlebihan. Gunakan make up yang sesuai dengan jenis kulit dan hanya pada kondisi tertentu saja. Jangan lupa untuk membersihkan make up sebelum tidur.

4. Rajin Berolahraga
Rajin berolahraga baik untuk menyeimbangkan hormon dan mengurangi resiko stress yang berdampak pada timbulnya jerawat. Mandi dengan air hangat setelah berolahraga dapat membersihkan tubuh dari keringat dan minyak yang dapat menyebabkan jerawat.

5. Pola Makan Sehat
Menu makanan sehat dan seimbang dapat menjaga kesehatan kulit. Banyak mengkonsumsi buah dan sayuran diyakini dapat membersihkan wajah dari racun serta mengatasi jerawat dari dalam.

Apabila anda sering mengalami masalah jerawat, maka ada baiknya untuk menghindari makanan berminyak (gorengan), makanan yang berlemak (daging dan lainnya), makanan cepat saji dan minuman berkafein.

Bila perlu rajinlah minum "Jamu Temulawak", boleh dimaniskan dengan madu atau gula merah, seperti resep 2 yang ada dalam bab V: Pengobatan Jerawat. Sebab salah satu manfaat dari temulawak adalah dapat membuang lemak dan mencegah timbulnya jerawat.

Demikianlah informasi tentang pencegahan jerawat yang bisa saya sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat. Amin!

Referensi:
Dari berbagai sumber

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: