IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi
Page Hits Counter

Jumat, 01 Desember 2017

Gejala Jerawat

Wajah mulus, bersih dari jerawat

Jerawat - Sebab, Gejala, Dan Pengobatannya - BiriBisi
Daftar Isi
Bab I   : Definisi Jerawat (Acne Vulgaris)
Bab II  : Sebab Jerawat
Bab III : Gejala Jerawat
Bab IV  : Penanganan Jerawat
Bab V   : Pengobatan Jerawat Dengan Obat Alami
Bab VI  : Pencegahan Jerawat

Bab III
Gejala Jerawat - BiriBisi
Bagian tubuh yang biasa ditumbuhi jerawat adalah wajah. Ini dialami oleh sebagian besar orang yang berjerawat. Selain pada wajah, jerawat juga bisa tumbuh pada bagian punggung dan ini dialami oleh lebih dari setengah orang yang berjerawat.

Yang terakhir adalah jerawat yang tumbuh pada bagian dada. Diketahui bahwa sekitar 15 persen dari orang-orang yang berjerawat mengalami jerawat didada.

Selain munculnya bintik-bintik, kulit juga menjadi berminyak saat berjerawat, bahkan bisa terasa sakit atau panas apabila disentuh.

Ada beberapa jenis jerawat yang sering diderita oleh kebanyakan orang yang umumnya berada dalam masa-masa muda atau awal masa birahi:
1. Komedo



Komedo sebenarnya adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

Komedo yang terbuka (blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam.

Komedo jenis ini biasa disebut dengan istilah komedo hitam, yaitu bintik-bintik berwarna hitam yang biasanya muncul diarea sekitar hidung. Warna hitam tersebut bukan berasal dari debu atau pun kotoran, melainkan pigmentasi yang terjadi didalam lapisan pada folikel rambut



Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh diatas pori-pori yang tersumbat, sehingga terlihat seperti benjolan putih kecil.

Komedo jenis ini biasa disebut dengan komedo putih, yaitu berupa bintik-bintik berwarna putih dan bertekstur lebih keras daripada komedo hitam. Ini disebabkan oleh akumulasi sebum yang mengeras didalam pori-pori kulit. Jika dilihat sekilas, bintik komedo putih hampir serupa dengan bintik komedo hitam.

2. Jerawat Biasa



Jenis jerawat ini mudah dikenali, yaitu berupa benjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri jenis propionibacterium acne.

Bakteri ini biasanya hidup disaluran kelenjar sebaceous yang tersumbat, yaitu didaerah tempat beradanya asam lemak pada kantung kelenjar sebaceous yang tersembunyi didalam pori-pori kulit.

Diberi nama propionibacterium karena mampu memproduksi asam propionik (propionic acid).

Bakteri ini merupakan jenis anaerobik, sehingga dapat hidup tanpa butuh oksigen, dan mempunyai ciri-ciri aerotolerant yang menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya.

Bakteri yang menginfeksi bisa berasal dari waslap, kuas make up, jari tangan, dan telepon. Stres, hormon dan udara yang lembab, dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat yang disebut papula dan pustula ini.

Papula adalah benjolan berukuran kecil yang terasa menyakitkan dengan warna merah dan bertekstur lunak. Sedangkan pustula adalah benjolan kecil yang pada ujungnya terdapat penumpukan nanah.

3. Jerawat Batu (Cystic Acne)



Jerawat batu (cystic acne) adalah jerawat yang besar-besar, dengan peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka. Penderita jerawat batu (cystic acne) biasanya juga memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini.

Secara genetik penderitanya memiliki:


  • Kelenjar minyak yang over aktif yang membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak
  • Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal
  • Memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan, sehingga meninggalkan bekas dikulit


Jerawat jenis jerawat batu ini ada dua macam, yaitu jerawat nodul dan jerawat kista. Jerawat nodul adalah benjolan besar yang terbentuk dibalik permukaan kulit dengan tekstur keras dan terasa menyakitkan

Sedangkan jerawat kista adalah benjolan berukuran besar yang berisi nanah. Dan jerawat kista ini, sekilas tampak seperti bisul dan umumnya dapat meninggalkan bekas luka permanen diwajah setelah sembuh.

Demikianlah informasi tentang gejala jerawat dan jenis-jenisnya yang bisa saya sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat. Amin!

Referensi:
Dari berbagai sumber

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: