IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi
Page Hits Counter

Minggu, 22 Oktober 2017

43 Manfaat Taoge Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


Kecambah - BiriBisi
Kecambah adalah tumbuhan (sporofit) muda yang baru saja berkembang dari tahap embrionik didalam biji.
Tahap perkembangannya disebut perkecambahan dan merupakan satu tahap kritis dalam kehidupan suatu tumbuhan. Baca juga 52 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

Kecambah biasanya dibagi menjadi tiga bagian utama: radikula (akar embrio), hipokotil, dan kotiledon (daun lembaga). Dua kelas dari tumbuhan berbunga dibedakan dari cacah daun lembaganya, yaitu monokotil dan dikotil. Tumbuhan berbiji terbuka lebih bervariasi dalam cacah lembaganya. Kecambah pinus misalnya dapat memiliki hingga delapan daun lembaga. Beberapa jenis tumbuhan berbunga tidak memiliki kotiledon, dan disebut akotiledon.

Kecambah Untuk Bahan Pangan - BiriBisi
Kecambah sering digunakan sebagai bahan pangan dan digolongkan sebagai sayur-sayuran. Khazanah boga Asia mengenal kecambah kacang hijau (taoge/tauge/toge) dan kecambah kacang kedelai (sogol)  sebagai bagian dari menu yang cukup umum. Kecambah dikatakan merupakan makanan sehat, karena kaya akan vitamin E namun dikritik pula karena beberapa kecambah membentuk zat antigizi.

Kecambah jelai yang dikenal sebagai malt digunakan sebagai salah satu bahan baku bir. Malt juga digunakan sebagai bagian dari minuman sehat, karena mengandung maltosa yang lebih rendah kalori dari pada sukrosa.

Berikut adalah beberapa tumbuhan yang kecambahnya biasa dimakan orang:

  • Amaranthus
  • Arugula
  • Alfalfa
  • Kacang azuki
  • Brokoli
  • Buckwheat
  • Klover
  • Garden cress
  • Dill
  • Fenugreek
  • Garbanzo
  • Serai
  • Lentil
  • Selada
  • Milk thistle
  • Mizuna
  • Kacang hijau
  • Mustar
  • Kapri
  • Quinoa
  • Radis
  • Kedelai
  • Bunga matahari
  • Tatsoi
  • Wheat grass
  • Kamut
  • Uwi


Produksi Kecambah Untuk Bahan Pangan - BiriBisi
Dalam pembuatan kecambah dibutuhkan biji-bijian atau kacang-kacangan yang sehat, tidak busuk, dan bersih dari pestisida serta lingkungan yang optimal berupa ruang gelap, lembab, dan kadar air yang cukup untuk perkecambahan biji tersebut. Proses pembuatan kecambah ini dapat dilakukan sepanjang tahun, tidak memerlukan sinar matahari, dan dapat dilakukan pada musim apapun.
Berikut ini cara membuat kecambah yang baik:

  • Pertama-tama siapkan wadah berlubang dengan dasar yang datar.
  • Kemudian dibagian dasarnya dilapisi dengan kapas atau kain basah.
  • Kemudian letakkan alas berupa kain yang merupakan tempat untuk menyebar benih atau biji.
  • Pada tahap awal produksi, lakukan pencucian dan perendaman benih selama 6-8 jam dengan air dingin.
  • Kemudian sebar benih diatas alas kain yang telah disiapkan sebelumnya.
  • Lakukan penyiraman setiap hari dengan air bersih sebanyak 2-3 kali.
  • Setelah 3-5 hari, kecambah sudah dapat dipanen.


Manfaat Kecambah Sebagai Bahan Pangan BiriBisi
Kecambah merupakan pangan yang rendah kadar lemak, kaya vitamin C, serta memiliki folat dan protein yang dapat memperkecil resiko timbulnya penyakit kardiovaskular dan merendahkkan kolesterol LDL dalam darah. Dalam kecambah, terkandung fitoestrogen yang dapat berfungsi seperti estrogen bagi wanita. 

Estrogen tersebut dapat meningkatkan kepadatan dan susunan tulang, serta mencegah kerapuhan tulang (osteoporosis) khususnya bagi wanita yang berada pada masa menopause. Konsumsi kecambah juga dapat membantu wanita terhindar dari kanker payudara, gangguan menjelang menstruasi, keluhan semburat panas pada pra-menopause, dan gangguan akibat menopause.

Tidak hanya itu, kecambah juga memiliki kemampuan mengurangi resiko terkena artritis, memperlancar pencernaan, reproduksi, dan saluran kelenjar (glandular). 

Pada beberapa jenis kecambah, terkandung senyawa fitokimia dalam jumlah besar dan salah satunya adalah kanavanin. Senyawa ini banyak ditemukan pada kecambah alfalfa dan bermanfaat untuk mencegah kanker darah, kanker usus besar, dan kanker pankreas.

Selain kanavanin, senyawa anti-kanker lain yang terkandung di dalam kecambah adalah daidzein dan ''genistein''. Senyawa genistein secara efektif menghambat pasokan gizi (makanan) untuk sel-sel kanker, sehingga dapat membunuh sel kanker dalam tubuh. 

Selain itu, di dalam kecambah juga terkandung saponin yang dapat meningkatkan imunitas tubuh dengan menstimulasi interferon dan sel limfosit T. Baca juga 41 Manfaat Sirih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

Kecambah Untuk Makanan Sapihan - BiriBisi
Makanan sapihan adalah makanan yang secara khusus diformulasikan untuk bayi yang mengalami masa peralihan dari mengkonsumsi susu menjadi mengkonsumsi makanan padat. Pada masyarakat tradisional Indonesia, makanan sapihan yang diberikan berupa campuran nasi dan berbagai sayuran seperti bayam dan wortel ataupun ada pula yang hanya menggunakan pisang.

Kelemahan dari makanan sapihan tradisional ini adalah kandungan pati yang banyak terdapat didalamnya menyebabkan pangan tersebut menjadi bulky atau limbak karena sifat pati yang mudah menyerap air dan mengental saat dipanaskan sehingga menyebabkan bayi yang mengkonsumsinya sudah merasa kenyang sebelum lambungnya terisi cukup makanan.

Selain itu, pati yang merupakan makromolekul tidak dapat dipecah secara sempurna oleh enzim pencernaan bayi yang masih sangat terbatas. Salah satu cara untuk menghasilkan makanan sapihan yang mudah, sehat, dan relatif murah adalah menggunakan tepung kecambah (taoge, tauge), karena didalam kecambah, terdapat kandungan enzim amilase yang tinggi. 

Dengan melakukan pengeringan selama 7-8 jam, enzim amilase pada kecambah akan memecah pati yang dikandungnya menjadi molekul sederhana, sehingga tepung kecambah yang dihasilkan tidak mengental bila dipanaskan dan tidak bulky.

Pembuatan Tepung Kecambah Untuk Makanan Sapihan - BiriBisi
Tepung kecambah didapatkan dari kecambah kering yang dikuliti, disangrai, digiling, dan disaring. Makanan sapihan untuk bayi sebaiknya dibuat dari campuran tepung kecambah dari dua jenis bahan, seperti taoge kacang hijau dan sorgum sehingga diperoleh campuran dengan kadar protein 10-15% dan energi yang terkandung didalamnya 370 kkal/100 gram dengan nilai PER (protein efficiency ratio) sekitar 2,35. 

Umumnya bayi memerlukan 16-18 gram protein per hari dan itu bisa didapatkan dengan konsumsi makanan sapihan sebanyak 80-100 gram per hari. Bila dibandingkan dengan makanan sapihan tradisional, hanya diperlukan ⅓ volume makanan sapihan dari tepung kecambah untuk memenuhi kebutuhan bayi.

Jenis-Jenis Kecambah Dan Beberapa Kecambah Bahan Pangan Terkenal - BiriBisi
Ada banyak varietas kecambah yang tersedia, seperti kecambah kacang hijau yang biasa disebut taoge, tauge atau toge, kecambah kacang kedelai (sogol), dan kecambah dari jenis biji-bijian dan kacang-kacangan lainnya, sepeti kecambah dari sorgum, selada, kacang polong, kacang hitam, kacang merah, kacang garbanzo, kacang pinto, dll.

Kecambah Kacang Hijau (Taoge/Tauge/Toge)



Taoge adalah tumbuhan (sporofit) muda kacang hijau yang baru saja berkembang dari tahap embrionik didalam biji. Kata taoge sendiri adalah serapan dari dialek Hokkian, istilah Mandarin-nya adalah douya (豆芽) yang secara harfiah berarti kecambah kacang-kacangan, umumnya berasal dari kacang hijau dan sering disajikan dalam menu makanan dari Asia Timur. Taoge segar sangat kaya akan vitamin E, dan merupakan menu yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Dengan mengkonsumsi taoge, tubuh akan terobati dan tercegah dari kekurangan vitamin E.

Kecambah Kacang Kedelai ((Sogol) Soybean sprout)



Kecambah kacang kedelai/sogol memiliki karakteristik berupa ukuran yang lebih besar dari kecambah kacang hijau, memiliki akar yang lebih panjang dan bentuk lebih ramping, serta berwarna kehijau-hijauan. Rasa dari kecambah jenis ini adalah renyah dan terasa agak pahit apabila disantap mentah-mentah. Kecambah dari kedelai memiliki kandungan aroma langu (beany flavor) yang relatif lebih tinggi dibandingkan kecambah kacang hijau, namun memiliki kalori dan protein yang lebih tinggi dibandingkan kecambah lainnya.

Bagi seorang vegetarian, kecambah kedelai merupakan salah satu alternatif makanan karena memiliki energi sebesar 86 kkal per cangkir yang dikonsumsi. Baca juga 26 Manfaat Kitolod Untuk Kesehatan.

Kecambah Alfalfa



Kecambah ini memiliki bentuk yang menyerupai tunas halus berdaun hijau dengan rasa yang renyah dan segar. Keunggulan dari kecambah alfalfa adalah kandungan saponin yang terdapat di dalamnya sangat tinggi. Saponin tersebut merupakan suatu senyawa yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) tanpa mengganggu kolesterol baik (HDL), sehingga bisa mencegah terjadinya stroke dan serangan jantung.

Nutrisi Dan Nilai Gizi Kecambah - BiriBisi
Biji-bijian memiliki nilai gizi tertinggi pada saat berkecambah. Kecambah mengandung konsentrasi nutrisi lebih besar seperti vitamin E, potasium, zat besi, bahan kimia nabati, antioksidan, bioflavonoid, kemo protectants dan protein. Juga nutrisi lain seperti folat, seng, niacin, riboflavin, tembaga dan magnesium yang sangat baik untuk rambut. Kecambah juga mengandung fitoestrogen yang dapat berfungsi seperti estrogen bagi wanita, fitokimia salah satunya adalah kanavanin. Senyawa ini banyak ditemukan pada kecambah alfalfa dan bermanfaat untuk mencegah kanker darah, kanker usus besar, dan kanker pankreas.

Selain kanavanin, senyawa anti-kanker lain yang terkandung di dalam kecambah adalah daidzein dan ''genistein''. Senyawa genistein secara efektif menghambat pasokan gizi (makanan) untuk sel-sel kanker, sehingga dapat membunuh sel kanker dalam tubuh. 

Selain itu, di dalam kecambah juga terkandung saponin yang dapat meningkatkan imunitas tubuh dengan menstimulasi interferon dan sel limfosit T.

Berikut ini kandungan gizi dan nutrisi per 100 gram kecambah kacang hijau (taoge/tauge/toge):
Energi 23 kkal
Protein 2,9 g
Lemak 0,2 g
Karbohidrat 4,1 g
Serat 1,0 g
Kalsium 29 mg
Fosfor 69 mg
Zat Besi 0,8 mg
Vitamin A 10 IU
Vitamin B1 0,07 mg
Vitamin C 15 mg
Air 92,4 g

Cara Memasak Tauge - BiriBisi
Selain sebagai bahan pangan yang disukai masyarakat taoge/tauge/toge juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Hal ini karena adanya berbagai macam kandungan yang terdapat didalamnya. Namun agar kandungan yang terdapat didalam taoge tidak hilang, maka anda harus mengolahnya secara benar. Berikut ini cara memasak taoge yang dianjurkan:

  • Para ahli berpendapat bahwa taoge lebih baik dikonsumsi dalam keadaan mentah, pada saat nutrisinya masih belum banyak yang rusak.
  • Jika pun harus dimasak, idealnya taoge ditumis atau dikukus sebentar saja, jangan lama-lama.
  • Sebagian ahli yang lain berpendapat bahwa taoge harus dimasak sebelum dikonsumsi, yang tujuannya untuk tidak mengambil resiko terhadap kemungkinan adanya bakteri E-coli yang mungkin mengkontaminasi taoge.
  • Meskipun demikian, disarankan agar taoge tidak dimasak terlalu lama dan harus langsung dikonsumsi segera setelah dimasak untuk mencegah menurunnya kadar nutrisi.
  • Jika taoge harus direbus, misalnya untuk membuat sup, jangan masukkan taoge kedalam panci sejak awal. Masukkan taoge paling akhir kedalam panci beberapa saat sebelum api kompor dipadamkan.
  • Dengan begitu, vitamin C serta enzim yang rusak diperkirakan hanya sekitar 20%. Jika direbus dalam jangka waktu lama, kerusakan nutrisi bisa mencapai minimal 60%.


Khasiat Dan Manfaat Kecambah Kacang Hijau (Taoge) Untuk Kesehatan Dan Kecantikan - BiriBisi
Manfaat Taoge Untuk Rambut
1. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut
Kecambah kacang hijau (taoge/tauge/toge) mengandung vitamin C yang terbukti bisa meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Vitamin C bersifat antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas yang juga menjadi penyebab rambut jadi lemah, rapuh dan tipis. Disamping itu vitamin C juga mampu mencegah berbagai gangguan, seperti alopecia, hirsutisme dan pola kebotakan pada laki-laki .

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah, Memperkuat Dan Memperbaiki Kapiler
Mengkonsumsi taoge dengan dosis cukup secara rutin dan teratur dapat memperlancar sirkulasi darah, memperkuat dan memperbaiki kapiler (pembuluh darah halus) untuk rambut yang kuat dan tebal. hal ini tentu sangat membantu untuk menghasilkan pembuluh darah baru dan meningkatkan sirkulasinya kekulit kepala dan folikel (kantong kelenjar (rambut) yang kecil dan sempit). Suplai darah yang sehat adalah stimulan yang baik untuk pertumbuhan rambut.

3. Merangsang Folikel Rambut
Vitamin A yang tinggi dalam kecambah bermanfaat merangsang folikel rambut dan mendorong kulit kepala untuk menghasilkan banyak rambut . Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kulit kepala, akar dan helai rambut kering, yang menyebabkan rambut rontok. Dengan demikian, tingkat yang tepat vitamin A sangat penting untuk mendorong pertumbuhan rambut sehat.

4. Menghambat Ubanan
Rambut beruban prematur disebabkan oleh oksidasi pada jaringan dan sel. Antioksidan kuat dalam kecambah kacang hijau (taoge) akan mencegah hal ini, sehingga dapat mengurangi kemungkinan rambut beruban lebih cepat.

5. Mensuplai Vitamin K
Taoge mengandung Vitamin K, vitamin larut lemak yang membangun protein dikulit kepala untuk menjaga akar dan helai rambut yang kuat.

6. Menyuburkan Rambut
Taoge mengandung cukup zat besi yang dibutuhkan untuk membawa oksigen keseluruh tubuh, termasuk kulit kepala, akar dan helai rambut. Kekurangan zat besi dapat melemahkan rambut yang menyebabkan kerontokan.

7. Membantu Regenerasi Sel Kukit Kepala
Kecambah kacang hijau (taoge) mengandung seng, sebuah nutrisi yang berkontribusi untuk memproduksi sebum dikulit kepala. Hal ini akan membuat kulit kepala, akar dan helai rambut terhidrasi, sehingga bisa mendorong regenerasi sel-sel kulit kepala dengan sempurna.

8. Mencegah Ketombe
Selenium dalam kecambah membantu untuk mematikan Malassezia, jamur yang tumbuh pada kulit kepala, sehingga akan menghilangkan ketombe dan untuk mendorong pertumbuhan rambut baru. Hal ini juga dapat membantu untuk meringankan rasa gatal pada kulit kepala, karena sifat anti jamurnya tersebut.

9. Mengkilaukan Rambut
Mengkonsumsi kecambah kacang hijau (taoge) secara rutin akan menambahkan kilau dan elastisitas pada rambut, karena didalam taoge terdapat kandungan asam lemak omega 3 yang penting untuk menutrisi folikel rambut, dan memerangi rambut kering dan rapuh, kulit kepala bersisik dan membalikkan rambut rontok. Taoge juga mapu mencegah rambut menjadi kusam.

10. Menyeimbangkan Hormon
Ketidak seimbangan hormon merupakan salah satu penyebab terbesar kerontokan rambut pada wanita. Kecambah membantu untuk mencapai keseimbangan hormon dan mengembalikan vitalitas rambut.

11. Menambah Biotin
Kekurangan biotin bisa menyebabkan rambut menjadi rapuh dan rusak. Mengkonsumsi kecambah kacang hijau (taoge) dapat meningkatkan kadar biotin, sehingga seseorang dapat memanjangkan rambutnya tanpa mempunyai kekhawatiran rambutnya akan menjadi rapuh dan rusak.

Manfaat Taoge Untuk Kulit
12. Mencerahkan Kulit
Memakan makanan yang sehat adalah cara terbaik untuk membuat kulit tampak lebih sehat dan cerah. Kecambah kacang hijau (taoge) mengandung nutrisi yang lengkap, sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan kecerahannya.

13. Radikal Bebas
Radikal bebas disebabkan oleh paparan sinar matahari dan pencemaran lingkungan.  Antioksidan dalam kecambah kacang hijau, seperti vitamin C dan Flavonoid akan menyingkirkan radikal bebas untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan polusi.

14. Menyeimbangkan Produksi Sebum
Kecambah kacang hijau (taoge) kaya akan vitamin B yang dapat mencegah produksi sebum (lemak kulit) secara berlebihan, dan membantu pembentukan kulit yang sehat. Untuk keperluan ini anda hanya perlu minum segelas jus kecambah secara rutin dan teratur setiap hari, sehingga anda akan mendapati kulit anda terhidrasi dan lembab.

15. Meremajakan kulit
Sertakan kecambah kacang hijau (taoge) dalam menu diet harian anda untuk meningkatkan proses penyembuhan dan peremajaan kulit. Hal ini juga bisa membantu dalam menyembuhkan luka lebih cepat dan mengganti jaringan yang rusak, sehingga akan mencerahkan warna kulit dan menyamarkan bintik-bintik pada kulit akibat usia.

16. Meningkatkan Ptoduksi Kolagen
Vitamin C dalam kecambah kacang hijau (taoge) akan meningkatkan produksi kolagen (protein perekat yg terdapat dalam tulang dan tulang rawan), sehingga memberikan elastisitas dan menjadikan kulit tampak lebih muda. Protein dalam taoge juga mendukung jaringan dan organ tubuh secara bersama-sama untuk meremajakan kulit dari dalam dan mengurangi kulit keriput dan gejala penuaan lainnya.
Baca juga 40 Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

17. Membuat Kulit Menjadi Halus Dan Tampak Lehih Muda
Kecambah mengandung asam lemak omega 3 cukup tinggi. Asam lemak berguna untuk mengurangi peradangan, mengurangi resiko jerawat, dan mengurangi masalah kulit lainnya, seperti pruritus, scaling, dan eritema. Dengan begitu, mengkonsumsi kecambah kacang hijau (taoge) bisa membuat kulit menjadi halus dan terlihat lebih muda, dengan cara menyamarkan kondisi peradangan seperti jerawat dan psoriasis.

18. Kukit Berseri
Taoge mengandung silika, suatu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun dan meregenerasi jaringan ikat kulit, juga untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh yang biasanya meresap kedalam aliran darah, sehingga menyebabkan kulit tampak kusam.

Manfaat Taoge Untuk Kesehatan Tubuh
19. Mencegah Kanker
Didalam kecambah kacang hijau (taoge) terkandung senyawa-senyawa yang berfungsi sebagai anti-oksidan, seperti vitamin C, vitamin E, dan senyawa lainnya, sehingga apabila taoge dikonsumsi secara rutin dan teratur, maka anti-oksidan yang terkandung didalamnya tersebut dapat membantu memperlambat proses penuaan dan menghentikan pembelahan se-sel kanker.

20. Mencegah Serangan Jantung Dan Stroke
Kecambah kacang hijau (taoge) merupakan pangan yang rendah kadar lemak, kaya vitamin C, serta memiliki folat dan protein. Disamping itu taoge juga menyediakan serat yang tinggi, khususnya serat larut. Serat jenis ini sangat berguna untuk menciptakan rasa kenyang secara alami dengan memperlambat transisi dari makanan melalui lambung dan usus. Didalam tubuh, serat juga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah yang menjadi biang keladi dari banyak penyakit, termasuk penyakit jantung dan stroke.

Karena itu, mengkonsumsi taoge sangat dianjurkan bagi orang-orang yang beresiko dengan serangan penyakit jantung dan penyakit stroke. Selain itu taoge juga merupakan sumber kalium, mineral penting untuk kontraksi otot jantung dan menormalkan tekanan darah. Dan tekanan darah yang terkontrol merupakan indikasi penting bagi terjaganya kesehatan jantung.

21. Mencegah Osteoporosis
Didalam kecambah kacang hijau (taoge) terkandung fitoestrogen yang dapat berfungsi seperti estrogen bagi perempuan. 

Estrogen dapat meningkatkan kepadatan dan susunan tulang, serta mencegah kerapuhan tulang (osteoporosis), khususnya bagi wanita yang berada pada masa menopause.

Pengeroposan tulang adalah penyakit yang cukup banyak menyerang perempuan, sebab setiap bulan perempuan mengalami menstruasi, dan itu bisa menguras cadangan kalsium dari dalam tubuhnya.

Disamping itu wanita yang mengkonsumsi taoge secara rutin dan teratur juga akan terhindar dari resiko kanker payudara, gangguan-gangguan menjelang dan saat haid, gejala pra-menopause, serta masalah lain yang menyertai menopause.

22. Meningkatkan Sistem Imun
Mengkonsumsi taoge secara rutin dan teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena didalam taoge terdapat kandungan senyawa saponin, senyawa ini dapat memperbaiki sistem pertahanan tubuh dengan cara meningkatkan aktivitas sel-sel pembuluh darah alami, khususnya limfosit T-sel serta interferon.

Taoge juga bisa dijadikan salah satu makanan sumber vitamin C, karena dalam 1 cangkir taoge mengandung sekitar 13 mg vitamin C. Vitamin C sangat penting sekali bagi tubuh manusia, karena berfungsi sebagai anti-oksidan, sehingga bisa terhindar dari radikal bebas. Dengan begitu kinerja sistem kekebalan tubuh akan tetap terjaga dan berfungsi dengan baik. Wanita membutuhkan setidaknya 75 mg vitamin C setiap hari, sedangkan  pria membutuhkan 90 mg.

Untuk memastikan kandungan nutrtisi taoge tetap terjaga, maka konsumsilah taoge dalam keadaan mentah, yang paling praktis anda bisa membuatnya sebagai jus. Jadi usahakanlah untuk tidak memasaknya terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya, tetapi jika anda tidak menyukai mengkonsumsi taoge dalam keadaan mentah, maka anda bisa merebusnya sebentar saja, atau merendamnya dalam air mendidih sebentar saja, agar kandungan nutrisi didalamnya tidak banyak yang hilang.

23. Melancarkan Pencernaan Dan Mencegah Sembelit
Karena bersifat basa, taoge sangat baik untuk menjaga tingkat keasaman lambung serta membantu pencernaan. Selain itu, kandungan seratnya dapat dengan mudah meningkatkan kontraksi saluran pencernaan, sehingga dapat memperlancar buang air besar (BAB).

24. Meningkatkan Kesuburan
Banyak masyarakat yang mengatakan jika ingin cepat hamil, maka harus banyak makan taoge. Hal ini menjadi indikasi bahwa mengkonsumsi taoge secara rutin dan teratur dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan laki-laki dan perempuan. Salah satu alasannya adalah karena taoge memiliki kandungan vitamin E cukup tinggi, sehingga dapat membantu melindungi sel telur dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kandungan asam folat dalam taoge juga bisa memberikan dorongan kesehatan pada wanita hamil, sekaligus mencegahnya melahirkan bayi dalam keadaan cacat. Dan apabila dikonsumsi secara rutin dan teratur setiap hari, maka taoge juga akan meningkatkan kualitas sperma.

Kandungan vitamin E yang terdapat dalam taoge, khususnya vitamin E-alpha, sangat membantu dalam meningkatkan kesuburan bagi laki-laki dan perempuan, karena vitamin E juga merupukan anti-oksidan yang dapat melindungi sel-sel dari serangan radikal bebas.

25. Meningkatkan Stamina Laki-Laki Dewasa
Keren! Mengkonsumsi taoge secara rutin dan teraur juga bermanfaat untuk menambah stamina laki-laki dewasa. Ini, karena didalam taoge terdapat kandungan vitamin E yang juga bersifat dapat meningkatkan stamina laki-laki dewasa. Ayo, para istri! Sediakan jus taoge setiap hari untuk suami anda sebanyak satu gelas, agar kehidupan rumah tangga anda makin harmonis.

Kebanyakan orang yang mengkonsumsi vitamin E hanya mengetahuai bahwa ia bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, menjaga kesehatan, serta untuk kelenturan kulit supaya terlihat awet muda saja. Padahal sebenarnya vitamin E juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan laki-laki dan perempuan, juga untuk menambah stamina laki-laki dewasa.

Vitamin E dan C adalah vitamin utama yang bersifat antioksidan. Vitamin C banyak ditemukan dalam buah jeruk dan sayuran hijau seperti brokoli, kecambah, dll.

Vitamin E pada umumnya ditemukan dalam makanan yang mengandung lemak sehat, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, kecambah dan minyak, seperti minyak safflower, minyak jagung, dan juga minyak biji-bijian. (Abi Mada Albiribisi, BiriBisi, Mengenal Jenis-Jenis Anti-oksidan 2017).

26. Menurunkan Berat Badan
Taoge tinggi serat dan rendah kalori, dan tidak mengandung banyak lemak, satu mangkuk kecambah kacang hijau (taoge), hanya mengandung 0,11 gram lemak, sehingga sangat bermanfaat bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Mengkonsumsi taoge akan membuat anda merasa kenyang lebih lama, karena nutrisi yang dimilikinya tanpa harus merasa khawatir akan menjadi gemuk. Dan dengan terpenuhinya nutrisi dalam tubuh, maka anda tidak akan cepat merasa lapar, sehingga anda bisa mengurangi porsi makan anda dari biasanya. Karena itu, jika anda benar-benar membutuhkan menu diet sehat, maka pertimbangkanlah taoge masuk didalamnya.

Selain untuk diet rendah lemak, taoge juga dapat mengurangi kemungkinan diabetes tipe 2 yang sering terjadi akibat pola makan buruk dan gaya hidup tidak sehat.

27. Mengatasi Gangguan Menstruasi
Kemampuan de-oksidasi yang dimiliki tauge dapat dengan meningkatkan sirkulasi aliran darah untuk menghindari serta menetralkan faktor yang dapat mengganggu menstruasi.

Jika anda sering mengkonsumsi tauge sebelum menstruasi, maka anda akan terhindar dari seluruh masalah yang mungkin terjadi selama menstruasi. 

28. Awet Muda
Kecambah kacang hijau (taoge) mengandung antioksidan aktif yang bisa mencegah kerusakan DNA dan melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Apabila taoge dikonsumsi secara rutin dan teratur, maka akan bermanfaat untuk menghindarkan diri dari penuaan dini, sehingga anda akan terlihat awet muda.

Disamping itu, kandungan vitamin E, potasium, zat besi, antioksidan bioflavonoid, omega 3, protein, asam folat, seng, niacin, riboflavin, tembaga dan magnesium yang terdapat didalam taoge, semuanya bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

29. Menghilangkan Racun
Manfaat lain taoge adalah membantu menghilangkan kotoran dalam usus besar, karena tauge mengandung banyak serat dan air.

Kandungan serat dan air ini akan membantu tubuh untuk menghindari penumpukan bahan kimia beracun yang dapat menyuburkan sel-sel kanker.

30. Mengatasi Anemia
Taoge kaya akan kandungan zat besi yang penting untuk pembentukan hemoglobin dalam tubuh. Hemoglobin sebenarnya adalah protein yang terkandung dalam sel-sel darah merah. Oleh karena itu, mengkonsumsi taoge bisa menurunkan resiko anemia.

Taoge juga mengandung vitamin C yang membantu penyerapan zat besi pada usus, sehingga dapat menghentikan anemia yang sering terjadi akibat kekurangan zat besi.

Kalau anda duduk atau jongkok dalam jangka waktu yang lama, setelah itu anda berdiri, tetapi kemudian anda langsung merasa pusing atau berkunang-kunang, berarti anda kekurangan zat besi.

31. Menjaga Kesehatan Organ Hati
Taoge sangat bermanfaat untuk kesehatan organ hati, karena didalam taoge terkandung senyawa lesitin yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol darah dan mengurangi lemak dalam organ hati, yang berarti mencegah penumpukan lemak didalamnya, sehingga organ hati akan terbebas dari gangguan dan tetap terjaga kesehatannya.

32. Baik Untuk Wanita Hamil Dan Mencegah Bayi Lahir Cacat
Kecambah kacang uijau (taoge) bisa diandalkan sebagai sumber vitamin B12 atau asam folat. Satu cangkir taoge bisa memasok tubuh hingga 16 % dari kebutuhan harian asam folat. Asam folat berfungsi untuk membantu tubuh dalam memproduksi DNA, asam amino dan sel darah merah, dimana kesemuanya sangat diperlukan selama masa kehamilan. Kekurangan asam folat bisa mengakibatkan seorang ibu hamil memiliki resiko besar melahirkan bayinya dalam keadaan cacat dan tidak sempurna. Semoga Alloh melindungi kita dari itu. Amin!

33. Manfaat Dari Enzim
Untuk membuat benih bisa berkembang cepat ia membutuhkan enzim. Diperkirakan ada hingga 100 kali enzim menguntungkan bagi kesehatan didalam taoge. Selain itu, taoge juga merupakan sumber yang sangat baik dari inducer enzim yang melindungi terhadap karsinogen kimia.

34. Meringankan Alergi Dan Asma
Ada banyak alasan kenapa orang harus rutin mengkonsumsi taoge, salah satunya adalah karena taoge dapat meringankan alergi dan asma. Taoge, jika dikonsumsi secara rutin dan teratur dengan porsi cukup bisa membantu mengurangi reaksi alergi, termasuk asma, yang merupakan kondisi peradangan pada sistem pernapasan.  Untuk mendapatkan manfaat tersebut anda bisa mengkonsumsi taoge sebagai lalapan atau membuatnya menjadi sup.

35. Meningkatkan Pembentukan Otot
Kecambah kacang hijau (taoge) mengandung sejumlah protein yang memiliki peranan untuk meningkatkan pembentukan otot dan massa otot. Karena itu, taoge termasuk jenis sayuran yang umum dikonsumsi oleh mereka yang ingin meningkatkan pembentukan otot.

36. Mengatasi Stress Dan Kelelahan
Mengkonsumsi taoge secara rutin dan teratur juga dapat membantu dalam menghilangkan tekanan mental dan kelelahan.

37. Mencegah Kanker Payudara
38. Mengatsi Keluhan Semburat Panas Pra-Menopause
39. Mengatasi Gangguan Akibat Menopause.
40. Mengurangi Resiko Terkena Artritis
Saluran Kelenjar (Glandular)
41. Mencegah kmKanker darah
42. Mencegah Kanker umUsus Besar
43. Mencegah Kanker Pankreas

Baca juga 30 Manfaat Kol Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

Demikianlah uraian tentang kecambah dan manfaat taoge/tauge/toge untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa saya sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat. Amin!

Referensi:
Dari berbagai sumber

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: