IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi

Sabtu, 05 Agustus 2017

Cara Membuat Link Internal Dan Link Eksternal Pada Postingan


Menempatkan Tautan Pada Sebuah Postingan - BiriBisi
Pada saat kita memposting sebuah artikel, maka terkadang isi artikel tersebut mempunyai hubungan yang erat dengan isi "artikel lain" yang telah kita posting lebih dulu,
sehingga apabila "artikel lain" tersebut kita tunjukkan pada pengunjung yang sedang membaca artikel yang kita posting ini, maka kemungkinan dia akan tertarik untuk membacanya juga. Baca juga Cara Membuat Blog.

Namun untuk memudahkan pengunjung untuk membacanya, kita harus membuatkan tautan untuknya, sehingga pengunjung bisa langsung menuju kepadanya. Misalnya dalam artikel yang kita suguhkan, kita sedang membahas tentang "Cara Menanam Cabe Rawit Yang Baik", kemudian kita berfikir kayaknya cocok juga apabila dalam artikel ini kita sodorkan pada pengunjung tentang cara menanam bawang merah. Jika demikian, maka kita bisa meletakkan tautannya.

Biasanya dalam meletakkan tautan untuk sebuah artikel para blogger akan menuliskan seperti ini, misalnya jika artikel tersebut berjudul "Cara Menanam Bawang Merah Yang Baik Agar Panen Melimpah", maka akan dituliskan Baca juga atau Lihat juga "Cara Menanam Bawang Merah Yang Baik Agar Panen Melimpah", atau Jika anda ingin tahu cara menanam bawang merah yang baik, maka silahkan klik "Disini", dan lain sebagainya.

Tautan Internal Dan Tautan Eksternal - BiriBisi
Apabila artikel yang dibuatkan tautannya itu berada dalam satu blog dengan artikel yang akan kita posting, maka tautan yang kita buat itu disebut tautan internal. Dan jika artikel tersebut berada dalam blog yang lain, maka tautan yang kita buat itu disebut tautan eksternal.

Sebetulnya, cara pembuatan tautan internal dan tautan eksternal itu sama persis. Yang berbeda hanyalah tujuan atau sasarannya saja, yaitu kalau tautan internal akan menuju pada artikel (konten) yang berada dalam satu blog, sebaliknya kalau tautan eksternal akan menuju pada artikel (konten) yang berada diluar blog, baik blog milik kita sendiri ataupun blog milik orang lain.

Memang sih membuat tautan atau link, itu tidak harus untuk sesuatu yang ada hubungannya dengan artikel yang sedang kita posting saja, tetapi bisa juga untuk seuatu yang lainnya yang bahkan sama sekali tidak ada hubungannya dengan artikel yang sedang kita posting.

Cara Membuat Tautan Internal Dan Tautan Eksternal - BiriBisi
Membuat tautan itu tidak sulit, cukup mudah, hanya perlu beberapa tahapan saja. Itu semua karena semuanya telah difasilitasi oleh pihak blogger.com. Berikut ini tahapan-tahapannya:
1. Harus tahu dulu tautan permanen (permalink) dari artikel (konten) yang akan kita buatkan tautannya. Misalnya tautan permanennya artikel "Cara Menanam Bawang Merah Yang Baik Agar Panen Melimpah" adalah http://www.blogsaya.com/2017/05/cara-menanam-bawang-merah-yang.html.
Jika anda masih belum faham benar cara membuat tautan permanen (permalink), maka silahkan anda baca artikel saya ini Cara Custom Permalink Di Blogger Agar Blog Lebih SEO.

Perhatian!
Permalink (tautan permanen) itu tidak mesti sama dengan judul artikelnya, walau tautan permanen itu harus terbuat dari kata yang ada dalam judul artikelnya, bisa secara penuh atau sebagiannya saja. Seperti contoh link permanen dari judul artikel yang diatas, yaitu http://www.blogsaya.com/2017/05/cara-menanam-bawang-merah-yang.html

Permalink tersebut terdiri dari 5 kata pertama dari judul artikelnya, yaitu kata cara, kata menanam, kata bawang, kata merah, dan kata yang.
Sedangkan judul artikelnya terdiri dari 9 kata, yaitu "Cara Menanam Bawang Merah Yang Baik Agar Panen Melimpah".

Itu kalau link permanennya dibuat secara otomatis oleh blogger, karena blogger hanya akan membuat permalink tidak lebih dari lima kata saja, terhitung dari kata pertama dari judul artikelnya.

Dan kalau kita ingin permalinknya sesuai judul artikelnya atau lebih pendek dari permalink buatan blogger, maka kita harus memanfaatkan fasilitas tautan khusus yang telah disediakan oleh blogger, yaitu tombol tautan khusus yang berada dibawah tombol tautan, sehingga kita bisa memperpanjang permalinknya atau bahkan memperpendeknya.

Contoh yang diperpanjang adalah http://www.blogsaya.com/2017/05/cara-menanam-bawang-merah-yang-baik-agar-panen-melimpah.html
Contoh yang diperpendek adalah http://www.blogsaya.com/2017/05/menanam-bawang-merah.html

2. Apabila anda sudah tahu link permanennya, maka copy dulu tautan tersebut, kemudian masuk ke editor artikel, lalu tempatkan kursor pada tempat dimana anda ingin membuat tautan tersebut, diatas, ditengah, ataupun dibawah. Terserah anda.

3. Klik tombol "Link" yang berada dideretan menubar yang berada persis diatas tempat menulis artikel. Apabila anda memencet tombol "Link" tersebut, maka akan keluar 2 baris kolom yang bertumpuk.

4. Tuliskan atau pastekan permalink yang telah anda copy pada kolom nomor dua dari atas. Setelah anda menuliskan atau mempastekan permalink, maka kolom yang diatasnya secara otomatis akan terisi oleh tulisan permalink yang anda pastekan pada kolom yang kedua.
Contoh:
Kol 1
[http://www.blogsaya.com/2017/05/menanam-bawang-merah.html]
 Kol 2
[http://www.blogsaya.com/2017/05/menanam-bawang-merah.html]
Dalam contoh ini saya menggunakan permalink khusus.

5. Tulisan pada kolom yang diatas bisa anda hapus, kemudian anda ganti sesuka anda. Kalau anda mau, maka bisa anda ganti dengan, misalnya "Cara Menanam Bawang Merah Yang Baik Agar Panen Melimpah", atau dengan tulisan lainnya, misalnya "disini". Kata yang berada dikolom atas ini adalah kata yang nantinya akan tertulis dalam halaman artikel yang dibaca oleh pengunjung blog anda, sebagai tautan dari "artikel lain" yang anda bagikan kepadanya. Seperti yang mungkin pernah anda baca dalam beberapa artikel blog.

6. Klik tombol "Simpan".

Selesai.

Baca juga Cara Kirim Artikel Ke Google Search Engine.

Demikianlah penjelasan cara membuat link internal dan link eksternal yang bisa saya sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat. Amin!

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: