IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi

Rabu, 16 Agustus 2017

Diet Sehat, Murah, Dan Ampuh Menggunakan Bengle - BiriBisi


Beragam Cara Diet - BiriBisi

Ada begitu banyak cara untuk bisa menjalankan diet untuk menurunkan berat badan.
Beberapa diantaranya menerapkan metode pengaturan pola makan yang ketat secara teratur, sedangkan sebagian yang lainnya ada yang menggunakan teknik tertentu yang memakan biaya cukup besar, hingga akhirnya bisa mencapai berat badan ideal yang diimpikan. Baca juga 37 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

Selain cara yang diatas, sebetulnya anda juga bisa menjalankan diet untuk menurunkan berat badan dengan cara lainnya yang lebih sehat, murah, dan ampuh, yaitu dengan memanfaatkan berbagai macam rempah-rempah. Cara ini akan membantu anda dalam meningkatkan metabolisme, pembakaran dan peluruhan lemak cadangan dalam tubuh, dan membantu menurunkan berat badan dengan sangat efektif, tanpa harus repot-repot mengikat diri anda dengan pengaturan pola makan yang sangat ketat dan menyiksa, juga tanpa mengeluarkan biaya yang sangat besar.


Dengan diet ini, yang perlu anda lakukan hanya mengubah pola makan anda menjadi lebih sehat dan mengkonsumsi ramuan secara rutin dan teratur saja, yaitu mengurangi asupan makanan berlemak dan menambah porsi sayuran dan buah-buahan. Dengan cara pengaturan pola makan yang lebih sehat saja anda akan bisa mencapai berat badan yang ideal, apalagi ditambah mengkonsumsi ramuan.


Bengle Menjadi Pilihan Untuk Diet - BiriBisi


Salah satu rempah-rempah yang biasa digunakan secara tradisional untuk diet sehat untuk menurunkan berat badan adalah bengle. Jenis rempah yang masih berkerabat dengan jahe ini dipercaya secara tradisional memiliki khasiat membantu mengecilkan lingkar tubuh, bahkan biasa dimanfaatkan oleh wanita pasca persalinan untuk mengecilkan kembali lingkar perutnya.

Tak banyak riset mengenai bangle mengingat jenis rempah ini tidak dikenal oleh kebanyakan orang, tak seperti jenis rempah lainnya seperti jahe, kunyit, ataupun temulawak. Namun belakangan pusat studi biofarmaka IPB merilis sebuah jurnal mengenai riset manfaat bangle ini, termasuk sebagai komponen penting dalam diet sehat untuk menurunkan berat badan.


Ciri-Ciri Tanaman Bengle - BiriBisi

Bengle adalah sejenis rempah-rempah, berbentuk menyerupai jahe dan memiliki tinggi maksimal mencapai 1,5 meter, bengle memiliki batang semu dengan daun selang seling memanjang berwarna hijau tua dengan tulang daun menyirip

Bunga bangle berbentuk seperti nanas dengan warna merah terang. Ketika muda, bunga bangle memiliki pucuk berwarna hijau.


Kandungan Bengle - BiriBisi

Dalam sebuah penelitian diketahui bahwa rimpang bengle mengandung terpinen, phenylbutanoids, sabinene, trans, butadiene, dan trans-4. Elemen terbaru yang ditemukan adalah antioksidan cassumunarin A, cassumunarin B, dan cassumunarin C. Selain rimpangnya penelitian juga telah dilakukan terhadap daunnya, dan daun bengle diketahui mengandung sabinene, pinene, caryophyllene, triquinacene, dan ocinene.

Bengle terbukti memiliki kandungan berupa Asam organik; Mineral; Lemak; Gom albuminoit; Gula; Damar (pahit); Minyak atsiri (Sineol, pinen, sesquiterpen) yang kesemuanya bersifat karminatif; Anti inflamasi; Analgesik; Antipiretik. Maka tak pelak tanaman yang satu ini ramai dijadikan obat tradisional sekaligus obat herbal. Baca juga 18 Manfaat Bangle Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

Dengan kandungan inilah, kemudian rimpang bengle yang mempunyai rasa getir dan hangat ini dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan, dan terbukti secara empiris sangat efektif.


Dalam riset yang dilakukan di IPB terbukti bahwa bangle memberi manfaat menstimulasi produksi lipase, sejenis enzim dalam sistem cerna yang bekerja melakukan sekresi terhadap hati. Lipase akan membantu memecah lemak menjadi bentuk gliserol yang memudahkannya untuk diproses dalam pembakaran untuk membentuk energi.


Yang menarik, kandungan terpinen yang terdapat pada bengle bekerja justru untuk mengurangi pengaruh sistem enzim dan fruktosa dalam tubuh, kemudian mengubah gliserol yang tidak terpakai menjadi trigliserida atau cadangan lemak yang tersimpan dalam hati dan sel-sel tubuh. Karena tidak diubah menjadi lemak cadangan, otomatis lemak akan luruh dalam pencernaan dan terbuang melalui feses.


Karena itu bangle bekerja cukup efektif dalam membantu menurunkan berat badan, sebab ia membantu memudahkan asupan lemak untuk dibakar oleh sistem metabolisme dan membantu menghambat proses pembentukan lemak cadangan dalam tubuh.


Tak hanya itu, masih dari riset IPB tadi juga ditemukan bagaimana secawan trigliserida akan pecah dan kembali berubah menjadi gliserol begitu dipaparkan oleh ekstrak bangle. Itu sebabnya terapi diet untuk menurunkan berat badan dengan bangle cukup efektif dilakukan dengan dua cara, yakni dengan cara memborehkan langsung adonan halus bengle pada area yang ingin dikecilkan dan dengan mengkonsumsi ramuan yang berasal dari perasan bengle parut.


Bengle Sebagai Anti-oksidan - BiriBisi

Kandungan anti racun dalam bangle juga akan bekerja membantu menarik racun dari luar pencernaan menuju saluran pencernaan dan membuangnya melalui feses. Ini membuat bengle juga diklaim sebagai salah satu anti-oksidan yang efektif untuk mengatasi penumpukan toksin dan residu dari sisa metabolisme tubuh.

Menurut dr Dyah Iswantini, M. Agr, Ahli Kimia Biokatalis dari Pusat Studi Biofarmaka IPB, kadar toksin dalam bengle terbilang cukup rendah. Kandungan toksin di dalamnya hanya sekitar 1000 ppm bahkan 10 kali lebih rendah dari mahkota dewa dan keladi tikus.


Dengan kadar toksin yang cukup rendah ini, maka mengkonsumsi rimpang bengle akan sangat efektif untuk menurunkan berat badan secara aman dan rendah efek samping. Juga cenderung aman untuk ginjal dan hati, sehingga kecil kemungkinannya menyebabkan efek samping terhadap tubuh, tidak perlu dirisaukan.


Namun demikian, masih menurut Dr Dyah, bengle bukan jenis herbal yang bisa bekerja secara cepat. Hasil kerjanya baru akan terlihat setelah 1 bulan masa konsumsi dengan kemungkinan penurunan antara 1–3 kg perbulan.


Jadi kalau yang anda cari adalah metode diet sehat, murah, dan cukup efektif dalam menurunkan berat badan, juga aman dan bebas dari efek samping, maka bengle jelas bisa menjadi pilihan utama. Anda juga bisa mengolah bengle menjadi sirup, sehingga anda cukup membuat sekali saja untuk penggunaan sekitar 2 bulanan. Berikut ini cara membuat sirup bengle:


Sirup Sehat Bengle - BiriBisi


Bahan:
  • Bengle 1 kg
  • Gula aren 1kg

Cara Membuat:
  • Haluskan bengle yang sudan dicuci bersih berikut kulitnya, dengan cara digiling, ditumbuk, atau diparut.
  • Sisir tipis-tipis gula aren agar mudah larut.
  • Masukkan kedua bahan dalam wadah semacam toples, aduk-aduk hingga gula larut. Jangan dicampur air sedikitpun.
  • Tutup wadah tersebut rapat-rapat pakai kertas agar udara bisa keluar melalui pori-pori kertas. Jangan pakai plastik atau semacamnya.
  • Diamkan selama 7 hari 7 malam, kemudian diperas untuk diambil airnya yang berupa sirup.
  • Simpan sirup ini dalam kulkas dibagian freezernya agar tidak basi, dengan wadah yang tidak ditutup terlalu rapat agar sebagian gasnya bisa keluar. Anda tinggal mengambil 1 sendok saja saat mau mengkonsumsinya.
  • Untuk menjaga kesehatan minunlah sirup bengle ini sebanyak 1 sendok makan sebelum sarapan pagi setiap hari. Untuk pengobatan, minumlah sirup bengle ini sebanyak 2 sendok makan setiap hari, pagi ± ½ jam sebelum sarapan dan sore hari, masing-masing 1 sendok makan.

Catatan:
Cara pembuatan sirup seperti ini sudah dilakukan selama bertahun-tahun hingga sekarang oleh penulis (Abi Mada Albiribisi) dan beberapa orang lainnya, dan terbukti aman.

Apa anda tertarik untuk menjajal diet sehat, murah, dan ampuh menggunakan bengle ini? Selamat mencoba!

Baca juga 40 Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

Demikian uraian tentang diet sehat, murah, dan ampuh menggunakan bengle yang bisa saya sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat. Amin!


Referensi:

Dari berbagai sumber

Comments
2 Comments

2 komentar:

Black Walet fasial Soap mengatakan...

terimakasih atas informasinya.. jangan lupa kunjungi link kami di
https://goo.gl/Ecpx35

Abi Mada Albiribisi mengatakan...

Terima kasih juga atas kunjungannya. Insyaalloh!