IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi
Page Hits Counter

Jumat, 28 Juli 2017

Gatal-Gatal - Sebab, Gejala, Dan Pengobatannya - BiriBisi


Gatal-Gatal / Gatel-Gatel (Pruritus) - BiriBisi
Gatal gatal / gatel-gatel pada kulit yang dalam istilah medisnya disebut dengan pruritus adalah kondisi yang sangat umum terjadi pada semua orang.
Gatal-gatal dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kondisi yang ringan hingga kondisi yang berat. Gatal-gatal pada kulit ini dapat terjadi pada area tertentu saja atau pada seluruh tubuh. Kemerah-merahan pada kulit atau ruam merupakan gejala penyerta yang paling sering mengiringi gatal-gatal. Baca juga Wasir - Sebab, Gejala, Dan Pengobatannya - BiriBisi.



Penyebab Gatal-Gatal Dan Gejalanya - BiriBisi
Mengenal penyebab gatal-gatal sangat penting agar kita bisa menentukan penanganan dan pengobatannya dengan tepat. Berikut ini beberapa penyebab umum gatal-gatal yang sering terjadi:

A. Karena Penyakit kulit
1. Penyakit Dermatitis Kontak.
Gatal pada kulit juga bisa karena dermatitis kontak. Gejalanya kulit menjadi memerah, terasa gatal, dan meradang setelah kontak langsung dengan iritan tertentu. Seperti sabun, bahan kimia, dan lain-lain.

2. Penyakit Psoriasis.
Gatal-gatal juga apat disebabkan oleh psoriasis. Gejala psoriasis pada umumnya adalah kulit terasa gatal, muncul bintik-bintik merah, dan berkerak pada area tertentu.

3. Penyakit Kudis.
Gatal-gatal juga apat karena kudis. Gejala kudis pada umumnya adalah muncul bintik-bintik merah, dan kulit terasa sangat gatal pada malam hari.

4. Penyakit Kurap.
Gatal-gatal juga bisa disebabkan oleh kurap. Gejala umum kurap adalah timbulnya lingkaran seperti cincin yang terasa gatal dan bintik-bintik merah yang berair.

5. Penyakit Panu.
Gatal-gatal pada kulit juga bisa karena terkena panu. Gejala umum dari panu adalah terdapat bercak-bercak putih pada kulit, dan apabila berkeringat, maka akan terasa sangat gatal pada area tersebut.

6. Penyakit Eksim.
Gatal-gatal juga dapat disebabkan oleh eksim. Gejala umum eksim adalah kulit terasa sangat gatal pada malam hari, timbul rasa panas pada bagian tersebut, terdapat lepuhan kecil, atau bisa juga berisisik. Pada eksim kering dapat dipicu oleh alergi tententu, seperti makanan, kosmetik, sabun, dan lain-lain.

7. Penyakit Biduran / Urtikaria.
Gatal-gatal juga bisa karena biduran / urtikaria. Gejala biduran / urtikaria adalah timbulnya ruam atau bintil-bintil merah pada permukaan kulit yang terasa gatal, atau bisa juga terasa panas dan perih.

8. Penyakit Folikulitis.
Gatal-gatal juga bisa karena folikulitis. Gejala umum folikulitis adalah kulit memerah, meradang, timbulnya benjolan-benjolan kecil berisi nanah yang terasa gatal atau nyeri.

9. Penyakit Prurigo (Darah Manis).
Gatal-gatal juga dapat disebabkan oleh penyakit prurigo atau disebut juga darah manis. Gejala prurigo atau tanda-tandanya adalah timbulnya bintik-bintik kecil, kulit memerah yang terasa panas, terasa sangat gatal, dan kemungkinan muncul kerak yang berwarna gelap.

10. Penyakit Impetigo.
Gatal pada kulit juga bisa karena impetigo. Gejala atau tanda-tanda impetigo adalah kulit melepuh berisi cairan, terasa sakit, kulit disekitarnya terasa gatal-gatal, dan bercak-bercak dapat menyebar dengan cepat apabila disentuh atau digaruk.

11. Athlete's Foot.
Gatal-gatal juga dapat disebabkan oleh athlete’s foot. Gejala atau tanda-tanda athlete’s foot adalah kulit menjadi merah, terasa gatal pada jari kali dan sisi kaki, terasa panas, dan kemungkinan disertai kulit mengelupas.

B. Karena Gigitan Serangga
1. Akibat Tungau (Scabies).
Gatal-gatal juga bisa karena tungau (scabies). Gejala umum scabies dan tanda-tandanya adalah munculnya bercak-bercak merah yang terasa sangat gatal, terutama pada saat malam. Scabies sering menjangkit pada bagian seperti Mr P, Ms V, lipatan ketiak bagian luar, bokong, perut bagian bawah, pergelangan tangan, sela jari tangan, dan telapak tangan.

2. Akibat Pedikulosis (Infestasi Kutu).
Gatal-gatal juga dapat disebabkan oleh pedikulosis (infestasi kutu). Gejala umumnya adalah kulit terasa gatal-gatal pada bagian tertentu. Pedikulosis ini sering berjangkit pada rambut dan rambut publis.

3. Akibat Creeping Eruptions.
Gatal pada kulit juga bisa karena creeping eruptions, gejala dan tanda-tanda creeping eruptions adalah timbul rasa gatal, terasa panas, dan kadang juga timbul papul merah. Baca juga Bisul - Sebab, Gejala, Dan Pengobatannya - BiriBisi.

4. Akibat Gigitan Nyamuk.
Gatal-gatal juga dapat disebabkan oleh gigitan nyamuk. Gejala umumnya adalah kulit memerah dan disertai rasa gatal.

C. Karena Kulit Kering (Xerosis)
Gatal-gatal juga bisa karena kulit kering (xerosis). Kulit kering juga dapat memicu timbulnya gatal-gatal pada kulit. Gejalanya adalah gatal-gatal pada kulit, tapi tidak disertai dengan ruam atau perubahan kulit lainya. Penyebab kulit kering biasaya dipengaruhi oleh faktor lingkungan, seperti terlalu sering mencuci, terlalu sering mandi, kelembapan rendah, sering terkena AC, dan lain sebagainya

D. Karena Penyakit Dalam
Gatal-gatal juga bisa karena penyakit dalam, seperti hepatitis, leukemia, gagal ginjal, gangguan tiroid, sirosis, limfoma, celiac, anemia defisiensi besi, gangguan hati. Dalam kasus gatal karena penyakit dalam pada umumnya penderita akan merasakan gatal disekujur tubuh. Walaupun mungkin tidak disertai dengan timbulnya ruam.

E. Masa Kehamilan

Gatal-gatal juga bisa karena kehamilan. Seperti:
1. Prurigo gestationis, gejalanya adalah munculnya ruam pada bagian lengan, kaki, serta tubuh bagian atas.
2. Gigitan serangga atau parasit
3. Kolestasis obstetric, gejalanya adalah gangguan hati, tanda-tandanya tidak mengalami ruam, akan tetapi menimbulkan rasa gatal-gatal pada kulit.
4. Kecemasan atau depresi saat hamil juga dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit.
5. Papula urtikaria pruritus, gejalanya adalah muncul ruam, terasa gatal pada paha serta perut bagian atas.
6. Perubahan hormon ketika menopause juga dapat menimbulkan gatal-gatal pada kulit.

F.  Karena Reaksi Alergi
1 Gatal Karena Alergi Gigitan / Sengatan Serangga.
Gatal-gatal juga bisa terjadi karena gigitan / sengatan serangga. Gejala dan tanda-tandanya adalah timbulnya gatal-gatal di seluruh tubuh, sesak nafas, sesak dada, dan batuk.

2. Karena Alergi Makanan.
Gatal-gatal juga dapat disebabkan oleh alergi makanan. Gelaja atau tanda-tandanya adalah timbulnya ruam merah, gatal-gatal pada kulit, mual, sakit perut, diare, terjadinya pembengkakan pada bibir, tenggorokan, lidah, mata, dan kemukinan bisa juga pada wajah.

3. Gatal Karena Alergi Obat.
Gatal-gatal juga bsa terjadi karena alergi obat, gejala atau tanda-tandanya mungkin akan muncul setelah beberapa jam atau beberapa hari kemudian, yaitu timbulnya ruam, biduran / urtikaria, wajah menjadi bengkak, demam, dan bisa juga sesak nafas.

4. Gatal Karena Alergi Substansi.
Gatal-gatal juga dapat disebabkan oleh alergi substansi diudara, seperti debu, tunggau debu, dan serbuk sari. Gejala dan tanda-tandanya adalah bersin-bersin, hidung meler, susah bernafas, gatal-gatal pada hidung, mata merah berair dan kemungkinan disertai juga dengan bengkak.

5. Alergi Bulu Kucing.
Gatal-gatal juga bisa disebabkan oleh alergi bulu kucing, gejala alergi bulu kucing dan tanda-tandanya adalah bersin-bersin, batuk, gatal, mata berair, hidung tersumbat, pembengkakan pada wajah, dan bisa juga disertai dengan sesak nafas.


6. Alergi Pada Anjing.
Gatal-gatal juga bisa karena alergi pada anjing. Gejala alergi pada anjing dan tanda-tandanya bisa dalam bentuk gangguan pernafasan atau masalah kulit. Dalam bentuk gangguan pernafasan bisa berupa bersin-bersin, batuk yang diiringi hidung meler atau tersumbat, mata berair, mata merah dan terasa gatal. Dan dalam bentuk masalah kulit karena jilatan anjing bisa berupa kulit terasa gatal, ruam memerah, apabila lebih parah, maka gatal-gatalnya dapat terjadi pada bagian dada atau pada bagian wajah.

G. Karena Gangguan Saraf
Gatal-gatal juga bisa karena gangguan saraf, seperti saraf terjepit, herpes zoster, diabetes, dan sklerosis multiple.

Pengobatan Penyakit Gatal-Gatal - BiriBisi
Pruritus atau gatal-gatal pada kulit adalah kondisi yang sangat umum terjadi. Akan tetapi apabila kondisi ini terjadi dalam waktu yang cukup lama serta diiringi dengan berbagai gejala lain, maka kondisi tersebut dapat menjadi indikasi akan adanya penyakit yang lebih serius. Karena itu kita jangan menganggap sepele penyakit gatal-gatal, segeralah diobati, walaupun mungkin itu hanya gatal-gatal biasa dan berusaha untuk segera mengetahui penyebabnya, agar bisa melakukan pengobatan secara cepat dan tepat.

Obat gatal-gatal untuk seluruh badan baik alami maupun medis, banyak dicari oleh masyarakat luas, karena banyak orang yang mengalami penyakit gatal-gatal. Gatal-gatal ringan mungkin bisa hilang dengan sendirinya tanpa perlu diobati, atau akan hilang dengan cara diobati, baik dalam waktu yang singkat atau dalam waktu yang lebih lama. Tetapi kadang-kadang penyakit gatal-gatal tidak kunjung hilang, walau sudah lama diobati, bahkan semakin hari gatal-gatal tersebut akan semakin parah. Hal itu bisa terjadi karena salah dalam pengobatnya.

Meski sering dianggap remeh gatal-gatal yang dirasakan diseluruh badan bisa menjadi indikasi akan adanya sesuatu yang serius, apalagi jika gatal-gatal tersebut disertai dengan gejala yang lain. Memang kebanyakan rasa gatal yang ada ditubuh disebabkan oleh gigitan serangga, radang, biang keringat, iritasi dan juga alergi, namun ada juga gatal yang disebabkan oleh penyakit yang lebih serius lagi, misalnya penyakit ginjal atau penyakit kanker.

Ada dua macam obat untuk mengatasi penyakit gatal-gatal, yaitu obat medis dan obat tradisional alami. Berikut ini saya sajikan untuk anda resep-resep obat untuk mengatasi penyakit gatal-gatal, baik obat medis ataupun obat tradisional alami.

Obat Medis

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk menghilangkan gatal-gatal yang anda derita melalui cara medis adalah biasanya dokter akan mendiagnosa gatal-gatal yang ada dikulit anda untuk mengetahui penyebabnya, apa karena alergi, gigitan serangga atau karena penyakit yang ada didalam tubuh anda. Berikut ini adalah obat gatal-gatal yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan gatal yang ada ditubuh anda:

Salep
Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gatal-gatal yang disebabkan oleh jamur adalah menggunakan salep. Biasanya salep merupakan obat pertama yang akan diambil oleh seseorang ketika mengalami gatal-gatal, karena salep cukup efektif untuk menghilangkan kurap dan untuk menghilangkan panu diwajah. Salep menjadi alternatif pertama ketika seseorang bermasalah dengan kulitnya, baik kulit tubuh maupun kulit wajah. Jika anda gatal-gatal yang diakibatkan oleh jamur anda bisa memilih salep jamur yang didalamnya mengandung fungasol, mizonazole dan juga ketoconazole. Anda cukup mengoleskan salep tersebut dibagian kulit anda yang gatal dan ditumbuhi jamur.

Obat Anti Gatal
Anda bisa menghilangkan gatal yang ada dikulit anda menggunakan obat anti gatal. Mungkin banyak diantara anda yang memilih obat oral dibandingkan dengan obat oles hal itu dikarenakan anda tidak suka dengan rasa lengket yang ada dikulit anda akibat obat oles.

Tenang saja, anda bisa menemukan obat pereda gatal diapotek maupun toko obat yang ada didekat rumah anda. Obat pereda gatal yang bisa anda konsumsi adalah cetirizine HCL, 10 miligram. Pengkonsumsian obat ini ada baiknya diminum selama seminggu sekali sampai rasa gatal tidak muncul kembali. Alangkah baiknya jika anda mengkombinasikan obat oles dan juga obat oral secara bersamaan. Baca juga Pilek - Sebab, Gejala, Dan Pengobatannya - BiriBisi.

Sabun Antiseptik
Cara medis yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan gatal yang menimpa anda adalah dengan menggunakan sabun antiseptik. Sabun yang bersifat antiseptik bisa digunakan untuk menghilangkan gatal dengan membunuh kuman penyebab rasa gatal.

Jika kuman penyebab gatal itu mati dan menghilang tentu saja rasa gatal yang anda alami menjadi berkurang dan mereda. Saat ini ada sabun antiseptik batangan dan juga cair yang ada dipasaran. Untuk menghilangkan gatal yang ada dikulit dan menimbulkan ruam ada baiknya anda memilih menggunakan sabun yang batangan, sedangkan sabun antiseptik yang bersifat cair sebaiknya digunakan untuk cuci tangan.

Cara mencuci tangan yang benar dan steril salah satunya adalah menggunakan sabun antiseptik. Mencuci tangan menggunakan air biasa saja tidak cukup sebab air biasa tidak bisa membunuh kuman yang menempel ditelapak tangan anda.

Krim Kortikosteroid
Obat gatal ini sama dengan salep gatal yang bisa digunakan untuk meredakan gatal, cara pakainya pun sama dengan salep gatal yaitu dengan mengoleskannya diarea kulit yang mengalami gatal dan juga memiliki ruam merah.

Krim ini berfungsi sebagai pereda peradangan dan juga bersifat anti-alergi sehingga gatal yang disebabkan oleh peradangan dan juga alergi bisa menyebabkan gatal. Krim ini hanya bisa digunakan untuk gatal diarea kulit tertentu saja dan jika untuk gatal yang ada diseluruh tubuh bisa menggunakan obat oral.

Untuk mengobati gatal dikulit menggunakan krim ini bisa dengan cara mengoleskan dibagian kulit sebanyak 3 sampai dengan 4 kali dalam sehari. Seyogyanya bagi anda yang ingin mengobati gatal menggunakan obat ini sebaiknya meminta petunjuk dari dokter sebab gatal-gatal pada kasus-kasus tertentu pada kulit tidak bisa diobati menggunakan krim ini, misalnya saja penyakit kulit seperti panu.

Alasannya adalah jika panu diobati menggunakan krim ini panu justru semakin parah dengan cara menyebar ke seluruh permukaan kulit.

Obat Oral Kortikosteroid
Bagi anda yang menginginkan obat oral untuk mengatasi rasa gatal diseluruh tubuh anda, maka bisa mengkonsumsi obat oral kortikosteroid. Obat ini bisa menyembuhkan kulit gatal yang disebabkan oleh paradagan dan alergi.

Perbedaannya adalah rasa gatal pada bagian kulit tertentu saja bisa diobati menggunakan salep, namun jika rasa gatal yang dialami hampir menyeluruh keseluruh permukaan kulit, maka anda bisa menggunakan obat oral ini, sebab obat oral akan terkonsentrasi didalam darah manusia, sehingga membunuh dan menghilangkan kuman atau bakteri penyebab peradangan dan gatal dikulit.

Bisa anda bayangkan jika anda mengobati dengan salep, maka berapa banyak salep yang anda gunakan untuk menghilangkan gatal yang ada diseluruh permukaan kulit anda. Namun penggunaan obat ini tidak bisa digunakan dalam jangka panjang.

Jika anda ingin menggunakannya dalam jangka panjang, maka ada baiknya anda berkonsultasi lebih dulu pada dokter, sebab akan sangat berbahaya jika tidak diawasi oleh dokter kulit.

Antihistamin
Obat oral lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengurangi rasa gatal ditubuh anda adalah obat antihistamin. Antihistamin adalah obat oral sehingga penggunaannya adalah dengan mengkonsumsinya. Fungsi obat ini adalah sebagai penghambat zat kimia yang ada didalam tubuh yang bisa menyebabkan kulit terasa gatal.

Obat yang bisa anda konsumsi untuk meredakan gatal adalah CTM, obat ini merupakan obat antihistamin yang bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal, namun memiliki efek samping rasa kantuk.

Setelah mengkonsumsi obat ini anda tidak boleh memegang kendaraan atau menyetir kendaraan bermotor, sebab efeknya akan sangat berbahaya sekali, yaitu bisa membuat anda mengalami kecelakaan akibat rasa kantuk yang anda derita.

Menghilangkan gatal bisa menggunakan obat CTM dengan frekuensi sebanyak 3 sampai dengan 4 kali dalam sehari dan dosisnya 4 miligram. Obat yang lebih ampuh dari CTM dan bersifat antihistamin adalah loratadine dan cetirizine. Kedua obat itu tidak akan menimbulkan efek rasa kantuk atau mengantuk.

Untuk menghilangkan gatal secara ampuh anda bisa mengkombinasikan obat antihistamin oral dan juga obat kortikosteroid dimana kedua kombinasi obat itu lebih ampuh untuk meredakan gatal-gatal. Anda pun tidak akan merasakan gatal untuk beberapa waktu setelah mengkonsumsi obat tersebut.

Terapi Cahaya
Medis juga akan melakukakan terapi cahaya atau fototerapi untuk menghilangkan gatal-gatal yang ada ditubuh anda. Rasa gatal itu bisa diredakan dengan udara panas yang dihasilkan oleh alat terapi tersebut. Anda tidak akan merasakan gatal setelah beberapa saat melakukan terapi tersebut.

Obat Alami
Bagi anda yang ingin menghilangkan gatal-gatal tidak dengan cara medis, maka anda bisa mencoba obat gatal tradisional atau alami. Efek samping dari obat alami ini tidak ada, namun mungkin proses penyembuhannya bisa lumayan lama bila dibandingkan dengan obat kimia. Berikut ini cara mengobati gatal yang bisa anda lakukan dirumah anda:

Hindari Menggaruk Kulit Yang Gatal
Agar rasa gatal yang anda alami tidak terlalu parah anda bisa menahan diri anda untuk tidak menggaruknya. Menggaruk bisa menyebabkan rasa gatal yang ada di kulit semakin menyebar sehingga anda akan semakin tersiksa dengan rasa gatal yang semakin menjadi dikulit anda.

Tidak hanya itu saja, bagi anda yang menggaruk kulit anda yang gatal dengan kuku yang panjang justru akan merusak jaringan kulit anda sehingga kulit anda akan rusak dan bahkan lecet.

Bedak
Untuk mengatasi gatal yang ada dilekukan tubuh anda, anda bisa menaburkan bedak disekitar lekukan kulit tersebut. Hal itu, dikarenakan bedak mampu mencegah terjadinya perkembangan kuman dan bakteri penyebab gatal.

Namun yang harus anda perhatikan adalah partikel bedak tersebut jangan sampai masuk kedalam hidung maupun masuk keorgan genital anda. Jika hal itu terjadi anda justru akan mendapatkan penyakit baru akibat partikel bedak yang masuk ke dalam tubuh anda.

Bedak Dingin
Bagi anda yang merasakan gatal-gatal akibat biang keringat, maka anda bisa menggunakan bedak dingin yang dijual di pasar tradisional. Bedak dingin selain bisa digunakan sebagai cara mengatasi alergi dingin, juga bisa digunakan untuk mengatasi gatal yang disebabkan oleh biang keringat dan lain sebagainya.

Bedak dingin ini bentuknya seperti kapur dan berwarna putih, namun ketika dicampurkan dengan air bedak tersebut akan mencair. Setelah mencair anda bisa mengoleskannya kebagian tubuh yang gatal. Sayangnya mengatasi gatal menggunakan bedak dingin tidak bisa digunakan untuk seluruh tubuh melainkan pada bagian tubuh tertentu saja yang merasakan gatal.

Tepung Kanji
Bagi anda yang merasakan gatal-gatal akibat biang keringat atau keringat yang berlebihan ditubuh anda, maka anda juga bisa menggunakan tepung kanji. Orang zaman dulu suka menaburkan tepung kanji dibagian kulit yang terkena biang keringat atau terasa gatal. Hal itu, dikarenakan tepung kanji mampu menyerap keringat sehingga rasa gatal yang diakibatkan oleh produksi keringat yang berlebihan bisa diatasi dengan tepung kanji tersebut.



Pakaian Yang Longgar
Untuk meredakan gatal secara alami anda bisa menggunakan pakaian longgar. Orang sering merasakan gatal diseluruh tubuhnya akibat keringatnya sendiri. Produksi keringat yang berlebihan bisa memicu perkembangan kuman dan bakteri.

Oleh sebab itu jika anda menggunakan pakaian yang ketat, maka anda akan semakin berkeringat. Menggunakan pakaian yang longgar dan menyerap keringat dipercaya bisa meredakan gatal dan mengobati gatal-gatal yang diakibatkan oleh produksi keringat yang berlebihan.

Lotion Kulit
Penyakit radang dan kulit dermatitis bisa diakibatkan oleh kondisi kulit yang kering. Oleh sebab itu untuk mengatasi rasa gatal akibat penyakit kulit ini, anda bisa menggunakan lotion yang berguna untuk melembabkan kulit. Sebaiknya anda menggunakan lotion yang bersifat menyejukkan dan dipakai setelah anda mandi.

Pelembab Kulit
Kulit yang kering bisa menyebabkan rasa gatal dikulit, entah itu dibagian wajah maupun dibagian tubuh. Bagi anda yang merasakan gatal dibagian wajah, bisa jadi anda mengalami kulit yang kering dibagian wajah. Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan pelembab khusus untuk kulit kering. Pelembab itu mampu meredakan rasa gatal yang disebabkan oleh kulit wajah yang kering.

Kompres
Cara tradisional lainnya yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan gatal-gatal dan meredakannya adalah menggunakan kompres. Kompresan yang bisa anda gunakan untuk meredakan gatal adalah kompres air dingin pada bagian yang gatal.

Caranya pun sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini:
Ambil kain yang bersih dan steril
Kemudian kain itu dicelupkan pada air dingin atau air es.
Peras hingga kondisinya setengah lembab
Tempelkan pada bagian kulit anda yang gatal selama beberapa menit lamanya
Ulangi berkali-kali sampai rasa gatal yang ada dikulit anda mereda atau menghilang

Es Batu
Untuk menghilangkan gatal-gatal atau terdapat ruam pada kulit, maka anda bisa menggunakan dengan es batu. Es batu ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Selama ini es batu dipercaya bisa digunakan sebagai cara menghilangkan mata panda yang efektif.

Menghilangkan gatal dan meredakan gatal menggunakan es batu pun sama dengan menghilangkan mata panda. Caranya adalah sebagai berikut:
Ambil beberapa pecahan es batu.
Masukkan es batu tersebut kedalam kain yang bersih.
Ikat ujung kain tersebut sehingga tidak memungkinkan es batu keluar dari kain tersebut.
Usapkan kain yang ada es batu tersebut kebagian permukaan kulit yang ada ruam gatalnya.
Lakukan selama 15 menit sampai dengan 20 menit lamanya.
Lakukan pengobatan ini secara teratur yaitu sebanyak 3 sampai dengan 4 kali dalam sehari
Rasa dingin yang dihasilkan dari es batu dipercaya bisa digunakan untuk meredakan gatal yang ada pada kulit anda.

Menghindari Panas
Bagi anda yang sedang terkena gatal-gatal ada baiknya menghindari panas terlebih dahulu. Alasannya adalah membiarkan tubuh dan kulit anda terkena panas akan membuat anda menjadi berkeringat, padahal keringat bisa memicu pertumbuhan dan perkembangbiakan kuman dan bakteri, sehingga rasa gatal yang anda alami akan semakin menjadi-jadi.

Tidak hanya itu, paparan sinar matahari secara langsung kekulit anda Juga akan membuat kondisi kulit anda menjadi kering, dan kulit yang kering itu akan rentan untuk terkena gatal-gatal.

Balsam
Untuk meredakan rasa gatal akibat gigitan serangga, anda bisa menggunakan balsam. Alasannya adalah rasa dingin akibat kandungan menthol yang ada pada balsam tersebut berguna untuk mengurangi rasa gatal dan menghilangkan rasa gatal akibat bekas gigitan serangga. Baca juga Demam Berdarah - Sebab, Gejala, Dan Pengobatannya - BiriBisi.

Daun Salam
Untuk mengatasi gatal-gatal yang ada di tubuh anda, anda bisa menggunakan daun salam. Selama ini daun salam hanya digunakan sebagai penyedap masakan dan penambah citarasa makanan saja, namun siapa sangka jika daun salam bisa digunakan untuk menghilangkan gatal-gatal.

Daun salam pun bisa digunakan untuk mengobati sakit maag tradisional yang efektif. Memang ada beberapa efek samping daun salam untuk kesehatan, namun tidak ada salahnya jika anda mencoba menghilangkan rasa gatal yang anda alami menggunakan daun salam asalkan tidak pemakaiannya tidak melmpaui batas (berlebih-lebihan).

Untuk mengobati gatal-gatal menggunakan daun salam ini, anda perlu melakukan langkah-langkah berikut ini:
Ambil 10 lembar daun salam yang masih segar, kemudian cuci bersih.
Blender atau tumbuk sampai semua daun salam itu menjadi lumat.
Oleskan pasta daun salam tersebut ke bagian kulit anda yang gatal-gatal.
Diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas menggunakan air dingin.
Lakukanlah pengobatan ini secara berulang-ulang, minimal sehari dua kali.



Campuran Garam Dan Minyak Goreng
Obat tradisional lainnya yang bisa anda buat dan bisa anda gunakan untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit anda adalah campuran minyak goreng dengan garam.

Minyak goreng ini juga dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering secara efektif. Bahan-bahan ini sangat mudah anda jumpai didapur anda. Berikut ini cara yang harus anda lakukan untuk menghilangkan gatal yang anda alami menggunakan campuran garam dan minyak goreng:
Siapkan piring kecil atau wadah kecil.
Tuangkanlah minyak goreng kedalam wadah tersebut secukupnya saja
Campurkan garam halus kedalam minyak goreng tersebut.
Aduk rata kedua bahan tersebut agar bisa tercampur dengan sempurna.
Oleskanlah campuran minyak goreng dan garam tersebut kebagian kulit anda yang terasa gatal.




Jahe
Untuk mengatasi rasa gatal secara alami anda juga bisa menggunakan jahe. Selama ini jahe dipercaya sebagai tanaman obat yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Air jahe bisa digunakan untuk mengatasi perut kembung dan sakit tenggorokan. Selain itu jahe bisa digunakan sebagai penghilang gatal. Untuk menghilangkan gatal yang ada ditubuh anda menggunakan jahe, anda harus melakukan hal-hal berikut ini:
Ambil rimpang jahe sebanyak 30 gram, cuci jahe sampai benar-benar bersih, asam cuka sebanyak 60 cc, gula merah secukupnya dan juga beras putih secukupnya.
Rebus semua bahan dengan air sebanyak 800 cc sampai air rebusan menjadi setengahnya atau menjadi 400 cc. Tunggu sampai air rebusan dingin, kemudian disaring air.
Minum 3 kali sehari pagi, sore dan malam hari menjelang tidur. Lakukan pengobatan ini secara rutin dan teratur.
Jika rasa gatal yang anda alami tidak kunjung sembuh segera kunjungi dokter.



Lidah Buaya
Khasiat lidah buaya untuk kulit tidak perlu diragukan lagi, begitupula untuk kesehatan lainnya. Selama ini lidah buaya memang sudah dikenal mampu untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan dan kecantikan.

Gel lidah buaya mengandung aloe vera dan gel tersebutlah yang berguna untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan termasuk masalah kulit. Berikut ini cara mengatasi kulit gatal menggunakan lidah buaya yang harus anda ketahui:
Ambil lidah buaya dengan ukuran sedang.
Cuci bersih lidah buaya tersebut.
Potong lidah buaya menjadi dua bagian.
Ambil gel lidah buaya tersebut, kemudian bagian gel lidah buaya itu dioleskan kekulit yang gatal.
Gel lidah buaya tersebut akan menimbulkan rasa dingin. Rasa dingin pada gel lidah buaya itulah yang bisa meredakan rasa gatal yang anda alami.
Tidak ada hasil yang instan untuk cara ini, sehingga anda perlu mengaplikasikan cara ini secara berulang-ulang. Dalam sehari anda bisa melakukan cara ini sebanyak tiga kali.



Kulit Pisang
Selama ini, yang kita tahu tentang manfaat pisang untuk kesehatan hanyalah manfaat buahnya saja, sedangkan untuk kulitnya banyak dari kita yang tidak tahu apa saja manfaat dan khasiatnya.

Cara mengatasi gatal menggunakan kulit pisang tidak hanya unik, namun ternyata juga efektif dalam menghilangkan gatal-gatal. Berikut ini cara mengatasi gatal-gatal menggunakan kulit pisang yang bisa anda lakukan dirumah:
Ambil kulit pisang yang bersih.
Kerok bagian dalam kulitnya.
Tempelkan hasil kerokan kulit pisang tersebut pada kulit yang terserang gatal-gatal, kemudian pijat-pijat menggunakan hasil kerokan kulit pisang tersebut.
Diamkanlah selama 10 menit setelah itu bilas menggunakan air hangat.
Lakukanlah cara ini secara rutin dan teratur, tiga kali dalam sehari agar gatal yang anda alami segera menghilang.



Daun Widuri (Biduri) Dan Minyak Kelapa
Obat gatal-gatal alami dan tradisional lainnya adalah daun biduri yang dicampur dengan minyak kelapa. Cara menghilangkan gatal menggunakan daun biduri dan minyak kelapa adalah sebagai berikut ini:
Ambil beberapa lembar daun biduri yang masih segar.
Panaskan daun biduri tersebut menggunakan minyak kelapa.
Tempelkan daun biduri pada bagian tubuh anda yang terasa gatal selagi masih hangat.
Saat rasa hangat dari daun itu sudah mulai menghilang, maka lepaskan daun itu dari kulit anda.
Lakukanlah cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari.




Daun Mahkota Dewa
Selama ini daun mahkota dewa sudah terkenal khasiatnya dalam dunia kesehatan herbal, salah satunya bisa digunakan untuk menghilangkan kutil dengan efektif. Cara menghilangkan gatal-gatal menggunakan daun mahkota dewa adalah sebagai berikut:
Ambil beberapa lembar daun mahkota dewa, cuci bersih.
Lumatkan daun mahkota dewa dengan cara ditumbuk atau diblender.
Tempelkan daun mahkota dewa yang telah dihaluskan ke bagian tubuh atau ke bagian kulit yang terasa gatal.
Lakukanlah cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari.



Timun / Mentinmun
Buah timun selama ini dikenal sebagai buah yang bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan bisa digunakan untuk mengatasi kulit berminyak. Sebenarnya manfaat timiun bagi kesehatan dan kecantikan bukan cuma itu saja, sebab timun juga dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi gatal-gatal.

Rasa dingin dan menyegarkan pada timun bisa digunakan sebagai penghilang rasa gatal. Cara menghilangkan gatal menggunakan timun sangat mudah, yaitu dengan menumbuknya agar halus kemudian menempelkannya pada kulit yang terasa gatal.



Cuka Apel
Cuka dan cuka apel juga dipercaya bisa bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Selama ini cuka dan cuka apel banyak digunakan untuk menghilangkan bau kaki  dan juga untuk menghilangkan bau ketiak. Untuk menghilangkan gatal-gatal yang ada ditubuh menggunakan cuka, anda bisa meneteskan cuka apel dibagian kulit anda yang gatal. Fungsi cuka disini adalah untuk membunuh kuman dan bakteri yang menyebabkan rasa gatal dikulit.



Itulah berbagai macam cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gatal-gatal yang anda alami. Untuk menghilangkan gatal-gatal yang anda alami, anda bisa memilih cara mana yang paling anda minati, cara medis atau cara alami. Setiap cara yang anda pilih memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing.

Dan jika seandainya gatal-gatal yang anda derita tidak berkurang sedikitpun setelah anda obati dengan resep-resep diatas, bahkan malah bertambah parah, maka anda harus segera berkonsultasi kedokter, sebab bisa jadi gatal-gatal yang anda alami itu dikarenakan oleh penyakit yang lebih serius. Dan penyakit yang serius itu tidak bisa dihilangkan hanya menggunakan obat gatal gatal biasa, namun harus disertai juga dengan obat-obat yang lainnya. Baca juga Eksim - Sebab, Gejala, Dan Pengobatannya - BiriBisi.

Demikianlah uraian tentang penyakit gatal-gatal, sebab, gejala, dan pengobatannya yang bisa saya sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat. Amin!

Referensi
Dari berbagai sumber.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: