IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi

Rabu, 26 Juli 2017

40 Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


Cengkeh (Eugenia Carryphyllata) - BiriBisi
Tanaman cengkeh / cengkih adalah tanaman rempah-rempah,
dimana bagian utama tanaman ini yang paling komersial adalah bunganya yang sebagian besar digunakan dalam industri rokok yaitu berkisar 80-90% (Nurdjannah, 2004). Baca juga 24 Manfaat Genjer Untuk Kesehatan.

Tanaman cengkeh merupakan tanaman perkebunan atau industri berupa pohon dengan famili Myrtaceae. Tanaman cengkeh adalah tanaman yang berasal dari Maluku Utara, Kepulauan Maluku Indonesia. Kemudian menyebar keberbagai daerah dan keberbagai negara didunia.

Sebagai negara penghasil cengkeh terbesar didunia, Indonesia juga merupakan negara penghasil olahannya, yaitu minyak cengkeh yang terbesar. Minyak cengkeh (asiri) itu sendiri merupakan minyak yang banyak sekali manfaatnya, ia didapatkan dari penyulingan bunga atau buah dan daun cengkeh.

Namun walaupun begitu, pemanfaatan minyak cengkeh masih sangat terbatas di Indonesia, padahal Indonesia merupakan negara penghasil minyak cengkeh nomor 1 didunia.

Morfologi Tanaman Cengkeh - BiriBisi
Cengkeh (Eugenia Carryphyllata) merupakan salah satu tanaman perkebunan yang penting, bila dibandingkan dengan tanaman perkebunan lain. Produksi cengkeh yang telah dewasa setara dengan karet, kelapa sawit, dan kopi. Tetapi tanaman cengkeh punya nilai lebih, karena tanaman cengkeh yang telah lanjut usia produksinya justru makin meningkat, sehingga lebih menguntungkan.

Cengkeh termasuk dalam famili Myrtaceae. Tanaman ini berbentuk pohon, tingginya dapat mencapai 20-30 m, dan dapat berumur lebih dari 100 tahun.

Tajuk tanaman cengkeh biasanya berbentuk kerucut, piramida, dan piramida ganda, dengan batang utama menjulang ke atas. Cabang-cabangnya amat banyak dan rapat, pertumbuhan agak mendatar dan ukuran relatif kecil jika dibandingkan dengan batang utama.

Daunnya kaku, berwarna hijau atau hijau kemerahan, dan berbentuk elip dengan kedua ujungnya runcing. Daun-daun ini biasanya keluar per periode. Dalam satu periode, ujung ranting akan mengeluarkan satu set daun yang terdiri dari lima pasang. masing-masing pasang terdiri atas dua daun yang terletak saling berhadapan.

Ranting dan daun secara keseluruhan akan membentuk tajuk yang sangat indah. Bagian terbawah dari mahkota, tajuknya ada yang menjuntai sampai ke permukaan tanah, walaupun ada pula yang mencapai tinggi 1-1,5 m dari permukaan tanah.

Cengkeh mempunyai empat jenis akar, yaitu akar tunggang, akar lateral, akar serabut, dan akar rambut. Akar tunggang dan akar lateral mempunyai ukuran relatif besar. Bedanya, akar tunggang tumbuh lurus ke bawah dan sedikit bercabang, sedangkan akar lateral tumbuh menyamping dan bercabang, akar serabut berukuran kecil, amat panjang, tumbuh menyamping dan kebawah dengan jumlah yang sangat banyak. Akar serabut ini memiliki banyak akar rambut berukuran sangat kecil yang berfungsi sebagai penyerap air dan unsur hara.

Ujung ranting yang telah menghasilkan bunga, biasanya tidak menghasilkan bunga pada musim berikutnya. Apabila ujung ranting telah berbunga, bisa dipastikan pada musim bunga berikutnya. Tanaman ini hanya bisa menghasilkan sedikit bunga. Pola pembungaan seperti ini menyebabkan adanya siklus panen besar dan panen kecil yang berulang 3-4 tahun sekali.

Tanaman cengkeh mulai berbunga pada umur 4,5-8,5 tahun, tergantung dari jenis dan lingkungannya. Bunga ini merupakan bunga tunggal, berukuran kecil (panjang 1-2 cm), dan tersusun dalam satu tandan yang keluar pada ujung-ujung ranting.

Setiap tandan terdiri dari 2-3 cabang malai yang bisa bercabang lagi atau langsung mendukung 2-3 tangkai bunga. Jumlah bunga pertandan malai bisa mencapai lebih dari lima belas kuntum. Bakal bunga biasanya keluar setelah pasangan daun kelima dari satu set daun termuda telah dewasa atau mencapai ukuran normal. Fase ini disebut fase mepet dua.

Bakal bunga ini kadang-kadang sudah keluar setelah daun pertama, kedua, atau ketiga tidak lagi membentuk bakal daun, tetapi langsung membentuk bakal bunga. Fase ini disebut fase mepet muda. Bakal bunga dapat dibedakan dari bakal daun. Bakal bunga berwarna hijau, berujung tumpul, dan ruas di bawahnya sedikit membengkak, sedang bakal daun berwarna merah dan berujung lancip.

Jenis-Jenis Tanaman Cengkeh - BiriBisi
Di Indonesia banyak sekali ditemukan jenis-jenis tanaman cengkeh dan diantara satu dengan yang lainnya sulit dibedakan. Misalnya cengkeh tipe ambon, tipe raja, tipe indari, tipe dokiri, tipe cengkeh afo, dan tipe tauro. Perkawinan antara berbagai tipe itu membentuk tipe baru yang sulit digolongkan. Untuk mempermudah pengenalan, cengkeh di Indonesia dapat digolongkan menjadi empat jenis, yaitu si putih, si kotok, zanzibar, dan ambon.

a. Si Putih
Daun berwarna hijau muda (kekuningan) dengan daun relatif besar. Cabang-cabang yang utama mati sehingga percabangan seolah baru dimulai pada ketinggian 1,5-2 m dari permukaan tanah. Cabang dan daun jarang sehingga kelihatan kurang rindang.

Mahkota berbentuk bulat atau agak bulat, relatif besar dari si kotok dengan jumlah bunga pertandan kurang dari 15 kuntum. Bunga masak tetap berwarna hijau muda. Atau putih tidak berubah menjadi kemerahan.

Tangkai bunganya relatif panjang, mulai berproduksi umur 6,5-8,5 tahun sejak disemaikan. Produksi kualitas bunganya rendah.

b. Si Kotok
Daun pada awalnya berwarna hijau muda kekuningan kemudian berubah menjadi hijau tua dengan permukaan atas licin dan mengkilap. Helaian daunnya agak langsing dengan ujung agak membulat cabang yang utama tetap hidup sehingga percabangannya kelihatan rendah sampai permukaan tanah.

Ruas daun dan cabang rapat serta rimbun. Mahkota bunga berbentuk piramid atau silindris. Bunganya relaitif kecil dibandingkan dengan si putih, bertangkai panjang, jumlah bunga 20-50 kuntum pertandan. Mulai berbunga pada umur 6,5-8,5 tahun. Bunganya berwarna hijau ketika masih muda dan menjadi kuning saat matang dengan pangkal bertwarna merah.

Adaptasi dan produksinya lebih baik daripada si putih, tetapi lebih rendah daripada zanzibar. Cengkeh tipe sikotok ini termasuk tipe cengkeh dengan kualitas sedang. Baca juga 41 Manfaat Temu Kunci Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

c. Jenis Zanzibar
Jenis ini merupakan cengkeh terbaik, karena mempunyai daya adaptasi yang luas, berproduksi tinggi, berkualitas baik, sehingga sangat dianjurkan untuk dibudidayakan. Daun pada mulanya berwarna merah muda kemudian berubah menjadi hijau tua mengkilap pada permukaan atas dan hijau pucat memudar pada bagian bawah.

Pangkal tangkai daun berwarna merah. Bentuk daunnya agak langsing dengan bagian terlebar tepat di tengah. Ruas daun dan percabangannya rapat merimbun. Cabang utama yang pertama hidup, sehingga tajuknya raqpat dengan permukaan tanah. Sudut-sudut cabangnya lancip (kurang dari 45o) sehingga mahkotanya berbentuk kerucut.

Tipe ini mulai berbunga pada umur 4,5-6,5 tahun sejak disemaikan. Bunganya agak langsing, bertangkai pendek, ketika muda berwarna hijau dan berubah menjadi kemerahan setelah matang petik. Percabangan bunaga banyak dengan jumlah bisa lebih dari 50 kuntum per tandan

d. Jenis Ambon
Jenis cengkeh ini tidak dianjurkan untuk ditanam karena produksi dan daya adaptasinya rendah, serta kualitas hasil yang kurang baik.daun muda berwarna hijau muda atau merah muda, lebih muda daripada daun tipe zanzibar.

Permukaan atas daun berwarna hijau tua dan kasar,sedangkan bagian bawahnya berwarna hijau keabu-abuan. Daunnya agak lebarkira-kira 2/3 kali panjangnya. Cabang dan daunnya jarang sehingga kurang rimbun. Mahkota agak bulat atau bulat, bagian atas agak tumpul, sedangkan bagian bawahnya agak meruncing.

Cabang-cabangnya mati sehingga seolah percabangannya mulai pada ketinggian 1,5-2 m. Tipe ini mulai berbunga pada umur 6,5-8,5 tahunsejak disemaikan. Bunganya gemuk dan bertangkai panjang, berwarna hijau saat muda, dan kuning pada saat matang petik.percabangan bunganya sedukit dengan jumlah bunga kurang dari 15 kuntum pertandan.

Kandungan Kimia Dan Kandungan Gizi Cengkeh - BiriBisi
Kandungan Kimia Cengkeh
Minyak asiri 16-20%, Eugenol 78-96% dalam minyak asiri cengkeh, Asetil eugenol, Kariofilen, Furfural, Metal-amilketon, Vanillin, Tannin, Flavanoid, Gom.

Kandungan Gizi Per 100 Gram Cengkeh
Kalori (kcal) 273, Lemak 13 g, Lemak jenuh 4 g, Lemak tak jenuh ganda 7 g, Lemak tak jenuh tunggal 1,4 g, Lemak trans 0,3 g, Kolesterol 0 mg, Natrium 277 mg, Kalium 1.020 mg, Karbohidrat 66 g, Serat pangan 34 g, Gula 2,4 g, Protein 6 g, Vitamin A 160 IU, Vitamin C 0,2 mg, Kalsium 632 mg, Zat besi 11,8 mg, Vitamin D 0 IU, Vitamin B6 0,4 mg, Vitamin B12 0 µg, Magnesium 259 mg.

Manfaat Cengkeh - BiriBisi
Pada umumnya, cengkeh dijadikan bumbu masakan. Di Indonesia cengkeh menjadi bumbu masakan yang sering digunakan. Selain menjadi bumbu masakan, tanaman tropis yang berasal dari Maluku ini sudah banyak dibudidayakan untuk diambil buah dan minyaknya.

Minyak cengkeh dapat dihasilkan dari penyulingan serbuk kuntum cengkeh kering (clove oil), serbuk tangkai kuntum cengkeh (clove stem oil), dan daun cengkeh kering (clove leaf oil). Minyak cengkeh banyak dimanfaatkan oleh dokter gigi sebagai penghilang rasa sakit. Selain itu, tanaman ini juga digunakan dalam industri farmasi, dan wewangian.

Manfaat Dan Khasiat Cengkeh Untuk Kesehatan Dan Kecantikan - BiriBisi
Selain manfaat yang telah disebutkan diatas, cengkeh juga bermanfaat sebagai bahan obat-obatan tradisional, baik untuk menaggulangi ataupun untuk mencegah datangnya penyakit.

Sebagai obat tradisional cengkeh memiliki manfaat dan khasiat mengatasi sakit gigi, sinusitis, mual dan muntah, kembung, masuk angin, sakit kepala, radang lambung, batuk, terlambat haid, rematik, campak, dan lain-lain.

Adapun khasiat lainnya adalah dapat mencegah peradangan, karena berbagai zat aktif seperti flavanoid ditemui pada minyak asli cengkeh. Flavanoid bekerja dengan sifat anti inflamasinya sehingga akan mengurangi peradangan pada gejala penyakit rematik misalnya. Rasanya yang hangat juga bisa menjadi ekspektoran (obat pelancar dahak karena menghasilkan air liur yang lebih banyak) untuk mengobati berbagai kondisi gangguan saluran pernapasan.

Mengandung nutrisi penting. Berbagai vitamin, kalsium dan magnesium merupakan nutrisi penting bagi tubuh dan cengkeh menyediakannya sebagai khasiat dari alam, bahkan terdapat zat yang menyediakan energi pada cengkeh yang juga mengandung serat

Menyehatkan jantung. Sudah sejak lama penyakit jantung manjadi momok menakutkan penduduk dunia. Kandungan Eugenol pada cengkeh berfungsi untuk mencegah pembekuan pada darah yang mencegah terjadinya gejala penyakit stroke.

Meredakan batuk. Mengunyah cengkeh dapat menyembuhkan batuk gatal ditenggorokan. Rasanya mungkin sedikit getir dan ada pahitnya, tetapi kandungan kimia dalam cengkeh adalah ekspektoran alami yang mengencerkan dahak.

Secara spesifik, berikut ini manfaat dan khasiat cengkeh untuk kesehatan dan kecantikan yang dapat saya sajikan untuk anda.

1. Astringensia - Pengelat Dan Anti Diare.
Mengkonsumsi cengkeh dengan dosis cukup dan tidak berlebih dapat menyembuhkan diare. Hal itu bisa terjadi, karena cengkeh mengandung senyawa tanin yang dapat berfungsi untuk menciutkan atau mengerutkan (astringensia) dan mengeraskan dinding usus, sehingga dapat mengurangi keluar masuknya cairan dalam usus. Anda hanya perlu menyeduh bubuk dari 1 butir cengkeh dengan air panas sebanyak 1 gelas. Minum selagi hangat, 2 kali sehari.

2. Menghaluskan kulit.

Cengkeh juga dapat bermanfaat untuk menghaluskan kulit, karena cengkeh mengandung senyawa tanin yang salah satu fungsinya dapat digunakan untuk menciutkan pori-pori kulit. Untuk keperluan itu anda bisa mencampurkan cengkeh bubuk dalam ramuan bedak beras kencur, kemudian digunakan untuk luluran secara rutin.

3. Antibakteri.
Cengkeh juga dapat berfungsi sebagai antibakteri. Hal itu bisa terjadi, karena cengkeh mengandung senyawa tanin yang cukup. Dan efek antibakteri tanin antara lain melalui reaksi dengan membran sel. Flavonoid dalam tanin akan mendenaturasi dan mengkoagulasi protein serta merusak membran dinding sel.

4. Antioksidan.
Cengkeh juga dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas, karena didalam cengkeh terkandung senyawa tanin dan eugenol. Efektifitas tanin dalam menangkal radikal bebas berkat adanya zat ketekin didalamnya yang mempunyai sifat antioksidatif yang berperan dalam melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh

5. Antidotum.
Selain itu, cengkeh juga dapat dipergunakan sebagai antidotum (penawar racun). Itu bisa terjadi berkat adanya senyawa tanin didalamnya. Setelah anda mengkonsumsi cengkeh, maka beberapa saat kemudian kandungan tanin yang ada didalamnya akan mengeluarkan asam tamak yang tidak larut dan bereaksi dengan alkaloida membentuk asam tanat yang mengendap, hingga kemudian akan dikeluarkan melalui tinja.

6. Anti jamur.
Senyawa kimia yang disebut eugenol diekstrak dari minyak atsiri cengkeh, ia memiliki sifat anti-jamur. Senyawa ini diketahui secara khusus efektif terhadap jamur seperti Trichophyton mentagrophytes (penyebab gatal, kutu air, kurap dan infeksi jamur kronis) dan Microsporum canis (penyebab kurap kepala) dermatofit. Pengujian juga membuktikan efektivitas minyak atsiri cengkeh terhadap infeksi jamur termasuk candida.

7. Mencegah Infeksi.
Minyak cengkeh juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Dan diantara manfaat minyak cengkeh untuk keshatan adalah ia mampu mencegah infeksi, karena didalmnya terkandung senyawa eugenol yang juga mempunyai sifat antiseptik, sehingga ia berguna untuk mengobati luka, kudis, infeksi jamur, memar, biang keringat, gigitan atau sengatan serangga, dan lain sebagainya.

Namun dalam penggunaan minyak cengkeh anda harus hati-hati, karena kandungan eugenol didalamnya sangat tinggi, yaitu bisa mencapai 78 - 96 %, sehingga harus selalu digunakan setelah diencerkan terlebih dahulu, serta tidak boleh digunakan oleh orang yang mempunyai kulit sensitif. Baca juga 52 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

8. Perawatan Gigi.
Minyak cengkeh juga sangat efektif untuk merawat gigi, karena sifat antiseptik dari eugenol yang terkandung didalamnya dapat membunuh kuman dan bakteri yang merusak gigi, sehingga kesehatan gigi bisa terjaga dan terawat. Untuk keperluan itu anda hanya perlu mencampurkan beberapa tetes minyak cengkeh dengan air secukupnya, lalu dipergunakan untuk berkumur-kumur beberapa kali sehari.

9. Mengobati Sakit Gigi.
Disamping itu, minyak cengkeh juga efektif untuk mengobati sakit gigi, karena kandungan eugenolnya bersifat analgesik, anti-inflamasi, anestesi lokal dan anti-bakteri, sehingga rasa nyeri yang ditimbulkan oleh sakit gigi bisa diredakan olehnya, apalagi minyak cengkeh juga mengandung komponen lain yang juga menunjukkan sifat anestesi lokal, yaitu komponen yang disebut beta-kariofilen..

Itulah alasan mengapa cengkeh digunakan dalam kedokteran gigi. Cengkeh digunakan sebagai semen gigi, pasta, pengisi atau sebagai bahan restorasi. Untuk keperluan ini anda hanya perlu mengambil satu tetes minyak cengkeh menggunakan kapas, lalu ditempelkan atau disumbatkan pada gigi yang berlubang, biarkan beberapa saat hingga bereaksi, lalu dilepas dan berkumur-kumur.

Berhati-hatil;ah bila menggunakan minyak cengkeh dalam mulut, karena kandungan eugenolnya sangat kuat, sehingga kalau salah dalam penggunaannya, maka dapat menyebabkan luka bakar dalam mulut.

10. Mencegah Diabetes.
Menurut sebuah penelitian yang dipresentasikan di Experimental Biology 2006 di San Francisco, beberapa gram cengkeh per hari (setara dengan 1–2 butir cengkeh) dapat membantu memperbaiki fungsi insulin, menurunkan glukosa, total kolesterol, LDL (kolesterol jahat), dan trigliserida pada penderita diabetes tipe 2.

Selain buahnya, anda juga dapat menggunakan minyaknya untuk membantu mengontrol kadar gula darah. Penelitian telah menunjukkan, bahwa insulin dan glukosa merespon postprandial lebih teratur ketika minyak cengkeh bekerja pada sistem tubuh. Hal ini terutama karena konsentrasi fenol dalam minyak cengkeh adalah yang tertinggi dari tanaman jenis rempah pada umumnya.

11. Merangsang Daya Seksual.
Sejak zaman kuno, cengkeh telah digunakan sebagai obat afrodisiak (zat kimia yang digunakan untuk merangsang daya seksual, seperti yohimbina) untuk pengobatan gangguan seksual pria dan hasilnya telah terbukti.

Penggunaan secara rutin dan teratur yang tidak berlebihan akan menghasilkan manfaat yang dikehendaki. Dalam hal ini penggunaan beberapa gram cengkeh per hari (setara dengan 1–2 butir cengkeh) sudah cukup.

12. Menyembuhkan Kram.
Minyak cengkeh juga bisa digunakan sebagai antispasmodic (golongan obat yang digunakan untuk merelaksasi otot polos) untuk mengatsi kram yang terjadi pada jaringan otot. Untuk keperluan ini, anda bisa mencampurkan beberapa tetes minyak cengkeh dengan air secukupnya, kemudian dioleskan pada anggota tubuh yang mengalami kram.

13. Kolik Dan Kembung.
Minyak cengkeh juga dapat dipergunakan untuk mengatasi kolik dan kembung, karena senyawa eugenol yang terkandung didalamnya memiliki sifat analgesik, sehingga rasa sakit yang diakibatkan oleh kolik akan bisa diredakan, begitu juga perasaan begah yang diakibatkan oleh perut kembung karena masuk angin.

14. Anti-kanker.
Menurut sebuah penelitian dari Kolkata Chittarajan National Cancer Institute, yang meneliti efek cengkeh pada kanker paru-paru, cengkeh menghambat pertumbuhan sel abnormal pada paru-paru tikus. Penelitian ini juga menemukan, cengkeh menggagalkan perkembangan sel pra-ganas yang mulai mengancam kanker paru-paru tikus.

Tim peneliti dari Universitas UAE juga melaporkan, ekstrak cengkeh mengandung senyawa yang memiliki kemampuan membunuh sel kanker dalam tubuh manusia. Penemuan ini dipresentasikan pada Konferensi Tahunan Penelitian ke-10 di UAE.

15. Anti-bekuan Darah.
Cengkeh juga bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah, karena didalam cengkeh terkandung eugenol yang bisa bertindak sebagai inhibitor trombosit, karenanya ia dapat mencegah pembentukan bekuan darah.

16. Perawatan kulit.
Minyak cengkeh juga sering dianjurkan untuk perawatan kulit, terutama untuk mengatasi masalah jerawat. Hasil yang terbaik bisa diperoleh apabila minyak digunakan dengan diencerkan terlebih dahulu, kemudian dioleskan menggunakan kain bersih dan kering.

Minyak cengkeh juga sudah banyak diaplikasikan pada berbagai macam produk untuk mengurangi efek penuaan, seperti keriput dan kulit kendur, karena sifatnya yang dapat meningkatkan aliran darah kekulit, sehingga membuatnya terlihat berseri dan lebih muda.

17. Mengatasi Stres.
Minyak cengkeh juga bisa berguna sebagai afrodisiak (obat perangsang kegiatan seksual) alami, sehingga dapat berfungsi juga sebagai obat penghilang stres yang sangat baik. Hal ini bisa terjadi, karena ia dapat merangsang pikiran dan menghilangkan kelelahan mental.

Apabila diminum dalam jumlah yang tepat, maka akan menyegarkan pikiran dan merangsang fungsi otak. Disamping itu minyak cengkeh juga bisa menginduksi tidur, sehingga akan sangat membantu pada penderita insomnia.

18. Sakit Kepala.
Diantara manfaat minyak cengkeh untuk kesehatan adalah apabila dicampur dengan garam, kemudian dioleskan pada dahi, maka minyak cengkeh ini secara efektif dapat meredakan dan meringankan sakit kepala.

Itu karena kandungan senyawa eugenol juga bersifat analgesik, anti-inflamasi, anestesi lokal dan anti-bakteri, sehingga rasa nyeri yang ditimbulkan oleh sakit kepala bisa diredakan olehnya, apalagi minyak cengkeh juga mengandung komponen lain yang juga menunjukkan sifat anestesi lokal, yaitu komponen yang disebut dengan sebutan beta-kariofilen.

19. Gangguan Pernapasan.
Cengkeh juga dapat digunakan untuk melegakan pernafasan, karena selain mengandung eugenol dan tanin cengkeh juga mengandung flavonoid yang dapat menghilangkan gangguan pernafasan, sehingga ia juga sering digunakan untuk membersihkan rongga hidung. Ekspektoran ini berguna untuk berbagai macam gangguan pernafasan seperti batuk, pilek, bronkitis, asma, sinusitis, dan  TBC. Mengunyah buah cengkeh dianjurkan secara tradisional untuk menghilangkan sakit tenggorokan.

20. Gangguan Pencernaan.

Cengkeh dan minyaknya juga efektif untuk mengobati secara tradisional masalah-masalah yang terkait dengan ambung, seperti cegukan, gangguan pencernaan, mabuk, dan perut kembung. Oleh karena itu, cengkeh merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak ditambahkan kebanyak jenis masakan. Hal ini sekali lagi, karena efek kuat dari eugenol, yaitu salah satu bagian yang merupakan komponen utama dari minyak atsiri cengkeh. Baca juga 41 Manfaat Sirih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

21. Mual Dan Muntah.
Minyak atsiri cengkeh juga dapat membantu mengurangi rasa mual dan muntah, dan sering juga digunakan untuk mengatasi ketidaknyamanan akibat morning sickness pada masa awal kehamilan. Terkadang juga digunakan sebagai aromaterapi, atau dioleskan pada bantal dimalam hari untuk inhalasi atau penghirupan udara jangka panjang.

22. Meningkatkan Sirkulasi Darah.
Cengkeh juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, dengan jalan meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi suhu tubuh. Peningkatan sirkulasi darah biasanya berarti juga akan mengurangi ketegangan pada pembuluh darah, yang menjadi penyebab masalah umum terkait dengan sakit kepala. Selain itu, peningkatan sirkulasi darah juga akan menambah oksigenasi darah dan sistem organ, yang meningkatkan metabolisme dan meningkatkan efisiensi organ.

23. Membersihkan Darah.

Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak aroma minyak cengkeh benar-benar dapat mengurangi toksisitas dalam darah, dan merangsang aktivitas antioksidan seluruh tubuh. Dengan demikian efeknya akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membersihkan trombosit.

24. Sistem Imun.
Sifat antivirus dan kemampuan membersihkan darah dari minyak cengkeh akan meningkat resistensi tubuh terhadap banyak penyakit. Antioksidan yang terdapat dalam minyak esensial ini akan membersihkan radikal bebas berbahaya, yang secara umum menyebabkan penyakit seperti penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

25.. Mengatasi Gejala Sty.
Cengkeh dan minyaknya adalah obat tradisional yang sangat efektif untuk mengobati sty. Sty adalah peradangan pada bulu mata, dan bisa menjadi kondisi yang menyakitkan. Sty tidak hanya menyakitkan, tetapi juga mengganggu berfungsinya mata.

26. Mengusir Serangga.
Minyak cengkeh juga dapat dipergunakan untuk mengusir serangga, seperti nyamuk. Hal ini, karena uap minyak cengkeh tidak disukai oleh indra penciuman serangga, sehingga sangat ampuh untuk mengusirnya. Secara tradisional, beberapa tetes minyak cengkeh dapat anda teteskan pada kasur dimalam hari saat anda beranjak tidur, sehingga tidur anda akan menjadi nyenyak, karena terbebas dari gangguan serangga.

27. Kosmetik.
Minyak cengkeh banyak ditambahkan kedalam krim kosmetik dan lotion, dan umumnya juga dikenal sebagai minyak pijat yang baik untuk membantu mengurangi rasa sakit dan stres, karena minyak cengkeh memiliki aroma yang kuat, memiliki sifat antiseptik dan dapat menenangkan. Disamping itu minyak atsiri ini juga sering ditambahkan pada sabun mandi sebagai bahan aktif.

28 Aromaterapi.
Minyak cengkeh bisa menyatu dengan baik dengan banyak minyak esensial lain seperti minyak esensial rosemary, minyak mawar, minyak esensial kayu manis, minyak esensial jeruk, minyak esensial lemon, minyak esensial pala, minyak esensial peppermint, minyak esensial lavender, dan minyak geranium. Hal ini membuat minyak cengkeh menjadi elemen yang populer dalam aromaterapi dan biasa dikombinasikan dengan herbal lainnya.

29. Menjaga Kesehatan Jantung.
Cengkeh juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, karena didalam cengkeh terkandung senyawa eugenol yang bersifat dapat mencegah terjadinya pembekuan darah.

Dan salah satu penyebab penyakit jantung yang utama adalah aliran darah yang tidak lancar. Selain penyakit jantung, penyakit lain yang erat hubungannya dengan aliran darah adalah stroke dan darah tinggi.

30. Mencegah Osteoporosis.
Cengkeh juga bermafaat untuk mencegah pengeroposan tulang, karena didalam cengkeh terdapat kandungan senyawa eugenol dan flavonoid yang sangat efektif dalam membantu mengoptimalkan penyerapan kalsium oleh tulang, hal ini tentu akan meningkatkan kepadatan tulang, sehingga tulang akan terhindar dari pengeroposan.

31. Sinusitis.
Salah satu manfaat cengkeh adalah dapat menyembuhkan sinusitis, karena berbagai zat aktif seperti flavanoid ditemui pada minyak asli cengkeh. Flavanoid bekerja dengan sifat anti inflamasinya sehingga akan mengurangi peradangan pada gejala penyakit rematik misalnya. Sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada rongga disekitar hidung.

32. Mengobati Penyakit Campak.

Penyakit campak kebanyakan menyerang anak-anak, namun tidak jarang menyerang orang dewasa. Cengkeh sudah sejak lama dimanfaatkan untuk mengobati penyakit campak, yaitu dengan cara meminum air rebusan cengkeh secara rutin setiap hari.

33. Mengobati Masuk Angin.
Masuk angin ternyata juga bisa diatasi dengan minyak cengkeh, caranya anda hanya cukup meneteskan sebanyak 3 tetes minyak cengkeh, kedalam air sebanyak 50 cc, kemudian tambahkan madu secukupnya, aduk rata. Minum 2 kali sehari, pagi sebelum makan dan sore hari, masing-masing 50 cc.

34. Meredakan Batuk.
Cengkeh juga dapat bermanfaat untuk mengatasi batuk, karena didalamnya terkendung senyawa eugenol, tanin, dan juga flavonoid yang dapat berfungsi untuk menghilangkan rasa gatal pada area tenggorokan.

Untuk keperluan ini anda hanya perlu mengunyah cengkeh saja. Rasanya mungkin sedikit getir dan pahit, tetapi setelah itu anda akan dapat merasakan dahak anda menjadi encer, sehingga penyakit batuk yang anda derita segera teratasi.

35. Mengatasi Noda & Guratan.
Minyak herbal cengkeh, benar-benar memiliki manfaat yang sangat beragam, salah satunya adalah dapat membantu untuk menghilangkan noda dan guratan pada area kulit, yang disebabkan oleh luka atau yang lainnya. Minyak ini juga bisa membuat kulit menjadi lebih lembut dan lebih cerah, sehingga terlihat lebih menawan.

36. Menjadi Kondisioner.
Minyak yang terkandung pada cengkeh juga bisa dimanfaatkan untuk dijadikan kondisioner alami yang bermanfaat untuk memperbaiki berbagai macam masalah yang timbul pada rambut, seperti untuk menghitamkan kembali tambut, untuk mengatasi masalah rambut kering, dan lain sebagainya.

37. Menghitamkan Alis Mata.
Cengkeh juga dipercaya memiliki manfaat untuk menghitamkan alis mata. Caranya cukup mudah, ambil 5 sampai 7 butir buah cengkeh, kemudian bakar sampai hangus, lalu tumbuk hingga halus, kemudian tambahkan minyak kemiri secukupnya, lalu oleskan pada area alis mata.

38. Menghilangkan Bau Mulut.
Masalah bau mulut bagi kebanyakan orang sangat mengganggu, apalagi saat menghadapi acara penting. Karena itu, banyak orang yang berusaha untuk mengatasinya dengan berbagai macam cara, seperti melakukan sikat gigi berulang-ulang dan sebagainya dan sebagainya, walau tidak tetap saja tidak mendapatkan hasil sesuai dengan yang diinginkan.

Sebetulnya ada cara mudah dan alami yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah ini, yaitu dengan bantuan cengkeh.

Caranya cukup mudah, rebus saja beberapa butir buah cengkeh dengan air secukupnya hingga mendidih, saring. Gunakan untuk berkumur-kumur, dijamin masalah bau mulut akan segera teratasi.

39. Rematik.
Penyakit rematik / encok atau yang dalam dunia kedokteran disebut juga dengan rheumatoid arthritis adalah suatu peradangan kronis pada persendian yang disebabkan oleh terganggunya sistem kekebalan tubuh. Gangguan itu sendiri bisa terjadi saat sistem kekebalan tubuh yang berfungsi sebagai pertahanan dari serbuan penyusup, seperti virus, bakteri, ataupun jamur, salah menyerang, hingga menyerang sel dan jaringan tubuh sendiri.

Rematik yang sering disebut juga dengan rheumatismos, rheumatism, dan reumatik bisa difinisikan sebagai keadaan kerusakan sebuah persendian akibat dari ketidak lancaran proses perbaikan rutin dalam persendian tersebut.

Keadaan tersebut akan semakin parah dengan datangnya cairan yang dianggap jahat yang mengalir dari otak ke persendian tersebut dan ke struktur lainnya di dalam tubuh. Karenanya, para ahli kedokteran dalam bidang reumatologi memasukkan jenis penyakit ini dalam kelompok "Penyakit Pada Persendian".

Kaki merupakan bagian tubuh yang rawan dapat mengalami gangguan kesehatan berupa rasa pegal berlebih yang disertai dengan rasa ngilu pada tulang kaki (rematik). Hal ini tentu akan terasa sangat tidak nyaman, sehingga akan mengganggu aktifitas sehari-hari.

Karenanya segeralah diobati dengan menggunakan cengkeh, sebab didalam cengkeh tedapat kandungan berbagai macam senyawa kimia seperti flavonoid yang dapat bertindak sebagai anti-oksidan dan anti-inflamsi, sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mampu meredam rasa nyeri akibat peradangan dan menghilangkannya.

Caranya, anda bisa menghaluskan 3 butir cengkeh kering, rebus dengan air sebanyak 1 gelas hingga mendidih, angkat dan dinginkan. Minum 2 kali sehari ± ½ jam sebelum sarapan pagi dan sore hari, masing-masing 1 gelas. Lakukan pengibatan ini secara rutin dan teratur.

40. Terlambat Haid.
Cengkeh juga dapat bermanfaat untuk melancarkan haid dan membuatnya berjalan secara teratur. Apabila anda mengalami keterlambatan haid, maka segeralah mengkonsumsi ramuan obat herbal dari bahan cengkeh. Anda hanya perlu mengambil 3 butir cengkeh, rebus dengan air sebanyak 2 gelas hingga tersisa 1 gelas, angkat dan dinginkan. Minum 2 kali sehari, pagi ± ½ jam sebelum sarapan dan sore hari, masing-msing 1 gelas. Lakukan pengobatan ini secara rutin dan teratur.

Perhatian!
Penggunaan minyak cengkeh harus secara hati-hati, karena minyak yang satu ini mengandung senyawa eugenol yang sangat tinggi, sehingga jika penggunaannya melebihi dosis dapat mengakibatkan sesuatu yang tidak didinginkan. Karena itu, penggunaannya cukup hanya beberapa tetes saja dan harus diencerkan terlebih dahulu sebelum dioleskan atau dikonsumsi (diminum).

Eugenol adalah senyawa utama minyak atsiri cengkeh, kadarnya bisa mencapai 78-96 %, ia bisa menyebabkan alergi yang kuat jika penggunaannya terlalu banyak dan sekaligus. Jadi Jika anda belum pernah menggunakan atau mengkonsumsinya sebelumnya, maka gunakanlah dalam kadar yang cukup, yaitu beberapa tetes saja dan encerkanlah dengan air,
Penggunaan awal dapat beresiko menyebabkan rasa ketidaknyamanan pada usus, dan paling sering terjadi pada anak-anak (bahkan bisa mengarah ke ginjal dan hati). Pendek kata, segala sesuatu jika digunakan secara berlebihan, maka akan bisa berdanpak buruk. Baca juga 26 Manfaat Kitolod Untuk Kesehatan.

Demikianlah uraian tentang cengkeh dan manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa saya sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat. Amin!

Referensi
Dari berbagai sumber.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: