IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi
Page Hits Counter

Sabtu, 10 Juni 2017

26 Manfaat Kitolod Untuk Kesehatan


Kitolod / Kembang Jangar (Isotoma Longiflora) - BiriBisi
Kitolod adalah salah satu tanaman obat yang tumbuh liar dipekarangan rumah, dipematang sawah, didekat solokan dan got ditempat-tempat yang lembab.
Selama ini mungkin anda pernah melihatnya, namun karena anda belum mengenalnya, maka tanaman itu asing bagi anda, bahkan dianggap tidak ada disekitar anda, padahal sesungguhnya bisa saja tanaman itu ada disekitar dan didekat anda. Lihat juga 28 Manfaat lempuyang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

Seperti yang saya alami, sebelumnya saya tidak mengenalnya, sampai suatu ketika saya melihat gambarnya, maka akhirnya saya tahu bahwa ternyata tanaman itu tumhuh liar dipekarangan dibelakang rumah saya, bahkan saya dan keluarga sering mencabutinya saat membersihkan pekarangan, namun sampai saat ini tanaman itu terus saja ada.

Ciri-ciri Tanaman Kitolod
Di Indonesia tanaman ini tumbuh liar di pinggir saluran air atau sungai, pematang sawah, sekitar pagar dan tempat-tempat lainnya yang lembab dan terbuka. Tanaman yang dikategorikan sebagai tanaman gulma ini sangat mungkin berasal dari tanah Jawa Indonesia dan daerah Asia Lainnya.

Ki tolod dapat ditemukan didataran rendah sampai 1.100 m dpl. Tanaman ini berbatang tegak, tinggi mencapai 60 cm, bercabang dari pangkalnya, bergetah putih yang rasanya tajam dan mengandung racun. Daun tunggal, duduk, bentuknya lanset, permukaan kasar, ujung runcing, pangkal menyempit, tepi melekuk kedalam, bergigi sampai melekuk menyirip.

Panjang daun 5-17 cm, lebar 2-3 cm, warnanya hijau. Bunganya tegak, tunggal, keluar dari ketiak daun, bertangkai panjang, mahkota berbentuk bintang berwarna putih. Buahnya berupa buah kotak berbentuk lonceng, merunduk, merekah menjadi dua ruang, berbiji banyak. 

Klasifikasi Tanaman Kitolod
Kingdom: Plantae (tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (berpembuluh)
Superdivisio: Spermatophyta (menghasilkan biji)
Divisio: Magnoliophyta (berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub-kelas: Asteridae
Ordo: Campanulales
Familia: Campanulaceae
Genus: Isotoma
Spesies: Isotoma longiflora

Bududaya Tanaman Kitolod
Perbanyakan dengan biji, stek batang atau anakan. Pemeliharaan mudah, hanya perlu cukup air dengan cara penyiraman yang cukup, menjaga kelembaban dan pemupukan terutama pupuk dasar. Lihat juga 24 Manfaat Genjer Untuk Kesehatan.

Kandungan Tanaman Kitolod
Tanaman yang dikategorikan sebagai tanaman liar, bahkan gulma ini mengandung senyawa alkaloid, yaitu lobelin, lobelamin dan isotomin. Daunnya mengandung alkoloid, saponin, flavonoid dan polifenol. 

Tanaman ini memiliki manfaat antiradang (antiflamasi), antikanker (antineoplasmik), dapat menghilangkan nyeri dan dapat menghentikan pendarahan.

Perlu diketahui bahwa getah tanaman ini mengandung racun. Karena itu bila mau dikonsumsi dosisnya harus diperhatikan, yaitu untuk setiap kali minum tidak boleh lebih dari 3 lembar daun.

Senyawa flavonoid yang terkandung didalam tanaman kitolod dapat berperan secara langsung sebagai antibiotik dengan mengganggu fungsi dari mikroorganisme seperti bakteri atau virus.

Kesehatan manusia sangat tergantung pada flavonoid sebagai antioksidan untuk mencegah kanker. Manfaat utama flavonoid adalah untuk melindungi struktur sel, membantu memaksimalkan manfaat vitamin C, mencegah keropos tulang, sebagai antibiotik dan anti-inflamasi (Winarsi 2007 dalam Sudirman 2011).

Flavonoid juga dapat berperan dalam pencegahan dan pengobatan penyakit umum lainnya, yaitu periodontitis (infeksi pada gusi yang merusak jaringan lunak, menghancurkan tulang yang menyangga gigi, dapat menyababkan kerusakan gigi atau bahkan peningkatan resiko serangan jantung, stroke, dan masalah kesehatan serius lain),, wasir (ambeien), encok, rematik, diabetes melitus, katarak dan asma.

Manfaat tanaman Kitolod
Bagian tanaman kitolod yang digunakan untuk pengobatan dan penyembuhan penyakit adalah Daun, bunga, dan seluruh bagian tanaman.

Dan karena berbagai senyawa yang terkandung didalamnya, seperti alkaloid, lobelin, lobelamin, isotomin, saponin, flavonoid dan polifenol, tanaman kitolod ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Bagian dari tanaman kitolod yang ampuh dalam menyembuhkan penyakit adalah bunga dan daunnya. Tidak hanya mengatasi penyakit, tanaman ini juga dapat mencegahnya, sehingga bisa menjaga kesehatan dengan lebih baik.

Bagaimana caranya? Sangat mudah. anda hanya perlu merebus daun kitolod beserta bunganya untuk mendapatkan khasiat alami yang menyehatkan, bahkan adakalanya anda hanya perlu menaruh bunga atau daunnya yang masih segar kedalam wadah yang berisi air bersih yang masih mentah secukupnya beberapa saat saja, kemudian digunakan sebagai obat. Jadi anda tidak perlu repot-repot untuk merebusnya terlebih dulu. Gampang sekali bukan?!

Secara spesifik berikut ini khasiat dan manfaat tanaman kitolod untuk kesehatan, silahkan anda simak:

1. Menyehatkan Mata.
Tanaman kitolod mempunyai khasiat yang luar biasa untuk mengobati berbagai penyakit mata seperti silinder, katarak, rabun jauh, rabun dekat, mata minus, mata plus, nyeri dan perih pada mata, dan tumor mata.

Menurut beberapa peneliti pengobat herbal didunia seperti Burkill (1935), Allen (1943), air yang diperoleh dari bagian tanaman kitolod bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati iritasi mata.

Masyarakat jaman dahulu sudah banyak yang mengenal tanaman ini sebagai obat gangguan mata.

Mereka menggunakan daun kitolod yang diambil pagi hari yang masih ada air embunnya.

Jaman dahulu masyarakat percaya kitolod yang masih ada air embunnya dapat menyembuhkan berbagai penyakit mata.

Cara penggunaan tanaman Kitolod untuk obat mata adalah petik bunga kitolod beberapa tangkai, kemudian masukan ke dalam gelas berisi air bersih dan diamkan beberapa menit.

Kemudian ambil, teteskan ujung tangkainya pada bagian mata kanan dan kiri, masing-masing dua tetes atau pada bagian mata yang sakit saja.

Pada saat penggunaan, mata akan terasa perih. Lakukan berulang–ulang, minimal 3 kali sehari.

2. Mengatasi Sakit Gigi.
Salah satu khasiat dan manfaat daun kitolod adalah untuk mengatasi sakit gigi. Daun ini akan dapat meredakan rasa nyeri yang menyakitkan ketika gigi anda terasa sakit karena hal tertentu, seperti makanan yang terlalu panas, terlalu dingin, atau yang manis-manis.

Caranya cukup mudah, ambil saja 2 lembar daun kitolod, kemudian dicuci bersih, lalu ditumbuk sampai halus, kemudian ditaruh pada lubang gigi yang sakit.

3. Mencegah Asma Dan Mengobatinya.
Asma adalah jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas. 

Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi. Asma bisa diderita oleh semua golongan usia, baik muda atau tua.

Meskipun penyebab pasti asma belum diketahui secara jelas, namun ada beberapa hal yang kerap memicunya, seperti asap rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi virus, atau bahkan terpapar zat kimia.

Mengkonsumsi kitolod secara rutin dan teratur dapat mencegah terkena penyakit asma dan dapat mengobatinya, karena kitolod mengandung senyawa flavonoid yang salah satu fungsinya adalah anti inflamasi (anti-peradangan) dan asma terjadi karena peradangan dan penyempitan saluran napas.

Catanya tidak sulit, anda hanya perlu mengambil 3 lembar daun kitolod, kemudian dicuci bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas, dinginkan, saring, lalu diminum. Lakukan 2 kali sehari, pagi dan sore, masing-masing 1 gelas.


4. Mengatasi Radang Tenggorokan.
Salah satu khasiat dan manfaat kitolod bagi tubuh adalah untuk mengobati radang tenggorokan, karena kitolod memiliki kandungan zat yang berfungsi sebagai anti peradangan atau anti inflamasi, seperti senyawa flavonoid.

Caranya, ambil 3 lembar daun kitolod, kemudian dicuci bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, lalu diminum. Lakukan 2 kali sehari, pagi dan sore, masing-masing 1 gelas. Lihat juga 41 Manfaat Temu Kunci Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

5. Membasmi Sel Kanker.
Diantara manfaat kitolod adalah dapat membantu untuk membunuh sel-sel kanker yang ada dalam tubuh.

Hal itu bisa terjadi, karena didalam kitolod terdapat kandungan senyawa flavojoid yang dapat berperan langsung sebagai antioksidan.
Sehingga dengan mengkonsumsi kitolod secara rutin dan teratur akan membuat sel-sel kanker yang ada dalam tubuh bisa dibasmi.

Caranya 3 lembar daun berikut batang kitolod. Rebus dengan 5 gelas air hingga tersisa separuhnya. Untuk minum berkali-kali dalam sehari hingga habis.

6. Melindungi Struktur Sel.
Kandungan flavonoid yang terdapat dalam tanaman kitolod dapat berperan dalam membantu melindungii sel-sel yang terdapat didalam tubuh.

Seperi yang sudah diketahui bahwa tubuh selalu memproduksi jutaan sel setiap harinya, untuk menggantikan sel-sel yang sudah tidak berfungsi

Flavonoid ini berperan sebagai antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas, sehingga kesehatan tubuh bisa terjaga dan sistem didalamnya pun bisa tetap berjalan sebagaimana mestinya.

7. Obat Luka.
Salah satu manfaat tanaman kitolod adalah bisa dipergunakan untuk menyembuhkan luka. Caranya, anda hanya perlu mengambil daun kitolod secukupnya, kemudian dicuci bersih, lalu ditumbuk sampai halus, kemudian ditempelkan pada luka, lalu dibalut dengan kain bersih. Ganti 2 sampai 3 kali sehari.

8. Mencegah Keropos Tulang (Osteoporosis).
Berdasarkan apa yang telah disebutkan diatas bahwa mengkonsumsi kitolod secara rutin dan teratur dapat mencegah terjadinya keropos tulang (osteoporosis), Hal itu bisa terjadi, karena dalam kitolod terdapat kandungan senyawa flavonoid yang juga dapat mencegah tulang keropos.

9. Batuk (Batuk Tusis).
Batuk (Tusis) bisa disebabkan oleh rangsang, radang atau pembuntuan jalan-jalan pernafasan oleh lendir, misalnya pada pilek, bronchitis, kinkhoes, dan lain-lain.

Batuk ada ada 2 macam. 1 batuk basah, yaitu batuk yang disertai dengan keluarnya lendir atau riak. 2 batuk kering, yaitu kebalikan dari batuk basah. Biasanya penderita batuk kering itu lebih menderita dari pada penderita batuk basah.

Cara pengobatan batuk dengan tanaman kitolod tidak sulit, anda hanya perlu mangambil 3 lembar daunnya saja, kemudian dicuci bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa satu gelas, dinginkan dan saring, lalu diminum. Lakukan 2 kali sehari, pagi ± ½ jam sebelum sarapan dan sore hari, masing-masing 1 gelas.

10. Mencegah Wasir Dan Mengobatinya.
Wasir atau ambeien adalah kondisi patologis membengkak atau meradangnya Hemorrhoid, struktur vaskular dalam saluran anus yang membantu kontrol buang air besar. Dalam kondisi fisiologisnya, bagian ini bertindak sebagai bantalan yang tersusun atas saluran arterio-vena dan jaringan ikat.

Gejala patologis wasir bergantung pada jenisnya. Wasir internal biasanya timbul bersama perdarahan rektum tanpa rasa nyeri, sedangkan wasir eksternal dapat menunjukkan beberapa gejala atau jika terkena trombosis akan ada nyeri signifikan dan pembengkakan di area anus.

Banyak orang secara keliru menganggap semua gejala yang muncul di sekitar area anus dan rektum sebagai "wasir" dan bahwa penyebab serius gejala tersebut harus disingkirkan.

Sementara penyebab wasir yang sesungguhnya belum diketahui, sejumlah faktor yang meningkatkan tekanan intra-abdomen, khususnya konstipasi, dipercaya mempunyai andil dalam perkembangan kondisi ini.

Mencegah terjadinya suatu penyakit harus diutamakan, namun jika anda sudah terlanjur terkena penyakit wasir atau ambeien, maka janganlah terlalu khawatir, karena jika anda mau mengkonsumsi kitolod secara rutin dan teratur, maka kitolod akan memberi manfaat pada tubuh, yaitu berupa manfaat pencegahan dan penyembuhan dari penyakit wasir (ambeien).

Ini, karena didalam kitolod terdapat kandungan zat flavonoid, yang merupakan senyawa antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas dan mencegah atau mengobati berbagai penyakit, termasuk wasir (ambeien).

11. Mencegah Rematik / Encok Dan Mengobatinya.
Mengkonsumsi kitolod secara rutin dan teratur juga dapat mengatasi rematik, encok, dan nyeri sendi. Hal ini dapat terjadi karena dalam kitolod terdapat senyawa flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan mampu mencegah atau mengobati penyakit rematik / encok.

12. Mencegah Diabetes Melitus (Kencing Manis) Dan Mengobatinya.
Pada penderita kencing manis, kelenjar yang menyaring zat gula, tidak mampu bekerja dengan sempurna. Mungkin disebabkan karena penderita terlalu banyak makan dan minum yang manis-manis (bergula) selama beberapa tahun, hingga sedikit demi sedikit gula tertimbun dalam darahnya, lalu keluar melalui buah pinggang atau karena pembawaan ginjal yamg lemah dan lain-lain.

Gejala-gejalanya: Badan menjadi sangat lemah dan kurus; selalu merasa dahaga atau ingin minum terus dan sebentar-bentar kencing. Berat atau ringannya penyakit diabetes ini tergantung pada banyak atau sedikitnya kadar gula yang terkandung dalam air seni dan darah.

Untuk mengetahuinya, periksakanlah air seni dan juga darah anda ke Laboratorium dirumah sakit-rumah sakit yang peralatannya lengkap.

Salah satu manfaat kitolod adalah dapat mencegah dan mengobati kencing manis, karena didalam kitolod terdapat kandungan zat flavonoid. Anda hanya perlu mengkonsumsi ramuan kitolod tanpa pemanis secara rutin dan teratur saja.

13. Mencegah Katarak Dan Mengobatinya.
Katarak adalah lensa mata yang menjadi keruh, sehingga cahaya tidak dapat menembusnya, bervariasi sesuai tingkatannya dari sedikit sampai keburaman total.

Dalam perkembangannya katarak yang terkait dengan usia penderita dapat menyebabkan pengerasan lensa, menyebabkan penderita menderita miopi, berwarna kuning menjadi coklat/putih secara bertahap dan keburaman lensa dapat mengurangi persepsi akan warna biru. 

Katarak biasanya berlangsung perlahan-lahan menyebabkan kehilangan penglihatan dan berpotensi membutakan jika katarak terlalu tebal. Kondisi ini biasanya memengaruhi kedua mata, tetapi hampir selalu satu mata dipengaruhi lebih awal dari yang lain.

Sebuah katarak senilis, yang terjadi pada usia lanjut, pertama kali akan terjadi keburaman dalam lensa, kemudian pembengkakan lensa dan penyusutan akhir dengan kehilangan transparasi seluruhnya. 

Selain itu, seiring waktu lapisan luar katarak akan mencair dan membentuk cairan putih susu, yang dapat menyebabkan peradangan berat jika pecah kapsul lensa dan terjadi kebocoran. Bila tidak dioperasi, katarak dapat menyebabkan glaukoma.

Kandungan flavonoid yang ada dalam kitolod dapat mencegah dan mampu mengobati penyakit katarak.

Untuk mendapatkan manfaat kitolod tersebut, anda hanya perlu mengambil 1 lembar daun yang sudah bersih, ditambah 5 sendok makan air bersih, kemudian tulang daun ditekan-tekan dengan sendok, buang daunnya.

Gunakan airnya untuk menetesi mata sebanyak 3-5 tetes, biarkan beberapa saat, lalu dirambang dengan ramuan air daun sirih. Lakukan pengobatan ini secara rutin dan teratur. Lihat juga 52 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

14. Anti Oksidan.
Selain dapat mencegah kanker, daun kitolod juga berguna untuk menjadi anti oksidan alami untuk tubuh anda. Daun ini akan dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang akan mengganggu kesehatan tubuh anda.

15. Mencegah Dan Mengobati Periodontitis.
Periodontitis adalah infeksi pada gusi yang merusak jaringan lunak, menghancurkan tulang yang menyangga gigi, dapat menyababkan kerusakan gigi atau bahkan peningkatan resiko serangan jantung, stroke, dan masalah kesehatan serius lain.

Mengkonsumsi kitolod juga mampu mencegah dan mengobati periodontitis, karena didalam tanaman kitolod terdapat kandungan flavonoid, senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari infeksi gusi dan dapat menjaga kesehatan gusi dan gigi.

16. Anti-inflamasi.
Salah manfaat dari tanaman kitolod adalah anti-inflamasi, karena didalamnya terkandung zat flavonoid yang berguna juga sebagai anti-inflamasi (anti peradangan). Karena itu, mengkonsumsi kitolod secara rutin dan teratur dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit-penyakit yang dipicu oleh peradangan, seperti rematik, asma, dan lain-lain.

17. Anti-biotik.
Manfaat lain dari tanaman kitolod adalah dapat berfungsi sebagai antibiotik, karena didalam daun kitolod terdapat kandungan senyawa flavonoid yang dapat berperan secara langsung sebagai antibiotik, dengan cara mengganggu fungsi dari mikroorganisme seperti bakteri atau virus.

18. Memaksimalkan Pemanfaatan Vitamin C Oleh Tubuh.
Kitolod juga bermanfaat untuk membantu tubuh dapat menyerap vitamin C secara maksimal. Untuk keperluan ini anda hanya perlu mengkonsumsinya secara rutin dan teratut, tetapi dosis pemakaian kitolod untuk setiap harinya tidak boleh lebih dari 3 helai daunnya.

19. Obat Bronkitis ( Batuk Berlendir).
Bronkitis atau radang cabang tenggorokan adalah penyakit batuk-batuk yang mengeluarkan lendir, tetapi disertai rasa nyeri di dada. Gejala-gejala lainnya adalah suhu badan meninggi dan pernafasan agak sesak. Penyebab penyakit bronchitis ini dapat bermacam-macam bakteri dan virus. Segeralah diobati agar jangan menjalar ke paru-paru.

Bronkitis adalah suatu peradangan pada cabang tenggorok (bronkus, yaitu saluran udara di dalam paru-paru).

Penyakit ini biasanya bersifat ringan dan pada akhirnya akan sembuh sempurna. Tetapi pada penderita yang memiliki penyakit menahun (misalnya penyakit jantung atau penyakit paru-paru) dan pada usia lanjut, bronkitis bisa bersifat serius.

Penyebab Bronkitis
Bronkitis infeksiosa disebabkan oleh virus, bakteri dan organisme yang menyerupai bakteri (Mycoplasma pneumoniae dan Chlamydia)

Serangan bronkitis berulang bisa terjadi pada perokok dan penderita penyakit paru-paru dan saluran pernapasan menahun. Infeksi berulang bisa merupakan akibat dari:
Sinusitis kronis
Bronkiektasis
Alergi
Pembesaran amandel dan adenoid pada anak-anak.
Bronkitis iritatif bisa disebabkan oleh:
Berbagai jenis debu
Asap dari asam kuat, amonia, beberapa pelarut organik, klorin, hidrogen sulfida, sulfur dioksida dan bromin
Polusi udara yang menyebabkan iritasi ozon dan nitrogen dioksida
Tembakau dan rokok lainnya.

Caranya tidak sulit, anda hanya perlu mangambil 3 lembar daun kitolod, kemudian dicuci bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa satu gelas, dinginkan dan saring, lalu diminum. Lakukan 2 kali sehari, pagi ± ½ jam sebelum sarapan dan sore hari, masing-masing 1 gelas.

20. Obat Borok.
Borok adalah luka bernanah dan busuk karena infeksi
Disamping khsiat dan kegunaannya yang telah disebutkan diatas, tanaman kitolod juga bermanfaat untuk menyembuhkan borok. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengambil daun kitolod secukupnya, kemudian dicuci bersih, lalu ditumbuk sampai halus, kemudian ditempelkan pada luka, lalu dibalut dengan kain bersih. Ganti 2 sampai 3 kali sehari. Lihat juga 41 Manfaat Sirih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

Demikianlah uraian lengkap tentang tanaman kitolod (kembang jangar) dan manfaatnya untuk kesehatan yang bisa saya sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat. Amin!

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: