IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi
Page Hits Counter

Senin, 22 Mei 2017

41 Manfaat Sirih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


Sirih / Suruh (Piper Betle L) - BiriBisi
Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain.
Sebagai budaya, daun dan buahnya biasa dikunyah bersama gambir, pinang, tembakau dan kapur sirih. Namun mengunyah sirih telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan. Juga kapurnya mebuat pengerutan gusi (periodontitis) yang dapat membuat gigi tanggal, walaupun daun sirihnya yang mengandung antiseptik pencegah gigi berlubang. Baca juga 17 Manfaat Eceng Gondok Untuk Kesehatan

Sirih digunakan sebagai tanaman obat (fitofarmaka) sangat berperan dalam kehidupan dan berbagai upacara adat rumpun Melayu.

Di Indonesia, sirih merupakan flora khas provinsi Kepulauan Riau. Masyarakat Kepulauan Riau sangat menjunjung tinggi budaya upacara makan sirih khususnya saat upacara penyambutan tamu dan menggunakan sirih sebagai obat berbagai jenis penyakit. Walaupun demikian tanaman sirih banyak dijumpai diseluruh Indonesia, dimanfaatkan atau hanya sebagai tanaman hias.

Klasifikasi Ilmiah
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk) Magnoliidae
Ordo: Piperales
Famili: Piperaceae
Genus: Piper
Spesies: P. betle
Nama binomial: Piper betle

Ciri-ciri Tanaman Sirih / Suruh
Tanaman merambat ini bisa mencapai tinggi 15 m. Batang sirih berwarna coklat kehijauan, berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar.

Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas.

Panjangnya sekitar 5–8 cm dan lebar 2-5 cm. Bunganya majemuk berbentuk bulir dan terdapat daun pelindung ± 1 mm berbentuk bulat panjang.

Pada bulir jantan panjangnya sekitar 1,5-3 cm dan terdapat dua benang sari yang pendek sedang pada bulir betina panjangnya sekitar 1,5-6 cm, dimana terdapat kepala putik tiga sampai lima buah yang berwarna putih dan hijau kekuningan. 

Buahnya buah buni berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan. Akarnya tunggang, bulat dan berwarna coklat kekuningan.

Tanaman sirih tumbuh tersebar diberbagai negara dikawasan Asia, Asia Tenggara dan Asia Selatan. Selain di Indonesia sirih dijumpai tumbuh pula di India, Bangladesh, Sri Lanka, Thailand, Malaysia, Vietnam, Kamboja hingga di Papua New Guinea.

Kandungan Tanaman Sirih
Tanaman sirih (Piper betle L) merupakan salah satu jenis obat-obatan dari alam yang dapat dijadikan alternatif sebagai antiseptik yang aman (tidak ada efek samping). 

Jenis antiseptik ini juga mudah terdegradasi (terurai) murah dan mudah diperoleh serta mengandung senyawa eugenol, kavikol, allipyrokatekol dan kavibetol yang dapat berfungsi sebagai zat antiseptik (bersifat mencegah pembusukan dan pelapukan dengan menghambat atau merusak mikroorganisme, misalnya etanol, asam borat, dan fenol). (Oswald,1981).

Bagian tumbuhan ini yang banyak dimanfaatkan sebagai obat adalah bagian daun, karena pada daun sirih mengandung minyak atsiri, fenil propana, estragol, kavicol, hidroksikavicol, kavibetol, caryophyllene, allylpyrokatekol, cyneole, cadinene, tanin, diastase, pati, terpennena, seskuiterpena, dan gula. Semua zat itu, menyebabkan sirih seperti ditakdirkan menjadi tanaman yang dapat menyehatkan manusia, karena kaya manfaat dan kegunaannya (imroatun,2012).

Berbagai riset dan penelitian telah dilakukan untuk mengetahui manfaat dari daun sirih dan kandungan minyak atsiri yang ada didalamnya. Dari selembar daun sirih ditemukan segudang minyak atsiri yang memberikan berbagai manfaat.

Beberapa minyak atsiri yang dikandung adalah karvakol (bersifat disinfektan dan antijamur sehingga baik untuk obat kumur dan obat keputihan), flavanoid dan polifenol (merupakan antioksidan, antiinflamasi, antivirus, antibakteri, dan antidiabetik), tannin (sebagai penyembuh diare dan antiseptik luka),

Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan pendarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan.

Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan. Biasanya untuk obat hidung berdarah, dipakai 1-2 lembar daun segar Piper betle, dicuci, digulung kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung.

Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap.

Khasiat Dan Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Daun sirih mengandung banyak senyawa aktif dan juga minyak atsiri yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Jadi, tidak mengherankan bila ekstrak daun ini banyak digunakan dalam berbagai produk obat-obatan saat ini.

Sebut saja kandungan styptic yang dapat menahan pendarahan, vulnerary yang dapat menyembuhkan luka kulit, stomachic yang membantu mengobati saluran pencernaan, eugenol yang bersifat analgesik atau pereda nyeri, dan anti ejakulasi dini, hingga alkaloid yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, dan lain-lain.

Secara spesifik, berikut ini khasiat dan manfaat daun sirih untuk kesehatan dan kecantikan:
1. Obat Mimisan (Epistaksis).
Mimisan atau dalam bahasa medisnya disebut epistaksis merupakan gejala yang sangat sering dijumpai pada anak anak, mimisan sendiri bukan merupakan suatu penyakit, tetapi merupakan gejala dari suatu penyakit, itu artinya mimisan bisa terjadi karena bermacam-macam sebab, dari yang ringan sampai yang berat. Mimisan merupakan gejala keluarnya darah dari hidung yang dapat terjadi akibat sebab kelainan lokal pada rongga hidung ataupun karena kelainan yang terjadi ditempat lain dari tubuh. Kelainan lokal dapat berupa trauma, misalnya mengorek hidung, terjatuh, terpukul, benda asing dihidung, dan iritasi gas yang merangsang.

Sebab lokal yang lain adalah infeksi hidung dan organ sekitarnya, tumor baik yang jinak maupun ganas, perubahan lingkungan yang mendadak, misalnya perubahan tekanan atmosfir yang mendadak pada penerbang dan penyelam, benda asing yang masuk kehidung tanpa permisi, dan penyebab lain yang belum diketahui dengan pasti. Gejalanya adalah keluarnya darah dari hidung, meski tidak deras.

Daun sirih adalah solusi yang baik untuk mengatasi mimisan, karena didalam daun sirih terkandung senyawa fenil popada dan terpen yang dapat memabntu menghentikan darah yang terus keluar. Caranya sederhana, yaitu gulung 1-2 lembar daun sirih, kemudian sumbatkan ke dalam lubang hidung yang mengeluarkan darah, kemudian kompreslah kepala dengan handuk basah. Mimisan segera tertangani. Baca juga 28 Lempuyang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

2. Obat Sariawan.
Daun sirih dengan kandungan vitamin C dan zat antiseptiknya mampu melawan kuman penyebab sariawan. Lakukan perawatan rongga mulut dengan, mengunyah 1-2 lembar daun sirih hingga hancur didalam mulut. Tunggu selama ± 5 menit sebelum dibuang. Lakukan setidaknya 2 kali dalam sehari.

3. Obat Luka Bakar Ringan.
Ketika seseorang mengalami luka bakar, maka kandungan zat alkaloid, antioksidan, dan vitamin C yang terdapat dalam daun sirih akan membantu meredakan peradangan pada area kulit yang terbakar.

A. Caranya cukup mudah, tumbuk 3-5 daun sirih, campurkan 2 sendok teh madu, kemudian oleskan pada kulit yang terluka 2 kali sehari.

B. Caranya, yaitu dengan memanaskan daun sirih sampai layu, lalu tempelkan pada kulit yang terkena luka bakar, 2 kali sehari. Dalam beberapa hari luka bakar pun akan berangsur-angsur membaik.

4. Obat Mata Merah.
Apabila mata anda mengalami iritasi, maka anda bisa mengobatinya dengan daun sirih, karena ia mengandung senyawa alkaloid yang bisa berfungsi sebagai anti bakteri dan anti radang, sehingga akan meredakan iritasi pada mata.

Caranya cukup mudah, siapkan saja 10 lembar daun sirih, rebus dengan air sebanyak 500 mili liter hingga mendidih, angkat, saring. Gunakan sebagai kompres mata atau gunakan untuk merambang mata / mencuci dengan cara memasukkan mata kedalam air, berulang-ulang sampai sekitar 5 menit.

5. Obat Gusi Berdarah.
Jika daun sirih dikonsumsi oleh orang yang menderita gusi berdarah, maka ia dapat mengobatinya, karena didalam daun sirih terdapat kandungan senyawa saponin, tanin, mineral kalsium dan fosfor dapat meredakan peradangan yang terjadi pada gusi.

Caranya adalah siapkan 10 lembar daun sirih, rebus dengan air sebanyak 2 gelas hingga mendidih, angkat, saring dan didinginkan. Gunakan untuk berkumur, agar mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan kumur-kumur sebanyak 3 kali sehari.

6. Obat Penyakit Bronkhitis.
Mengkonsumsi daun sirih juga dapat menyembuhkan bronkitis, karena ia mengandun senyawa tanin yang dapat berfungsi untuk menyembuhkan bronkitis. Caranya anda dapat merebus 6-10 lembar daun sirih dalam 300 mili liter air hingga menyisakan setengahnya. Minum secara rutin dan teratur 3 kali sehari.

7. Obat Sakit Maag.
Daun sirih juga dapat digunakan untuk mengobati sakit maag, karena didalam daun sirih terdapat kandungan terpennoid dan klavikol yang dapat mengobati sakit maag. Caranya, rebus 7 lembar daun sirih dengan air sebanyak 3 gelas hingga mendidih, angkat, saring. Konsumsi 3 kali sehari secara rurtin dan teratur, pagi ± ½ jam sebelum sarapan, sore, dan malam hari sebelum tidur.

8. Obat Alergi / Biduran.
Sirih juga dapat meredakan gatal-gatal reaksi alergi akibat gigitan serangga atau alergi seafood. Caranya, cukup siapkan rebusan 20-30 lembar daun sirih dengan air secukupnya, kemudian gunakan untuk mandi, 2 kali sehari.

Atau ambil 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe, 1,5 sendok minyak kayu putih. Semua bahan tersebut ditumbuk bersama-sama hingga halus, kemudian digosokkan pada bagian badan yang gatal-gatal. Atau bisa juga kedua resep digunakan secara bersama-sama.




9. Obat Radang Prostat.
Prostat adalah kelenjar alat benih kelamin laki-laki yang letaknya melingkari bagian atas aliran kandung kemih, dan berfungsi sebagai pengatur jalan antara air seni dan air mani, pada laki-laki tua kelenjar ini sering mengalami pembesaran sehingga menghambat pengeluaran air seni.

Dan bagi para pria yang mengalami permasalaan dengan kelenjar prostatnya, maka dapat menggunakan daun sirih untuk mengobatinya, karena didalam daun sirih terdapat kandungan tanin, saponin, dan hidroksicavicol yang dapat meregenerasi sel-sel dalam kelenjar prostat, agar dapat menjalankan fungsinya seperti sedia kala.

Caranya, rebus 3-7 daun sirih yang masih muda dengan air sebanyak 3 gelas hingga mendidih. Minum 3 kali sehari, pagi ± ½ jam sebelum sarapan, sore, dan malam hari sebelum tidur.

10. Obat Darah Tinggi.
Daun sirih juga dapat menstabilkan tekanan darah tinggi, karena didalam daun sirih terdapat kandungan minyak atsiri dan fenol yang dapat bekerja untuk menstabilkan kembali tekanan darah yang meninggi bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi.

Caranya, rebus 5-6 lembar daun sirih dengan air sebanyak 3 gelas hingga tersisa separuhnya, angkat, saring. Tambahkan 2 sendok makan madu atau secukupnya. Minum 2 kali sehari, pagi ± ½ jam sebelum makan dan sore hari. Lakukan pengobatan ini secara rutin dan teratur hingga tekanan darah stabil kembali.

11. Obat Batuk.
Jika batuk menyerang, maka anda menggunakan  daun sirih untuk mengobatinya, karena didalam daun sirih terdapat kandungan vitamin B, vitamin C dan alkaloid yang dapat meredakan radang pada tenggorokan, penyebab batuk. Caranya, siapkan 5 lembar daun sirih, rebus dengan air sebanyak 2 gelas hingga mendidih. Minum 2 kali sehari, pagi sebelum makan dan sore hari.

12. Obat Payudara Bengkak.
Daun sirih dapat mengobatai payudara yang bengkak akibat menyusui. Panggang daun sirih hingga layu dan tempelkan pada area payudara yang bengkak selagi masih hangat. Senyawa allylprokatecol dan karvakrol akan membantu meregangkan otot payudara yang meradang karena terlalu banyak mengeluarkan ASI.

13. Mengobati Tumor.
Senyawa antioksidan, flavonoid, dan terpenoid yang ada pada sirih dapat meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Ketika sistem imun meningkat, maka sel darah putih tubuh akan mampu mengahancurkan zat karsinogenik atau tumor berbahaya dari tubuh.

14. Mengobati Diabetes.
Anda dapat mengobati penyakit diabetes yang diderita dengan mengkonsumsi rebusan daun sirih. Kandungan terpenoid, klavicol, eugenol, dan pycene akan membantu kinerja insulin dalam mengatur kadar gula darah.

15. Obat Radang Paru-Paru.
Bagi penderita radang paru-paru, daun sirih dapat menjadi salah satu alternatif untuk menyembuhkannya. Rebuslah 5-7 daun sirih yang sudah tua dalam dengan air sebanyak 6 gelas hingga tersia separuhnya, angkat, saring. Minum 3 kali sehari, pagi ± ½ jam sebelum sarapan, sore dan malam hari sebelum tidur 1 gelas. Kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang akan membersihkan area paru-paru dari senyawa berbahaya yang tidak sengaja masuk ke paru-paru.

16. Obat Asam Urat.
Daun sirih juga dapat digunakan sebagai obat penyakit asam urat. Daun sirih akan meredakan nyeri otot dan meluruhkan kristal asam urat yang ada di dalam tubuh. 

Cara pembuatannya, siapkan 8 lembar daun sirih yang muda, rebus dengan 500 ml air hingga tersisa separuhnya. Minum 3 kali sehari secara rutin dan teratur, pagi sebelum sarapan, sore, dan malam hari sebelum tidur, masing ± 75 mili liter. Jika dirasa terlalu pahit dapat boleh ditambah gula jawa atau madu secukupnya.

17. Mencegah Munculnya Jerawat.
Daun sirih juga dapat digunakan untuk mencegah atau mengobati jerawat, karena kandungan manfaat antioksidan, flavonoid, dan vitaminnya. Kandungan ini akan memberikan nutrisi pada kulit dan mengganti sel-sel kulit wajah yang rusak akibat terkena debu dan polusi. Untuk mendapatkan manfaat daun sirih ini, anda hanya perlu merebus 10 lembar daun dalam 200 ml air hingga mendidih, angkat, saring, dan didinginkan. Gunakan untuk cuci muka 2 kali sehari.

18. Mengatasi Keputihan.
Daun sirih juga dapat berperan sebagai antiseptik yang mematikan bakteri Candida penyebab keputihan. Anda dapat merebus 5-10 daun sirih dengan air sebanyak 250 ml hingga mendidih, angkat, saring. Gunakan untuk membasuh daerah kewanitaan secara rutin dan teratur setiap habis mandi hingga sembuh.

19. Mengurangi Bau Badan.
Daun sirih mengandung estragol dan kavicol yang mengendalikan produksi hormon dan kelenjar keringat dalam tubuh. Daun sirih dapat membantu mengurangi permasalahan bau badan dengan 2 cara, yaitu:

Konsumsi air rebusan daun sirih sebanyak 2 gelas per hari
Oleskan 2 lembar daun sirih yang telah ditumbuk ke daerah ketiak secara teratur setiap habis mandi.

20. Mengobati Bau Mulut.
Kandungan senyawa eugenol dan kavibetol dalam daun sirih akan membantu anda yang mengalami masalah bau mulut tak sedap. Cukup dengan berkumur rebusan daun sirih secara teratur saat pagi dan sore. Selain itu buah-buahan seperti strawberry dan buah jeruk juga bermanfaat untuk mengatasi bau mulut.

21. Mencegah Kepikunan.
Mengkonsumsi daun sirih secara rutin dan teratur juga dapat mencegah kepikunan. Hal ini bisa terjadi, karena didalam daun sirih terdapat kandungan senyawa areciline yang dapat mencegah kepikunan.

Pada sebuah penelitian ditemukan bahwa didalam daun sirih terkandung zat yang disebut arecoline disemua bagian tanamannya. Zat tersebut bermanfaat untuk merangsang saraf pusat dan daya pikir guna menekan resiko kepikunan.

22. Pereda Rasa Nyeri.
Daun sirih juga bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri. Ini, karena didalam daun sirih terkandung senyawa eugenol yang berfungsi jugs sebagai analgesic, sehingga bisa dimanfaatkan untuk meredakan rasa nyeri atau rasa sakit. 

Caranya cukup mudah, yaitu rebus 5-6 lembar daun sirih dengan air sebanyak 2 gelas hingga mendidih, saring. Minum 2 kali sehari, bila perlu bisa dimaniskan dengan menambahkan gula jawa atau madu secukupnya. Baca juga 24 Manfaat Genjer Untuk Kesehatan.

23. Menghaluskan Wajah.
Daun sirih juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Semua wanita pasti menginginkan memilki wajah yang mulus, bersih, dan merona. Untuk mendapatkannya sebetulnya mudah saja, tidak perlu menghabiskan uang banyak. Anda bisa mencobanya secara alami, karena selain lebih mudah dan murah perawatan secara alami dengan daun sirih tidak menimbulkan efek samping.

Caranya, anda hanya perlu menyiapkan 4-6 lembar daun sirih yang masih segar, cuci sampai bersih, lalu dihaluskan. Gunakan daun sirih halus sebagai masker, diamkan beberapa saat, lalu bersihkan. Perawatan ini dapat membuat wajah terlihat lebih sehat, bersih dan segar.

24. Memperbaiki Kualitas Suara.
Seorang Qori' (Pembaca alqur-an) atau seorang penyanyi sangat menjaga kualitas suaranya. Apabila ada sedikit gangguan saja, maka bisa mempengaruhi penampilannya. Untuk menjaga kualitas suara, anda bisa menggunakan daun sirih dengan cara sederhana saja, yaitu cukup dengan dikunyah-kunyah saja.

25. Menghilangkan Dengkuran (Ngorok).
Dari hasil penelitian diketahui bahwa sirih juga mengandung arecoline diseluruh bagian tanaman. Zat ini bermanfaat untuk merangsang saraf pusat dan daya pikir, meningkatkan gerakan peristaltik, dan meredakan dengkuran (ngorok) saat tidur.

26. Mencegah Ejakulasi Dini.
Ejakukulasi dini sungguh tidak menyenangkan, baik bagi sang suami sendiri, apalagi bagi sang istri. Apabila permasalahan itu tidak segera diatasi, maka peristiwa yang tidak diinginkan mungkin bisa saja terjadi. Karenanya, segeralah diatasi dengan daun sirih, karena didalam daun sirih terkandung senyawa eugenol yang diantara fungsinya adalah mencegah terjadinya ejakulasi dini, sehingga hubungan suami istri dapat mencapai pada tahapan yang maksimal dan berkualitas, yaitu suami merasa sangat puas dan istripun merasa semakin sayang pada suami.

27. Mengurangi Sekresi Cairan Vagina.
Apabila didalam vagina terlalu banyak cairan, maka akan membuat vagina menjadi becek, sehingga akan mengurangi kualitas hubungan intim, baik bagi sang istri sendiri, apalagi bagi sang suami. Apabila hal itu terjadi, maka segeralah diobati dengan daun sirih, karena didalam daun sirih terdapat kandungan senyawa tannin yang bermanfaat bisa mengurangi sekresi cairan pada vagina. Caranya sederhana, konsumsi saja rebusan daun sirih, pagi dan sore hingga vagina menjadi terasa legit kembali, sehingga suami makin bertambah sayang.

28. Melindungi Fungsi Hati.
Daun sirih juga dpat bermanfaat untuk melindungi fungsi hati, sehingga organ hati bisa berfungsi secara maksimal. Hal itu bisa terjadi, karena didalam daun sirih terdapat kandungan senyawa tannin yang salah satu fungsinya adalah dapat melindungi fungsi organ hati. Konsumsilah rebusan daun sirih secara rutin dan teratur agar menfaat tersebut bisa diperoleh.

29. Mencegah Diare.
Salah satu manfaat daun sirih adalah mencegah diare, karena didalam daun sirih terdapat kandungan senyawa tannin yang bermanfaat dapat mengurangi sekresi cairan pada vagina, melindungi fungsi hati, dan mencegah diare.

Caranya adalah ambil 4 - 6 lembar daun sirih, 6 biji lada, 1 sendok makan minyak kelapa. Tumbuk semua bahan bersama-sama sampai halus, lalu gosokkan pada perut secara merata. Ulangi sampai sembuh. Untuk obat minumnya, konsumsilah air rebusan dari  5-7 lembar daun sirih yang direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Minum 3 kali sehari, pagi sebelum makan, sore, dan malam hari.



30. Mengobati Sipilis.
Sipilis (raja singa) adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri spiroset treponema pallidum sub-spesies pallidum yang dapat menginfeksi kulit, mulut, alat kelamin, serta sistem saraf. Sipilis dikenal juga dengan nama sifilis atau raja singa.

Rute utama penularannya melalui kontak seksual, infeksi ini juga dapat ditularkan dari ibu ke janin selama kehamilan atau saat kelahiran, yang menyebabkan terjadinya sipilis kongenital. Penyakit lain yang diderita manusia yang disebabkan oleh Treponema pallidum termasuk frambusia atau patek (subspesies pertenue), pinta (sub-spesies carateum), dan bejel (sub-spesies endemicum).

Daun Sirih. Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan  kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur.

Caranya senyiapkan 30 lembar daun sirih bersama tangkainya, ¼ gula merah, garam secukupnya. Cuci daun sirih dengan air bersih, rebus dengan 2 liter air sampai mendidih, tambahkan gula dan garam aduk hingga larut, saring. Minum selagi masih hangat, 3 kali sehari. Lakukan secara rutin dan teratur.



31. Sakit gigi karena berlubang.
Daun sirih juga bisa dipergunakan untuk mengobati sakit gigi karena berlubang. Caranya mudah, kunyah daun Sirih secukupnya. Atau 1 lembar daun sirih direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih, dinginkan. Gunakan untuk berkumur secara berulang-ulang sampai sembuh. Atau 2 lembar daun sirih diremas, Garam ½ sendok teh, diseduh dengan air panas 1 gelas, aduk sampai garam larut, biarkan sampai dingin. Gunakan untuk berkumur-kumur juga.

32. Demam Berdarah.
Demam berdarah atau demam dengue (disingkat DBD) adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan atau disebarkan oleh nyamuk atau beberapa jenis nyamuk.

Demam dengue juga disebut sebagai "breakbone fever" atau "bonebreak fever" (demam sendi), karena demam tersebut dapat menyebabkan penderitanya mengalami nyeri hebat seakan-akan tulang mereka patah.

Sejumlah gejala dari demam dengue adalah demam; sakit kepala; kulit kemerahan yang tampak seperti campak; dan nyeri otot dan persendian. Pada sejumlah pasien, demam dengue dapat berubah menjadi satu dari dua bentuk yang mengancam jiwa.

Yang pertama adalah demam berdarah, yang menyebabkan pendarahan, kebocoran pembuluh darah (saluran yang mengalirkan darah), dan rendahnya tingkat trombosit darah (yang menyebabkan darah membeku). Yang kedua adalah sindrom renjat dengue, yang menyebabkan tekanan darah rendah yang berbahaya.

Terdapat empat jenis virus dengue. Apabila seseorang telah terinfeksi satu jenis virus, biasanya dia menjadi kebal terhadap jenis tersebut seumur hidupnya. Namun, dia hanya akan terlindung dari tiga jenis virus lainnya dalam waktu singkat. Jika kemudian dia terkena satu dari tiga jenis virus tersebut, dia mungkin akan mengalami masalah yang serius.

Sebelum menjadi parah, segeralah diobati dengan daun sirih, karena didalam daun sirih terdapat berbagai macam senyawa yang baik untuk kesehatan, diantarnya adalah flavanoid dan polifenol yang merupakan antioksidan, antiinflamasi, antivirus, antibakteri, dan antidiabetik.

Caranya, rebus 5 lembar daun sirih dengan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas, angkat, saring. Minum secara teratur 2 kali sehari. Dan untuk mencegah gigitan nyamuk demam berdarah, tumbuklah daun sirih sampai halus, lalu oleskan pada bagian tubuh yang tidak terlindungi. Dijamin nyamuk penyebab demam berdarah tidak akan berani menggigit, termasuk nyamuk-nyamuk lainnya.

33. Haid Tidak Teratur.
Mengkonsumsi daun sirih secara rutin dan teratur juga dapat menstabilkan waktu menstruasi. Karena itu, bagi perempuan yang mengalami ketidak teraturan dalam wajtu haidnya bisa memanfaatkan daun sirih untuk menstabilkan haidnya yang tidak teratur. Caranya, rebus 3 lembar daun sirih dengan air sebanyak 1 gelas hingga mendidih, saring. Minum 1 kali sehari secara teratur.

34. Penyakit Asma.
Yang dimaksud asma disini adalah asma Bronchiale atau disebut juga bengek atau mengi. Jadi bukan asma yang disebabkan oleh penyakit jantung, yaitu asma cardiale.

Asma adalah jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas. 

Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi. Asma bisa diderita oleh semua golongan usia, baik muda atau tua.

Meskipun penyebab pasti asma belum diketahui secara jelas, namun ada beberapa hal yang kerap memicunya, seperti asap rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi virus, atau bahkan terpapar zat kimia.

A. Obat luar, daun sirih 10 lembar dan lada putih 1 sendok teh. Tumbuklah sampai halus kedua bahan ramuan tersebut, kemudian tambahkan ½ sendok teh minyak kayu putih. Jika penyakit asma datang menyerang, lumaskan minyak ramuan tersebut kedada dan leher penderita.
B. Obat dalam, rebus 4 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Kemudian minum air rebusan tersebut secara teratur 2 kali sehari, pagi ± ½ jam sebelum sarapan dan sore hari.            

35. Radang Tenggorokan.
Daun sirih juga bisa bermanfaat sebagai obat radang tenggorokan. Caranya, rebus 4 lembar daun sirih dengan 2 gelas air, sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan tersebut secara teratur 2 kali sehari. Baca juga 41 Manfaat Temu Kunci Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

36. Bau Ketiak.
Daun sirih juga dapat menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Caranya sangat mudah, yaitu tumbuk beberapa daun sirih, lalu oleskan pada ketiak anda. Lakukan secara ruti dan teratur sehabis mandi.

37. Eksim.
Eksim atau dalam bahasa medis “eczema” adalah istilah umum untuk setiap proses inflamasi atau peradangan pada kulit bagian luar, yang ditandai dengan kemerahan, gatal, penonjolan dan vesikel (gelembung cairan), berair, pengerasan kulit, penebalan dan perubahan warna (pigmentasi). Walau demikian, dalam dunia medis istilah eksim lebih sering digunakan untuk penyakit dermatitis atopik.

Daun Sirih juga bisa untuk mengobati eksim dan penyakit kulit lainnya, karena didalamnya terkandung senyawa karvakol yang bersifat disinfektan dan antijamur, senyawa flavanoid dan polifenol yang merupakan antioksidan, antiinflamasi, antivirus, antibakteri, antidiabetik, sehingga penyakit eksim dapat segera teratasi.

Caranya, yaitu dengan menumbuk beberapa lembar daun sirih lalu oleskan secara merata pada kulit yang terkena eksim. Lakukan pengobatan ini teratur dan setelah dibersihkan terlebih dahulu dengan air hangat.

38. Koreng (Pyodermi).
Selain itu, dengan alasan yang sama daun sirih juga dapat dipergunakan untuk mengobati koreng. Caranya, tumbuk beberapa daun sirih, lalu oleskan langsung pada koreng secara merata. Lakukan pengobatan ini setelah koreng dibersihkan dulu dengan air hangat juga secara rutin dan teratur.

39. Kurap / Kadas.
Kurap merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang menular yang disebabkan oleh jamur. Kurap yang dikenal juga dengan istilah kadas ini. Dalam Bahasa Latin, disebut istilah tinea corporis, yang berarti penyakit kulit yang menular disebabkan oleh jamur.

Dan dalam Bahasa Inggris, disebut istilah ringworm (bentuk lingkaran cacing), yang berarti kulit yang terinfeksi disebabkan oleh jamur. Kulit yang terkena kurap (kadas) akan memunculkan lingkaran berwarna merah jambu yang bentuknya mirip seperti cacing yang sedang melingkar.

Segeralah diobati dengan daun sirih, karena daun sirih memiliki senyawa yang dapat membasmi jamur yang merupakan penyebab penyakit kurap, yaitu senyawa karvakol yang bersifat disinfektan dan antijamur, flavanoid dan polifenol yang merupakan antioksidan, antiinflamasi, antivirus, antibakteri, dan antidiabetik, sehingga penyakit kurap (kadas) dapat segera teratasi.

Caranya sangat mudah, yaitu dengan menumbuk beberapa lembar daun sirih, lalu oleskan secara langsung pada kurap secara merata. Lakukan pengobatan ini setelah kurap dibersihkan terlebih dahulu, juga secara rutin dan teratur.

40. Bisul.
Bisul (wudun / udun) merupakan sebuah benjolan merah pada kulit yang terasa sakit dan berisi nanah. Benjolan ini dapat muncul disebabkan karena adanya infeksi bakteri yang memicu inflamasi pada folikel rambut, yaitu lubang tempat dimana rambut tumbuh.

Bisul dapat tumbuh di kulit mana saja, tapi hanya kulit yang berbulu atau berambut. Oleh karenanya, tidak pernah dijumpai bisul yang tumbuh dibagian telapak tangan, kaki, bibir, lidah, dan bagian lainnya.

Biasanya bisul sangat sering menyerang bagian ketiak, kepala, leher, paha, dan bahkan wajah. Hal ini dapat terjadi karena bagian tersebut sering berkeringat dan mendapatkan banyak gesekan. Selain itu, bisul juga bisa tumbuh di bagian kelopak mata, yang selanjutnya disebut dengan bintitan atau timbilen.

Segeralah diobati sebelum menjadi besar. Anda bisa mencoba mengobatinya dengan daun sirih karena didalam daun sirih terkandung senyawa flavonoid yang berfungsi juga sebagai antivirus dan anti bakteri, sehingga bisul yang anda derita bisa segera teratasi.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan menumbuk beberapa lembar daun sirih,  lalu dipopokkan langsung pada bisul, kemudian diperban. Lakukan 2 kali sehari.

41. Penyakit Jantung.
Caranya, ambil beberapa lembar daun sirih yang segar sekitar 3 lembar. Potong kecil-kecil, Kemukus 10 butir, Bawang merah 3 butir, Jintan putih 1 sendok teh. Semua bahan ditumbuk halus jadi satu, tambahkan 5 sendok makan air panas, diamkan beberapa menit, peras dan saring. Minum 2 kali sehari, pagi ± ½ jam sebelum makan dan sore hari.





Baca juga 52 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

Demikianlah uraian mengenai khasiat dan manfaat sirih untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa saya sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat. Amin!

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: