IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi

Minggu, 14 Mei 2017

52 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


Lengkuas (Laos) - BiriBisi

Lengkuas (Lenguas galanga atau Alpinia galanga) sering digunakan oleh para ibu di dapur sebagai bumbu (penyedap) masakan.
Manfaat lain tanaman ini adalah sebagai bahan ramuan obat tradisional dan penyembuh berbagai penyakit, khususnya penyakit yang disebabkan oleh jamur kulit.
Baca juga 52 Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

Namun, diluar dua manfaat tersebut, lengkuas ternyata juga punya peran dalam memperpanjang umur simpan atau mengawetkan makanan karena aktivitas mikroba pembusuk. Pendeknya, lengkuas dapat berperan sebagai pengganti fungsi formalin yang sering disalah gunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Kita mengenal ada dua jenis tumbuhan lengkuas, yaitu varietas dengan rimpang / umbi (akar) berwarna putih dan varietas berimpang merah yang ukurannya lebih besar. Lengkuas berimpang putih umumnya digunakan sebagai bumbu (penyedap) masakan saja, walau sebetulnya bisa juga digunakan sebagai bahan untuk obat-obatan, sedangkan lengkuas berimpang / umbi merah banyak digunakan sebagai obat. Rimpang / umbi lengkuas selain berserat kasar juga mempunyai aroma yang khas.

Deskripsi Umum
Lengkuas atau laos (Alpinia galanga) merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Umumnya masyarakat memanfaatkannya sebagai campuran bumbu masak dan pengobatan tradisional.

Pemanfaatan lengkuas untuk masakan dengan cara mememarkan rimpang kemudian dicelupkan begitu saja ke dalam campuran masakan, sedangkan untuk pengobatan tradisional yang banyak digunakan adalah lengkuas merah Alpinia purpurata K Schum.

Lengkuas adalah salah satu jenis rempah – rempah yang amat populer dimasyarakat Indonesia. Sudah sejak zaman nenek moyang bangsa Indonesia, ribuan tahun yang lalu lengkuas telah digunakan, baik sebagai bumbu masakan ataupun sebagai bahan obat-obatan, sehingga apabila lengkuas (laos, dsb) disebutkan, maka tidak terasa asing lagi ditelinga.

Nama-Nama Daerah Lengkuas
Keberadaan lengkuas ini di Indonesia sangat meluas sampai keseluruh penjuru daerah, boleh dikatakan dimana masyarakat Indonesia menetap, baik dikota-kota ataupun dipulau-pulau terpencil, maka tanaman lengkuas dapat ditemukan.

Sebagai bukti, lengkuas ini memiliki nama daerah yang beragam, diantaranya laos (Jawa), laja (Sunda), langkueh, lengkues, lingkuas, engkuas, ringkuas, lingkaos dan lain – lain.
Lengkuas (Nasional Indonesia).
Greater galingale (Inggris).

Habitat Tanaman Lengkuas
Lengkuas termasuk tumbuhan terna tegak dan tinggi batangnya bisa mencapai 2-2,5 meter. Lengkuas dapat hidup di daerah dataran rendah sampai dataran tinggi, lebih kurang 1200 meter diatas permukaan laut. Ada 2 jenis tumbuhan lengkuas yang dikenal yaitu varitas dengan rimpang umbi (akar) berwarna putih dan varitas berimpang umbi merah.

Lengkuas berimpang umbi putih inilah yang kebanyakan hanya dipakai sebagai bumbu (penyedap) masakan, sedang lengkuas berimpang umbi merah disamping digunakan sebagai bumbu (penyedap) masakan, juga banyak digunakan sebagai bahan obat-obatan.

Lengkuas termasuk dalam kategori tanaman semak yang dapat berumur tahunan. Sebagaimana pada jenis rempah–rempah yang lainnya, lengkuas memiliki batang semu atau terna yang dibentuk dari kumpulan daunnya.

Daunnya berbentuk bulat panjang dengan ujung yang meruncing dan memiliki bau yang aromatis. Khususnya didaerah Jawa, dikenal 2 macam jenis (varietas) dari lengkuas, yaitu lengkuas merah (memiliki rimpang dengan kulit luarnya berwarna  kemerahan) dan lengkuas putih (dengan kulit luarnya berwarna putih).

Daun-daunnya berbentuk bulat panjang dan antara daun yang terdapat pada bagian bawah terdiri dari pelepah-pelepah saja, sedangkan bagian atas batang terdiri dari pelepah –pelepah lengkap dengan helaian daun. Bunganya muncul pada bagian ujung tumbuhan. Rimpang / umbi lengkuas selain berserat kasar juga mempunyai aroma yang khas.

Deskripsi Morfologi
1. Akar
Rimpang besar dan tebal, berdaging, berbentuk silindris, diameter sekitar 2-4 cm, dan bercabang-cabang. Bagian luar berwarna coklat agak kemerahan atau kuning kehijauan pucat, mempunyai sisik-sisik berwarna putih atau kemerahan, keras mengkilap, sedangkan bagian dalamnya berwarna putih. Daging rimpang yang sudah tua berserat kasar. Apabila dikeringkan, rimpang berubah menjadi agak kehijauan, dan seratnya menjadi keras dan liat.

2. Batang
Batangnya tegak, tersusun oleh pelepah-pelepah daun yang bersatu membentuk batang semu, berwarna hijau agak keputih- putihan. Batang muda keluar sebagai tunas dari pangkal batang tua.

3. Daun
Daun tunggal berwarna hijau, bertangkai pendek tersusun berseling. Daun disebelah bawah dan atas biasanya lebih kecil daripada yang di tengah. Bentuk daun lanset memanjang dan ujungnya runcing, pangkal tumpul dengan tepi daun rata. Pertulangan daun menyirip, panjang daun sekitar 20- 60 cm, dan lebarnya 4 - 15 cm. Pelepah daun kira-kira 15 - 30 cm, beralur dan berwarna hijau.

4. Bunga
Bunga lengkuas merupakan bunga majemuk berbentuk lonceng, berbau harum, berwarna putih kehijauan atau putih kekuningan. Ukuran perbungaan lebih kurang 10-30 cm x 5-7 cm. Jumlah bunga di bagian bawah tandan lebih banyak dari pada di bagian atas, panjang bibir bunga 2,5 cm, berwarna putih dengan garis miring warna merah muda pada tiap sisi. Mahkota bunga yang masih kuncup, pada bagian ujungnya berwarna putih, sedangkan pangkalnya berwarna hijau.

5. Buah
Buahnya berupa buah buni, berbentuk bulat, keras. ketika muda berwarna hijau-kuning, setelah tua berubah menjadi hitam kecoklatan, berdiameter ± 1 cm. Ada juga yang buahnya berwarna merah.

6. Biji
Bijinya kecil-kecil, berbentuk lonjong dan berwarna hitam.

Budidaya Tanaman Lengkuas
Membudidayakan lengkuas tidak terlalu sulit. Pada dasarnya lengkuas menyukai tanah yang gembur, sedikit lembab tetapi tidak tergenang air.

Agar pertumbuhannya bagus, sebaiknya tidak terkena sinar matahari langsung, itu akan membuatnya lebih sehat dan produktif. Untuk pembibitan, bisa menggunakan bijinya yang disemai, namun pada umumnya orang lebih senang menggunakan rimpang lengkuas.

Sarana perbanyakan. Jika kita menggunakan rimpangnya sebagai sarana pembibitan, usahakan memilih rimpang yang tumbuh paling ujung dari tanaman lengkuas yang sudah cukup tua.

Kandungan Lengkuas
Kandungan gizi lengkuas per porsi (-/+ 64 g)
45 kalori
2 g serat.
sodium, zat besi, vitamin A, vitamin C, flavonoid, fitonutrien, emodin, beta-sitosterol, quercetin, galangin, natrium

Minyak atsiri, Flavonoid, Fenolik, Basonin, Galangan, Galangol, Eugenol, Galangin, Tanin.

  • Basonin: dikenal memiliki efek merangsang semangat dan antibakteri.
  • Eugenol: mencegah ejakulasi prematur, anti jamur Candica albicans, anti kejang analgetik, anestetik, dan penekan pengendali gerak.
  • Galangan: meredakan rasa lelah, anti mutagenik, penghambat enzim siklo-oksigenase dan lipoksogenase.
  • Galangol: dapat merangsang semangat dan menghangatkan tubuh.
  • Saponin: bisa berfungsi juga sebagai antibakteri.
  • Tanin: dapat berfungsi juga sebagai antibakteri.


Baca juga 17 Manfaat Eceng Gondok Untuk Kesehatan.

Lengkuas merah mengandung zat kimia seperti minyak atsiri, minyak terbang, eugenol, seskuiterpen, pinen, metil sinamat, kaemferida, galangan, galangol, dan kristal kuning. Minyak atsiri yang dikandungnya antara lain galangol, galangin, alpinen, kamfer, dan methyl-cinnamate. Selain itu didalam rimpang lengkuas merah (Alpinia purpurata) terdapat zat antibakteri yaitu berupa saponin, tanin dan flavonoid.

Kesehatan manusia sangat tergantung pada flavonoid sebagai antioksidan untuk mencegah kanker. Manfaat utama flavonoid adalah untuk melindungi struktur sel, membantu memaksimalkan manfaat vitamin C, mencegah keropos tulang, sebagai antibiotik dan anti-inflamasi (Winarsi 2007 dalam Sudirman 2011).

Flavonoid juga dapat berperan dalam pencegahan dan pengobatan penyakit umum lainnya, yaitu periodontitis (infeksi pada gusi yang merusak jaringan lunak, menghancurkan tulang yang menyangga gigi, dapat menyababkan kerusakan gigi atau bahkan peningkatan resiko serangan jantung, strok, dan masalah kesehatan serius lain),, wasir (ambeien), encok, rematik, diabetes melitus, katarak dan asma.

Manfaat Umum Lengkuas
Bagian lengkuas yang banyak dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomis tinggi adalah bagian rimpangnya. Rimpang lengkuas dapat dipanen pada umur antara 4 sampai dengan 7 bulan. Dalam dunia industri, rimpang lengkuas dijual dalam bentuk simplisia.

Sebagaimana cara membuat simplisia pada jenis rempah-rempah yang lainnya, rimpang lengkuas dibersihkan dan dipotong-potong serta dikeringkan tanpa sinar matahari langsung (diangin–anginkan = bahasa jawa). Hal ini untuk mencegah berkurangnya kandungan minyak asiri pada rimpang lengkuas.

Simplisia rimpang lengkuas ini didalam dunia industri dikenal sebagai Galanga Rhizome. Kandungan minyak asiri pada rimpang lengkuas, berwarna kuning kehijauan, berbau khas dan rasanya pahit serta terasa dingin di lidah.

Lengkuas, tanaman renpah yang menyerupai jahe ini tergolong famili rhizoma. Ia tidak hanya sedap sebagai bumbu dapur, khususnya pada masakan Asia, tetapi juga memiliki khasiat dan manfaat untuk kesehatan.

Khasiat Dan Manfaat Lengkuas Untuk Keshatan Dan Kecantikan
Berdasarkan berbagai literature tentang pengalaman turun-temurun dari berbagai daerah, lengkuas dapat mengobati penyakit-penyakit seperti gangguan perut (kembung, sebah), panu, kurap, eksim, bercak-bercak kulit, tahi lalat (sproten), demam, pembengkakan limpa, pembersih usai bersalin, radang telinga, bronchitis, masuk angin, diare, sakit gigi karena angin dingin, dan sebagai obat kuat (Prakoso, 2007).

Selain yang telah disebutkan diatas, lengkuas juga digunakan untuk mengobati rematik, membangkitkan nafsu makan, morbili, antibakteria, membersihkan darah, menambah nafsu makan, mempermudah pengeluaran angin dari dalam tubuh, mencairkan dahak, mengharumkan serta merangsang otot bahkan dapat membangkitkan gairah seks.

Di samping itu, bila lengkuas dimasak dengan cuka encer, dapat dijadikan minuman untuk wanita yang baru melahirkan, karena dapat mempercepat pembersihan rahim.

Bila dicampur dengan bawang putih yang telah dilumatkan dengan perbandingan 4 – 5 : 1 dan dimasak dengan sedikit cuka, lengkuas bisa menjadi obat kadas (kurap) dengan cara dioleskan pada kulit yang terserang kurap.

Bahkan bila diremas-remas dengan cuka dan dioleskan seperti lulur, lengkuas mampu menyingkirkan bercak-bercak kulit dan tahi lalat.

Cara Praktis Membuat Ramuan Lengkuas
Ada berbagai macam cara dalam mengkonsumsi rimpang lengkuas, namun cara yang paling praktis dalam mengkonsumsi rimpang lengkuas adalah dengan cara dibuat sirup terlebih dahulu, kemudian dikonsumsi setiap pagi ± ½ jam sebelum sarapan, dengan dosis 1 sendok makan. Berikut ini saya sajikan untuk anda cara membuat sirup lengkuas:

Sirup Lengkuas
Bahan:

  • Lengkuas 1 kg
  • Gula aren 1kg


Cara Membuat:

  • Haluskan lengkuas yang sudan dicuci bersih berikut kulitnya, dengan cara digiling, ditumbuk, atau diparut.
  • Sisir tipis-tipis gula aren agar mudah larut.
  • Masukkan kedua bahan dalam wadah semacam toples, aduk-aduk hingga gula larut. Jangan dicampur air sedikitpun.
  • Tutuplah wadah tersebut rapat-rapat pakai kertas agar udara bisa keluar melalui pori-pori kertas. Jangan pakai plasti atau semacamnya.
  • Diamkan selama 7 hari 7 malam, kemudian diperas untuk diambil airnya yang berupa sirup.
  • Untuk menjaga kesehatan minumlah sirup lengkuas ini sebanyak 1 sendok makan ± 30 menit sebelum sarapan pagi setiap hari. Untuk pengobatan, minumlah sirup lengkuas ini sebanyak 1 sendok makan setiap pagi dan sore hari, setiap hari.
  • Untuk menjaga agar ramuan ini tidak basi, simpanlah difreezer, jangan dibagian kulkasnya, kemudian untuk setiap harinya ambillah secukupnya untuk dikonsumsi. Dengan cara ini, ramuan bisa bertahan selama berbulan-bulan.

NB:
Cara pembuatan ramuan ini telah dilakukan dan digunakan selama bertahun-tahun oleh beberapa orang, termasuk oleh penulis (Abi Mada Albiribisi) sampai sekarang, dan aman!

Secara spesifik khasiat dan manfaat lengkuas bisa anda lihat dibawah ini:

1. Mencegah Dan Mengobati Rematik.
Mengkonsumsi lengkuas (laos) secara rutin dan teratur dapat mengatasi rematik / encok, dan nyeri sendi. Hal ini dapat terjadi karena dalam lengkuas (laos) terdapat senyawa flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan beberapa penyakit lain, termasuk rematik.

Ada beberapa cara dalam mengkonsumsi lengkuas, bisa dikonsumsi dalam bentuk sirup, bisa juga dikonsumsi dalam bentuk ramuan mentahan untuk sekali pakai, atau bisa juga dikonsumsi dalam bentuk ramuan yang direbus dulu. Menurut saya yang paling praktis adalah dibuat sirup terlebih dulu, seperti yang telah disebutkan diatas. Tetapi anda bisa memilih cara berikutnya seperti dibawah ini.

A. Caranya, 2 rimpang lengkuas sebesar ibu jari dan 1 butir telur ayam kampung. Parut lengkuas, peras. Campurkan kuning telur ayam kampung mentah, aduk-aduk sampai merata. Minum 1 kali sehari.


B. Caranya, 3 rimpang lengkuas, masing-masing sebesar ibu jari, diparut, ½ sendok teh merica (lada) bubuk, 1 potong gula Jawa (gula kelapa / gula aren) atau secukupnya, 2 gelas air santan kelapa. Rebus semua bahan hingga tersisa 1 gelas. Minum 3 kali sehari masing-masing 1 sendok makan. Lakukan ini setiap hari sampai rematik hilang. Sisa ramuan bisa anda simpan dalam freezer untuk dikonsumsi dihari berikutnya.




2. Sakit Limpa.
Limpa adalah organ tubuh yang terletak di dalam rongga perut sebelah kiri atas, yg menghasilkan cairan yang membantu pencernaan makanan dan membersihkan darah. Mengkonsumsi lengkuas secara rutin dan teratur sangat efektif untuk mengobati sakit limpa, sehingga kinerja organ limpa menjadi baik kembali seperti sedia kala.

Caranya tidak sulit, siapkan saja 2 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, 3 rimpang temulawak sebesar ibu jari dan 1 genggam daun meniran. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai mendidih. Minum 2 kali sehari, masing-masing 1 cangkir, pagi sebelum sarapan dan sore hari.



3. Membangkitkan Gairah Seks.


Salah satu khasiat dan manfaat lempuyang adalah dapat merangsang otot bahkan dapat membangkitkan gairah seks. Hal ini bisa terjadi karena didalam lempuyang terdapat kandungan senyawa basonin yang dikenal memiliki efek merangsang semangat, terdapat kandungan senyawa eugenol yang dapat mencegah ejakulasi prematur (dini), anti jamur candica albicans, anti kejang analgetik, anestetik, dan penekan pengendali gerak, terdapat kandungan senyawa galangan yang dapat meredakan rasa lelah, anti mutagenik, penghambat enzim siklo-oksigenase dan lipoksogenase, dan terdapat kandungan senyawa galangol yang dapat merangsang semangat dan menghangatkan tubuh. Untuk itu, konsumsilah lempuyang secara rutin dan teratur. "Wow, darling! you really the male." she said.

Caranya, 2 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, 3 rimpang halia (jahe) sebesar ibu jari, 2 buah jeruk nipis, 1 sendok teh merica (lada), 1 sendok teh garam dan 1 ragi tape. Parut umbi lengkuas, umbi halia (jahe), dan umbi temulawak, peras untuk diambil airnya, kemudian dioplos dengan bahan-bahan yang lain, tambahkan ½ gelas air masak, aduk sampai merata. Minum ¼ jam sebelum berhubungan intim.




4. Membangkitkan Nafsu Makan.
Manfaat lain dari lengkuas adalah membangkitkan nafsu makan, karena didalam lengkuas terdapat kandungan senyawa Basonin yang dikenal memiliki efek merangsang semangat dan terdapat kandungan galangan yang meredakan rasa lelah, anti mutagenik, penghambat enzim siklo-oksigenase dan lipoksogenase. Untuk keperluan itu, anda hanya perlu.

A. 1 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, 3 buah mengkudu mentah, ½ rimpang kencur sebesar ibu jari, ½ sendok teh bubuk ketumbar, 1 siung bawang putih, 3 mata buah asam jawa yang sudah masak, 1 potong gula merah. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas, pagi ½ jam sebelum sarapan dan sore hari.






B. 1 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, 1 rimpang temulawak sebesar ibu jari, 1 batang tanaman meniran dan sedikit adas pulawaras (adas). Rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai mendidih. Minum 3 kali sehari, masing-masing 1 gelas, pagi ½ jam sebelum sarapan, sore, dan malam hari sebelum tidur.


5. Mengobati Bronkhitis.
Bronkitis adalah suatu peradangan pada cabang tenggorok (bronkus, yaitu saluran udara di dalam paru-paru).

Penyakit ini biasanya bersifat ringan dan pada akhirnya akan sembuh sempurna. Tetapi pada penderita yang memiliki penyakit menahun (misalnya penyakit jantung atau penyakit paru-paru) dan pada usia lanjut, bronkitis bisa bersifat serius.

Penyebab Bronkitis
Bronkitis infeksiosa disebabkan oleh virus, bakteri dan organisme yang menyerupai bakteri (Mycoplasma pneumoniae dan Chlamydia)

Serangan bronkitis berulang bisa terjadi pada perokok dan penderita penyakit paru-paru dan saluran pernapasan menahun. Infeksi berulang bisa merupakan akibat dari:

  • Sinusitis kronis
  • Bronkiektasis
  • Alergi
  • Pembesaran amandel dan adenoid pada anak-anak.
  • Bronkitis iritatif bisa disebabkan oleh:
  • Berbagai jenis debu
  • Asap dari asam kuat, amonia, beberapa pelarut organik, klorin, hidrogen sulfida, sulfur dioksida dan bromin
  • Polusi udara yang menyebabkan iritasi ozon dan nitrogen dioksida
  • Tembakau dan rokok lainnya.

Segeralah diobati agar jangan menjalar ke paru-paru.

Mengkonsumsi lengkuas secara rutin dan teratur dapat membasmi virus, bakteri dan organisme yang menyerupai bakteri (Mycoplasma pneumoniae dan Chlamydia) yang merupakan penyebab penyakit bronkitis. Hal ini, karena didalam lengkuas terkandung zat flavonoid, senyawa antioksidan yang sekaligus merupak senyawa antibiotik alami.

Caranya, ambil rimpang lengkuas, temulawak dan halia (jahe), masing-masing sebesar ibu jari, 5 gram keningar (kayu manis), 1 genggam daun pecut kuda, ½ genggam daun iler, daun kayu manis secukupnya. Tumbuk semua bahan tersebut sampai halus, kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Minum 2 kali sehari, pagi sebelum sarapan dan sore hari, masing-masing 1 gelas.




6. Penyakit Campak (Tampek / Morbili).
Campak (tampek / morbili) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus, terjadi pada anak-anak yang mengakibatkan suhu badan naik, menimbulkan bintik-bintik merah pada kulit.

Salah satu manfaat lengkuas adalah mampu membasmi virus, bakteri dan organisme yang menyerupai bakteri. Lengkuas yang dibuat sirup rasanya manis dan tanpa sediktpun rasa pahit.

Orang tua mungkin bisa berkreasi untuk membuat sirup lengkuas yang lebih enak lagi, misalnya diberi perasa buah-buahan, sehingga bisa disukai anak-anak.

Untuk mengobati penyakit campak ini alangkah lebih baiknya antara obat dalam (obat minum) dan obat luar. Untuk obat minumnya bisa diberikan sirup lengkuas 2 kali sehari, pagi dan sore, masing-masing 1 sendok makan.

Pemberian sirup ini juga akan merangsang selera makannya yang mungkin saja berkuarang karena terjadinya penhyakit campak (tampek / morbili). Sedangkan untuk obat luarnya sebagai berikut:

Ambil 4 rimpang lengkuas, masing-masing sebesar ibu jari, 1 sendok teh minyak kayu putih, dan 2 sendok teh minyak gandapura. Parut umbi lengkuas, kemudian dicampur dengan bahan lainnya remas-remas sampai merata dan halus.

Oleskan ramuan pada seluruh kulit yang terkena campak, 2 kali sehari, pagi dan malam hari. Lakukan pengobatan ini secara rutin hingga penyakit sembuh.



Baca juga 28 Manfaat Lempuyang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

7. Panu (Panau).

Panu (Panau) noda atau bercak-bercak putih pada kulit manusia (biasanya berasa gatal kalau berpeluh). Panu (panau) ada bermacam-macam, seperti panu besi, panu bunga, panu lekir, panu mengkarung.

Lengkuas merupakan salah satu rempah yang bermanfaat dapat menyembuhkan penyakit panu, karena didalamnya terkandung senyawa eugenol yang berfungsi sebagai zat anti jamur. Bila anda terkena penyakit panu, maka anda bisa menggunakan resep-resep obat berikut ini:

A. Ambil rimpang segar satu jari, potong miring, ujung dipukul-pukul hingga seperti kuas, dan gosokkan pada panu, beberapa kali sehari.

B. Rimpang lengkuas dan kapur sirih secukupnya. Kedua bahan tersebut ditumbuk sampai halus. Gosokkan pada bagian yang sakit, pagi dan sore.


C. Rimpang lengkuas dan spiritus. Rimpang lengkuas dipotong-potong. Gosok-gosok panu dengan potongan-potongan lengkuas, kemudian diolesi dengan spiritus.


8. Kadas (Kurap).
Kadas (kurap) adalah semacam penyakit kulit yang disebabkan oleh sejenis jamur. Kadas keridas adalah kadas yang gatal sekali. Mengkonsumsi lengkuas secara rutin dan teratur dapat menyembuhkan penyakit kadas (kurap) yang membuat kulit jadi kasar dan gatal-gatal, karena didalam lengkuas terdapat kandungan zat eugenol yang berfungsi juga sebagai anti jamur.

Untuk mengobati kadas (kurap) dari luar, giling hingga halus rimpang lengkuas empat ibu jari dan Bawang putih satu buah. Tambahkan satu sendok cuka, panaskan, dan oleskan pada bagian tubuh yang terkena kadas (kurap). Lakukan beberapa kali sehari dan bersihkan dulu kulit yang terkena kurap setiap mau diolesi.


9. Menghilangkan Flek Pada Kulit.
Flek adalah bintik-bintik atau bercak pada permukaan suatu bidang atau benda. Salah satu manfaat lengkuas adalah dapat menghilangkan flek atau bercak yang ada pada kulit, baik kulit wajah ataupun kulit lainnya.

Itu karena lengkuas mempunyai kandungan senyawa flavonoid yang dapat berfungsi melindungi struktur sel. Untuk itu konsumsilah sirup lengkuas setiap hari sebanyak 1 sendok makan, pagi sebelum sarapan.

Untuk obat luarnya, parut lengkuas secukupnya, tambahkan cuka secukupnya, remas-remas hingga tercampur rata. Oleskan seperti lulur pada daerah kulit yang terkena bercak-bercak. Diamkan 1 - 2 jam, bersihkan dengan air. Lakukan secara rutin sampai bercak-bercak hilang.

10. Menghilangkan Tahi Lalat.
Untuk menghilangkan tahi lalat, caranya sama saja dengan cara untuk menghilangkan flek, yaitu parut lengkuas secukupnya, tambahkan cuka secukupnya, remas-remas hingga tercampur rata. Oleskan seperti lulur pada daerah kulit yang bertahi lalat. Diamkan1 - 2 jam, bersihkan dengan air. Lakukan secara rutin sampai tahi lalat hilang.

11. Mencegah Kanker.
Mengkonsumsi lengkuas secara rutin dan teratur dapat melindungi tubuh dari terkena penyakit kanker, karena senyawa flavonoid yang terdapat didalam lengkuas dapat bertindak sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan kanker.

Para peneliti dari Ingris yang melakukan riset dalam sebuah penelitian kanker paru-paru COR L23 dan MCF7 sel kanker payudara, menyatakan bahwa ekstrak lengkuas mampu menunjukan sifat anti-kanker.

Kandungan flavonoid-galangin telah terbukti memiliki sifat anti-oksidatif sehingga dapat membantu menangkal radikal bebas, yaitu dengan memodulasi enzim serta menekan genotoxity bahan kimia dalam tubuh. Kandungan minyak atsiri dalam laos secara efektif mampu meningkatkan permeasi kulit dari 5-fluorouracil.

12. Melindungi Struktur Sel.
Mengkonsumsi lengkuas secara rutin dan teratur juga baik bagi kesehatan tubuh, karena lengkuas mengandung senyawa flavonoid yang bisa bertindak sebagai pelindung terhadap struktur sel.

13. Memaksimalkan Manfaat Vitamin C.
Vitamin C sangat diperlukan tubuh untuk melindungi membentengi tubuh dari berbagai gangguan kesehatan. Namun karena suatu hal, kadang-kadang tubuh tidak bisa menyerap asupan vitamin C yang kita pasok dari makanan yang kita konsumsi.

Karena itu kita harus mengkonsumsi jenis makanan atau minuman yang dapat membantu tubuh untuk menyerap vitamin C secara maksimal. Mengkonsumsi lengkuas sangat baik untuk itu, karena lengkuas mengandung senyawa flavonoid yang dapat berfungsi untuk membantu penyerapan vitamin C secara maksimal.

14. Mencegah Keropos Tulang.
Salah satu manfaat rimpang lengkuas adalah melindungi tulang dari kekeroposan. Ini, karena didalam lengkuas terkandung senyawa flavonoid yang salah satu fungsinya menjaga dan melindungi tulang, sehingga tulang dapat terjaga kesehatannya.

15. Sebagai Antibiotik 
Mengkonsumsi lengkuas juga bisa bermanfaat untuk mengusir kuman pada tubuh. Hal ini bisa terjadi karena dalam lengkuas terdapat kandungan saponin, tanin dan flavonoid yang bermanfaat sebagai antibakteri (antibiotik).

16. Sebagai Anti-inflamasi.
Salah manfaat dari rimpang lengkuas adalah anti-inflamasi, karena didalamnya terkandung zat flavonoid yang berguna juga sebagai anti-inflamasi (anti peradangan). Karena itu, mengkonsumsi lengkuas secara rutin dan teratur dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit-penyakit yang dipicu oleh peradangan, seperti rematik, asma, dan lain-lain.

17. Mencegah Dan Mengobati Periodontitis.
Periodontitis adalah infeksi pada gusi yang merusak jaringan lunak, menghancurkan tulang yang menyangga gigi, dapat menyababkan kerusakan gigi atau bahkan peningkatan resiko serangan jantung, strok, dan masalah kesehatan serius lain.

Mengkonsumsi lengkuas secara rutin dan teratur juga mampu mencegah dan mengobati periodontitis, karena didalam lengkuas terdapat kandungan flavonoid, senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari infeksi gusi dan menjaga kesehatan gusi dan gigi.

18. Mencegah Dan Mengobati Wasir (Ambeien).
Wasir atau ambeien adalah kondisi patologis membengkak atau meradangnya Hemorrhoid, struktur vaskular dalam saluran anus yang membantu kontrol buang air besar. Dalam kondisi fisiologisnya, bagian ini bertindak sebagai bantalan yang tersusun atas saluran arterio-vena dan jaringan ikat.

Gejala patologis wasir bergantung pada jenisnya. Wasir internal biasanya timbul bersama perdarahan rektum tanpa rasa nyeri, sedangkan wasir eksternal dapat menunjukkan beberapa gejala atau jika terkena trombosis akan ada nyeri signifikan dan pembengkakan di area anus.

Banyak orang secara keliru menganggap semua gejala yang muncul di sekitar area anus dan rektum sebagai "wasir" dan bahwa penyebab serius gejala tersebut harus disingkirkan.

Sementara penyebab wasir yang sesungguhnya belum diketahui, sejumlah faktor yang meningkatkan tekanan intra-abdomen, khususnya konstipasi, dipercaya mempunyai andil dalam perkembangan kondisi ini.

Mencegah terjadinya suatu penyakit harus diutamakan, namun jika sudah terlanjur terkena penyakit wasir atau ambeien, maka janganlah terlalu khawatir, karena jika anda mengkonsumsi lengkuas secara rutin dan teratur, maka lengkuas akan memberi manfaat pada tubuh, yaitu berupa pencegahan dan penyembuhan terhadap penyakit wasir (ambeien).

Hal ini bisa terjadi, karena didalam lengkuas terdapat kandungan zat flavonoid yang nerupakan senyawa antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas, mencegah dan mengobati beberapa penyakit, termasuk wasir (ambeien).

19. Mencegah Dan Mengobati Diabetes Melitus (Kencing Manis).
Pada penderita kencing manis, kelenjar yang menyaring zat gula, tidak mampu bekerja dengan sempurna. Mungkin disebabkan karena penderita terlalu banyak makan dan minum yang manis-manis (bergula) selama beberapa tahun, hingga sedikit demi sedikit gula tertimbun dalam darahnya, lalu keluar melalui buah pinggang atau karena pembawaan ginjal yamg lemah dan lain-lain.

Gejala-gejalanya: Badan menjadi sangat lemah dan kurus; selalu merasa dahaga atau ingin minum terus dan sebentar-bentar kencing. Berat atau ringannya penyakit Diabetes ini tergantung pada banyak atau sedikitnya kadar gula yang terkandung dalam air seni dan darah.

Untuk mengetahuinya, periksakanlah air seni dan juga darah anda ke Laboratorium dirumah sakit-rumah sakit yang peralatannya lengkap.

Salah satu manfaat lengkuas adalah dapat mencegah dan mengobati kencing manis, karena didalam lengkuas terdapat kandungan zat flavonoid. Anda hanya perlu mengkonsumsi lengkuas secara rutin dan teratur saja, yang penting tidak manis (bergula).

20. Mencegah Dan Mengobati Katarak.
Katarak adalah lensa mata yang menjadi keruh, sehingga cahaya tidak dapat menembusnya, bervariasi sesuai tingkatannya dari sedikit sampai keburaman total.

Dalam perkembangannya katarak yang terkait dengan usia penderita dapat menyebabkan pengerasan lensa, menyebabkan penderita menderita miopi, berwarna kuning menjadi coklat/putih secara bertahap dan keburaman lensa dapat mengurangi persepsi akan warna biru.

Katarak biasanya berlangsung perlahan-lahan menyebabkan kehilangan penglihatan dan berpotensi membutakan jika katarak terlalu tebal. Kondisi ini biasanya memengaruhi kedua mata, tetapi hampir selalu satu mata dipengaruhi lebih awal dari yang lain.

Sebuah katarak senilis, yang terjadi pada usia lanjut, pertama kali akan terjadi keburaman dalam lensa, kemudian pembengkakan lensa dan penyusutan akhir dengan kehilangan transparasi seluruhnya.

Selain itu, seiring waktu lapisan luar katarak akan mencair dan membentuk cairan putih susu, yang dapat menyebabkan peradangan berat jika pecah kapsul lensa dan terjadi kebocoran. Bila tidak dioperasi, katarak dapat menyebabkan glaukoma.

Kandungan flavonoid yang ada dalam lengkuas dapat mencegah dan mampu mengobati penyakit katarak. Sedangkan kandungan vitamin A yang terdapat didalamnya dapat menjaga kesehatan mata dan mepertajam pendangannya. Untuk mendapatkan manfaat lengkuas tersebut, anda hanya perlu mengkonsumsinya secara rutin dan teratur saja.

21. Mencegah Dan Mengobati Asma.
Asma adalah jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas.

Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi. Asma bisa diderita oleh semua golongan usia, baik muda atau tua.

Meskipun penyebab pasti asma belum diketahui secara jelas, namun ada beberapa hal yang kerap memicunya, seperti asap rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi virus, atau bahkan terpapar zat kimia.

Mengkonsumsi lengkuas secara rutin dan teratur dapat mencegah terkena penyakit asma dan dapat mengobatinya. Hal ini bisa terjadi, karena lengkuas mengandung senyawa flavonoid yang salah satu fungsinya adalah anti inflamasi (anti-peradangan) dan asma terjadi karena peradangan dan penyempitan saluran napas.

22. Memberikan Rasa Nyaman.
Peradangan didalam perut dan terkena bisul membuat tubuh merasa tidak nyaman dan bisa menghambat aktifitas sehari-hari. Karena itu perlu ada usaha agar tubuh bisa kembali bugar dan rasa ketidak nyamanan tersebut menjadi hilang.

Untuk itu anda bisa mengkonsumsi lengkuas, yang salah satu manfaatnya adalah dapat membantu untuk memulihkan kondisi tubuh kembali menjadi bugar dan nyaman, krena didalam lengkuas terdapat kandungan zat eugenol, sebagai pereda nyeri.

23. Meredakan Mabuk Perjalanan.
Mabuk dalam perjalanan, baik darat, udara, ataupun laut membuat keadaan menjadi terasa sangat tidak nyaman, tubuh terasa lemas dan perut menjadi mual.

Apabila anda mengalami hal itu, maka anda bisa memanfaatkan lengkuas sebagai obat peredanya, karena didalam lengkuas terkandung senyawa basonin, eugenol, galangan, dan galangol yang dapat mengatasi keadaan tersebut.

Cara pengobatannya juga sangat mudah, yaitu anda hanya perlu mengunyah beberapa iris lengkuas saja.

24. Menangkal Radikal Bebas.
Mengkonsumsi lengkuas juga mampu meminimalisasi kerusakan tubuh akibat paparan racun dan radikal bebas, karena didalam lengkuas terdapat kandungan senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan.
Baca juga 24 Manfaat Genjer Untuk Kesehatan.

25. Melancarkan Peredaran Darah.
Mengkonsumsi lengkuas juga sangat baik untuk menjaga kesehatan, karena didalam lengkuas terdapat senyawa eugenol, galangol, dan senyawa lainnya yang dapat memperlancar aliran darah. Caranya, tambahkan saja lengkuas ke dalam menu masakan sehari-hari.

26. Menyembuhkan Diare.
Berak-berak terus, kotorannya encer dan berbusa, tetapi tidak terdapat darah atau ingus, biasanya disertai juga dengan perut mulas. Mungkin itu disebabkan oleh karena tidak tahan terhadap makanan-makanan tertentu dan mungkin juga karena angin dan lain-lain. Biarkanlah semua kotorannya keluar, jangan ditahan, untuk membersihkan perut.

Lengkuas adalah salah satu rempah yang mempunyai kemampuan dan ampuh untuk mengatasi diare, karena didalamnya terkandung senyawa flavonoid yang dapat berperan sabagai antibakteri dan anti virus dan senyawa eugenol yang dapat berperan sabagai analgesik atau pereda rasa nyeri. Caranya, kunyah saja beberapa iris lengkuas untuk meredakannya atau minum saja 1 sendok makan sirup lengkuas.

27. Menurunkan Deman.
Lengkuas mengandung senyawa eugenol yang dapat berpungsi sebagai analgesik dan antipiretik, sehingga dapat membantu mengurangi rasa sakit seperti demam, serta dapat mengurangi infeksi akibat bakteri dan jamur.

Selain itu, batang bawah dari galangal ini, telah menunjukkan efek penghambatan in vitro pada banyak bakteri patogen seperti anthrax bacillus, hemolitik streptokokus dan berbagai strain staphylococcus.

28. Menurunkan lipid.
Lipid adalah zat lemak yang tidak larut dalam air, tetapi umumnya larut dalam alkohol dan eter dan yang memberi rasa lemah.

Konsumsi lengkuas secara rutin dan teratur dapat menurunkan lipid. Itu karena didalam lengkuas terdapat kandungan senyawa galangin, quercetin dan kaempferol yang bisa menghambat lemak asam.

Menurut penelitian yang telah dilakukan di Cina menunjukkan bahwa Ekstrak lengkuas atau lengkuas memiliki sifat flavonoid seperti galangin, quercetin, dan kaempferol dapat membantu dalam menghambat lemak asam synthase (FAS, E.C.2.3.1.85).

Sementara itu, para peneliti Korea telah menunjukkan bahwa ekstrak rimpang lengkuas seperti 5-hidroksi 7- (4′-hidroksi-3′-metoksifenil) -1-fenil-3-heptanone (HPH) mampu menjadi  inhibitor lipase pankreas yang secara signifikan mampu menurunkan tingkat trigliserida (TG) serta dapat menurunkan kadar kolesterol pada object penelitian yang mengalami hiperlipidemia.

Kelompok peneliti lain menunjukkan bahwa sebuah etil asetat dari rimpang lengkuas mengandung 3-methylethergalangin yang mampu bertindak sebagai inhibitor dalam studi yang dilakukan pada tikus yang mengalami hiperlipidemia.

29. Menjaga Kesehatan Mulut.
Bau mulut bisa terjadi karena adanya perradangan didaerah mulut atau didaerah usus besar. Bau mulut membuat seseorang hilang kepercayaan dirinya, sebab orang yang mulutnya bau akan dijauhi oleh banyak orang.

Untuk mengatasi bau mulut sebetulnya tidak sulit, anda hanya perlu hanya perlu memarut lengkuas secukupnya, kemudian diseduh dengan air hangat, tambahkan sedikit garam, lalu gunakan untuk berkumur.

Selain untuk menghilangkan bau mulut (halitosis), perlakuan ini dapat juga mengurangi sarawan, radang gusi, dan radang lainnya dimulut dan tenggorokan. Sedangkan bila terjadinya bau mulut itu karena peradangan diusus besar, maka anda bisa mengkonsumsi 1 sendok makan sirup lengkuas.

30. Mencegah Penuaan Dini.
Mengkonsumsi lengkuas secara rutin dan teratur juga dapat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dan dapat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit kulit, karena didalam lengkuas terdapat kandungan beberapa zat yang dapat berfungsi sebagai antioksidan dan antibiotik, diantaranya adalah senyawa flavonoid.

31. Mempertahankan Keremajaan Kulit.
Kandungan antioksidan dalam lengkuas mampu menghilangkan racun-racun dari tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini menyebabkan pelepasan nutrisi ekstra untuk jaringan kulit, sehingga mampu mencegah radikal bebas yang merusak kulit, serta menjaga keremajaan kulit.

32. Mengobati Bekas Luka Bakar.
Ramuan lengkuas dapat berguna sebagai alternatif penyembuhan kulit yang terbakar. Ketika ramuan ini dioleskan pada kulit yang terbakar, ia dapat meringankan rasa sakit dan dapat juga untuk menyembuhkannya, seperti manfaat dari minyak kelapa. Anda juga dapat menggosokkan irisan segar lengkuas pada kulit, 2 sampai 3 kali setiap hari untuk mengurangi bekas luka.

33. Membersihkan Bekas Jerawat.
Lengkuas dapat bertindak sebagai pembersih antiseptik yang dapat membantu menjaga kulit agar tetap terlihat bersih, cerah dan halus. Ramuan ini berfungsi untuk merevitalisasi dan mencerahkan kulit.

Selain itu, lengkuas juga dapat menjadi obat alami untuk penyembuhan jerawat. Kandungannya dapat mengurangi pembentukan jerawat dengan membersihkan bakteri dari kulit. Untuk caranya lihat No. 9 diatas.

 34. Obat Penyakit Rambut.
Lengkuas dapat digunakan sebagai obat Ayurvedic untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan rambut dan kulit kepala.

35. Mengoptimalkan Pertumbuhan Rambut.
Minyak hasil olahan lengkuas dapat membantu proses pertumbuhan rambut. Penggunaan lengkuas pada kulit kepala dapat meningkatkan sirkulasi darah, dengan demikian dapat membantu pertumbuhan rambut.

Kandungan asam lemak lengkuas juga sangat membantu rambut tipis, yaitu dengan cara mencampurkan ramuan lengkuas dengan minyak jojoba lalu dioleskan pada rambut yang mulai menipis.

36. Perawatan Rambut Kering & Rapuh.
Kandungan senyawa penting seperti manfaat vitamin, zinc dan fosfor memperkuat akar rambut dan membuatnya lebih bersinar, sehingga rambut tidak mudah kering dan juga rapuh.

37. Mengurangi Rambut Bau.
Selain dapat memperkuat rambut, ekstrak lengkuas juga akan membantu mengurangi bau rambut yang tidak enak.

38. Mengatasi Kerusakan Rambut.

Ekstrak lengkuas juga dapat digunakan untuk pengobatan berbagai kondisi buruk pada rambut seperti ketika rambut terkena polusi, terlalu sering terkena panas, maupun jenis kerusakan yang lain.

39. Menghilangkan Ketombe.
Ketombe merupakan masalah yang umum terjadi pada kulit kepala. Ekstrak lengkuas yang bertindak sebagai antiseptik akan sangat membantu dalam menyingkirkan ketombe secara permanen. Minyak yang diekstrak dari lengkuas dapat dioleskan pada kulit kepala. Atau, campurkan dengan manfaat minyak zaitun maupun minyak wijen.

Selain itu, ekstrak lengkuas juga dapat dicampur dengan jus lemon untuk diterapkan pada kulit kepala untuk mengobati ketombe.



40. Mengobati Gangguan Perut.
Untuk mengatasi gangguan perut, ambil lengkuas merah sebesar satu jari, diiris tipis-tipis, rebus dengan tiga gelas air hingga menjadi dua gelas. Minum satu gelas pagi dan sore sebelum makan.

41. Mengobati Eksim (Eksem).
Eksim (eksem) adalah penyakit kulit, biasanya berasa amat gatal, yang menimbulkan bintik-bintik atau gelembung-gelembung kecil, bercak berwarna kemerah-merahan yg mengerisik

Caranya, cuci dan parut satu jari rimpang lengkuas, tambahkan air kapur sirih secukupnya, lalu aduk hingga menjadi adonan seperti bubur. Pakai adonan untuk menutup kulit yang terkena eksem, lalu dibalut. Balutan adonan diganti dua hari sekali.

42. Obat Sehabis Bersalin.
Salah satu manfaat lengkuas adalah dapat digunakan sebagai pembersih sehabis bersalin. Untuk pembersihan sehabis bersalin (nifas), ambil rimpang lengkuas yang masih muda sebesar tiga jari, dicuci, potong-potong, rebus dengan air secukupnya, saring. Minum 2 kali sehari, pagi sebelum sarapan dan sore hari.

43. Menjaga Stamina Dan Kesehatan.
Jika anda ingin menggunakan lengkuas utuk menjaga stamina dan kesehatan, maka anda bisa membuat ramuan dengan bahan-bahan sebagai berikut:

  • Siapkan lengkuas, buah mengkudu, kedaung, bawang putih, merica, asam jawa, gula jawa dan garam.
  • Setelah itu pisahkan bahan-bahan diatas menjadi dua kelompok, kelompok pertama adalah lengkuas dan mengkudu dan kelompok kedua adalah bahan lainya.
  • Lengkuas dan mengkudu dihaluskan kemudian disisihkan, setelah itu haluskan bawang putih, merica (lada) dan biji kedaung kemudian disangrai.
  • Campurkan semua bahan dan dimasak sampai mendidih. Saring ramuan ini kemudian anda minum 3 kali sehari.
  • Khasiat lengkuas akan bisa anda rasakan jika anda rutin mengkonsumsi ramuan ini.



44. Mengobati Masuk Angin.
Mengkonsumsi lengkuas juga dapat menyembuhkan masuk angin. Hal ini bisa terjadi, karena didalam lengkuas terkandung senyawa Galangol yang dapat merangsang semangat dan menghangatkan tubuh. Untuk itu konsumsilah sirup lengkuas 2 kali sehari, pagi ½ jam sebelum sarapan dan sore hari, masing-masing 1 sendok makan.

45. Radang Telinga.
Salah satu manfaat lengkuas adalah dapat menyembuhkan radang telinga. Ini, karena terdapatnya kandungan senyawa flavonoid didalamnya yang juga bisa berfungsi sebagai zat antiinflamasi. Caranya, ambil rimpang lengkuas, lalu ditumbuk dan diperas. Gunakan air perasan tersebut sebagai obat tetes telinga.

46. Mengatasi Gangguan Pencernakan.

Di India, lengkuas yang diekstrak dipakai dalam berbagai pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah masalah perut. Kandungan anti-inflamasi dan ekspektoran dalam ekstrak lengkuas dapat membantu mengatasi berbagai macam penyakit, seperti dispepsia atau berkurangnya daya atau fungsi pencernaan; penyakit nyeri lambung: penderita penyakit ini diseluruh dunia diperkirakan ada 23 juta orang (jangka panjang), nyeri perut, rheumatoid arthritis (jangka panjang), dan demam.

Sementara di Cina, ekstrak lengkuas (laos) telah digunakan secara tradisional dalam pengobatan sakit perut, muntah, diare, serta dalam pengobatan cegukan yang terjadi secara terus-menerus.

Dosis Penggunaan Lengkuas (Laos) dan Efek Sampingnya
Lengkuas (laos) dapat digunakan sebagai tingtur, rebusan atau dalam bentuk bubuk. Hal ini biasanya digunakan sebagai obat dengan dosis harian yang direkomendasikan dari ramuan biasanya sekitar 6 g. Untuk diaplikasikan sebagai teh, kita bisa menggunakan ½ hingga 1 sendok teh bubuk laos yang digiling kasar ke dalam air mendidih selama 5 hingga 10 menit.

Teh herbal ini bisa dikonsumsi 3 kali sehari ½ jam sebelum makan. Untuk membantu memperlancar proses pencernaan, kita bisa menambahkan ± 20 tetes tingtur dalam 1 ml air hangat selama 3 kali sehari.

Efek samping Lengkuas (Laos)
Pada dasarnya, segala sesuatu bila dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak negatif, seperti makan nasi yang berlebih-lebihan. Lengkuas atau laos dapat digunakan sebagai ramuan yang aman dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan. Namun tidak disarankan untuk digunakan secara berlebihan atau melebihi dosis yang wajar.

Apabila anda mengolah lengkuas sebagai sirup, maka untuk menjaga kesehatan anda cukup mengkonsumsinya 1 sendok makan saja dalam setiap harinya, yaitu dipagi hari ± ½ jam sebelum sarapan. Kecuali saat digunaka untuk pengobatan, saat itu anda bisa mengkonsumsinya 2 kali sehari, pagi ± ½ jam sebelum sarapan dan sore, masing-masing 1 sendok makan.
Baca juga 41 Manfaat Temu Kunci Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

Demikianlah penjelasan mengenai lengkuas (laos / laja) dan manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan yang dapat saya sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat. Amin!

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: