Selamat Datang Di BiriBisi

Jumat, 26 Mei 2017

Eksim - Sebab, Gejala, Dan Pengobatannya - BiriBisi


Penyskit Eksim (Eksem / Eksema / Dermatitis) - BiriBisi
Eksim / eksem atau sering disebut eksema,
atau dermatitis adalah peradangan hebat yang menyebabkan pembentukan lepuh atau gelembung kecil (vesikel) pada kulit hingga akhirnya pecah dan mengeluarkan cairan. Baca juga Katarak - Sebab, Gejala, Dan Pengobatannya.

Istilah eksim juga digunakan untuk sekelompok kondisi yang menyebabkan perubahan pola pada kulit dan menimbulkan perubahan spesifik dibagian permukaan. Istilah ini diambil dari Bahasa Yunani yang berarti 'mendidih atau mengalir keluar'.

Jenis-Jenis Eksim (Dermatitis)
A. Dermatitis Atopik
Dermatitis atopik adalah salah satu jenis eksem yang paling sering dijumpai dan merupakan penyakit turunan. Dermatitis atopik umumnya dimulai ketika bayi dan masih anak-anak dengan gejala berupa gatal, radang kulit, dan pada sebagian penderita sering timbul asma dan demam hay (hay fever).

B. Dermatitis kontak
Dermatitis kontak meliputi dermatitis kontak alergik dan iritan. Dermatitis kontak alergik disebabkan oleh reaksi kekebalan tertunda (delayed immune system) akibat kontak kulit dengan senyawa alergenik sehingga menyebabkan radang kulit dalam 48 jam setelah paparan terjadi.

Beberapa agen penyebab eksim jenis ini adalah jelatang, parfum, pengawet kosmetik, metal, dan pewarna. Dermatitis kontak iritan terjadi karena paparan senyawa iritan yang dapat merusak kulit secara kimiawi, contohnya sabun keras, detergen, dan produk pembersih lainnya.

Senyawa iritan tersebut dapat menghilangkan minyak dan kelembaban dari lapisan luar kulit, kemudian merusak lapisan pelindung dan memicu terjadinya peradangan.

C. Eksim numular
Eksim numular adalah beberapa plak eksim yang biasanya berhubungan dengan kulit kering dan terjadi pada bagian luar dari kaki, tangan, dan lengan. Baca juga Wasir - Sebab, Gejala, Dan Pengobatannya.

D. Eksim stasis
Eksim stasis adalah jenis eksim kronis pada daerah bawah kaki bagian dalam yang berkaitan dengan varises.

Penyebab Penyakit Eksim



Banyak faktor yang dapat menyebabkan eksim, seperti alergi terhadap zat kimia, paparan sinar matahari, alergi makanan, dll.

Beberapa material yang dapat memperburuk eksim adalah pasir, debu, deterjen, sabun, busa sabun, parfum, stres, gangguan emosi, klorin, serta penggarukan dan penggosokan.

Suhu lingkungan yang ekstrim, seperti cuaca dingin dengan kelembaban yang rendah dan udara kering, juga memperburuk penyakit ini.

Pada beberapa kasus, alergi terhadap makanan atau minuman juga memengaruhi eksim. Contohnya makanan atau minuman seperti susu sapi, ikan, telur, jeruk, kacang, gandum, udang, kerang, dan sebagainya. Hendaknya makanan atau minuman tersebut dihindari oleh penderita.

Gejala Dan Tanda Penyakit Eksim

Gejala utama dari timbulnya eksim ringan adalah daerah halus, sedikit memerah kering, bersisik, dapat menimbulkan gatal ataupun tidak, dan biasanya terdapat pada kaki atau lengan.

Pada penderita eksim akut, kulit akan mengalami gatal yang intens, biasanya terjadi dibagian depan siku, belakang lutut, dan wajah. Namun setiap daerah kulit mungkin terpengaruh.

Selanjutnya, kulit menjadi lebih sensitif terhadap kain gatal, terutama wol. Pada musim dingin, eksim akan menjadi makin parah karena udara didalam ruangan sangat kering.

Pengobatan Penyakit Eksim
Eksim ringan tidak memerlukan pengobatan, tetapi hidrasi kulit harus dijaga supaya tidak terlalu kering. Diantaranya dengan menggunakan krim hidrokortison pada area kulit yang terinfeksi beberapa kali dalam sehari.

Sedangkan untuk penderita eksim akut, dapat menggunakan krim steroid atau obat antihistamin untuk mencegah atau mengontrol rasa gatal. Beberapa pengobatan lain untuk mengatasi eksem meliputi kompres dingin, antibiotik, kortikosteroid, dan fototerapi.

Resep-Resep Obat Eksim Tradisional Jawa
Bagi anda yang ingin mengobati eksim / eksem / eksema / dermatitis dengan obat-obatan alami, berikut ini saya sajikan untuk anda resep-resep obat eksim tradisional Jawa:

1. Belerang Dan Bengkuang.
Sediakan 3 sdm belerang bubuk, 4 sdm bengkuang serbuk (bengkuan parut), dan 2 sdm minyak kelapa. Kedua bahan dicampur, kemudian tambahkan minyak kelapa. Aduk hingga rata. Oleskan pada kulit yang terkena eksim. Lakukan sebanyak 2 kali dalam sehari.





2. Biji Mahoni.
Siapkan ½ sdm serbuk biji mahoni dan madu. Seduh serbuk tersebut ke dalam ½ cangkir air panas. Anda bisa menambahkan madu supaya enak rasanya. Minum selagi hangat. Minum 3 kali dalam sehari.





3. Daun Kecubung.
Sediakan 3 lembar daun kecubung dan minyak kelapa secukupnya. Cuci bersih daun kecubung, kemudian ditumbuk hingga lumat. Tambahkan minyak kelapa, kemudian aduk hingga merata. Panaskan diatas api. Oleskan pada kulit selagi hangat.





4. Kunyit Dan Asam Jawa.
Sediakan 2 rimpang kunyit dan segenggam daun asam jawa. Cuci bersih kedua bahan, kemudian ditumbuk hingga lumat. Tempelkan pada kulit. Baca juga Bisul - Sebab, Gejala, Dan Pengobatannya.





5. Wortel Dan Kapur Sirih.
Sediakan 1 sdm kapur sirih dan sebuah umbi wortel. Wortel dicuci, lalu diparut. Campurkan kapur sirih, kemudian aduk rata. Tempelkan pada kulit, kemudian balut dengan kain perban.





6. Daun Sambiloto Dan Temulawak.
Sediakan 5 rimpang temulawak, segenggam daun sambiloto, 10 gram asam jawa, dan 7 lembar ngokilo. Temulawak dikupas, kemudian diris tipis-tipis. Campur semua bahan menjadi satu, kemudian rebus ke dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring. Minum selama 5 hari terus-menerus.







7. Daun Meniran.
Siapkan 1 sdm daun meniran, 1 rimpang temulawak dirajang, 15 lembar daun remujung (kumis kucing), dan air. Cuci semua bahan, kemudian rebus. Biarkan dingin, kemudian tambahkan gula batu. Minum obat tradisional ini. Baca juga Pilek - Sebab, Gejala, Dan Pengobatannya.



8. Daun Bayam.
Cuci daun bayam hingga bersih, kemudian rebus hingga mendidih. Gunakan airnya untuk mengompres kulit. Lakukan selama 30 menit.



9. Daun Ketepeng.
Siapkan daun ketepeng, daun asam muda, dan sepotong kunyit. Cuci semua bahan, kemudian ditumbuk. Tempelkan pada kulit yang terkena eksim.



10. Biji Bungur.
Siapkan ½ genggam biji bungur, 1 rimpang kunyit, 3 lembar daun ketepeng, dan 2 sdm minyak kelapa. Biji bungur disangrai, kemudian semua bahan ditumbuk. Tuangkan minyak kelapa sambil diremas. Ramuan alami ini dapat dioleskan pada kulit eksim sebagai obat gosok, kemudian dibalut dengan kain bersih. Lakukan 2 kali sehari.



11. Kangkung Segar.
Siapkan kangkung yang masih segar secukupnya. Cuci hingga bersih, lalu rebus selama sekitar 15 menit. Airnya dapat digunakan untuk membasuh kulit yang terkena eksim.



12. Kunyit Dan Kapur Sirih.
Kunyit 1 jari diparut, Kapur sirih secukupnya. Kedua bahan dicampur hingga merata. Tapalkan pada kulit yang terkena eksim, sebaiknya dibalut. Lakukan ini satu hari sekali.

13. Sambiloto, Dan Ketepeng Kerbau.
Sambiloto bubuk 1 sendok, Ketepeng kerbau bubuk 1 sendok, Belerang bubuk 1 sendok, Minyak kemiri secukupnya. Campur semua bahan, aduk-aduk hingga tercampur rata, panaskan diatas api sampai hangat,  sambil terus diaduk-aduk. Oleskan pada kulit yang terkena eksim, kemudian balut pakai perban. Setiap mau dioleskan dihangatkan dulu.



14.  Temulawak Dan Kumis Kucing.
Temulawak 2 jari, Kumis Kucing ½ genggam, Sambiloto ½ genggam, Meniran ½ genggam. Semuanya direbus dengan air sebanyak 4 gelas hingga tersisa separuhnya. Minum 2 kali sehari, pagi ± ½ jam sebelum sarapan dan sore hari, masing-masing 1 gelas. Baca juga Demam Berdarah - Sebab, Gejala, Dan Pengobatannya.

Demikianlah informasi lengkap mengenai penyakit eksim / eksem / eksema / dermatitis yang bisa saya sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat. Amin!

Refetensi:
Dari berbagai sumber.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: