IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi
Page Hits Counter

Selasa, 25 April 2017

Belajar Membuat Blog Untuk Pemula Bersama BiriBisi


Blog - BiriBisi
Blog adalah sebuah aplikasi web yang memuat artikel atau postingan dengan label tertentu.
Postingan berlabel tersebut biasanya dimuat dalam urutan terbalik, yaitu postingan terbaru berada diatas kemudian diikuti oleh postingan yang lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian.

Postingan dari situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet melalui judulnya yang sekaligus merupakan tautan atau urlnya yang telah dibuat oleh si pengguna blog tersebut. Kemudian blog itu sendiri harus mempunyai nama atau judul yang bisa membedakan antara satu blog dengan blog lainnya dan juga sebaiknya mempunyai deskripsi. Baca juga Cara Memasang Menubar.

Judul blog
Judul blog adalah sebuah nama yang di sematkan pada sebuah blog atau website yang menunjukkan keberadaan sebuah aplikasi web yang didalamnya berisi tulisan atau artikel yang diposting.

Pada umumnya sebuah judul itu dapat menyiratkan isi dari sesuatu yang di beri judul tersebut. Namun faktanya tidak harus demikian, apa lagi untuk sebuah blog atau website.

Banyak sekali blog-blog yang di beri judul dengan nama orang, nama benda atau pun nama sesuatu yang berkesan bagi si pembuat blog, dan lain sebagainya.

Deskripsi Blog
Sebuah blog sebaiknya mempunyai deskripsi sebagai pelengkap atau penyempurna judul blognya. Apa itu deskripsi blog? Deskripsi blog adalah sebuah pemaparan atau penggambaran tentang sebuah blog dengan kata-kata secara jelas dan terperinci atau lebih singkatnya deskripsi blog adalah uraian sebuah blog.

Semestinya sebuah deskripsi atau uraian itu harus menggunakan banyak kata-kata, karena tidak mungkin bisa memaparkan atau menggambarkan sebuah blog secara jelas dan terperinci kalau hanya menggunakan beberapa kata saja. 

Tetapi karena adanya pembatasan jumlah karakter dalam pembuatan deskripsi, baik untuk blog atau pun untuk postingan, maka mau tidak mau deskripsi blog atau deskripsi postingan harus di sesuaikan dengan pembatasan tersebut. lagi pula kalau terlalu panjang, maka akan membuat tampilan blog akan menjadi nampak kurang menarik, karena deskripsi tersebut nantinya akan di tampilkan persis di bawah judul blog. Baca juga Cara Membuat Daftar Isi Blog.

Karena alasan keterbatasan dan keindahan blog itulah, maka kebanyakan blogger lebih memilih untuk menuliskan deskripsi blognya hanya dengan beberapa kata saja.

Ada yang dengan dua kata, tiga kata, empat kata, atau bahkan ada yang tidak mencantumkan deskripsinya sama sekali, walau sebetulnya yang terkhir ini sangat tidak di anjurkan, karena akan menguangi nilai SEO sebuah blog.

Deskripsi blog harus menggambarkan atau memaparkan tentang isi dari blog itu sendiri, misalnya sebuah blog mempunyai deskripsi "Pengetahuan adalah cahaya" seperti blog BirBisi ini. Dengan deskripsi seperti itu berarti blog BiriBisi ini mengatakan bahwa isi blognya adalah tentang pengetahuan yang mungkin dibutuhkan oleh banyak orang. Setidaknya seperti itulah cita-cita saya dalam membangun blog ini.

Fungsi, jenis dan sejarah blog
Fungsi blog sangat beragam, bisa sebagai catatan harian pribadi, media publikasi, atau yang lainnya. Dan dengan semakin banyaknya orang yang berkepentingan dengan blog, maka semakin luas pula fungsi dan kegunaannya.

Sebagian blog ada yang dikelola cuma oleh seorang penulis dan sebagiannya yang lain dikelola oleh beberapa penulis.

Sebagian blog juga mempunyai fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, yaitu dengan cara menambahkan buku tamu atau kolom komentar yang dapat digunakan oleh pengunjungnya untuk memberikan komentar atas isi dari artikel yang dipublikasikannya, namun sebagian yang lainnya tidak mempunyai fasilitas tersebut (non-interaktif).

Jenis blog juga sangat beragam, sebagimana fungsinya. Ada blog media masa yang berisi berita-berita aktual, baik politik atau pun yang lainnya.

Ada blog pribadi: yang berisi catatan harian si pengelolanya, persis seperti buku harian, karena memang blog yang dia buat merupakan pengganti dari buku hariannya.

Ada blog kesehatan yang berisi tentang pembahasan seputar kesehatan, seperti mengenai penyakit dan cara penanggulangannya, atau berisi resep-resep obat atau jamu, dll.

Ada blog kuliner, yang berisi resep-resep masakan dan cara membuatnya, baik masakan luar negeri atau pun masakan khas dalam negeri, seperti resep nasi goreng dll.

Dan lain-lain, seperti ilmu pengetahuan umum, ilmu agama, perpustakaan, fashion, ketrampilan, teknologi, dll.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labssebelum yang kemudian diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat open source yang diperuntukkan bagi perkembangan para penulis blog tersebut.

Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang dibentuk oleh para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya.

Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan bersama melalui program kopi darat, yang tujuannya untuk mempererat dan saling berbagi informasi seputar kegiatan ngeblog.

Untuk bisa bergabung dalam komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi oleh para calon anggotanya, misalnya berasal dari daerah tertentu.

Bagi sesorang yang hobi menulis, maka tidak ada yang membuatnya menjadi sangat berbahagia selain bisa menyalurkan hobinya itu, apalagi jika hasil karyanya itu bisa dibaca oleh orang lain. Dulu saat blog belum ditemukan orang orang yang hobi nenulis hanya menuangkannya dalam lembaran lembaran kertas, kemudian ia simpan, dan sewaktu waktu akan ia buka sendiri tanpa bisa dibaca oleh orang lain, kecuali kalau ia bisa mencetaknya secara masal, kemudian mempublikasikannya.

Namun untuk mempublikasikan sebuah karya tulis pada saat itu memerlukan biaya yang tidak sedikit, sehingga hanya beberapa orang saja yang mampu. Tetapi kini dengan hadirnya blog gratis yang dimotori oleh google, dalam hal ini blogger.com hal itu tidak berlaku lagi.

Kini sebuah karya tulis bisa di publikasikan nyaris tanpa biaya sama sekali. Hanya saja untuk itu harus melalui beberapa tahapan dulu, yaitu:
1. Membuat blog
2. Menulis artikel
3. Mengirim artikel ke google.

Cara Membuat Blog Gratisan Diblogger
Untuk membuat blog ini anda bisa membuatnya sendiri secara gratis atau dengan cara berbayar, yaitu melalui jasa seorang blogger profisional yang banyak dipromosikan diinternet. Kalau anda ingin yang berbayar, maka silahkan anda cari jasa profisional pembuatan blog diinternet.

Tetapi jika anda ingin membuat blog secara gratis, maka silahkan ikuti panduan saya ini secara serius, sehingga nantinya anda akan bisa membuatnya sendiri tanpa perlu bimbingan langsung dari seorang profesioanal, karena sebetulnya membuat blog gratisan diblogger itu mudah dan tidak nemerlukan waktu yang banyak. 

Asal anda sudah mempunyai akun email gmail, maka dalam beberapa menit saja blog yang anda idam idamkan akan menjadi kenyataan. Bila anda belum punya akun email gmail, silahkan anda buat dulu disini https://accounts.google.com/signup?hl=id, karena untuk membuat blog gratisan diblogger diharuskan menggunakan emai gmail, sedangkan email lain tidak berlaku atau tidak bisa untuk masuk ke blogger.com

Anda tidak perlu khawatir akan menemui kegagalan dalam membuat blog gratisan diblogger ini, karena disamping blogger telah memprogramnya menjadi sangat mudah juga karena panduan cara membuat blog gratisan diblogger yang saya sajikan untuk anda ini akan disampaikan secara terperinci dan mendetil dari A sampai Z atau dari nol sampai jadi. Berikut ini langkah langkah yang harus anda lakukan untuk membuat blog gratisan di blogger:

1. Buka https://www.blogger.com

2. Login menggunakan akun email gmail yang sudah anda buat sebelumnya. Kalau anda belum punya, maka klik pada link yang telah saya berikan diatas atau bisa juga lihat Cara Membuat Email Gmail ini



3. Jika sebelumnya belum membuat profil Google+ maka klik “Buat profil Google+” tetapi kalau sudah punya, maka langsung ke tahap berikutnya



4. Klik “Lanjutkan ke Blogger”



5. Klik “Blog baru” untuk membuat blog baru



6. Isi detail blog



Keterangan:
Judul 
Kolom judul di isi dengan judul blog yang di inginkan. Terserah mau apa judulnya, tapi sebaiknya yang relevan dengan tema artikel yang nanti akan di buat. 

Jangan khawatir, judul ini sewaktu-waktu bisa diganti dengan tanpa mempengaruhi keadaan blog anda kok. Jadi yang terpenting sekarang ini blognya jadi dulu, walau judulnya masih belum sesuai atau sreg dengan pemikiran.

Alamat 
Pada kolom ini harus memasukkan alamat blog yang belum digunakan oleh orang lain, mislanya bloghebat.blogspot.com dan sebagainya. 

Jika alamat yang di pergunakan sudah digunakan oleh orang lain, walau pun itu nama sendiri, maka akan muncul tanda seru [] berwarna kuning. 

Jika belum, maka akan muncul tanda centang [ ] berwarna biru. Itu artinya kata yang di masukkan bisa di pergunakan sebagai alamat blog anda.  

Tema (Template)
Tampilan model template yang ada pada gambar di atas adalah bentuk tampilan blog jika sudah jadi nanti. Untuk sementara, klik saja dulu salah satu model template Sederhana, agar proses pembuatan blog ini berjalan lancar. 

Gampang nanti kalau blognya sudah jadi, maka bisa menggantinya dengan yang keren, bahkan dengan yang lebih keren lagi dari karya para blogger yang bisa di download, bahkan ada yang cuma-cuma alias gratisan. 

Kalau masih belum paham cara menggantinya, silahkan baca di Bab XIII atau Bab XIV di bawah agar bisa memahami tahapan-tahapannya secara benar, sehingga bisa membuat tampilan blognya bagaikan blog atau web profesional yang berbayar.

7. Klik Buat Blog
Peng-klik-an ini di maksudkan untuk menyimpan semua yang sudah diisikan tadi.

Selamat!
Blog yang di idam-idamkan sudah jadi. Dan untuk melihat blog yang telah di buat, silahkan klik tombol “Lihat blog”. Membuat blog itu gampang kan?

Sekedar berbagi saja, sampai saat ini saya masih setia menggunakan tema (template) sederhana blogger gratisan yang saya pilih pertama kali pada saat saya membuat blog gratisan ini. Hanya saya modifikasi tampilannya sedikit dan saya ganti domain blognya saja agar bisa lebih serius ngeblog.

Kalau pada saat membuat blog domainnya adalah http://www.biribisi.blogspot.com, maka sekarang domainnya menjadi http://www.biribisi.com (berbayar).

Jika ingin tahu cara mengganti domain blogspot.com dengan domain lain, seperti .com, .id, .net, atau yang lainnya, maka silahkan klik Disini Cara Mengganti Domain blogspot.com Dengan Domain .com, .id dll.

Cara Menulis Artikel
Setelah anda selesai membuat blog, maka langkah berikutnya adalah membuat artikel, sebab membuat artikel yang nantinya bisa dibaca oleh orang lain itu merupakan tujuan dari membuat blog ini. Tetapi untuk membuat artikel agar bisa diakses oleh pengguna internet itu tidak semudah yang kita ucapkan. Baca juga Cara Membuat Halaman Tanpa Sidebar.

Pekerjaan itu memerlukan kejelian dalam memberi kata kunci untuk artikel tersebut. Semua pengelola blog menginginkan artikelnya bisa dibaca oleh orang lain atau pengunjung, sehingga akan terjadi persaingan yang ketat agar artikel yang dibuat itu bisa dibaca okeh pengunjug blog. Karena itu anda harus membuat artikel yang benar benar berkualitas, jangan asal membuat saja.

Untuk membuat artikel yang berkualitas itu anda harus memenuhi syarat yang ditentukan oleh mesin pencari, sehingga nantinya artikel yang anda buat bisa muncul saat seseorang mencari artikel yang diingnkannya, misalnya dia ingin mencari obat sakit kepala, maka dia akan menuliskan kata kunci tersebut pada mesin pencari, kemudian setelah ia mengklik "Telusuri" atau " Search.

Setelah itu mesin pencari akan menampilkan artikel artikel tentang sakit kepala, dan kalau artikel anda mempunyai kwalitas yang baik, maka artikel anda akan ditampilkan dihalaman hasil pencarian, jika tidak mempunyai kwalitas yang baik, maka artikel anda akan kalah bersaing dengan artikel artikel lain alias tidak akan ditampilkan.

Hal itu, berkali-kali saya alami, bahkan sampai halaman terakhir yang ditampilkan oleh mesin pencari google, artikel yang saya cari tidak ditampilkan, padahal saya sudah mencarinya dengan kata kunci judul artikel yang sudah saya posting itu. Kalau kejadiannya seperti ini, maka jangan harap blog yang kita buat akan banyak dikunjungi orang.

Kalau saya amati, artikel-artikel sampah (menurut kacamata mesin pencari) yang saya buat itu sampai sekarangpun tidak pernah dibuka oleh pengunjung, padahal artikel-artikel tersebut sudah saya buat cukup lama. Dan dari pengamatan itu saya berkesimpulan bahwa mwmbuat artikel itu harus yang berkualitas, jumlah karakter (huruf)nya mencapai 500 karakter atau lebih, dan orisinil atau bukan hasil copy paste.

Kenapa kita harus repot-repot membuat artikel yang bisa ditampilkan oleh mesin pencari?
Jawabannya, tentu saja agar artikel yang kita buat banyak dibaca oleh pengunjung. Sebab pengguna internet tidak banyak yang mengenal blog kita, apalagi blog kita ini blog yang baru kita buat. Jangankan pengguna internet dari luar kota dan luar negeri, orang-orang disekitar kita pun belum tentu tahu. Benar kan?

Berikut ini cara membuat artikel yang baik dan benar diblogger:
1. Masuk ke dashboard blog anda diblogger

2. Pilih menu "Pos"

3. Pilih "Entri Baru". Kemudian mulailah menulis apa yang anda kehendaki. Kita bisa menulis tentang apa saja yang kita kehendaki diblog kita, mau menulis berita, mau menulis tentang pengetahuan, mau menulis tentang teknik, terserah.

Sekedar untuk membantu kemungkinan kebingungan yang di hadapi, silahkan simak baik-baik gambar di bawah ini beserta penjelasannya:



Penjelasan:
  • Angka 1: Judul postingan
  • Angka 2: Isi postingan
  • Angka 3: Menu-menu untuk mengganti warna tulisan, ukuran font, upload gambar dan video, dll.
  • Angka 4: Format postingan, yaitu Compose dan HTML. Untuk pemula sebaiknya pilih Compose saja.
  • Angka 5: Label postingan.
  • Angka 6: Tanggal artikel ditulis
  • Angka 7: Tautan permanen.
  • Angka 8: Lokasi saat menulis artikel, tidak harus diisi
  • Angka 9: Opsi-opsi lain yang bisa dipilih
  • Angka 10: Tombol untuk mempublikasikan artikel
  • Angka 11: Tombol untuk menyimpan postingan ke Draft
  • Angka 12: Preview postingan sebelum dipublikasikan


4. Mengisi judul tulisan / artikel yang telah kita buat. Ingat, isilah judul artikel kita dengan judul yang banyak dicari oleh banyak orang. Dalam hal ini tentu anda bisa mengira-ngira sendiri. Oh iya, agar artikel yang telah anda buat nantinya tidak tampil memanjang kebawah, maka bacalah artikel saya yang berjudul Cara Membuat Baca Selengkapnya Agar Artikel Tidak Tampil Memanjang.

5. Mengisi kolom "Label". Kelompokkan artikel-artikel yang anda buat berdasarkan labelnya. Misalnya anda telah menulis artikel tentang cara menanam bawang merah dan artikel tersebut anda beri judul "Cara Menanam Bawang Merah Yang Baik Agar Panen Melimpah", maka setelah itu anda harus menuliskan "Label"nya dikolom kecil untuk label yang berada disebelah kanan paling atas dari kolom besar tempat anda menulis artikel.

Disitu anda bisa menuliskan kata "Pertanian," atau "Cocok tanam," atau apa saja terserah anda, yang penting sesuai. Bagaimana cara menulisnya?
Gampang, anda hanya perlu menuliskan kata yang anda kehendaki, misalnya Pertanian, kemudian anda ikuti tulisan tersebut dengan tanda koma. Jadi anda harus menulis [ Pertanian, ]. Setelah itu anda klik tombol "Selesai" yang ada dibawah kolom label. Jika anda nasih kurang fahan, maka bacalah artikel Cara Membuat Label Untuk Postingan.

6. Membuat tautan permanen (Permalink)
Tautan permanen bisa diibaratkan sebagai jalan yang menuju blog, yaitu tempat dimana artikel berada. Nantinya seorang calon pengunjung blog kita akan bisa membaca artikel yang telah kita posting cukup dengan mengklik tautannya saja. 

Tautan permanen ini sebetulnya secara otomatis akan dibuat oleh blogger. Kita hanya perlu mengklik ikonnya saja, maka blogger pun akan segera menentukannya, lalu setelah itu, kalau kita sudah merasa puas dengan apa yang telah ditentukan oleh blogger, maka kita harus mengklik tombol "Selesai" untuk menyetujui tautan tersebut.

Namun jika kita kurang sreg dengan tautan yang telah ditentukannya, maka kita bisa mengkustomnya sendiri, yaitu dengan cara mengklik tombol "Tautan Permanen Khusus", kemudian kita bisa merubahnya.

Contoh, apabila anda memberi judul artikel anda dengan judul " Cara Menanam Bawang Merah Yang Baik Agar Hasil Panen Melimpah", maka setelah anda mengklik ikon tautan permanen, blogger akan membuat tautannya seperti ini, yaitu "cara-menanam bawang-merah-yang", karena secara otomatis blogger hanya akan membuat tautan sebuah artikel maksimal dengan lima kata saja, dengan menggunakan huruf kecil semua, dan setiap kata akan dipisahkan dengan kata yang lainnya pakai tanda min ( - ). Lengkapnya adalah http://www.namabloganda.blogspot.co.id/2017/04/cara-menanam-bawang-merah-yang.htlm
Inilah yang disebut tautan permanen atau permalink.

Apabila tautan tersebut tidak anda setujui, maka anda bisa mengkustomnya secara manual, yaitu dengan cara mengklik tombol "Tautan Permanen Khusus" yang berada dibawah kolom, kemudian anda mengisi kolom yang tersedia dengan tautan yang anda kehendaki, misalnya mau ditambah agar persis sama seperti judul yang telah anda buat, maka tinggal menyempurnakan saja, sehingga tautannya akan menjadi "cara-menanam-bawang-merah-yang-baik-agar-hasil-panen-melimpah", setelah itu klik "Selesai". Hasilnya nanti akan seperti ini http://www.namabloganda.blogspot.co.id/2017/04/cara-menanam-bawang-merah-yang-baik-agar-hasil-panen-melimpah.html

Sebaliknya apabila judul yang telah ditentukan oleh blogger anda anggap terlalu panjang, maka anda pun bisa memotongnya menjadi, misalnya 1 kata saja, 2 kata saja, atau 3 kata saja, sehingga tautannya menjadi "menanam-bawang-merah". Hasilnya nanti akan seperti ini http://www.namanbloganda.blogspot.co.id/2017/04/menanam-bawang-merah.html

Anda tidak perlu merasa khawatir, karena nantinya judul artikel anda tetap seperti yang anda tulis, yaitu "Cara Menanam Bawang Merah Yang Baik Agar Hasil Panen Melimpah". Yang diatas itu cuma tautan permanen atau permalinknya saja. Kalau masih kurang jelas, maka baca artikel saya ini Cara Custom Permalink Blogger Agar Blog Lebih SEO.

7. Lokasi.
Pada kolom yang tersedia, anda isikan alamat domisili anda secara lengkap berikut kode posnya, misalnya [ Brebes Jawa Tengah 52263 Indonesia], kemudian klik tombol "Selesai". Kalau mau lebih lengkap lagi, juga boleh, dari mulai RT/RW-nya sekalian.

8. Deskripsi Penelusuran.
Deskripsi adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Atau secara ringkas bisa disebutkan, bahwa deskripsi adalah uraian.

Sedangkan kata penelusuran itu berasal dari kata telusur yang mempunyai kata kerja menelusuri yang berarti berjalan sepanjang tepi (sungai,  jalan), seperti kata "Dia menelusuri sungai sampai ke hulunya.

Dengan uaraian di atas bisa di simpulkan bahwa "Deskripsi Penelusuran" adalah urain tentang judul konten atau artikel yang di pergunakan untuk menelusri sebuah konten atau artikel yang berada di blog. Kira-kira seperti itulah maksud dari kata deskripsi penelusuran itu.

Untuk membuat deskripsi penelusuran anda hanya perlu mengisi kolomnya saja dengan kata-kata yang bisa menggambarkan isi dari artikel yang telah anda buat. Terserah, bagaimana anda mau membuatnya. Yang perlu anda perhatikan terlebih dahulu adalah patokannya, yaitu sebagai berikut:
  • 1. Susunan kata yang anda buat harus menggambarkan isi artikel yang telah digambarkan oleh judul yang telah anda buat, misalnya Cara Menanam Bawang Merah Yang Baik Agar Hasil Panen Melimpah. Anda bisa membuat deskripsinya dengan kata-kata yang bisa menarik orang menjadi penasaran untuk membaca artikel yang anda posting dan disenangi oleh mesin pencari googke. Kalau anda masih belum paham, maka anda bisa mencari artikel-artikel BiriBisi dimesin pencarian google, lalu anda lihat keterangan dibawah judulnya,karena disitulah tempat deskripsi penelusuran akan ditampilkan.
  • 2. Buatlah deskripsi penelusuran dengan jumlah krakter atau huruf maksimal 150 karakter beserta spasinya.
  • 3. Deskripsi yang terbaik berdasarkan pengalaman saya adalah maksimal 80 karakter beserta spasinya. Jika lebih dari itu, maka biasanya deskripsi tidak akan ditampilkan oleh mesin pencarian googke. Ini tentu merugikan, sebab deskripsi yang kita buat itu bertujuan, salah satunya untuk menarik pengunjung agar mau membaca artikel yang telah kita buat.

Apabila masih kurang faham, silahkan baca artikel saya yang ini Cara Membuat Deskripsi Penelusuran Terbaik Ala BiriBisi.

9. Jika anda telah menyeting tag robot.txt khusus, maka yang terbaik, pilihlah setingan default saja. Jika belum menyetingnya, maka publikasikan saja artikel yang telah anda buat ini. Untuk menyeting tag robots.txt khusus bisa anda baca panduannya diartikel biribisi yang ini Cara Setting Tag Robots.txt Khusus.

Cara Kirim Artikel Ke Google
Sebuah blog walaupun sudah mempunyai banyak artikel didalamnya tidak akan mudah terindeks oleh mesin pencarian google, begitu juga artikel-artikelnya. Untuk blog yang sudah terdaftar dimesin pencarian google saja, artikel-artikelnya tidak bisa ditemukan saat di cari melalui mesin pencarian google, bila artikel-artikel tersebut belum didaftarkan kepadanya.

Bukan itu saja, bahkan artikel-artikelnya yang sudah didaftarkan kepadanya juga akan sulit atau tidak muncul saat dicari melalui mesin pencari tersebut, jika artikel-artikel tersebut tidak berkualitas dan tidak memenuhi standar seo. Saya berbicara begini bukan tanpa dasar.

Ini semua sudah saya alami sendiri, berkali-kali saya mengirimkan artikel ke mesin pencarian google, tapi berkali-kali pula saya tidak mendapati artikel tersebut muncul dihalaman mesin pencarian google, jangankan dihalaman pertama, saya scroll sampai halaman terakhir pun tetap tidak saya dapati.

Itu artinya artikel-artikel saya tersebut kalah bersaing dengan artikel-artikel sejenis yang menumpuk dimesin pencarian google. Kalau saya amati mesin pencarian google hanya akan memasukkan artikel-artikel yang dinilainya telah memenuhi standar seo dan berkualitas kehalaman-halaman yang dimunculkannya.

Saya yakin untuk masa sekarang ini, mesin pencarian google untuk Indonesia telah dipenuhi oleh ribuan artikel-artikel sejenis didalamnya, dan dari ribuan artikel-artikel tersebut hanya ratusan atau bahkan hanya puluhan sampai seratus saja yang akan ditampilkan dihalaman-halamannya saat seseorang melakukan searching.

Bagaimana caranya kirim artikel ke google, silahkan anda baca artikel saya yang berjudul Cara Kirim Artikel Ke Google.

Demikianlah penjelasan mengenai belajar membuat blog untuk pemula bersama BiriBisi yang bisa saya sampaikan untuk anda. Semoga bermanfaat. Amin!

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: