IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi

Sabtu, 01 April 2017

42 MANFAAT KUNYIT UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN


KUNYIT (KUNIR) - BiriBisi
Dari sejak zaman Jurasik, lebay sedikit. He he he! (dalu) kunyit sudah menjadi rempah-rempah yang digemari oleh masyarakat Indonesia.
Itu karena kunyit merupakan rempah-rempah yang multi guna, ia bisa digunakan sebagai bumbu dapur, bisa digunakan sebagai obat-obatan, dan bisa juga digunakan sebagai zat pewarna untuk makanan yang aman atau untuk yang lainnya, dan lain sebagainya.

Sampai saat ini pun kunyit masih tetap digemari oleh masyarakat Indonesia, sehingga dari mulai masyarakat yang berada diibu kota negara sampai masyarakat yang berada dipelosok negeri, semuanya mengenal kunyit dan memanfaatkannya. Baca juga 21 Manfaat Nanas Untuk Kesehatan.

Ada yang menggunakannya sebagai bahan ramuan obat, ada yang menggunakannya sebagai pewarna makanan atau pewarna benda- benda yang akrab dengan manusia, dan ada yang menggunakannya sebagai bumbu masakan.

Kebanyakan masakan Indonesia yang sangat populer saat ini dan yang mempunyai rasa yang sangat lezat selalu menyertakan kunyit sebagai salah satu bumbu dasarnya, seperti opor ayam dan lain-lain. Didaerah saya, yaitu daerah Jawa Tengah Indonesia opor ayam ini merupakan salah satu masakan yang harus ada pada saat lebaran 'Iedul fitri, hampir setiap rumah menyediakan masakan ini.

Biasanya opor ayam ini disajikan dengan ketupat atau lontong, tetapi belakangan ini kebanyakan disajikan bersama lontong, karena sulitnya mencari janur untuk membuat ketupatnya. Sebetulnya antara ketupat dan lontong itu sama saja, karena keduanya dibuat dengan bahan yang sama, yaitu beras dan cara memasaknya pun sama, hanya beda bungkusnya saja.

Kalau ketupat bungkusnya pakai daun kelapa muda atau biasa disebut dengan janur, sedangkan kalau lontong bungkusnya terbuat dari daun pisang dan pada umumnya pakai daun pisang batu (klutuk = bahasa Jawa), hanya beda rasa sedikit antara keduanya, namun kalau menurut saya, rasa lontong lebih nikmat dari pada ketupat.

Berikut ini saya sajikan untuk anda resep opor ayam yang harus menyertakan kunyit sebagai salah satu bumbu dasarnya, sehingga rasanya bisa sangat lezat. Hem, mak nyosss! He he he!

OPOR AYAM SPESIAL IEDUL FITRI
Bahan:
Daging ayam : 1 ekor. ( Pilih ayam dewasa gemuk, lebih disarankan menggunakan ayam kampung ).
Jeruk nipis : 2 buah.
Minyak goreng : secukupnya.

Bumbu Halus:
Bawang putih 8 siung.
Bawang merah 6 siung.
Kunyit 4 cm.
Jahe 2 cm.
Lengkuas 3cm.
Kemiri 8 butir.
Ketumbar 1 sendok makan.
Serai 2 batang.
Daun jeruk 3 lembar.
Daun salam 4 lembar.
gula pasir ± 1 sendok teh.
Garam ± 1 secukupnya.
Santan dari 1 buah kelapa.

Pelengkap:
1. Sambal pedas tanpa terasi.
2. Kerupuk

Cara Membuat:
Potong daging ayam sesuai dengan selera dan cuci. Lumuri dengan perasan air jeruk nipis dan garam. Kemudian remas remas dan diamkan selama 5 menit. Cuci kembali hingga bersih.
Goreng daging ayam setengah matang.
Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, kemiri, dan ketumbar.
Tumis bumbu halus, tambahkan serai, daun jeruk, dan daun salam sambil aduk aduk hingga baunya harum.
Masukkan santan cair dan daging ayam. Gunakan api kecil hingga sedang dan tutup supaya bumbunya meresap.
Tambahkan santan kental sambil aduk aduk hingga mendidih supaya santan tidak pecah.
Tambahkan gula pasir, garam, dan penyedap rasa hingga cita rasanya sesuai selera. Jangan lupa cicip dulu rasanya sebelum diangkat.
Sajikan opor ayam beserta pelengkapnya bersama-sama dengan lontong atau ketupat.
Selamat menikmati!

TANAMAN KUNYIT (TANDURAN KUNIR)
Kunyit atau kunir (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.) adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat yang dari Indonesia dan wilayah Asia Tenggara lainnya. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran keberbagai belahan dunia.

Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae. Kunyit di Inggris dikenal dengan nama turmeric, di Belanda dengan nama kurkuma, sedangkan diberbagai daerah di Indonesia dikenal dengan nama kunyit dan berbagai nama lokal, seperti kunir di Jawa, janar di Banjar, koneng di Sunda, konyet di Madura, dan masih banyak lagi. Lihat juga 26 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan.

KEGUNAAN KUNYIT
Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang biasa digunakan dalam berbagai macam masakan di negara-negara Asia. Kunyit sering digunakan sebagai salah satu bumbu dalam masakan sejenis gulai dan lain-lain, dan juga digunakan sebagai pewarna makanan, atau juga digunaka sebagai pengawet.

Produk farmasi berbahan baku kunyit, mampu bersaing dengan berbagai obat paten, misalnya untuk peradangan sendi (arthritis-rheumatoid) atau osteo-arthritis berbahan aktif natrium deklofenak, piroksikam, dan fenil butason dengan harga yang relatif mahal atau suplemen makanan (Vitamin-plus) dalam bentuk kapsul.

Produk bahan jadi dari ekstrak kunyit berupa suplemen makanan dalam bentuk kapsul (Vitamin-plus). Pasar dan industrinya sudah berkembang, suplemen makanan bisa dibuat dari bahan baku ekstrak kunyit dengan bahan tambahan Vitamin B1, B2, B6, B12, Vitamin E, Lesitin, Amprotab, Mg-stearat, Nepagin dan Kolidon 90.

Umbi (rimpang) yang berumur lebih dari satu tahun dapat dipakai sebagai obat, umbi (rimpang) kunyit berkhasiat untuk mendinginkan badan, membersihkan, mempengaruhi bagian perut khususnya pada lambung , merangsang, melepaskan lebihan gas di usus, menghentikan pendarahan dan mencegah penggumpalan darah. Selain itu juga digunakan sebagai bahan dalam masakan.

Kunyit juga digunakan sebagai obat anti gatal, anti septik dan anti kejang, serta mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut. Kunyit dikonsumsi dalam bentuk perasan yang disebut filtrat, juga diminum sebagai ekstrak atau digunakan sebagai salep untuk mengobati bengkak dan terkilir. Kunyit juga berkhasiat untuk menyembuhkan hidung yang tersumbat, caranya dengan membakar kunyit dan menghirupnya.

Kunyit dapat menyembuhkan bagian tubuh yang bengkak maupun terkilir. Kunyit bisa dipakai untuk menyembuhkan beberapa hal yang berkaitan dengan penyimpangan pada kerja ginjal, terutama pada beberapa kasus yang ditandai dengan bau badan yang tidak sedap dan mata yang tidak tahan terhadap sinar. Cara penggunaannya yang sangat efektif adalah dengan meminum satu gelas jus kunyit tanpa ampas, selama 2 minggu berturut-turut.

Cara Membuatnya:
Kunyit 1 genggam, kupas, cuci, parut
Rebus dengan 2 gelas air.
Tambahkan garam sedikit.
Peras dan saring.
Tambahkan air perasan dari 2 buah  jeruk nipis.
Tambahkan gula merah atau madu.
Minum 1 gelas, 2 kali sehari.

Ramuan ini juga sangat efektif untuk menyembuhkan flu atau demam pada ibu hamil, tidak perlu dilakukan setiap hari, biasanya 1-2 hari saja sudah bisa sembuh, sehingga tidak perlu lagi menggunakan oba-obatan kimia yang bisa berbahaya terhadap janin yang dikandungnya.

Bila dikonsumsi oleh para ibu hamil, maka dipercaya bayi yang lahir akan bersih dari lemak-lemak yang seringkali menempel atau menutupi seluruh badan bayi.

Penggunaan kunyit instant, sebaiknya tidak dilakukan untuk pengobatan (khususnya untuk ibu-ibu hamil), karena mungkin ada tambahan zat lain yang mungkin bisa berbahaya bagi kandungan, seperti obat pengawet dan lain-lain.

KANDUNGAN GIZI DAN NUTRISI KUNYIT
Zat warna kurkuminoid – Sebuah senyawa diarilheptanoid sekitar 3-4% dan yang terdiri dari Curcumin, dihidrokurkumin, desmetoksikurkumin dan bisdesmetoksikurkumin.
Minyak atsiri – Mengandung sebanyak 2-5% yang terdiri dari seskuiterpen dan turunan fenilpropana turmeron (aril-turmeron, alpha turmeron dan beta turmeron), kurlon kurkumol, atlanton, bisabolen, seskuifellandren, zingiberin, aril kurkumen, humulen.
Mineral – magnesium besi, mangan, kalsium, natrium, kalium, timbal, seng, kobalt, aluminium dan bismuth
Zat lain – Arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, dammardan tannin

Kunyit mengandung energi sebesar 63 kilokalori, protein 2 gram, karbohidrat 9,1 gram, lemak 2,7 gram, kalsium 24 miligram, fosfor 78 miligram, dan zat besi 3 miligram.  Selain itu di dalam Kunyit juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,03 miligram dan vitamin C 1 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Kunyit, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 78 %.

Kandungan gizi dan nutrisi Kunyit per 100 gram:
Jumlah Kandungan Energi Kunyit = 63 kkal
Jumlah Kandungan Protein Kunyit = 2 gr
Jumlah Kandungan Lemak Kunyit = 2,7 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Kunyit = 9,1 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Kunyit = 24 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Kunyit = 78 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Kunyit = 3 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Kunyit = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Kunyit = 0,03 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Kunyit = 1 mg
Bagian Kunyit yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 78 %

CARA PRAKTIS MEMBUAT RAMUAN KUNYIT
Ada berbagai macam cara dalam mengkonsumsi rimpang kunyit, namun cara yang paling praktis dalam mengkonsumsi rimpang kunyit adalah dengan cara dibuat sirup terlebih dahulu, kemudian dikonsumsi setiap pagi paling cepat ¼ jam sebelum sarapan, dengan dosis 1 sendok makan. Berikut ini saya sajikan untuk anda cara membuat sirup kunyit:

SIRUP KUNYIT
Bahan:
Kunyit 1 kg
Gula aren 1kg

Cara Membuat:
Haluskan kunyit yang sudan dicuci bersih berikut kulitnya, dengan cara digiling, ditumbuk, atau diparut.
Sisir tipis-tipis gula aren agar mudah larut.
Masukkan kedua bahan dalam wadah semacam toples, aduk-aduk hingga gula larut. Jangan dicampur air sedikitpun.
Tutuplah wadah tersebut rapat-rapat pakai kertas agar udara bisa keluar melalui pori-pori kertas. Jangan pakai plasti atau semacamnya.
Diamkan selama 7 hari, kemudian diperas untuk diambil airnya yang berupa sirup.
Untuk menjaga kesehatan minunlah sirup kunyit ini sebanyak 1 sendok makan ± 30 menit sebelum sarapan pagi setiap hari. Untuk pengobatan, minumlah sirup kunyit ini sebanyak 1 sendok makan setiap pagi dan sore hari, setiap hari.
Agar tidak basi simpan sirup kunyit ini dalam freezer, karena akan digunakan dalam waktu yang cukup lama, bisa sampai 2 bulanan baru habis. Baca juga 46 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

KHASIAT DAN MANFAAT KUNYIT UNTUK KESHATAN DAN KECANTIKAN
Kunyit merupakan salah satu rempah yang sangat banyak terdapat di Indonesia, bahkan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai herbal tradisional. Tidak heran, karena manfaat tanaman rempah ini tidak hanya untuk masakan melainkan juga untuk kesehatan. Manfaat kunyit antara lain yang paling sering diketahui oleh masyarakat umum adalah untuk ibu menyusui, untuk ibu hamil dan sebagainya. Sedangkan manfaat lainnya dari kunyit adalah untuk membersihkan wajah dan menghilangkan flek hitam pada kulit.

Secara spesifik khasiat dan manfaat  kunyit bisa anda lihat dibawah ini:

√1. Anti Inflamasi (Anti Peradangan).
Kandungan minyak volatile dalam kunyit telah menunjukkan aktivitas anti-inflamasi yang signifikan dalam berbagai model eksperimental dan penelitian. Bahkan lebih kuat dari minyak atsiri, hal ini dikarenakan pigmen kuning atau oranye dari kunyit yang disebut curcumin. Curcumin dianggap agen farmakologis utama dalam kunyit. Dalam banyak penelitian, efek anti-inflamasi curcumin ini telah terbukti sebanding obat hydrocortisone dan fenilbutazon sebagai zat anti-inflamasi seperti Motrin. Berbeda dengan obat-obatan, yang berhubungan dengan efek toksik yang signifikan (pembentukan ulkus, penurunan jumlah sel darah putih, pendarahan usus), curcumin tidak menghasilkan toksisitas.

√2. Rheumatoid Arthritis (Peradangan Sendi Kronis)
Studi klinis telah membuktikan bahwa kurkumin dalam kunyit juga memberikannya efek antioksidan yang sangat kuat. Sebagai antioksidan, kurkumin mampu menetralisir radikal bebas, menetralisir bahan kimia yang terdapat dalam tubuh yang menyebabkan berbagai kerusakan pada sel-sel sehat dan membran sel. Hal ini penting dalam banyak penyakit, salah satunya adalah radang sendi, di mana radikal bebas merupakan penyebab peradangan sendi yang menyakitkan dan kerusakan pada sendi.

Kandungan kunyit yang dapat memberikan efek antioksidan dan anti-inflamasi menjelaskan mengapa banyak orang dengan penyakit sendi terasa sangat lega ketika mengkonsumsi herbal ini. Dalam sebuah penelitian terbaru tentang pasien dengan rheumatoid arthritis (peradangan sendi kronis), kurkumin dibandingkan dengan fenilbutazon akan menghasilkan perbaikan yang sebanding dalam durasi singkat seperti kaku pada pagi hari dan mengurangi pembengkakan sendi.

√3. Pencegahan Kanker.
Kandungan antioksidan kurkumin ini memungkinkan untuk melindungi sel-sel usus besar dari radikal bebas yang dapat merusak DNA. Proses ini sangat bermanfaat khususnya bagi usus besar yang mana pergantian sel cukup pesat, yang terjadi kira-kira setiap tiga hari. Karena replikasi sel ini sering terjadi, mutasi DNA pada sel usus dapat menyebabkan pembentukan sel-sel kanker jauh lebih cepat. Curcumin juga membantu tubuh untuk menghancurkan sel-sel kanker, sehingga mereka tidak dapat menyebar ke seluruh tubuh yang dapat membuat kerusakan yang lebih parah.Cara utama kurkumin melakukannya adalah dengan meningkatkan fungsi hati.

Mekanisme lain yang dilakukan oleh curcumin (zat pembentuk kuning/orange pada kunyit) yang dapat melindungi dari perkembangan kanker adalah dengan menghambat sintesis protein dianggap berperan dalam pembentukan tumor dan mencegah perkembangan suplai darah tambahan yang diperlukan untuk pertumbuhan sel kanker. Kunyit lebih ampuh dari pada manfaat daun serai dan mungkin sama baiknya dengan manfaat daun sirsak dalam membasmi kanker, seperti kanker hati, kanker usus besar, kanker darah, dan kanker prostat.

√4. Meningkatkan Antioksidan.
Kandungan curcumin merupakan salah satu antioksidan kuat yang dapat menetralkan radikal bebas karena struktur kimia yang dimilikinya. Selain itu kurkumin juga meningkatkan aktivitas enzim antioksidan di dalam tubuh sendiri. Dengan cara ini, curcumin memberikan perlawanan dengan membunuh radikal bebas.

√5. Meningkatkan Fungsi Hati.
Penelitian yang dilakukan dengan objek studi tikus yang dilakukan untuk mengevaluasi efek kunyit pada kemampuan hati untuk mendetoksifikasi xenobiotik (beracun) bahan kimia, kadar dua enzim detoksifikasi hati sangat penting (UDP glucuronyl transferase dan glutathione-S-transferase) secara signifikan meningkat pada tikus yang diberi makan kunyit dibandingkan dengan yang tidak. Para peneliti berkomentar, “Hasil penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat meningkatkan sistem detoksifikasi selain sifat anti-oksidan”

√6. Mengurangi Resiko Leukimia.
Penelitian yang dipresentasikan pada konferensi mengenai leukimia yang diselenggarakan di London, memberikan bukti bahwa mengkonsumsi makanan dibumbui dengan kunyit bisa mengurangi risiko terkena leukimia.

Adalah Prof. Moolky Nagabhushan dari Loyola University Medical Centre, Chicago, IL yang hampir 20 tahun melakukan studi ini. Dalam studinya ia mengatakan bahwa curcumin dalam kunyit dapat :
Menghambat mutagenisitas hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) (bahan kimia karsinogenik yang diciptakan oleh pembakaran bahan bakar berbasis karbon termasuk asap rokok)
Menghambat radiasi kerusakan kromosom
Mencegah pembentukan amina heterosiklik berbahaya dan senyawa nitroso, yang terdapat pada makanan olahan tertentu, seperti produk daging olahan yang mengandung nitrosamin.
Menghambat perbanyakan sel leukemia dalam kultur sel

√7. Perlindungan Kardiovaskular (Penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah).
Curcumin mungkin dapat mencegah oksidasi kolesterol dalam tubuh. Karena kolesterol teroksidasi dapat merusak pembuluh darah dan menumpuk di plak yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke, mencegah oksidasi kolesterol baru dapat membantu mengurangi perkembangan aterosklerosis dan penyakit jantung.

Kunyit merupakan sumber vitamin B6 yang diperlukan untuk menjaga tingkat homocysteine agar tidak terlalu tinggi. Asupan B6 merupakan salah satu asupan tinggi vitamin B6 dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Indian Journal of Physiology and Farmakologi, ketika 10 relawan yang sehat mengkosumsi 500 mg kurkumin per hari selama 7 hari, tidak hanya melakukan menurunkan tingkat oksidasi darah sehingga menurunkan kolesterol sebesar 33%, tetapi total kolesterol mereka turun 11.63%, dan HDL mereka (kolesterol baik) meningkat sebesar 29%! (Soni KB, Kuttan R).

√8. Mencegah Alzaimer.
Alzheimer adalah salah satu penyakit mental yang dikorelasikan dengan pikun atau dementia. Alzheimer biasanya diderita oleh orangtua dan muncul pada usia lanjut.

Penyakit rusaknya saraf otak yang dapat menyebabkan hilangnya memori ini dapat dicegah dengan rutin mengkonsumsi kunyit. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kunyit secara rutin mampu merangsang pembentukan sel dalam otak dan mempercepat jalannya rangsang atau stimulus dari sel sensori menuju otak.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kurkumin, konstituen biologis aktif dalam kunyit, dapat mencegah penyakit Alzheimer dengan mengaktifkan gen yang mengkode produksi protein antioksidan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Biokimia Italia (Desember 2003) membahas peran kurkumin dalam induksi dari jalur oxygenase heme, sistem pelindung, bila dipicu dalam jaringan otak, menyebabkan produksi bilirubin antioksidan menjadi lebih kuat, yang melindungi otak melawan oksidatif (radikal bebas) dan cidera.

Oksidasi tersebut diduga menjadi faktor utama dalam penuaan dan menyebabkan gangguan neurodegenerative termasuk demensia seperti penyakit Alzheimer. Penelitian lain yang dilakukan bersama oleh tim Italia dan Amerika Serikat dan dipresentasikan pada konferensi tahunan American Physiological Society tahun 2004 di Washington, DC, menegaskan bahwa kurkumin berperan penting menginduksi gen, yang disebut hemeoxygenase-1 (HO-1) di astrosit dari wilayah hippocampus otak.

Jika anda ingin tetap memiliki ingatan dan pikiran yang sehat di hari tua, maka anda dapat memulainya dengan mengkonsumsi kunyit secara rutin dan teratur sejak sekarang.

√9. Mencegah Depresi.
Depresi juga berkaitan dengan menurunnya fungsi neurotropik yang diturunkan dari otak dan menyusutnya hippocampus, area otak yang berperan dalam belajar dan memori. karena kandungan kunyit memiliki fungsi untuk membantu proses neurotropik ini membuatnya dapat memberikan efek anti depresi.

Selain 9 manfaat utama tersebut di atas, kunyit juga dapat memberikan berbagai efek penting bagi kesehatan, berikut beberapa khasiat kunyit lainnya:

√10. Mencegah Penuaan Dini.
Kunyit yang dihaluskan untuk dijadikan sebagai bahan bedak ternyata mampu memerangi tanda penuaan.
Caranya: ambil beberapa bubuk kunyit, air hangat, dan campur hingga berbentuk pasta. Kemudian balurkan ke tubuh anda dan biarkan mengering. Lalu bersihkan dengan air hangat.

√11. Obat Jerawat.
Masalah kulit dapat dialami oleh siapa saja, baik remaja maupun orang dewasa. Jerawat adalah gangguan pada kulit yang ditandai dengan adanya peradangan dan benjolan pada permukaan wajah maupun area tubuh lainnya.

Jerawat biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri P.acne dan penyumbatan pori akibat sel kulit mati. Salah satu manfaat kunyit adalah meredakan infeksi P.acne sekaligus menghilangkan bekas jerawat. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung senyawa antibakteri yang dapat mencegah berkembangnya bakteri P.acne.

Selain mengatasi bekas jerawat, mengkonsumsi kunyit yang kaya akan antioksidan secara rutin mampu menunda penuaan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Kunyit dapat mengurangi bekas luka dan radang serta membuat sekresi minyak di bawah kontrol.

Caranya: siapkan bubuk kunyit, setengah sendok makan air jeruk nipis dan air. Campur semuanya hingga berbentuk pasta, lalu oleskan ke daerah atau tempat yang bermasalah dan biarkan selama 15 menit. Lalu bersihkan dengan air biasa sambil digosok dengan lembut.



√12. Mencegah Ketombe Dan Rambut Rontok.
Penelitian menunjukkan bahwa kunyit bisa meremajakan kulit kepala. Gunakanlah bubuk kunyit untuk kulit kepala yang berketombe dan gatal. 

√13. Mengatasi Tumit Retak.
Bagi yang mengalami tumit retak, kunyit dapat mengatasi hal tersebut. Gunakan satu sendok teh minyak kelapa dengan satu sendok bubuk kunyit. Oleskan campuran ini pada tumit retak 10 menit sebelum mandi.



√14. Obat kolesterol (lipiton atau atorvastatin).
Studi 2008 yang diterbitkan jurnal obat menemukan fakta, kurkuminoid dalam kunyit menurunkan peradangan dan stres oksidatif pada pasien diabetes tipe 2.

√15. Obat Steroid (kortikosteroid).
Studi pada 1999 yang diterbitkan Phytotherapy Research menemukan, polifenol utama dalam kunyit yang berwarna kuning bermanfaat untuk mengobati uveitis anterior kronis dan penyakit inflamasi mata.
Studi pada 2008 yang diterbitkan Critical Care Medicine menemukan, curcumin pada kunyit menjadi terapi alternatif untuk melindungi transplantasi paru-paru.

√16. Pengencer Darah (Aspirin).
Studi 1986 yang diterbitkan jurnal Arzneimittelforschung menemukan, curcumin bermanfaat bagi pasien yang rentan terhadap trombosis vaskular. Baca juga 18 MANFAAT BANGLE UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN.

√17. Obat Diabetes / Kencing Manis (Metformin).
Diabetes atau penyakit kencing manis adalah salah satu penyakit gangguan metabolisme yang perlu diwaspadai.

Penyakit ini muncul akibat gangguan pada sel pankreas yang menghasilkan insulin maupun pola hidup tidak sehat yang melemahkan kerja hormon insulin. Pada penderita diabetes, insulin tidak dapat bekerja secara optimal dalam mengatur kadar gula dalam darah, karena kehilangan sensitivitasnya.

Mengatur insulin adalah salah satu peran dari kunyit terhadap diabetes. Pankreas menghasilkan insulin dalam tubuh manusia, anti-glikemik dalam kunyit mengatur dan menyeimbangkan kadar insulin, serta mencegah resistensi insulin dengan menurunkan gula darah juga trigliserida dalam tubuh.

Penelitian menyebutkan bahwa senyawa curcumin yang terkandung dalam kunyit dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaganya tetap dalam kondisi normal.

Mengkonsumsi kunyit secara rutin dapat membantu tubuh menjaga sensitivitas insulin dan mencegah munculnya penyakit diabetes seperti yang disebutkan dalam hasil penelitian ilmuwan dari Auburn University, yang dipublikasikan dalam Biochemistry and Biophysical Research Communications.

Studi 2009 yang diterbitkan Biochemitry and Biophysical Research Community menunjukkan, curcumin berkhasiat mengobati diabetes, meningkatkan penyerapan glukosa, dan menekan produksi glukosa dalam hati dalam sel hepatoma. Menariknya, curcumin memiliki 100 ribu kali kekuatan untuk melakukannya.

Untuk membuat ramuan kunyit yang difungsikan sebagai obat diabetes (kencing manis) cukup mudah. Caranya: Siapkan 3 rimpang kunyit, parut, setengah sendok teh garam. Rebus dengan 1 liter air sampai mendidih. Kemudian saring dan didinginkan. Minumlah ½ gelas 2 kali sehari. Lakukan secara rutin dan teratur, dan jaga makan.



√18. Mengobati Tifus.
Anda bisa membuat obat tifus dengan kunyit. Caranya: Tumbuk 2 rimpang kunyit yang dicampurkan dengan 1 batang bonggol serai dan 1 lembar daun sambiloto. Setelah halus tambahkan 1 gelas air matang, saring dan minum ramuan tersebut selagi masih hangat.




√19. Mengurangi Resiko Diabetes.
Kandungan kurkumin dalam kunyit juga bermanfaat untuk mengurangi resistansi insulin. Sehingga membuat kandungan kadar glukosa dalam darah anda bisa dikendalikan, dengan begitu anda akan terhindar dari diabetes.

Diabetes sering disertai dengan kenaikan berat badan. Selain itu, kelebihan berat badan adalah salah satu penyebab diabetes. Jadi, kunyit membantu mencegah diabetes dengan mengendalikan berat badan melalui kandungan kurkumin. Selain itu, kandungan kurkumin juga dapat menghilangkan dan mencegah akumulasi lemak berbahaya pada tubuh.

√20. Membantu Masalah Pencernaan.
Studi penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit membantu pelepasan empedu, yang diyakini membantu pencernaan makanan. Kunyit dikenal untuk melakukan hal ini dengan cara menstimulasi kandung empedu untuk melepaskan empedu. Empedu memainkan peranan penting untuk pencernaan dalam penyerapan lemak dan vitamin larut lemak dalam usus kecil. Penggunaan kunyit untuk mengatasi masalah terkait pencernaan telah disetujui oleh Komisi Penelitian Jerman, dan yang lainnya juga menunjukkan hal yang sama.

√21. Meredakan Maag.
Maag adalah salah satu penyakit yang menyerang saluran cerna atau yang lebih dikenal dengan tukak atau radang lambung.

Maag dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, diantaranya pola makan yang tidak teratur dan infeksi bakteri yang melukai dinding lambung yang menimbulkan infeksi. Kunyit mengandung senyawa curcumin yang mampu merangsang sekresi mukus atau lendir pelindung dinding lambung.

Selain itu, senyawa curcumin juga mampu menghambat produksi asam lambung yang menyebabkan rasa perih pada penderita maag. Mengkomsunsi kunyit secara rutin dapat membantu menyembuhkan luka pada lambung sekaligus meningkatkan nafsu makan.

√22. Menurunkan Kadar Kolesterol.
Kolesterol adalah salah satu jenis lemak atau lipid yang digolongkan menjadi dua jenis yakni kolesterol jahat atau Low Density lipoprotein dan kolesterol baik atau High density lipoprotein (HDL).

Kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh yang cukup tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan penyempitan pembuluh darah atau atherosklerosis. Senyawa curcumin yang terkandung dalam kunyit telah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam plasma darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh.

√23. Meningkatkan Fungsi Otak.
Otak adalah salah satu organ penting dalam tubuh manusia yang mengendalikan seluruh aktifitas tubuh, kemampuan berpikir serta memori seseorang.

Zat yang terkandung dalam kunyit mampu meningkatkan aliran nutrisi dan oksigen ke otak sehingga otak dapat berfungsi secara maksimal. Jadi tidak heran jika otak berfungsi dengan baik, ia mampu menghasilkan hormon melatonin dan serotonin yang dapat membantu meningkatkan daya ingat dan mengatasi penyakit mental lainnya.

√24. Melangsingkan Badan.
Banyak produk pelangsing yang ditawarkan dipasaran yang berbahan dasar kunyit, seperti ekstrak jamu kunyit yang dipadukan dengan asam jawa yang dikenal dengan minuman kunyit asam.

Siapa sangka ternyata kunyit memang berkhasiat melangsingkan dan mempertahankan berat tubuh optimal. Sebuah studi membuktikan bahwa tikus yang diberi makanan dan mendapatkan ekstrak kunyit tidak mengalami kenaikan berat badan maupun penambahan sel lemak pada bagian perut dibandingkan dengan tikus yang diberi makan dalam jumlah yang sama namun tidak disertai asupan kunyit.

Dengan demikian, jika anda ingin menurunkan berat badan dan ingin memiliki tubuh yang langsing dan ideal, tidak ada salahnya mengkonsumsi jamu kunyit setiap hari, tentunya dengan disertai pola makan yang sehat dan olahraga teratur.

√25. Mempercepat Penyembuhan Luka.
Masyarakat di India telah lama menggunakan kunyit dalam pengobatan ayurveda. Mereka mengoleskan bubuk kunyit yang dicampur dengan air pada luka untuk mempercepat proses penyembuhan.

Senyawa curcumin dan antioksidan yang terkandung dalam kunyit mampu mempercepat penyembuhan luka dengan mengurangi peradangan pada daerah kulit.

√26.. Membersihkan Liver.
Kunyit mengandung senyawa aktif curcumin yang dapat memicu pembentukan glutathione S transferase.

Senyawa tersebut adalah salah satu enzim yang berperan dalam proses detoksifikasi atau penetralan racun dalam tubuh. Enzim glutathione S transferase juga mampu merangsang perbaikan dan regenerasi sel hati yang telah rusak. Mengkonsumsi kunyit secara rutin dapat mencegah penyakit hati seperti hepatitis dan cirosis.

√27. Mengobati Asma.
Asma adalah salah satu penyakit pernafasan yang disebabkan oleh alergi maupun peradangan pada otot saluran pernafasan.

Kunyit mengandung senyawa anti inflammatori yang dapat meredakan dan mencegah kambuhnya asma. Minumlah segelas susu hangat yang dicampur dengan satu sendok bubuk kunyit untuk meredakan sesak nafas dan gejala asma.

√28. Meredakan Demam Dan Flu.
Demam dan flu dapat disebabkan oleh adanya infeksi bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh.

Senyawa curcumin yang terkandung dalam kunyit dapat meredakan demam dan flu secara efektif. Jika anda terserang flu, anda dapat mengkonsumsi susu yang telah dicampur bubuk kunyit, jamu kunyit atau suplemen kunyit yang tersedia di pasaran.

√29. Meredakan Demam Anak.
Bagi anda yang memiliki anak yang sedang demam, maka kunyit bisa menjadi obat mujarab. Kandungan minyak atsiri yang terdapat dalam kunyit dapat menurunkan demam dan juga panas pada tubuh.

Kunyit yang digunakan bisa kunyit kuning atau putih lalu dihaluskan dengan diparut. Setelah itu ditempelkan di kening atau perut. Setelah itu diamkan selama semalam dan oleskan berkali-kali hingga demam turun. Maka anda juga tidak harus selalu memberikan obat kimia untuk anak anda.

√30. Menghaluskan Kulit.
Banyak masker tradisional zaman dahulu yang mengandung kunyit kuning. Terutama karena kulit orang Indonesia yang berwarna kuning langsat, maka kunyit dijadikan sebagai pembersih sel kulit mati atau berguna untuk menghaluskan kulit. Karena kunyit juga mengandung antioksidan yang bisa menghaluskan kulit.

√31. Menghambat Kerusakan Kromosom.
Kunyit yang mengandung antioksidan dan kurkumin bisa menghambat kerusakan kromosom. Kerusakan kromosom jika sampai terjadi maka akan menyebabkan terjadinya kelainan atau abnormal pada manusia, terutama pada anak-anak. Konsumsi kunyit hangat bisa membantu anda dalam menghambat kerusakan kromosom yang mungkin saja bisa terjadi.

√32. Mencegah Penumpukan Gas.
Kunyit menenangkan sistem pencernaan bagian atas dengan jalan menyingkirkan gas. Kunyit juga dikenal bisa membantu meningkatkan penyerapan usus, dan mempromosikan flora usus.

√33. Meringankan Penyakit Colitis.
Colitis adalah salah satu penyakit saluran pencernaan kronis yang kumat-kumatan, dan sulit untuk bisa sembuh total. Colitis dapat menyebabkan sakit perut, dan ditandai dengan adanya darah dalam tinja. Studi terhadap kunyit untuk perut yang dilakukan kepada pasien dengan kolitis ulserativa, menemukan bahwa pasien yang diberi kunyit memiliki tingkat kekambuhan yang lebih rendah.

√34. Mengatasi Sembelit.
Karena sifat-sifatnya pada pencernaan seperti yang dijelaskan diatas, kunyit akan membantu menjaga kesehatan pencernaan. Kunyit juga mempromosikan gerakan peristaltik usus besar, sehingga gerak makanan menjadi lancar. Dengan demikian kita akan jauh dari masalah sulit BAB atau sembelit. Lancarnya BAB yang ditandai dengan teraturnya jam kekamar kecil, akan mengurangi resiko wasir dalam jangka panjang.

√35. Mengobati Koreng Dan Gatal.
Kunyit mengandung kurkumin yang bisa mengurangi rasa gatal pada kulit. Kunyit juga berguna untuk mencegah adanya bakteri yang masuk dan mencemari kulit. Bakteri tersebut bisa saja hanya bakteri ringan seperti kuman atau bahkan bakteri berat yang berbahaya bagi tubuh dan kulit.

Masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan kunyit yang ditumbuk dan dicampur dengan minyak kelapa, lalu dioleskan di area yang bermasalah.

√36. Mengobati Keputihan.
Untuk keputihan, anda dapat menggunakan dua rimpang kunyit, satu genggam daun beluntas, satu gagang buah asam mentah, sepotong gula kelapa atau gula aren. Semua bahan direbus hingga mendidih dengan menggunakan satu liter air kemudian disaring. Minumlah secara rutin satu gelas sehari.





√37. Merangsang Keluarnya ASI.
Khusus wanita yang sedang menyusui, kunyit dapat dimanfaatkan untuk memperlancar ASI. Caranya: 1 rimpang kunyit dilumatkan sampai halus, kemudian dibalurkan disekitar payudara. Diulangi sebanyak 2 kali sehari sampai air susunya lancar.

√38. Menjaga Kesehatan Lambung.
Makanan yang kita makan berpotensi dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pencernaan. Setiap hari kita makan makanan yang memiliki sifat korosif, dan dapat membahayakan dinding lambung dan usus. Kunyit akan membantu dengan mengurangi efek ini dengan cara meningkatkan lendir pada dinding lambung dengan bertindak sebagai lapisan pelindung.

√39. Melancarkan Haid.
Kunyit dapat digunakan sebagai pelancar haid. Bagi wanita sangat dianjurkan mengkonsumsi kunyit ketika sedang haid agar haid lancar. Cara mengolah kunir untuk memperlancar haid yaitu dengan menyiapkan 2 rimpang kunyit, setengah sendok teh ketumbar, setengah sendok teh biji pala, setengah genggam daun sri gading. Semua bahan yang telah disiapkan ditumbuk sampai halus, kemudian direbus dengan satu liter air sampai mendidih. Saring kemudian siap diminum. Lebih nikmat diminum dalam keadaan dingin. Diminum 1 gelas sehari.





Segudang manfaat kunyit memang tidak diragukan lagi bagi kesehatan tubuh dan terbukti aman jika dikonsumsi sehari-hari. Departemen makanan dan obat-obatan di Amerika atau Food and Drug Administration telah memberi label Generally Recognized as Safe” (GRAS) pada tanaman kunyit.

Tidak ada efek samping berarti yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi kunyit, baik jika dikonsumsi dalam jangka waktu pendek maupun dalam jangka waktu yang panjang. Meskipun demikian ada baiknya anda membatasi konsumsi kunyit hingga 500mg perhari. Konsumsi kunyit yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada lambung dan organ hati.

Kunyit juga sebaiknya dihindari bagi mereka yang memiliki masalah batu ginjal dan empedu. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu jika anda ingin mengkonsumsi suplementasi yang mengandung kunyit terutama jika anda sedang mengkonsumsi obat-obatan hipertensi seperti Aspirin, karena kunyit dapat menyebabkan kontra indikasi dan mengentalkan darah dalam tubuh.

Bijaksanalah dalam mengkonsumsi sesuatu, karena sesuatu yang baik dapat menjadi buruk jika digunakan secara berlebihan. Baca juga 16 MANFAAT WORTEL UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN.

Demikianlah, pembahahasan seputar kunyit yang bisa saya sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat. Amin!

Referensi:
Dari berbagai sumber

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: