IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi
Page Hits Counter

Selasa, 18 April 2017

Kencing Nanah - Sebab, gejala, Dan Pengobatannya - BiriBisi


Penyakit Kencing Nanah - BiriBisi

Mula-mula kalau kencing merasa panas dan nyeri. Kemudian beberapa hari berikutnya air seni yang keluar bercampur nanah.
Selalu merasa ingin kencing terus, tetapi yang keluar hanya sedikit-sedikit. Pria maupun wanita bisa terjangkit penyakit ini. Bakteri gonococcus biasanya ditemukan di cairan penis dan vagina dari orang yang terinfeksi. Baca juga 18 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

Kencing nanah atau gonore adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh Neisseria gonorrhoeae yang menginfeksi lapisan dalam uretra, leher rahim, rektum, tenggorokan, dan bagian putih mata (konjungtiva). Gonore bisa menyebar melalui aliran darah ke bagian tubuh lainnya, terutama kulit dan persendian. Pada wanita, gonore bisa menjalar ke saluran kelamin dan menginfeksi selaput di dalam pinggul sehingga timbul nyeri pinggul dan gangguan reproduksi.


Gonore merupakan penyakit infeksi yang menyerang lapisan epitel (lapisan paling atas dari suatu jaringan). Bila tidak diobati, infeksi ini akan menyebar ke jaringan yang lebih dalam. Biasanya membentuk koloni di daerah mukosa, orofaring, dan anogenital.


Neisseria gonorrhoeae merupakan bakteri gram negatif, nonmotil, tidak membentuk spora, berkembang berkoloni membentuk diplokokus, atau pun tunggal monokokus. Manusia merupakan satu-satunya inang alami bakteri ini. Untuk menginfeksi, bakteri membutuhkan kontak langsung dengan mukosa (selaput lendir) tubuh, bisa lewat hubungan seks, atau penggunaan toilet duduk. Bakteri ini menempel dengan pilinya.


Penyebab Kencing Nanah

Penyakit kencing nanah yang disebut Gonore ini disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus yang asalnya dari penularan, akibat bersetubuh dengan orang yang berpenyakit kencing nanah, yaitu suatu penyakit yang banyak diderita oleh para pelacur.

Infeksi ini banyak menyerang orang usia muda yang belum menikah, dan berpendidikan rendah. Paling banyak terjadi pada perempuan. Gejala infeksi lebih sering timbul pada laki-laki. Infeksi pada anorektal (berkaitan dengan anus dan rektum) dan faring (bagian tubuh yg terletak di antara rongga mulut dan pembuluh tenggorok; hulu kerongkongan) sering terjadi pada laki-laki yang homoseksual.


Hubungan seksual melalui mulut seks oral dengan seorang penderita gonore biasanya akan menyebabkan gonore pada tenggorokan (faringitis gonokokal). Umumnya, infeksi tersebut tidak menimbulkan gejala, namun kadang-kadang menyebabkan nyeri tenggorokan dan gangguan untuk menelan.


Jika cairan yang terinfeksi mengenai mata, maka bisa menyebabkan terjadinya infeksi mata luar (konjungtivitis gonore). Bayi yang baru lahir juga bisa terinfeksi gonore dari ibunya selama proses persalinan sehingga terjadi pembengkakan pada kedua kelopak matanya dan dari matanya keluar nanah. Jika infeksi itu tidak diobati, maka akan menimbulkan kebutaan.


Gejala Penyakit Kencing Nanah




Keluarnya cairan putih dan lesi (pucat) pada penis dan vagina merupakan indikasi penyakit kencing nanah atau gonore.


Pada pria, gejala awal gonore biasanya timbul dalam waktu 2-7 hari setelah terinfeksi. Gejalanya berawal adanya rasa tidak enak pada uretra, laluq beberapa jam kemudian diikuti oleh nyeri ketika berkemih (kencing) serta keluarnya nanah dari penis. 


Sedangkan pada wanita, gejala awal biasanya timbul dalam waktu 7-21 hari setelah terinfeksi. Penderita seringkali tidak merasakan gejala selama beberapa minggu atau bulan, dan diketahui menderita penyakit tersebut hanya setelah pasangan hubungan seksualnya tertular.


Jika timbul gejala, biasanya bersifat ringan. Tetapi beberapa penderita menunjukkan gejala yang berat, seperti desakan untuk berkemih, nyeri ketika berkemih, keluarnya cairan dari vagina, dan demam. Infeksi dapat menyerang leher rahim, rahim, saluran telur, indung telur, uretra, dan rektum serta menyebabkan nyeri pinggul yang dalam ketika berhubungan seksual.


Wanita dan pria homoseksual yang melakukan hubungan seks melalui anus (seks anal) dapat menderita gonore pada rektumnya. Penderita akan merasakan tidak nyaman di sekitar anusnya dan dari rektumnya keluar cairan. Daerah di sekitar anus tampak merah dan kasar, serta tinjanya terbungkus oleh lendir dan nanah. Baca juga 42MANFAAT KUNYIT UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN.


Pengobatan Kencing Nanah

Resep obat di bawah ini harus di minum selama 2 minggu berturut-turut:
√1. Sisiran kayu cendana 30 gram, Kembang seruni putih 20 gram, Daun kumis kucing (remujung) 30 gram, Daun jinten 20 gram, Daun meniran 10 gram, Keji beling 20 gram, Akar alang-alang 30 gram. Semua direbus dengan air sebanyak 5 gelas hingga tersisa 3 gelas. Minum 3 kali sehari, 1 gelas.















√2. Bunga sepatu 6 kuntum, Sambiloto 15 gram. Rebus dengan air sebanyak 1 gelas hingga mendidih, angkat, saring, tambahkan 1 sendok makan madu. Minum 3 kali sehari 1 gelas. Lakukan hingga bakteri benar-benar mati atau sembuh.






√3. Akar alang-alang 300 gram, cuci bersih, kemudian potong kecil-kecil. Rebus dengan air sebanyak 2 liter hingga tersisa setengahnya, angkat, saring, bagi menjadi tiga bagian. Untuk diminum 3 kali sehari, Lakukan pengobatan ini terus-menerus sampai penyakit gonore benar-benar hilang dari tubuh.

Pantangan:

Alkohol, meskipun yang berada dalam anggur dan bir.

Penting:

Kalau dalam 15 hari belum sembuh juga, maka segeralah pergi ke dokter. Penyakit ini dapat menjalar ke seluruh sendi tubuh dan dapat mengakibatkan mata menjadi buta.

Pencegahan Penyakit Kencing Nanah

Cara yang paling pasti untuk mencegah penyebaran penyakit menular seksual adalah dengan menjauhi sumber penularan yang umumnya terdapat dikalangan wanita pelacur.
Berhubungan seks secara monogami, pastikan pasangan tidak terinfeksi.
Penggunaan kondom dapat mengurangi risiko penularan penyakit.
Pastikan toilet yang digunakan higienis, hindari penggunaan toilet duduk di tempat umum. Baca juga 35 MANFAAT BAWANG PUTIH UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN.

Demikianlah informasi mengenai kencing nanah, sebab, gejala, dan pengobatannya yang bisa saya sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat. Amin!


Referensi:

Dari berbagai sumber

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: