IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi

Sabtu, 08 April 2017

31 MANFAAT ALPUKAT UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN


ALPUKAT (ALPUKET / AVOKAD) - BiriBisi
Alpukat, alpuket atau avokad adalah tanaman yang tingginya mencapai 3-10 m, bentuk buahnya bulat lonjong,
berkulit hijau atau cokelat keungu-unguan, berdaging tebal lunak berwarna kuning kehijau-hijauan dan enak dimakan, dalam bahasa latin tanaman ini disebut Porsea americana.

Setap kali kata alpukat disebut, maka yang terlintas didalam benak saya adalah satu buah-buahan yang sering dibuat campuran dalam es buah dan mempunyai rasa khas yang lezat. Baca juga 46 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

Yah, memang buah alpukat ini akan enak rasanya jika dibuat campuran es buah atau dibuat es jus dengan dicampur susu, tanpa itu rasanya kurang enak, karena buah ini tidak mempunyai rasa manis, sehingga bila dikonsumsi langsung kurang terasa lezat.

Buah alpukat merupakan buah yang cukup terkenal dikalangan pecinta buah-buahan di Indonesia. Itu dibuktikan oleh banyaknya kedai-kedai minuman yang menjajakan es jus alpukat, baik dikota-kota besar maupun dikota-kota kecil.

Namun bagi sebagian orang buah alpukat akan lebih nikmat jika diracik dengan buah nangka sebagai campuran es kelapa muda. Gurihnya kelapa muda yang diracik dengan lezatnya buah alpukat dan buah nangka benar-benar membuat sensasi tersendiri dilidah penikmatnya, apalagi bila dinikmati disiang hari yang panas. Berikut ini cara membuatnya:

ES KELAPA MUDA ALPUKAT SPESIA
Bahan :

1 buah alpukat yang sudah matang
1 buah kelapa mudah beserta airnya
500 gram buah nangka
susu kental manis putih secukupnya
gula yang sudah dicairkan 25 ml
es batu yang diserut halus secukupnya
1/4 sendok teh vanili bubuk

Cara Membuat:
Ambil air buah kelapa lalu masukkan kedalam satu wadah
Setelah itu buah kelapa dibelah menjadi 2 bagian lalu kerok memanjang.
Campurkan buah kelapa muda dengan airnya
Masukkan kedalam gelas saji lalu tambahkan gula yang sudah dicairkan
Masukkan es batu pada bagian atasnya lalu kucuri dengan susu kental manis
Letakkan buah alpukat dan buah nangka yang sudah dipotong diatas es
Aduk sedikit dengan sendok hingga dingin dan tercampur rata
Es kelapa muda alpukat siap untuk disajikan
Selamat menikmati!

TUMBUHAN ALPUKAT (AVOKAD)
Alpukat, alpuket, avokad, atau Persea americana adalah tumbuhan penghasil buah dengan nama alpukat juga. Ada yang bilang tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur, tetapi pada kenyataannya buah ini banyak ditemukan didaerah tropika lainnya didunia, termasuk di Indonesia, ia kebanyakan ditanam sebagai tanaman pekarangan didekat dan dipemukiman penduduk.

Pohon, dengan batang mencapai tinggi 10 m dengan daun sepanjang 12 hingga 25 cm. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 sentimeter, dengan massa 100 hingga 1000 gram; biji yang besar, 5 hingga 6,4 sentimeter.

Buahnya bertipe buni, memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya. Daging buah apokat berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji, dengan tekstur lembut.

SEJARAH ALPUKAT
Nama alpukat atau avokad berasal dari bahasa Aztek, ahuacatl (dibaca kira-kira "awakatl"). Suku Aztek berada di daerah Amerika Tengah dan Meksiko, karena pada awalnya buah ini dikenal di daerah tersebut.

Pada saat pasukan Spanyol memasuki wilayah tersebut sekitar awal abad ke-16, berbagai tumbuhan dari daerah ini, termasuk apokat, diperkenalkan kepada penduduk Eropa. Orang pertama yang memperkenalkan buah apokat kepada penduduk Eropa yaitu Martín Fernández de Enciso, salah seorang pemimpin pasukan Spanyol.

Dia memperkenalkan buah ini pada tahun 1519 kepada orang-orang Eropa. Pada saat yang sama juga, para pasukan Spanyol yang menjajah Amerika Tengah juga memperkenalkan kakao, jagung, dan kentang kepada masyarakat Eropa. Sejak itulah buah apokat mulai disebar dan dikenal oleh banyak penduduk dunia.

BERAGAM MANFAAT ALPUKAT
Manfaat buah alpukat untuk kesehatan termasuk mengendalikan berat badan, melindungi dari penyakit jantung, diabetes, mengobati osteoarthritis dan meningkatkan penyerapan nutrisi bagi tubuh. Buah alpukat juga mengurangi resiko kanker, kerusakan hati dan pendarahan terkait defisiensi vitamin K. Ia memiliki sifat antioksidan, membantu dalam menjaga kesehatan mata, melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dan efek berbahaya dari sinar UV. Selain itu juga membantu dalam menjaga kadar gula darah, meningkatkan sirkulasi, meningkatkan kemampuan kognitif, dan membangun tulang yang kuat.

Menurut sebuah penelitian terbaru, biji alpukat digunakan untuk pengobatan diabetes, kondisi peradangan dan hipertensi, serta untuk meningkatkan hiperkolesterolemia. Penelitian lain menunjukkan bahwa konsumsi alpukat mengarah pada peningkatan kualitas diet dan asupan nutrisi, termasuk menurunkan resiko sindrom metabolik.

Buah alpukat memiliki kandungan asam lemak yang tinggi namun sangat rendah kolesterol. Banyak orang cenderung untuk berhenti mengkonsumsi alpukat karena kandungan kalorinya yang tinggi. Mereka berpikir bahwa alpukat akan menambah berat badan mereka. Namun, jika dibandingkan dengan mentega, dan makanan berkalori tinggi lainnya jumlah kalori alpukat sangatlah kecil. Juga, banyak dari kandungan lemak tersebut berasal dari sumber yang unik, seperti pitosterol, yang bermanfaat untuk sejumlah alasan.

Buah alpukat dikenal juga sebagai Pir Aligator, terutama disebabkan oleh bentuk dan penampilan yang kasar dari kulitnya. Ini adalah buah yang tumbuh dari tanaman Persea Americana, yang merupakan pohon cemara dari keluarga Lauraceae. Meskipun tidak menyerupai kerabat tersebut, alpukat terkait erat dengan kayu manis dan pohon salam. 

Pohon alpukat biasanya tinggi dan dapat tumbuh hingga ketinggian 65 kaki. Berat perkiraan buah alpukat adalah antara 4 ons hingga 1 kilogram tergantung pada jenisnya. Buah ini dipanen awal dan kemudian dibiarkan matang secara bertahap ketika dijual secara komersial. Inilah sebabnya mengapa alpukat disebut buah klimakterik, yang hanya matang setelah dipanen, seperti buah pisang.

Buah alpukat tersedia dalam banyak varietas, tetapi yang paling populer dari semua adalah jenis alpukat mentega. Pohon alpukat tumbuh dengan baik di daerah tropis, sub-tropis dan khatulistiwa. Namun seperti begitu banyak buah-buahan lainnya, budidaya alpukat adalah yang paling mudah dalam iklim Mediterania. 

Dikatakan bahwa, buah alpukat berasal di negara bagian Puebla, Meksiko, di mana bukti yang terdapat dalam gua-gua menunjukkan tahun 10.000 SM dalam budaya Amerika kuno diketahui telah menggunakan alpukat yang tumbuh liar, namun setelah itu tidak jelas penggunaan alpukat sampai beberapa ribu tahun terakhir. 

Alpukat kemudian hanya muncul di bagian lain dunia dalam 500 tahun terakhir, dan setelah itu dengan cepat mendapatkan popularitas karena penampilannya yang unik, rasa, serta manfaat kesehatannya.

Karena berbagai manfaat kesehatannya, buah ini sekarang dibudidayakan di banyak negara. Dengan kulitnya yang cukup tebal, sehingga terlindungi dari pestisida. Ini adalah alasan mengapa anda tidak perlu membeli alpukat organik. Alpukat adalah salah satu tanaman yang paling aman dalam hal paparan pestisida yang rendah.

Di dalam dunia industri pakaian, bagian biji buah alpukat diolah menjadi bahan pewarna pakaian yang tidak mudah luntur. Sementara bagian batang pohon yang mudah terbakar biasa dijemur dan pada akhirnya dijadikan sebagai bahan bakar oleh penduduk desa.

Pada bagian kulit pohon terdapat senyawa yang akan memberikan warna cokelat suatu material atau bahan, biasanya perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan produk berbahan kulit memanfaatkan kulit pohon sebagai pewarna cokelat.

Dalam dunia farmasi, daun alpukat sejak lama dijadikan ramuan herbal untuk mengobati kencing batu, nyeri pada syaraf dan lambung, sakit kepala, darah tinggi, pemebengkakan saluran napas dan haid yang kurang teratur. Sementara bagian biji yang kerap dijadikan pewarna pakaian juga bisa diracik sebagai obat sakit gigi dan diabetes.

Para ahli juga sering melaksanakan serangkaian riset atau penelitian terhadap daging buah alpukat maupun kulit dan bijinya untuk memelihara kondisi kesehatan, menghindarkan penyakit, serta mengecilkan resiko terhadap gangguan kesehatan tubuh manusia. Lihat juga 18 Manfaat Bangle Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

KANDUNGAN GIZI DAN NUTRISI BUAH ALPUKAT
Buah alpukat dianggap sebagai makanan yang baik dan memiliki posisi khusus dalam piramida kalori makanan, karena ia kaya akan berbagai nutrisi, vitamin dan mineral. Buah alpukat juga merupakan sumber energi yang baik, banyak mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, serta memiliki kadar gula yang rendah. 

Ia mengandung mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, kalium, tembaga, mangan, fosfor dan seng, serta vitamin seperti vitamin C, B6, B-12, A, D, K, E, thiamin, riboflavin, dan niasin. Selain itu, ia adalah sumber serat makanan yang besar, dan satu porsi alpukat dapat menyediakan lebih dari 40% kebutuhan harian.

Buah alpukat kaya akan kalium dan juga menyeimbangkan rasio kalium terhadap natrium, dimana hal ini sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Menurut CAC (California Avocado Commission), sebuah alpukat berukuran sedang mengandung hampir 22,5 gram lemak. Dua pertiga dari lemak ini adalah dari jenis lemak tak jenuh tunggal, dan mereka juga sangat rendah fruktosa. Mungkin yang terpenting adalah alpukat memiliki koleksi unik senyawa organik seperti pitosterol, karotenoid dan flavonoid.

Nilai Kandungan Gizi Dan Nutris Alpukat Per 100 gram (3.5 oz):

Energi 670 kJ (160 kcal)
Karbohidrat 8,53 g
Gula 0,66 g
Diet serat 6,7 g
Lemak 14,66 g
2.13 g jenuh
monounsaturated 9,80 g
polyunsaturated 1,82 g
Protein 2 g
Thiamine (Vit. B1) 0,067 mg (5%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,130 mg (9%)
Niacin (Vit. B3) 1.738 mg (12%)
Asam pantotenat (B5) 1,389 mg (28%)
Vitamin B6 0,257 mg (20%)
Folat (Vit. B9) 81 mg (20%)
Vitamin C 10 mg (17%)
Kalsium 12 mg (1%)
Besi 0,55 mg (4%)
Magnesium 29 mg (8%)
Fosfor 52 mg (7%)
Kalium 485 mg (10%)
Seng 0,64 mg (6%)

Sumber: USDA Nutrient database.

KHASIAT DAN MANFAAT ALPUKAT UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN
Alpukat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. ia dipenuhi dengan gizi dan nutrisi yang cukup baik, sehingga ia dianggap sebagai salah satu makanan terbaik yang dapat dikonsumsi dan layak dimasukkan dalam daftar menu harian.

Secara spesifik khasiat dan manfaat alpukat bisa anda lihat dibawah ini:

√1. Melancarkan Pencernaan.
Salah satu manfaat buah alpukat yang cukup populer adalah ia diyakini dapat menenangkan usus, sehingga dapat membantu pencernaan. Ia mengandung serat larut dan tidak larut yang melancarkan sistem pencernaan. 

Kedua jenis serat ini sangat penting bagi pencernaan, karena mereka melancarkan masuknya makanan ke dalam usus dan memadatkan feses. Selain itu, mereka merangsang lambung dan saluran pencernaan, sehingga nutrisi dapat terserap dalam cara yang paling efisien dan cepat. 

Pada akhirnya, mereka mengurangi gejala dari kondisi-kondisi seperti sembelit dan diare. Jumlah serat yang besar yang ditemukan dalam alpukat (per porsi 40% dari kebutuhan gizi harian) membuat makanan ini sangat penting untuk mengoptimalkan kesehatan pencernaan.

√2. Perawatan Gigi.
Konsumsi buah alpukat juga membantu dalam mencegah bau mulut, yang terutama disebabkan karena gangguan pencernaan atau sakit perut. Bau mulut bisa dihilangkan dengan meningkatkan kesehatan pencernaan. Sedang flavonoid antibakteri dan antioksidan yang ditemukan dalam alpukat akan membunuh bakteri di mulut anda yang mengakibatkan bau mulut.

√3. Merawat Kulit Dan Rambut.
Manfaat buah alpukat berikut ini tidak asing di kalangan para praktisi kecantikan. Buah alpukat dipenuhi dengan nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Ia mampu membantu menyembuhkan kulit yang kering, pecah-pecah atau rusak. 

Alpukat sering ditambahkan ke berbagai kosmetik, karena kemampuannya dalam menyehatkan kulit dan membuatnya bersinar. Ia juga digunakan untuk menyehatkan rambut kering dan rusak. Banyak orang menjadikan alpukat sebagai masker kulit dan rambut.

Minyak alpukat dapat membantu dalam mengobati penyakit psoriasis. Beta-karoten dan likopen adalah dua senyawa organik yang ditemukan dalam jumlah besar pada alpukat. Kedua zat ini telah diketahui dapat meningkatkan kesehatan dan warna kulit anda, serta menghilangkan tanda-tanda penuaan dini.

Cara membuat ramuan buah alpukat untuk merawat rambut:
Alpukat yang sudah dikupas lalu dihancurkan.
Kemudian siapkan santan secukupnya.
Cara pemakaiannya dengan mencampurkan alpukat dan santan secara rata hingga teksturnya mengental seperti shampo.
Kemudian bubuhkan sedikit demi sedikit ke atas rambut anda dengan melakukan seperti menyisir agar merata ke seluruh rambut.
Biarkan selama 10-15 menit, kemudian bilaslah hingga bersih.

√4. Memelihara Hati.
Buah alpukat sangat baik untuk mengurangi kerusakan hati. Ia memiliki senyawa organik tertentu yang membantu dalam meningkatkan kesehatan hati. Kerusakan hati biasanya disebabkan karena Hepatitis C. Temuan dari penelitian terbaru menunjukkan bahwa alpukat dapat memainkan peran utama dalam melindungi hati anda dari berbagai kondisi. Lihat juga 16 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

√5. Menjaga Kesehatan Mata.
Buah alpukat membantu untuk menjaga mata anda tetap sehat. Ia mengandung karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin, yang membantu melindungi mata anda dari katarak, penyakit mata yang berkaitan dengan usia, dan degenerasi makula. 

Kondisi tersebut sering disebabkan oleh radikal bebas yang menumpuk dalam jaringan mata. Aktivitas antioksidan dari karotenoid tersebut menetralkan efek radikal bebas yang berbahaya. Apa itu Lutein? Lutein merupakan antioksidan alami yang dapat membantu memelihara kesehatan mata seiring bertambahnya usia.

Dikutip dari Avocado Central, lutein tidak bisa disintesa oleh tubuh. Sehingga perlu asupan lutein dari luar untuk pemenuhannya. Tetapi timbul kabar baik, bahwa alpukat menjadi solusi dari masalah ini. Anda bisa memperoleh lebih banyak lutein dari alpukat. Sekitar 81 mikrogram lutein tersimpan dalam satu ons buah alpukat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa lutein terbukti terkonsentrasi pada makula mata yang dapat membantu menjaga penglihatan agar tetap sehat meski di usia senja. Jadi, bila anda ingin tetap normal melihat indahnya alam pemberian Tuhan, maka rawatlah kesehatan mata anda.

√6. Menjaga Kesehatan Jantung.
Manfaat buah alpukat untuk kesehatan termasuk menyehatkan jantung. Beta-sitosterol, yang ditemukan dalam alpukat, membantu menjaga tingkat kolesterol yang sehat. 

Penelitian menunjukkan bahwa asupan alpukat dapat meningkatkan sifat antiatherogenic kolesterol HDL, yang membantu melindungi jantung anda dari aterosklerosis, juga dikenal sebagai penyakit pembuluh darah arteriosclerotic. 

Tingkat kalium yang tinggi juga menjadikan alpukat buah yang kuat dalam memerangi hipertensi. Kalium adalah vasodilator, yang merenggangkan ketegangan pembuluh darah dan arteri, sehingga mengurangi kemungkinan pembekuan, serangan jantung, dan stroke.

√7. Kesehatan Ginjal.
Diet memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan mineral dan cairan pada mereka yang menderita gangguan ginjal kronis. Kalium adalah salah satu mineral yang membantu dalam menjaga detak jantung tetap normal. Buah alpukat merupakan sumber kalium yang baik dan memasukkannya dalam menu diet anda dapat memberikan manfaat tambahan, yaitu untuk memastikan bahwa kadar kalium tidak terlalu tinggi karena bisa berbahaya juga bagi jantung. Kalium adalah aspek kunci dalam menjaga keseimbangan cairan, dimana keseimbangan cairan ini juga penting untuk fungsi ginjal, yang menangani pergerakan cairan dan racun melalui tubuh.

√8. Mengatasi Kekurangan Vitamin K.
Kekurangan vitamin K memang sangat tidak umum, tetapi sering terlihat dalam perawatan bayi lahir prematur. Ini dapat menyebabkan gangguan perdarahan yang dikenal sebagai Vitamin K deficiency-related bleeding (VKDB) – pendarahan terkait kekurangan vitamin K. 

Hal ini sebagian besar terjadi karena kurangnya asupan vitamin K selama kehamilan. Memasukkan buah alpukat dalam diet wanita hamil dapat membantu dalam menurunkan risiko VKDB pada anak yang baru lahir, karena alpukat adalah salah satu buah langka yang memiliki jumlah vitamin K yang sangat tinggi (dalam satu porsi! hampir 40% dari kebutuhan gizi harian)

√9. Mual Pagi.
Selama kehamilan, mual pagi (morning sickness) adalah gejala yang sangat umum. Buah alpukat membantu mengatasi mual dan muntah-muntah selama kehamilan karena mengandung vitamin B6, yang biasanya dapat mengatasi kondisi ini.

√10. Arthritis.
Sifat anti-inflamasi dari buah alpukat mungkin adalah atribut yang paling berharga, dan kandungan phytochemical, flavonoid, karotenoid, fitosterol, dan asam lemak omega-3 menjadikan buah alpukat salah satu makanan terbaik untuk mengurangi peradangan pada jaringan, sendi, dan otot. 

Arthritis mempengaruhi puluhan juta orang di seluruh dunia, dan dengan mengkonsumsi jumlah yang tepat dari alpukat, penelitian telah menunjukkan gejala dan rasa sakit yang terkait dengan arthritis dapat berkurang dengan signifikan.

√11. Anti-Kanker.
Manfaat buah alpukat untuk kesehatan termasuk dapat menurunkan resiko terkena kanker, yang diantaranya kanker payudara dan kanker prostat. Alpukat mengandung karotenoid dan lemak tak jenuh tunggal, dimana keduanya berkontribusi pada penurunan resiko kanker secara signifikan. 

Buah alpukat juga mengandung glutathione, antioksidan yang melindungi sel-sel dari kanker dan efek berbahaya dari radikal bebas. Daftar senyawa antioksidan dan anti-inflamasi dalam alpukat sangat mengesankan, dan hampir sulit untuk menentukan mana yang memiliki dampak terbesar. 

Penelitian telah banyak dilakukan pada kanker mulut, kulit, dan prostat, dimana hasilnya menunjukkan senyawa organik dalam alpukat menyebabkan sel kanker menjalani apoptosis (kematian sel otomatis).

√12. Anti-oksidan.
Buah alpukat mengandung vitamin C dan E, yang membantu meningkatkan sifat antioksidan dari tubuh manusia. Vitamin C mendaur ulang vitamin E dan membantu mengurangi oksidasi kolesterol LDL. Alpukat juga mengandung antioksidan seperti epicatechin, violaxanthin dan neochrome. 

Antioksidan menetralisir efek radikal bebas, yang merupakan produk sampingan berbahaya dari metabolisme sel. Ia bertanggung jawab untuk puluhan kondisi serius ditubuh, termasuk kanker, penyakit jantung, masalah penglihatan, penuaan dini, gangguan kognitif, dan banyak lagi.

√13. Kulit Sehat.
Buah alpukat juga memiliki manfaat dalam membantu menjaga kulit yang sehat karena kaya akan vitamin dan mineral. Karotenoid yang ditemukan dalam alpukat dapat mengurangi peradangan pada kulit akibat paparan sinar ultraviolet.  
Minyak yang terbuat dari alpukat membantu dalam melindungi kulit dari terbakar sinar matahari. Tingginya tingkat beta karoten dalam alpukat dapat dipecah secara enzim menjadi provitamin A, yang telah lama dihubungkan dengan melindungi kulit dari berbagai kondisi dan efek merusak dari sinar matahari.

√14. Mengendalikan Berat Badan.
Olahraga teratur, bersama dengan diet sehat, sangat penting dalam mengendalikan berat badan. Alpukat adalah buah yang memberikan nilai gizi untuk tubuh dan mendukung pengendalian berat badan. Temuan dari penelitian terbaru menunjukkan sejumlah efek menguntungkan dari buah alpukat pada manajemen berat badan.

Avocado Central menjelaskan bahwa proses pemeliharaan berat badan bisa dibantu dengan buah alpukat. Alasannya karena ia bebas kolesterol dan rendah kalori, serta kehadiran buah yang baik untuk diet ini dapat menggantikan sumber lemak lain.  Ketika dikonsumsi, alpukat akan menyalurkan sekitar 20 vitamin, mineral, dan fito-nutrien yang menunjang diet rendah kalori seseorang.

Jika anda seorang pria yang sedang fokus menguruskan badan, kolaborasikan buah alpukat dan telur. Jadikan telur dan jus alpukat sebagai teman sarapan. Telur akan menyumbang protein berkualitas tinggi yang siap mendorong perbaikan dan pertumbuhan jaringan otot. Sementara alpukat memberikan 8% kebutuhan lemak tak jenuh tunggal harian anda, sekitar 3 gram.

√15. Anti Penuaan.
Salah satu manfaat buah alpukat yang menakjubkan adalah terkait dengan penuaan yang ‘sehat’. Alpukat mengandung senyawa seperti xantofil, yang memiliki sifat antioksidan. Penelitian menunjukkan bahwa asupan xantofil dapat menurunkan tanda-tanda proses penuaan pada berbagai bagian tubuh Anda.

√16. Tulang Sehat.
Manfaat buah alpukat lainnya yang tak kalah penting adalah dalam menjaga tulang yang sehat. Buah alpukat mengandung karotenoid seperti zeaxanthin dan lutein, yang berhubungan dengan penurunan resiko cacat tulang rawan (gejala osteoarthritis). 

Asupan makanan seperti alpukat dan kedelai dapat membantu mengurangi resiko osteoarthritis. Selain itu, alpukat mengandung kadar mineral penting yang signifikan, termasuk seng, fosfor, tembaga, dan jumlah jejak kalsium dan selenium. Semua ini dikaitkan pada penurunan resiko osteoporosis dan perbaikan dalam kepadatan mineral tulang.

√17. Penyerapan Nutrisi.
Penggunaan terbaik alpukat adalah jika dimakan bersama-sama dengan buah-buahan dan sayuran lainnya. Hal ini disebabkan fakta bahwa nutrisi yang terdapat dalam buah-buahan dan sayuran bisa ditingkatkan bila dimakan bersama dengan alpukat.  

Penyerapan molekul-molekul antioksidan karotenoid, yang membantu melindungi tubuh terhadap perusakan radikal bebas, akan meningkat tiga sampai lima kali lipat, ketika salad dimakan bersama dengan alpukat. Oleh karena itu, menambahkan irisan alpukat untuk campuran salad adalah cara yang tepat untuk membuat makanan sehat menjadi lebih baik.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan beberapa tahun lalu terungkap kabar bahwa nutrisi tertentu yang masuk ke tubuh dapat diserap lebih baik, cepat dan jauh lebih efektif bila dimakan berbarengan dengan buah alpukat.

Sebagai pembuktian, dilakukan lagi sebuah riset untuk memastikan kebenaran hal tersebut. Dua orang memakan salad, salah satunya dimasukkan alpukat sementara yang satunya lagi tidak, setelah dicek ternyata orang yang makan salad bersama dengan alpukat, penyerapan nutrisi lima kali lipat lebih baik ketimbang yang tidak.

√18. Menurunkan Kadar Glukosa Darah.
Terlepas dari buahnya, ekstrak daun alpukat juga memberikan manfaat kesehatan. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus non-diabetes dan diabetes menunjukkan bahwa ekstrak daun alpukat dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah. 

Untuk pasien diabetes, metabolisme makanan berbasis tepung menjadi gula sederhana seperti glukosa dapat sangat berbahaya untuk penderita diabetes. Serat membantu memperlambat pemecahan makanan menjadi gula, sehingga diserap oleh tubuh dengan cara yang lebih seimbang. 

Lebih jauh, sebagian besar karbohidrat dalam alpukat terdiri dari gula 7 karbon, yaitu jenis gula yang relatif jarang ditemui yang benar-benar menghambat enzim heksokinase. Ini membantu alpukat mengontrol metabolisme glukosa oleh tubuh, sehingga melindungi kesehatan pasien diabetes secara keseluruhan.

√19. Berguna Untuk Atlet.
Atlet membutuhkan banyak energi dan harus mempertahankan nutrisi yang optimal untuk bahan bakar tubuh mereka. Buah alpukat memberikan nutrisi penting untuk atlet dalam mempertahankan tingkat energi yang diperlukan. Selain itu, alpukat mengandung phytochemical yang merupakan sumber bahan bakar alami untuk tubuh anda. Baca juga 52 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

√20. Mencegah kecacatan Pada Bayi.
Buah alpukat diketahui memiliki kandungan folat. Folat sangat penting, terutama bagi para ibu hamil untuk menjaga kesehatan janin dan juga mengoptimalkan perkembangan dari janin. Selain itu, folat juga dapat membantu mencegah kecacatan pada bayi ketika lahir nanti.

√21.Sangat Baik Untuk Bayi Dan Ibu Menyusui.
Seperti yang kita ketahui bahwa daging alpukat begitu lunak sehingga balita-pun tidak kesulitan ketika mengonsumsinya.

Memberi asupan sehat sejak usia dini merupakan langkah tepat untuk menciptakan generasi penerus yang sehat dan cerdas. Sebagai orang tua, sudah pasti harus memikirkan masa depan anak. Oleh sebab itu, awali dengan pemilihan nutrisi sehat secara cermat, Berikan sang anak nutrisi sehat dari makanan yang nanti akan dijadikan kesukaannya, seperti buah alpukat.

Jangan terlalu ‘mencekoki’ dengan dalih agar suka, tetapi lakukan secara perlahan. Jika sang buah hati mulai jenuh mengonsumsi bubur alpukat, maka anda bisa mencari resep membuat makanan sehat pendamping ASI berbahan dasar alpukat.

Berikut ini resep kreasi alpukat untuk bayi:
Siapkan 1/8 buah alpukat matang dan segar, buah pisang tumbuk (bisa diganti dengan pir), dan yoghurt bayi rasa apapun.
Dalam wadah kecil seperti piring, tumbuk alpukat dengan buah lain, tuang yoghurt dan aduk.
Sajikan ketika sang pelita hati sedang asyik bermain.

√22. Tinggi Protein Dan Lemak Tak Jenuh.
Alpukat menyimpan sekitar empat gram protein pada satu buahnya. Angka tersebut bisa menyuplai kebutuhan protein harian tubuh manusia. Disamping itu, juga terdapat lemak baik yang bisa menggantikan makanan kesukaan anda yang nyatanya banyak mengandung lemak jahat pemicu kolesterol dan penyakit. Anda bisa mengonsumsi alpukat sebagai pengganti protein hewani seperti telur setiap paginya.

Menurut USDA My Plate dan Dietary Guidelines for Americans, alpukat menyediakan asam amino yang peranannya serupa seperti potassium. Yaitu membantu membangun dan memelihara otot serta jaringan-jaringan tubuh.

√23. Menurunkan Kadar Kolesterol.
Penyakit seperti Familial hypercholesterolemia (FH), Xanthomas dan gagal jantung adalah jenis penyakit yang akan menjangkiti seseorang jika kadar kolesterol jahat dalam tubuhnya melebihi jumlah HDL (kolesterol baik).

Mengetahui buruknya hal tersebut akhirnya para ahli melakukan penelitian terhadap 45 orang dengan jumlah LDL tinggi untuk diperintah makan buah alpukat dalam kurun waktu satu minggu. Alhasil mereka yang benar-benar rutin makan buah alpukat dalam waktu satu minggu mengalami penurunan kolesterol sebesar 17% tanpa mengurangi kadar kolesterol yang baik bagi kelangsungan fungsi organ jantung.

√24. Sumber Glutathione Antioksidan.
Glutathione atau disingkat GSH merupakan ibu dari segala jenis antioksidan. Sel-sel di dalam tubuh sangat menaruh harapan pada kinerja master antioxidant ini. Salah satu manfaat dari GSH adalah anti-aging dengan cara meningkatkan kandungan kolagen dalam tubuh, terutama pada kulit, sehingga meminimalisir timbulnya kerutan pada wajah dan bagian tubuh lain.

Dikutip dari situs Merdeka, alpukat merupakan salah satu buah dari deretan sumber utama glutathione. Nama lain yang hadir adalah asparagus, bayam, dan sayur brokoli. Semua buah dan sayur segar dapat meningkatkan kadar glutathione, khususnya sayuran seperti kubis, tauge, dan kubis. Anda juga bisa melakukan mixing nutrition untuk mendapatkan glutathione lebih maksimal. Misalnya, dengan menikmati makan malam dengan salad sayur, telur, dan jus alpukat.

√25. Tinggi Potassium.
Potassium tergolong ke dalam mineral yang dimanfaatkan oleh saraf otonom pengontrol detak jantung, fungsi otak, dan proses fisiologis penting lain. Buah yang digadang-gadang mengandung potassium selama ini adalah buah pisang, tetapi fakta membuktikan bahwasanya alpukat ternyata lebih banyak mengandung potassium daripada pisang. Sekitar dua kali lipat (975 mg) lebih banyak kandungan potassium buah alpukat dibanding pisang.

Khasiat buah alpukat terkait tingginya kandungan potassiumnya antara lain adalah:
Menurunkan tekanan darah tinggi.
Membantu mengurangi rasa nyeri otot akibat latihan atau olahraga, seperti lari jarak jauh dan fitness.
Memelihara kestabilan cairan, elektrolit, dan asam basa di dalam tubuh.

√26. Mengobati Darah Tinggi.
Bagi anda yang menderita hipertensi, anda bisa memanfaatkan jus alpukat untuk menurunkanya. Dengan begitu, berbagai macam gejala hipertensi seperti pusing, sakit kepala, dan mudah lelah pun akan hilang dengan sendirinya.

Selain dengan jus alpukat anda juga bisa memanfaatkan daunnya untuk menurunkan tekanan darah tinggi anda. Caranya, ambil 3-4 lembar daun alpukat, cuci hingga bersih lalu seduh dengan segelas air panas. Kemudian dinginkan dan minum air daun alpukat tadi setiap hari 1 gelas.

√27. Mengobati Sakit Perut.
Anda bisa memanfaatkan daun alpukat untuk mengobati sakit perut.

Bahan:

  • 6 gram rimpang kunyit
  • 5-7 lembar daun alpukat
  • 6 gram daun pegagan
  • 5 gram akar temu kunci


Cara Membuat:

  • Rebus semua bahan-bahan di atas dengan 125 ml air hingga mendidih, dinginkan, saring.
  • Minum air rebusan sehari 1 gelas.





√28. Mengobati Sakit Pinggang.
Anda juga bisa mengobati sakit pinggang dengan daun alpukat. Caranya, ambil 5-6 lembar daun alpukat, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah itu, diamkan air rebusan selama 1 malam, lalu minum di keesokan harinya. Minum 1 kali sehari, 1 gelas.

√29. Mengobati Diabetes Mellitus (DM) Atau Kencing Manis.
Selain daun alpukat anda juga bisa memanfaatkan biji alpukat untuk mengobati penyakit diabetes melitus (DM) atau kencing manis. Caranya adalah ambil 1 butir biji buah alpukat, lalu cuci bersih dan panggang hingga kecoklatan. Setelah itu, potong kecil-keci, lalu rebus dengan air 1 gelas hingga mendidih. Minum air rebusan  1 kali sehari setiap hari.

√30. Mengobati Sakit Maag.
Bagi anda yang mempunyai penyakit maag, bisa juga memanfaatkan biji buah alpukat untuk mengobatinya. Cara adalah ambil 1 butir biji buah alpukat, lalu parut sampai halus, kemudian campur dengan 100 ml air matang. Setelah tercampur, saring untuk memisahkan air dan ampasnya. Minum air tersebut dengan rutin 1 kali sehari sebelum sarapan pagi. Baca juga 35 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

√31. Rambut Berkilau, Lembut Dan Bercahaya.
Alpukat juga bisa dimanfaatkan untuk membuat rambuat jadi berkilau, lembut, dan bercahaya. Caranya sebagai berikut:

  • Ambil 1 buah daging alpukat.
  • Haluskan kemudian tambahkan 1 buah kuning telur dan setengah sendok teh minyak zaitun, aduk hingga rata.
  • Oleskan pada rambut sambil dipijat halus.
  • Diamkan selama 25 menit kemudian bilas dengan shampoo dan kondisioner sampai bersih.



Demikianlah penjelasan mengenai alpukat atau alpuket yang bisa saya sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat. Amin!

Referensi:
Dari berbagai sumber 

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: