IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi

Jumat, 31 Maret 2017

16 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


Wortel - BiriBisi

Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang sangat terkenal diseluruh dunia, tidak terkecuali dinegara tercinta saya, yaitu Indonesia.
Didaerah saya yang beriklim sedang cenderung panas tidak terdapat tanaman wortel, kecuali didaerah pegunungan yang beriklim sejuk.

Namun demikian, walau ditempat saya tinggal didataran rendah di Jawa Tengah Indonesia ini tidak bisa ditanami sayuran wortel, tetapi setiap hari ketersediaan sayuran wortel selalu melimpah dipasar-pasar, baik dipasar tradisional ataupun dipasar swalayan. Lihat juga Khasiat Dan Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

Ia dipasok atau didatangkan dari daerah-daerah pegunungan sekitar yang beriklim sejuk. Sayuran yang satu ini memang sudah sangat akrab sekali dengan masyarakat Indonesia, karena sayuran ini bisa dibuat untuk berbagai keperluan para ibu dari mulai untuk sayur sop sampai untuk campuan kueh bakwan atau didaerah lain di Indonesia ada yang menyebutnya dengan istilah kueh bala-bala. Kueh bakwan ini memang bisa dibuat tanpa diberi campuran sayur wortel, namun akan lebih nikmat jika dicampuri sayuran wortel.


Rasa khas sayuran wortel dan rasa manis yang ada pada wortel itu akan membuat kueh bakwan menjadi sangat istimewa, sehingga rasa kueh bakwan akan menjadi sangat lezat. Hemm, nyam-nyam-nyam-nyam-nyam!


Berikut ini saya sajikan untuk anda resep kueh bakwan istimewa yang sangat lezat.


Bakwan Udang Istimewa

Bahan:
250 gr tepung terigu
150 gram kol, iris sesuai selera
150 gran tauge
150 gr udang kupas
1 buah wortel ukuran sedang, iris-iris kecil seperti korek api
1 batang daun bawang, iris-iris kecil
3 batang daun seledri, iris-iris kecil

Bumbu Halus:

5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 bks kaldu ayam
10 buah cabe rawit iris tipis

Pelengkap:

cabe rawit atau saos sambal

Cara Membuat:

Aduk terigu dan bumbu yang sudah dihaluskan dengan air secukupnya hingga rata, jangan terlalu kental, sedang-sedang saja.
Cuci bersih kol, tauge, wortel, daun seledri dan daun bawang, masukan ke adonan tepung, aduk hingga rata.
Masukan udang yg telah dikupas, aduk hingga rata, tambakan garam dan kaldu ayam secukupnya.
Panaskan minyak goreng, goreng adonan dengan menggunan sendok sayur, hingga kuning ke emasan, angkat dan tiriskan, agar tidak terlalu berminyak.
Selamat Menikmati!

Tanaman Sayuran Wortel

Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 - 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah yang cukup besar untuk ukuran sayur-sayuran, berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih, dan rasa yang manis langu. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya.

Penggunaan Sayuran Wortel - BiriBisi

Wortel dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Pada wortel mentah hanya terdapat 3% β-ririencha yang dilepaskan selama proses pencernaan, proses ini dapat ditingkatkan hingga 39% melalui pulping, memasaknya dan menambahkan minyak sawit. Bisa juga dengan cara di buat jus wortel dan kandungan vitaminnya hampir sama dengan wortel yang dimakan begitu saja.

Budidaya Sayuran Wortel - BiriBisi 

Untuk mendapatkan hasil yang optimal tanaman wortel harus dibudidayakan di dataran dengan ketinggian minimal 1000 m dpl dengan temperatur udara optimal 15 -21 derajat Celsius. Karena itu di Jawa Indonesia kebun wortel biasa ditemukan di daerah Batu, Nongkojajar, Dieng, Priangan dan lain-lain, yaitu disuatu dataran dengan ketinggian diatas 1000 m dpl.

Produksi Tumbuhan Pendamping Meningkat - BiriBisi

Wortel dapat menaikkan jumlah produksi tomat, jika ditanam berdampingan secara tumpang sari, karena jika wortel dibiarkan berbunga, ia akan mengeluarkan aroma herbal yang menarik tawon predator untuk datang dan membunuh hama kebun tersebut, sehingga tanaman yang ditanam berdampingan dengannya akan terhindar dari hama tersebut. Baca juga Khasiat Dan Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Sayuran Wortel - BiriBisi

Wortel mengandung banyak vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi wortel secara rutin dan teratur baik untuk penglihatan mata, ia akan membuat pandangan mata menjadi lebih tajam dan bisa meningkatkan jarak pandannya menjadi lebih jauh lagi.

Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B9, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium.


Kandungan gizi dan nutrisi wortel per 100 gram:

Energi 41 Kcal 2%
Karbohidrat 9,58 g 7%
Protein 0.93 g 1.5%
Total Lemak 0.24 g 1%
Kolesterol 0 mg 0%
Diet Serat 2,8 g 7%
Vitamin
Folat 19 mg 5%
Niacin 0.983 mg 6%
Asam pantotenat 0,273 mg 5,5%
Pyridoxine 0.138 mg 10%
Riboflavin 0.058 mg 4%
Thiamin 0,066 mg 6%
Vitamin A 16.706 IU 57%
Vitamin C 5,9 mg 10%
Vitamin K 13.2 mg 11% Elektrolit
Sodium 69 mg 4,5%
Kalium 320 mg 6,5%
Mineral
Kalsium 33 mg 3%
Tembaga 0,045 mg 5%
Besi 0,30 mg 4%
Magnesium 12 mg 3%
Mangan 0,143 mg 6%
Fosfor 35 mg 5%
Selenium 0,1 mg <1%
Seng 0,24 mg 2% Phyto-nutrisi
Karoten-α 3427 ug –
Karoten-ß 8285 ug –
Crypto-xanthin-ß 0 mg –
Lutein-zeaxanthin 256 mg –
(Sumber: USDA)

Manfaat Kandungan Karbohidrat Dalam Sayuran Wortel:

Sumber energi utama bagi tubuh. 
Menjadi energi yang siap dipakai tubuh secara spontan.
Memfasilitasi semua jaringan dan sel-sel di dalam tubuh untuk menggunakan glukosa menjadi energi.
Mengoptimalkan kinerja otak, jantung, sistem saraf pusat, dan ginjal agar berfungsi dengan baik.
Membantu proses pembersihan limbah yang berada di dalam usus.

Manfaat Kandungan Protein Dalam Sayuran Wortel:

Membentuk otot. Nutrisi berupa protein sangat diperlukan untuk pembentukan otot. Para atlet ataupun binaragawan memerlukan cukup protein agar proses perombakan otot menjadi bentuk baru berjalan lancar.
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tubuh dengan imunitas lemah akan mudah terserang penyakit. Sistem imun akan meningkat jika kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi. Protein di sini berperan membantu meningkatkan sistem imun. Perlu Anda ketahui juga bahwa sel darah putih terbuat dari protein yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah cukup untuk mencegah serangan virus dan bakteri di dalam darah.
Menyeimbangkan produksi hormon. Keseimbangan hormon dalam tubuh akan mempengaruhi kondisi kesehatan. Protein akan membantu pelepasan berbagai hormon, termasuk hormon testosteron dan pertumbuhan. Fungsi lain dari protein adalah menunjang proses sekresi.
Menyeimbangkan pH tubuh. Protein juga dapat menjaga keseimbangan asam basa dan cairan dalam tubuh.
Sebagai zat pengatur. Protein berperan sebagai zat pengatur proses metabolisme dalam bentuk enzim dan hormon. Kedua bentuk tersebut harus berkesinambungan agar terjadi hubungan yang harmonis.
Menurunkan sifat. Dalam kromosom, protein berguna untuk menyimpan sekaligus meneruskan sifat keturunan (genetik) dalam bentuk genes. Dalam genes tersimpan codon untuk sintesa protein enzim tertentu yang menurunkan metabolisme dari orang tua kepada anaknya, hingga generasi selanjutnya secara berkesinambungan.

Manfaat Kandungan Vitamin A Dalam Sayuran Wortel:

Merawat mata. Vitamin A memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan indra penglihatan manusia. Vitamin A bekerja dengan cara menyalurkan objek yang ditangkap oleh retina ke otak menjadi suatu gambar. Senyawa yang berperan di sini adalah retinol.
Mencegah kanker. Vitamin A dalam wortel dapat menekan pertumbuhan DNA yang memicu pertumbuhan sel kanker.
Antioksidan. Bekerja sebagai antioksidan yang dikenal dengan beta-karoten. Fungsi senyawa ini adalah menangkal radikal bebas yang berasal dari oksidasi tubuh ataupun polusi kendaraan.

Manfaat Kandungan Vitamin K Dalam Sayuran Wortel:

Membekukan darah. Proses pembekuan darah akan berjalan normal bila tubuh tidak kekurangan vitamin K (Koagulasi). Jika proses koagulasi terganggu karena defisiensi vitamin ini, akan timbul permasalahan seperti lamanya proses penyembuhan luka.
Mencegah diabetes. Peneliti menemukan kehebatan Vitamin K1 dalam menangkal diabetes dengan cara mengurangi risiko resistensi insulin.
Memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis. Banyak jurnal kesehatan yang menyebutkan bahwa vitamin K1 berguna untuk memperkuat struktur tulang kuat, sehingga penyakit tulang keropos atau osteoporosis dapat dicegah. Vitamin K ini bekerja dengan membantu senyawa osteokalsin yang bertugas untuk menyerap mineral agar terbentuk struktur tulang yang kuat.

Manfaat Kandungan Vitamin B Dalam Sayuran Wortel:

Memelihara sistem pencernaan. Vitamin B merupakan jenis vitamin yang larut dalam air. Di dalam tubuh, vitamin ini memperbaiki dan memelihara sistem pencernaan dan membentuk asam klorida (HCL) yang dipergunakan untuk memecah lemak, protein, dan karbohidrat.
Meningkatkan memori. Vitamin ini berperan membangun dinding pelindung disekitar neuron otak yang memberi efek pada peningkatan memori dan konsentrasi.
Memecah homosistein. Homosistein merupakan asam amino yang dapat meracuni sel-sel saraf. Untuk mengatasinya dibutuhkan vitamin B agar homosistein dipecahkan. Lihat juga 30 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

Manfaat Sayuran Wortel Untuk Kesehatan Dan Kecantikan - BiriBisi

Wortel adalah buah atau sayuran yang mempunyai warna khas yang cukup menarik, yaitu oranye terang. Buah ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat dunia dengan dijadikan berbagai macam olahan masakan atau campuran masakan.

Didaerah saya buah wortel ini sering dijadikan campuran masakan sayur sop, acar yang dikombinasikan dengan buah mentimun, buah nanas, cabe rawit, bawang merah, dan garam. Dan yang lebih populer lagi dijadikan campuran dalam kueh bakwan udang. Dan masih bayak lagi dan masih banyak lagi.


Selain dikonsumsi sebagai pelengkap makanan pokok, wortel juga banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal itu karena wortel mengandung cukup gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam setiap harinya.


Karena itu sayuran wortel sering digunakan untuk merawat kulit tubuh agar terlihat bersih bersinar, untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, berkat kandungan seratnya yang mampu menaikkan feses hingga 25%, sehingga masalah sembelit bisa diselesaikan dengan baik, untuk menjaga kesehatan gigi, untuk meningkatkam kecerdasan anak dan lai-lain dan lain-lain.


Tak heran apabila seekor kelinci mampu bergerak dengan cepat dan lincah serta memiliki warna gigi yang putih cemerlang dan mata yang jernih, juga pandangan yang tajam, karena hewan ini pemakan wortel yang rakus.


Berikut ini saya sajikan untuk anda manfaat buah wortel untuk kesehatan dan kecantikan secara spesifik:

1. Kesehatan Mata.

Wortel kaya akan betakaroten (vitamin A), yaitu suatu zat gizi penting yang diperlukan oleh mata. Senyawa ini memang tidak dapat menyembuhkan kebutaan, namun dapat menjaga kesehatan mata dan memperbaiki kondisinya yang diakibatkan oleh kekurangan vitamin A. 

Dan sifatnya yang antioksidan itu dapat mencegah mata dari penyakit katarak dan degenerasi makula yang kerap menimpa para lansia (orang lanjut usia).


2. Menurunkan Kolesterol.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Robertson dkk menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi 200 g wortel mentah dalam setiap harinya selama 3 minggu, mendapati kolesterolnya turun sebanyak 11%.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University, AS juga mempublikasikan bahwa mereka yang mengkonsumsi wortel 5 kali dalam seminggu akan menurunkan resiko stroke hingga 68%.


Sedangkan dari hasil penelitian yang dilakukan di Universitas Brussels diketahui bahwa vitamin A yang terkandung di dalam sayur wortel dapat mencegah cacat dan kematian akibat stroke.


Diperkirakan penurunan kadar kolesterol ini berkat kandungan calcium pectate, yaitu sejenis serat larut.


3. Mencegah Berbagai Macam Penyakit Kanker.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Marilyn Menkes, Ph.D di State University New York menunjukkan, orang yang didalam tubuhnya rendah kadar betakarotennya berisiko terkena kanker paru-paru. 

Karenanya, dia menganjurkan agar para perokok secara rutin dan teratur mau mengkonsumsi wortel dan bahan makanan lainnya yang tinggi karotennya untuk mencegah kanker paru.


Selain kanker paru, betakaroten serta senyawa lainnya yang terdapat pada buah wortel yang juga bersifat antioksidan dapat mencegah kanker mulut, kanker tenggorok, kanker lambung, kanker usus, kanker saluran kemih, kanker pankreas, dan kanker payudara.


Namun untuk mendapatkan manfaat tersebut dari buah wortel, buah wortel perlu dimasak terlebih dahulu. Ini bertujuan agar senyawa karotennya bisa terurai dan dengan dimasak terlebih dahulu kadar karoten yang terdapat pada buah wortel akan naik menjadi 2 atau 5 kali lipatnya. Lihat juga 26 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan.


4. Mengatasi Sembelit.

Serat yang terkandung pada buah wortel bisa menaikkan volume feses hingga 25% sehingga BAB (buang air besar) akan menjadi lancar. Itu berarti masalah sembelit atau susah buang air besar bisa diselesaikan dengan baik.

5. Membuat Kulit Tampak Bercahaya.

Memounyai kulit bersih dan bersinar merupakan salah satu hal yang diidam-idamkan oleh setiap orang, terlebih oleh seorang wanita. Karena dengan kulit yang bersih dan bersinar penampilan seseorang akan terlihat lebih menarik dan menawan.

Namun, untuk mendapatkan manfaat yang diidam-idamkan dari buah wortel tersebut, anda perlu mengkonsumsinya secara rutin dan teratur. Dan jangan lupa bantulah dengan perawatan kulit dari luar menggunakan ramuan masker wajah yang terbuat dari buah wortel yang dipadu dengan madu. 


Konsumsi wortel secara rutin dan teratur akan mencerahkan kulit anda dari dalam, sedangkan masker wajah akan membersihkan dan mencerahkan kulit anda dari luar. Hal itu bisa terjadi karena buah wortel sarat akan vitamin C dan antioksidan, sehingga ia bisa membantu anda untuk mendapatkan kulit bersih dan bersinar.


6. Merelaksasi Kulit Wajah Selepas Kerja.

Membiarkan wajah terlalu lama terkena paparan sinar matahari adalah hal yang tidak baik bagi kesehatan kulit. Anda mungkin pernah merasakan kulit wajah anda seakan terasa tidak nyaman tak lama setelahnya.

Perasaan tersebut bisa terjadi karena kulit wajah anda menjadi tegang, kotor, berdebu, dan lelah akibat terpaan sinar matahari yang yang mengenai kulit anda secara langsung dan dalam waktu yang cukup lama.


Sebaiknya selepas melakukan aktifitas diluar ruangan yang cukup lama, anda mau meluangkan sedikit waktu untuk memberikan perhatian lebih pada wajah anda. Gunakanlah facial spray yang terbuat dari wortel, berikut ini caranya:

Ambil satu buah wortel, bersihkan dengan mengiris sedikit bagian kulitnya hingga kotoran yang menempel terangkat.
Blender hingga menjadi pasta yang cukup kental, jangan lupa berikan sedikit air sebelum diblender.
Campurkan pasta wortel ke dalam air mawar secukupnya, aduk hingga larut, saring.
Masukkan ke dalam botol semprot yang sudah dibersihkan.
Semprotkan langsung cairan yang sudah anda buat kewajah anda.

Apabila anda mau melakukan ini secara rutin, maka anda akan mendapatkan wajah tetap segar dan sehat.


7. Melembabkan Wajah.

Salah satu manfaat wortel adalah bisa dipergunakan untuk melembabkan kulit wajah, yakni bisa dijadikan sebagai pelembab alami. Anda mungkin belum tahu bagaimana cara membuat pelembab wajah alami dari buah wortel. Berikut ini cara membuatnya.

Bahan:

Parut wortel secukupnya, ambil sebanyak 2 sendok teh.
Madu murni dan susu krim, masing-masing sebanyak 1 sendok teh.
Minyak zaitun beberapa tetes saja

Cara Membuat:

Campur semua bahan jadi satu dalam wadah kecil.
Aduk-aduk sampai rata sambil dipencet-pencet.

Cara Menggunakan:

Basahi permukaan kulit wajah dengan air hangat, sambil dipijat pelan-pelan agar pori-pori terbuka. Keringkan dengan cara ditepuk pelan-pelan pakai tangan.
Gunakan masker wortel yang sudah jadi secara merata, biarkan 10-15 menit.
Bersihkan masker dengan air dingin secara pelan-pelan.
Keringkan dengan cara menepuk-nepukkan kedua tangan secara lembut.
Dalam sekejap anda akan merasakan bahwa wortel benar-benar bisa memberi manfaat yang mengagumkan bagi wajah anda.
Selamat mencoba!
Baca juga 46 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan.

8. Mempercepat Penyembuhan Luka.

Diantara manfaat sayuran wortel adalah dapat mempercepat penyembuhan luka pada kulit. Ini dikarenakan adanya sifat anti-inflamasi pada sayuran wortel yang mampu merevitalisasi sekaligus meratakan warna kulit.

Untuk keperluan tersebut anda bisa memarut wortel mentah, kemudian tapalkan pada luka. Lakukan pengobatan ini secara rutin sampai luka yang terdapat pada kulit anda sembuh.


9. Mencegah Dan Mengobati Penyakit Kulit.

Sayuran wortel juga dapat digunakan untuk mencegah sekaligus mengobati berbagai macam penyakit yang menyerang kulit, seperti jerawat, ruam merah, dermatitis atau radang kulit, dan penyakit kulit lain yang terjadi karena defisiensi vitamin A. 

Sesungguhnya kandungan antioksidan yang terdapat pada sayuran wortellah yang berperan penting dalam menangani semua penyakit tersebut. Tetapi anda tidak boleh berlebih-lebihan dalam mengkonsumsinya, karena justru bisa membahayakan kesehatan kulit anda.


10. Mengatasi Kulit Kering.

Kulit kering merupakan masalah klasik yang biasa dialami oleh kaum pria, namun tidak menutup kemungkinan kaum perempuan juga mengalaminya. Kekurangan kalium merupakan salah satu faktor pemicu kulit menjadi kering. 

Namun masalahl itu bisa diatasi dengan mengkonsumsi wortel secara rutin dan teratur, karena didalam sayuran wortel terkandung banyak kalium yang bisa disuplai untuk kebutuhan anda, sehingga kulit tubuh anda akan kembali lembab dan kenyal. Bahkan bukan hanya kulit kering saja yang bisa diatasi oleh wortel, tetapi jika anda mengalami dehidrasipun, maka jus wortel juga mampu menghidrasi tubuh anda dengan efektif.


11. Sebagai Sun Block Alami.

Mengkonsumsi wortel secara rutin dan teratur juga bisa bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan kulit seakan terbakar. Hal itu bisa terjadi karena wortel mempunyai kandungan anti oksidan dan beta-karoten.

Untuk mendapatkan manfaat wortel sebagai sun-block alami anda hanya perlu mengkunsumsinya saja secara rutin dan teratur, tidak perlu mengoleskannya secara langsung kekulit.


12. Menjaga Elastisitas Kulit.

Vitamin C dalam wortel dapat mengoptimalkan produksi kolagen yang sangat diperlukan tubuh. Kolagen sendiri merupakan sejenis protein yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit. Dengan terjaganya elastisitas kulit, maka masalah seperti keriput akan tercegah.

Anda bisa tampak awet muda karena wortel dapat mencegah penuaan dini. Vitamin A yang merupakan antioksidan kuat juga membantu menyangkal radikal bebas yang mendatangkan gejala penuaan seperti kulit keriput, pigmen yang abnormal, dan warna kulit yang tidak merata.


13. Menghilangkan Noda Pada Wajah.

Noda pada wajah bisa timbul karena jerawat yang membekas atau sering pula disebut flek hitam. Problem kecantikan ini dapat dihilangkan dengan bantuan wortel yang secara efektif mampu membersihkan noda yang menempel pada kulit. Caranya anda hanya perlu mengoleskan parutan sayuran wortel pada wajah secara rutin dan teratur. Lakukan ini minimal tiga kali dalam seminggu.

14. Mengurangi Kontokan Rambut.

Wortel sarat akan vitamin A dan karotenoid yang bisa menyuburkan rambut. Dengan terdorongnya pertumbuhan rambut yang sehat, anda akan terbebas dari masalah kerontokan rambut. Sirkulasi darah di sekitar kulit kepala menjadi semakin lancar karena semua vitamin yang terkandung dalam wortel akan bekerja sama dalam memberi dampak menyehatkan bagi rambut.

15. Merangsang  Pertumbuhan Rambut.

Hormon akan mempengaruhi pertumbuhan rambut setiap orang. Sayangnya, tidak semua orang mempunyai hormon yang secara sempurna bisa mendorong pertumbuhan rambut secara stabil. Karena itu sebagian orang ada yang mengalami ketipisan rambut dan bahkan ada yang mengalami kebotakan.

Wortel adalah adalah salah satu sayur-sayuran atau buah-buahan yang mampu merangsang pertumbuhan rambut dan membuat rambut jadi tebal dan lebat, sebab dalam wortel terkandung vitamin A dan E yang dapat membantu meningkatkan produksi folikel rambut. Konsumsilah jus wortel secara rutin dan teratur agar rambut anda menjadi sehat dan terbebas dari beragam masalahnya.


16. Membuat Rambut Berkilau.

Mengkonsumsi sayuran wortel secara rutin dan teratur juga bisa membantu untuk mengkilaukan rambut, karena didalam sayuran wortel terkandung Vitamin A yang cukup tinggi dan vitamin ini sangat penting bagi rambut, Dan dengan mengkonsumsi wortel secara rutin dan teratur anda tidak perlu lagi mengkonsumsi suplemen vitamin A.

Efek Samping Akibat Mengkonsumsi Wortel Secara Berlebih-lebihan - BiriBisi

Sejumlah manfaat wortel untuk kulit, rambut, dan kesehatan di atas bisa diperoleh apabila anda mengkonsumsinya dalam jumlah cukup, dan bukan lebih. Jika berlebihan wortel juga bisa menimbulkan efek samping bagi kesehatan yang cukup serius.

Berikut ini catatan efek samping yang mungkin terjadi apabila mengkonsumsi wortel secara berlebihan:


1. Tidak Aman Untuk Bayi.

Belum diketahui secara pasti apa alasannya. Tetapi beberapa peneliti melaporkan bahwa wortel tidak aman bila dikonsumsi untuk anak-anak, apalagi bayi. Jadi, disarankan agar anda hanya memberi wortel dengan porsi kecil saja untuk anak-anak.

2. Memicu Diabetes.

Efek samping ini menjadi kontra dari manfaat wortel untuk mencegah diabetes. Penderita diabetes lebih baik menghindari konsumsi wortel karena mengandung kadar gula yang tinggi. Bila tetap berkeinginan untuk mengkonsumsi wortel, maka konsumsilah dalam jumlah kecil.

3. Merubah Warna Kulit.

Berlebih-lebihan dalam mengkonsumsi wortel bisa memengaruhi warna kulit, karena pigmentasi yang tidak sempurna. Perubah warna kulit ini terjadi akibat tubuh mendapat asupan karetonoid berlebihan.

4. Menimbulkan Masalah Pada Perut.

Wortel mengandung serat dan karbohidrat yang cukup sulit dicerna oleh usus Sisa nutrisi ini akan difermentasi di dalam usus besar dan akan membentuk gas dalam usus, sehingga bisa menyebabkan kram perut, kembung, dan deposit gas.

5. Tidak Baik Bagi Wanita Menyusui.

Meski tinggi vitamin dan mineral yang baik untuk menunjang pertumbuhan bayi, namun terdapat pengecualian pada sayuran khusus wortel. Sebuah penelitian telah membuktikan adanya perubahan rasa ASI pada ibu menyusui yang mengonsumsi wortel dengan jumlah banyak. Jadi, alangkah baiknya bila anda mau mengurangi konsumsi sayuran ini.

6. Mengandung 26 Oestisida.

Penelitian menemukan 26 pestisida dalam wortel. Dari 26 pestisida, 8 berpeluang meningkatkan risiko kanker, 16 mengganggu hormon tubuh, 3 memengaruhi sistem saraf, dan sisanya bisa menimbulkan masalah reproduksi.
Baca juga 16 manfaat bangle untuk kesehatan disini.

Demikianlah uraian tentang sayuran wortel yang bisa saya sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat. Amin!


Referensi :

Dari berbagai sumber

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: