IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi

Sabtu, 25 Maret 2017

Sakit Kepala - Sebab, Gejala, Dan Pengobatannya


Sakit Kepala (Mumet / Pusing) - BiriBisi

Apabila kita mendengar ucapan sakit kepala, maka yang terbersit dibenak kita adalah suatu rasa sakit yang terdapat pada bagian kepala yang bukan karena luka.

Yah, memang demikanlah karakter dari sakit kepala. Namun sebetulnya ungkapan sakit kepala itu tidak hanya bermakna demikian, sebab pada kenyataanya ungkapan tersebut sering digunakan untuk menujukkan bahwa seseorang sedang menghadapi masalah yang amat sulit dpecahkan. Lihat juga 30 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Sakit kepala yang secara medis dikenal sebagai cephalalgia atau dilafalkan cephalgia adalah suatu kondisi terdapatnya rasa sakit didalam kepala. Terkadang sakit yang berada dibagian leher belakang atau dipunggung bagian atas juga sebagai sakit kepala. Jenis penyakit ini termasuk dalam keluhan-keluhan penyakit yang sering diutarakan.


Klasifikasi Sakit Kepala - BiriBisi

Sakit kepala adalah masalah universal, dengan prevalensi hampir 99%, dan merupakan alasan paling umum untuk rujukan neurologis. Sakit kepala bisa memiliki makna klinis sedikit akan tetapi juga mungkin menjadi pertanda adanya penyakit yang mengancam jiwa.

Rasa sakit pada kepala disebabkan oleh traksi/penarikan, perpindahan, peradangan, spasme dari pembuluh darah, atau distensi dari struktur di kepala atau leher yang sensitif terhadap rasa nyeri.


Salah satu jenis sakit kepala yang juga banyak dikeluhkan adalah sakit kepala sebelah atau migrain, yaitu sakit kepala yg disertai rasa nyeri berdenyut-denyut pada salah satu sisi bagian kepala saja dan timbul dalam bentuk serangan, biasanya terdapat pada wanita. 


Serangan sakit kepala migrain terasa lebih menyiksa dan terkadang datang tiba-tiba. Penderita migrain akan merasakan nyeri dan berdenyut-denyut seperti dipukuli dan ditarik-tarik dan biasanya disertai dengan gangguan saluran cerna seperti mual dan muntah. 


Penderitanya pun cenderung menjadi lebih sensitif terhadap cahaya, suara dan bau-bauan. Hal itu tentu amat mengganggu dan bisa menghambat segala aktifitas si penderita.


Kata migrain berasal dari bahasa Yunani yaitu hemicrania (hemi = setengah, cranium = tengkorak kepala). Serangan sakit kepala migrain dapat terjadi beberapa kali setahun sampai beberapa kali seminggu, dengan lama serangan biasanya 1-2 jam.


Migrain atau sakit kepala sebelah sebenarnya belum diketahui secara pasti penyebabnya. Namun, diperkirakan jenis sakit kepala ini disebabkan karena adanya hiperaktifitas impuls listrik otak yang meningkatkan aliran darah di otak sehingga terjadi pelebaran pembuluh darah otak serta proses inflamasi (luka radang).


Ada juga Sakit kepala tipe ketegangan (tension type headache, atau TTH) cirinya adalah kedua sisi kepala seperti diremas dengan kencang, tetapi tidak disertai gejala lain (tidak mual, muntah, sensitif cahaya, dan lain-lain).


Sakit kepala sebagian besar bersifat primer yaitu tanpa ada penyakit yang mendasarinya seperti migrain, cluster, dan tension type headache. Meskipun demikian ada juga sakit kepala yang disebabkan oleh sebuah proses yang mendasari penyakit atau kondisi atau biasa disebut sakit kepala sekunder, dimana kondisi ini harus menjadi fokus awal dalam evaluasi diagnostik sakit kepala.


Manifestasi dari penyakit sistemik yang mendasari dapat membantu dalam diagnosis etiologi sakit kepala dan harus selalu dicari. Karena jika sampai terlambat bisa berakibat fatal.


Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dari sakit kepala yang menjadi pertanda sakit kepala sekunder.


1. Profil temporal/waktu.sakit kepala yang akut/mendadak menunjukkan penyebab vaskular. Dalam hal ini, yang paling dipertimbangkan sebagai diagnostik serius adalah perdarahan ''subarachnoid'', perdarahan dari malformasi arteriovenosa, hipofisis pitam, dan perdarahan ke dalam lesi massa. Jika ditemukan keluhan ini pemeriksaan CT-scan merupakan pemeriksaan tambahan yang disarankan.


2. Profil lain yang mengkhawatirkan adalah percepatan pola sakit kepala. Paling umum, pola ini terjadi pada pasien yang telah menggunakan obat analgesik secara berlebihan, tetapi juga ada kemungkinan penyebabnya akibat lesi massa yang membesar seperti tumor atau hematoma subdural.


Sebuah sakit kepala yang baru saja dialami oleh pasien dengan keganasan atau orang yang yang immunocompromised harus selalu diselidiki. Karena pertimbangan diagnostik metastasis, carcinomatous atau infeksi meningitis, dan abses otak.


Pasien dengan sakit kepala yang juga disertai demam, leher kaku, ruam, atau tanda-tanda lain dari penyakit sistemik juga perlu dicurigai terkena penyakit infeksi seperti: Meningitis, Ensefalitis, penyakit Lyme, dan infeksi sistemik yang berhubungan dengan sakit kepala. Baca juga 35 Manfaat Mengkudu Untuk Kesehatan.


1. Penurunan berat badan terakhir mungkin menyertai keganasan, arteritis sel raksasa, atau depresi.


2. Demam atau kedinginan mungkin menunjukkan infeksi sistemik atau meningitis.


3. Dispnea atau gejala lain dari penyakit jantung meningkatkan kemungkinan endokarditis infektif subakut dan abses otak yang dihasilkan.


4. Gangguan visual menunjukkan kelainan mata (misalnya, glaukoma), migrain, atau proses intrakranial yang melibatkan saraf optik atau saluran atau jalur penglihatan sentral.


5. Mual dan muntah yang umum di migrain dan sakit kepala biasanya merupakan tanda sindrom pasca trauma atau dapat dilihat sebagai perkembangan dari lesi massa. 


Beberapa pasien dengan migrain juga melaporkan bahwa diare bisa turut menyertai serangan.


1. Fotofobia mungkin menonjol di migrain dan meningitisakut atau perdarahan subarachnoid.


2. Mialgia sering menyertai tension type headache, namun bisa juga akibat dari infeksi virus ataupun arteritis sel raksasa.


3. Ipsilateral:satu sisi rinore dan lakrimasi selama sakit kepala menandakan serangan cluster.


4. Kehilangan kesadaran sementara mungkin diakibatkan karena migrain atau neuralgia glosofaringeal.


Meskipun banyak orang di masyarakat umumnya mengalami tension type headache (TTH) dibanding migrain, akan tetapi sebagian besar orang yang menderita sakit kepala mencari pengobatan ketika menderita migrain. 


Lebih dari 90% dari 1203 pasien konsultasi dokter umum datang dengan keluhan sakit kepala didiagnosis dengan migrain sebagai penyebab keluhan mereka. Meskipun prevalensi pasien dokter umum yang didiagnosis migrain cukup banyak di antara pasien sakit kepala, akan tetapi pasien sendiri seringkali yakin bahwa sakit kepala yang mereka alami diakibatkan oleh penyakit sinus.


Berbagai macam Sebab Sakit Kepala - BiriBisi

1. Ketegangan Emosional. 
Beban pekerjaan yang terlalu berat sering sekali memicu rasa nyut-nyutan dikepala. Semua hal yang menimbulkan ketegangan atau stres akan membuat kita lebih mudah terserang sakit kepala atau migrain.

2/3 orang menganggap stres sebagai pemicu munculnya sakit kepala yang sebenarnya. Biasanya mereka akan berkata “Aku sakit kepala karena sedang stres dan banyak pikiran”. Padahal dalam dunia medis, sakit kepala sebenarnya muncul setelah stres tersebut hilang.


Hal ini dapat terjadi karena saat stres hilang tubuh sebenarnya telah memproduksi hormon pelawan stres tersebut, namun karena sudah sembuh hormon tersebut tidak berguna dan akhirnya menyebabkan munculnya pelebaran pembuluh darah pada otak.


Dan sakit kepala yang disebabkan oleh ketegangan emosional ini disebut dengan istilah sakit kepala fungsional atau tension headache.


Gejala-gejalanya biasanya diawali dengan ketegangan di otot leher, bahu, dan tengkorak yang diakibatkan oleh tekanan emosional. Dan sakit kepala yang semacam ini sakitnya selalu diawali dari bagian belakang kepala, kemudian merambat ke depan, lalu kebagian kedua sisi kepala.


Pijatan ringan di bagian-bagian tersebut biasanya bisa untuk mengurangi rasa sakitnya, tetapi setelah beberapa saat kemudian keluhan-keluhan tersebut akan kembali muncul.


2. Perubahan Hormonal.

Penyebab sakit kepala pada wanita sebagian besar karena pengaruh sistem hormonal dalam tubuh. Ketika seorang wanita sedang mengalami menstruasi, hormon estrogen dalam tubuh mereka naik cukup drastis. Hormon inilah yang kemudian menjadi pemicu sakit kepala.

Kamu tidak bisa menghindari siklus menstruasi agar tidak terserang sakit kepala, bahkan menggunakan bantuan dokter sekalipun. Sebab sakit kepala tersebut muncul dikarenakan gejala secara alamiah.


Sakit kepala yang diakibakan oleh perubahan hormonal ini biasanya berupa sakit kepala berat yang terjadi di salah satu bagian sisi kepala. Umumnya sakit kepala yang satu ini dirasakan lebih berat ketimbang sakit kepala yang diakibatkan oleh ketegangan.


Serangan sakit kepala migrain atau sakit kepala yg disertai rasa nyeri berdenyut-denyut pada salah satu sisi bagian kepala saja yang timbul dalam bentuk serangan ini biasanya lebih sering terhadap perempuan, kasusnya ¾ terdapat pada perempuan dan ¼-nya terhadap laki-laki. Penyebabnya yang terutama adalah karena perubahan yang bersifat hormonal.


Migrain dapat mempengaruhi anak maupun orang dewasa. Sebelum pubertas, anak laki-laki dan perempuan dipengaruhi sama oleh sakit kepala migrain, tapi setelah pubertas, perempuan lebih sering dari laki-laki. Diperkirakan bahwa 6% dari laki-laki dan sampai 18% wanita akan mengalami sakit kepala migrain dalam hidup mereka.


Sakit kepala migrain ditandai dengan sakit kepala berdenyut hebat atau sensasi berdenyut di satu daerah kepala (sakit kepala sebelah) dan umumnya disertai mual, muntah, dan kepekaan yang ekstrim terhadap cahaya dan suara.


Serangan migrain dapat menyebabkan rasa sakit yang signifikan selama berjam-jam sampai sehari dan penderita akan lebih nyaman berada di tempat gelap, tempat yang tenang untuk berbaring.


Beberapa migrain didahului atau disertai dengan gejala peringatan sensorik (aura) pada penglihatannya, seperti kilatan cahaya, bintik-bintik buta, atau kesemutan di lengan atau kaki.


3. Cuaca Tidak Menentu.

Serangan sakit kepala bisa terjadi karena adanya pengaruh cuaca setiap hari. Perubahan cuaca dalam waktu cepat dapat menimbulkan munculnya rasa sakit dikepala.

Misalnya, ketika kita sedang berada di ruangan ber-AC yang cukup dingin. Setelah kita keluar dari ruangan tersebut dan berada di luar yang panas, maka secara otomatis proses kimiawi dalam otak berubah. Dari sinilah muncul rasa sakit kepala tersebut.


Dalam sebuah studi diketahui bahwa 7,5% responden mengalami sakit kepala saat udara panas.


4. Program Diet.

Jika anda sedang melakukan diet sehat, maka pastikan makanan yang dikonsumsi itu cukup gizi dan nutrisi untuk tubuh. Sebab 9 dari 10 orang yang menjalani diet mengalami sakit kepala mencengkram akibat kurangnya konsumsi makanan-makanan bernutrisi.

Adapun jenis makanan yang dapat memicu munculnya sakit kepala antar lain adalah buah-buahan masam, kacang-kacangan, makanan ber-MSG tinggi, daging awetan, makanan instan, junkfood, dan masih banyak lagi. Hindarilah makanan-makanan tersebut sebisa mungkin.


5. Kurang Minum.

Dehidrasi dapat menjadi penyebab sakit kepala sebelah (migrain). Untuk mengatasinya anda dapat mengonsumsi cairan secukup mungkin. Namun konsumsi cairan tertentu malah justru memicu sakit kepala, seperti konsumsi teh dan kopi.

Yang terbaik adalah mengkonsumsi air putih saja, karena air ini 100 % murni dan tidak menyebabkan munculnya gangguan. Bahkan para ahli mengatakan air putih dapat menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Usahakan selalu mengkonsumsi air putih yang cukup untuk setiap harinya, jangan terlalu sedikit ataupun terlalu banyak.


6. Kurang Tidur.

Pola tidur yang tidak diatur dengan baik, akan menyebabkan munculnya sakit kepala yang berdenyut-denyut. Oleh karennya perbaiki waktu tidur anda dengan cara tidak melakukan begadang setiap malam dan usahakan bagun secara rutin sesuai kebiasaan setiap harinya.

Perbaikilah waktu tidur anda, tetapi jangan menambah jam tidur anda melebihi waktu tidur yang ideal, sebab tidur banyak bisa membuat otak mengalami gangguan penegangan. Menurut para ahli waktu tidur yang ideal adalah 8 jam sehari.


7. Aroma Terlalu Menyengat.

Aroma busuk yang terlalu menyengat juga bisa menimbulkan kepala menjadi pusing, bahkan aroma-aroma wangi yang terlalu menyangat.

Belum diketahui secara pasti kenapa hal itu bisa terjadi, tetapi para ahli menduga bahwa bau-bauan yang terlalu menyengat dapat merangsang sistem saraf.


8. Perlakuan Terhadap Rambut. 

Cara kita dalam memperlakukan rambut juga bisa berpengaruh terhadap kepada kepala. Mengikat rambut terlalu kencang bisa membuat jaringan tisu di kepala menjadi tegang dan mengundang sakit kepala. Bando, jepit rambut, juga topi yang terlalu sempit bisa menyebabkan terjadinya sakit kepala.

9. Aktifitas Fisik Terlalu Berlebihan. 

Melakukan olahraga yang terlalu keras, termasuk melakukan hubungan intim (seks) juga bisa menyebabkan sakit kepala.

Kegiatan fisik yang berlebihan akan membuat pembuluh darah di kepala dan leher menjadi bengkak dan tertekan dan menyebabkan terjadinya serangan sakit kepala migrain.


Olahraga memang merupakan aktivitas fisik yang cukup penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun memforsir olahraga secara berlebihan dapat menyebabkan sirkulasi darah pada bagian otak dan leher meningkat, sehingga menyebabkan munculnya sakit kepala.


Para ahli menyarankan agar kita tidak melakukan olahraga secara berlebihan, maksimal 4 kali dalam seminggu. Dan masing-masing dari olahraga tersebut mempunyai durasi waktu ± 30 menitan saja.


10. Keadaan Tubuh.

Bukan hanya olahraga yang memeras keringat saja yang bisa menyebabkan tekanan terhadap otot leher dan kepala. Keadaan tubuh yang terbentuk dari kebiasaan sehari-hari pun bisa menyebabkan terjadinya sakit kepala. 

Seperti kebiasaan duduk dengan posisi bahu membungkuk, duduk tanpa sandaran, menatap layar monitor komputer yang posisinya terlalu tinggi atau terlalu rendah, atau mengapit telepon antara kuping dan pundak.


Bila akhir-akhir ini anda sering terserang sakit kepala, maka kinilah saatnya bagi anda untuk merubah kebiasaan-kebiasaan tersebut yang ternyata berdampak buruk pada kesehatan anda.


11. Akibat Trauma.

Sakit kepala Ini sering terjadi sebagai akibat dari suatu kecelakaan. Meski hanya mengalami cedera sedikit saja dikepala, tetapi itu mungkin bisa mengakibatkan terjadinya sakit kepala dikemudian hari.

Sakit kepala akibat trauma ini kadang-kadang muncul setelah berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah terjadinya cedera dan dapat berlangsung hingga setahun setelah trauma.


12. Makanan Mengandung Tyramine.

Salah satu pemicu terjadinya sakit kepala adalah makanan tertentu. Sering terjadi makanan tetentu, seperti keju bisa menyebabkan sakit kepala sebelah atau migrain. Ini bisa terjadi terhadap seseorang yang mempunyai sejarah penyakit sakit kepala migrain. Penyebabnya adalah tyramine yang terbentuk dari protein yang sudah dipecah, yang ada dalam keju.

Ada banyak sekali makanan yang mengandung tiramin tinggi. Kandungan tiramin ini dapat menjadi pemicu sakit kepala secara langsung, bahkan hanya memerlukan 30 menit saja untuk menimbulkan rasa sakit kepala tersebut.


Makanan-makanan yang mengandung tiramin antara lain seperti keju, acar, bawang merah, minyak zaitun, biji-bijian, avokad, kacang-kacangan, sup dalam kaleng, dan masih banyak lagi.


13. Minuman Keras. 

Tyramine juga bisa ditemukan didalam red wine dan minuman keras. Alkohol yang terkadung dalam minuman itu akan meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga akan mengakibatkan kepala menjadi pusing.

Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa mengkonsumsi alkohol berlebihan dapat menjadi penyebab sakit kepala. Jenis alkohol anggur merah dikatakan efeknya lebih parah dari anggur putih.


Umumnya mereka yang mengalami sakit kepala setelah mengkonsumsi anggur, akan mengalami gejala yang sama ketika mengkonsumsi cokelat.


14.Telat Makan.

Perut keroncongan gara-gara tidak sempat serapan pagi atau telat makan siang bagi sebagian orang bisa menjadi penyebab terjadinya sakit kepala.

Selain bisa mengakibatkan pusing kepala, perut kosong juga bisa membuat gula darah turun, akibatnya tubuh akan terasa lemas. Segeralah makan dengan makanan yang mempunyai gizi seimbang dan dengan kadar yang cukup.


Bukan hanya perut keroncongan saja yang bisa menjadi penyebab munculnya sakit kepala, tetapi mengkonsumsi makanan secara berlebihan juga dapat menyebabkannya, karena konsumsi makanan berlebihan akan menyebabkan kadar gula darah naik secara drastis.


Hindari mengisi perut kosong dengan mengkonsumsi makanan yang manis-manis, seperti cokelat dan lain-lain, sebab unsur gula dari makanan manis bisa membuat gula darah melambung tinggi, kemudian turun menjadi lebih rendah lagi.


Solusinya adalah konsumsilah makanan dalam jumlah yang cukup saja, jangan berlebih-lebihan, baik dari segi porsi makanannya ataupun jumlah kalorinya. Usahakan selalu bersarapan setiap pagi sebelum melakukan aktivitas dan melakukan makan siang tepat pada waktunya.


15. Minuman Dingin.

Mengkonsumsi es krim ataupun minuman es lainnya memang cukup menyegarkan, terutama ketika cuaca sedang panas-panasnya. Namun tahukah anda sebenarnya minuman dingin dapat memicu timbulnya sakit kepala?

Menurut para ahli, sakit kepala dapat muncul disebabkan oleh minuman dingin, karena minuman dingin dapat mengakibatkan adanya penegangan pada bagian saraf otak dan leher. 


Meskipun sakit kepala biasanya hanya muncul ± 30-60 menit, namun jika dilakukan secara terus menerus, maka akan menyebabkan sakit kepala permanen.


16. Alergi.

Alergi juga bisa memicu terjadinya sakit kepala. Sakit kepala krena alergi ini sering dikuti dengan gejala hidung meler, mata berair, dan kerongkongan sakit.

Kemunculan sakit kepala ini dapat ditimbulkan oleh makanan-makanan tertentu atau segala sesuatu yang bisa menimbulkan alergi.


17. Merokok.

Untuk sebagian orang merokok juga bisa menjadi penyebab datangnya sakit kepala. Bahkan bukan cuma bagi orang yang mengisapnya saja, tetapi juga bisa menjadi penyebab terjadinya sakit kepala bagi orang yang berada sekitarnya yang biasa disebut dengan istilah perokok pasif.

Karena kandungan nikotin yang terdapat pada rokok bisa menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah yang menuju otak, sehingga mengakibatkan aliran darah ke otak menjadi berkurang. Baca juga 21 Manfaat Nanas Untuk Kesehatan.


18. Kopi.

Orang-orang yang sering menderita sakit kepala biasanya sangat akrab dengan minuman yang bernama kopi. Kopi adalah sumber kafein yang tinggi, sejatinya kafein inilah zat yang bisa memicu datangnya serangan sakit kepala.

Kopi merupakan salah satu penyebab sakit kepala bagian belakang, sakit kepala migrain, dan bahkan penyebab sakit kepala berpanjangan. Hal ini dapat terjadi karena kopi mengandung senyawa kafein yang dapat membuat sistem saraf menjadi lebih tegang.


Selain dapat menyebabkan gangguan saraf, konsumsi minuman berkafein seperti mocca, cokelat, kopi, dan lainnya juga dapat menyebabkan sirkulasi darah meningkat. Bahkan jika berlebihan, kamu akan berpotensi terserang penyakit jantung dan hipertensi.


Itulah delapan belas hal yang dapat memicu terjadinya sakit kepala. Yang beberapa diantaranya mungkin tidak anda sadari akan mampu menimbulkan terjadinya sakit kepala yang teramat sangat.


Oleh karena itu, waspadalah terhadap kebiasaan-kebiasaan anda, dan yang terpenting adalah jagalah tubuh anda agar selalu dalam kondisi yang terbaik dan menjaganya untuk selalu berada dalam posisi yang ternyaman saat melakukan aktifitas sehari-hari, jangan memaksakan diri.


Perhatian!

Jika anda kurang yakin tentang penyebab sakit kepala yang sebenarnya, maka silahkan membuat sebuah catatan kecil mengenai hal-hal yang telah anda lakukan, termasuk dalam mengkonsumsi makanan-makanan tertentu.

Dengan melihat catatan tersebut, maka anda akan bisa mengetahui penyebabnya dan bisa melakukan langkah-langkah pencegahannya sejak dini.


Cobalah anda selidiki sebab-sebabnya secara mendetail dan teliti. Mungkin ada gigi yang berlubang, tidak lancar buang air besar, kurang tidur, kurang udara segar, pengaruh rokok, makanan buruk, kacamata tidak cocok, tersengat terik matahari, atau mengidap suatu penyakit infeksi, dan lain sebagainya.


Kemudian obatilah penyebabnya. Obat-obat sakit kepala seperti APC, Thermagon, Acetozal, Aspro, dan lain-lain itu sifatnya hanya simtomatis, yakni sekedar dapat mengurangi rasa sakitnya, tetapi tidak memberantas sebab-sebabnya.


Carilah obat yang aman dan tentu saja yang ampuh. Berikut ini saya sajikan untuk anda resep-resep obat herbal alami yang mudah dibuat dan aman digunakan.


Resep Obat Tradisional Sakit Kepala - BiriBisi


RESEP OBAT GOSOK

1. Resep Obat Gosok 01
Bahan:
Bangle 2 jari diparut untuk menggosok dahi, pelipis, dan tengkuk.



2. Resep Obat Gosok 02

Bahan:
Jahe 2 jari diparut untuk menggosok dahi, pelipis, dan tengkuk.



3. Resep Obat Gosok 03
Bahan:
Daun sangket ditumbuk dicampur minyak gandapura.





RESEP OBAT MINUM

1. Resep Obat Minum 01
Bahan:
10 gram jahe, iris-iris tipis
30 gram bunga matahari
1 butir telur ayam kampung
600 cc air bersih

Cara Membuat:

Semua bahan, termasuk telur ayam yang utuh direbus dalam 600 cc air hingga tersisa 300cc. Angkat, dinginkan, saring.
Untuk diminum 2 kali sehari, pagi dan sore sebelum makan.
Makanlah telur yang masih utuh setelah minum ramuannya.
Lakukan pengobatan ini sampai sakit kepalanya hilang.





2. Resep Obat Minum 02
Bahan:
15 gram jahe, iris-iris tipis
15 gram bunga kenanga
400 cc air bersih

Cara Membuat:

Semua bahan direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc.
Saring airnya kemudian diminum semuanya selagi masih hangat.
Lakukan pengobatan ini 2 kali sehari sampai sembuh.



3. Resep Obat Minum 03
Bahan:
3-4 empat lembar daun alpukat segar
1 gelas air panas

Cara Membuat:

Daun alpukat segar dicuci hingga bersih, remas-remas, kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas.
Setelah dingin, airnya diminum satu kali sehari sebanyak satu gelas.



4. Resep Obat Minum 04
Bahan:
10 sampai 15 gram daun kayu putih
3 gelas air bersih

Cara Membuat:

Daun kayu putih direbus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Angkat, saring.
Miminum selagi masih hangat.
Lakukan pengobatan ini secara rutin satu kali sehari.



5. Resep Obat Minum 05
Sirup jahe murni.
Minum 1 sendok makan sirup jahe murni sebanyak 2 kali sehari, pagi ± ¼ jam sebelum makan dan sore hari. Cara membuat sirup jahe, lihat disini.

6. Resep Obat Minum 06

Sirup temu lawak asli
Minum 1 sendok makan sirup temu lawak asli sebanyak 2 kali sehari, pagi ± ¼ jam sebelum makan dan sore hari. Cara membuat sirup temu lawak, lihat disini.



7. Resep Obat Minum 07

Minum wedang teh kental 1 gelas, diberi air jeruk nipis 1 sendok makan dan sedikit garam, tanpa gula, tapi boleh pakai madu.









RESEP OBAT MAKAN

1. Resep Obat Minum 01
Seikat daun dan batang kangkung direbus sampai masak, dimakan sebagai lalapan.



Demikianlah penjelasan mengenai sakit kepala, penyebab sakit kepala, resep-resep obat herbal tradisional sakit kepala, dan lain-lain. Semoga bermanfaat. Amin!


Referensi:

Dari berbagai sumber

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: