IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi
Page Hits Counter

Rabu, 22 Maret 2017

21 Manfaat Nanas Untuk Kesehatan


Nanas (Danas) - BiriBisi Nanas adalah tanaman tropis dan subtropis, buahnya berbentuk bulat panjang, yang berukuran sedang berdiameter ± 10cm dengan panjang ± 20cm, kulit buahnya bersusun sisik, berbiji mata banyak, daunnya panjang, berserat, dan berduri pada kedua belah sisinya; Ananas comosus.


Buah nanas sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, karena rasanya yang manis asam (masam) dan menyegarkan. Buah nanas bisa dimakan secara langsung atau bisa juga dijadikan jajanan yang lezat, seperti dibuat kueh cake nanas atau dibuat dodol nanas. Lihat juga Khasiat Fan Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Dan Kecantikan.

Penulis sendiri lebih suka nanas yang dibuat minuman buah dengan dicampur beberapa buah lainnya, seperti buah melon dan kolang-kaling. Minuman ini sangat mudah dibuat, rasanya benar-benar nikmat dan menyegarkan, apalagi saat dibuat takjilan untuk berbuka puas. Segar dan nikmat!

Berikut ini saya sajikan untuk anda resep minuman segar buah nanas:

Es Buah Nanas Nikmat Sederhana

Bahan:

  • Nanas 1 buah, kupas, potong-potong dadu
  • Alpukat 1 buah
  • Gula pasir secukupnya
  • Air es secukupnya


Cara Membuat:

  • Larutkan gula pasir dengan air dingin secukupnya.
  • Potong-potong dadu buah nanas dan alpukat.
  • Sajikan dalam gelas saji.
  • Selamat menikmati!


Nanas, nenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). 

Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah, herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal.

Buahnya dalam bahasa Inggris disebut sebagai pineapple karena bentuknya yang seperti pohon pinus. Nama 'nanas' berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini: anana, yang bermakna "buah yang sangat baik".

Burung penghisap madu (hummingbird) merupakan penyerbuk alamiah dari buah ini, meskipun berbagai serangga juga memiliki peran yang sama.

Buah nanas sebagaimana yang dijual orang bukanlah buah sejati, melainkan gabungan buah-buah sejati (bekasnya terlihat dari setiap 'sisik' pada kulit buahnya) yang dalam perkembangannya tergabung bersama-sama dengan tongkol (spadix) bunga majemuk menjadi satu 'buah' besar.

Nanas yang dibudidayakan orang sudah kehilangan kemampuan memperbanyak secara seksual, namun ia mengembangkan tanaman muda (bagian 'mahkota' buah) yang merupakan sarana perbanyakan secara vegetatif. nanas meningkatkan pencernaan dan mengurangi jerawat.

Di Indonesia, provinsi Lampung merupakan daerah penanaman nanas utama, dengan beberapa pabrik pengolahan nanas juga terdapat di sana.

Buah nanas termasuk buah tropis yang rasanya sangat lezat, dan juga memiliki banyak manfaat nutrisi untuk kesehatan tubuh.

Buah ini terasa manis asam (masam), sangat enak untuk dikonsumsi, dan akan terasa lebih nikmat ketika dikonsumsi dalam bentuk jus atau es buah.

Kandungan Nutrisi Buah Nanas

Nanas kaya akan vitamin A dan C yang bersifat antioksidan. Selain itu juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, mangan, zat besi, thiamin, natrium, kalium, gula buah (sukrosa), serta enzim bromelain, suatu enzim protese yang bekerja sebagai pemecah protein. Nanas juga mengandung cukup banyak serat.

A. Nilai Gizi Dari 100 gram Buah Nanas:

  • Energi: 52 kal
  • Protein: 0,4 g
  • Lemak: 0,2 g
  • Fosfor: 11 mg
  • Zat Besi: 0,3 mg
  • Vitamin A: 130 IU
  • Serat: 0,4 g
  • Kalsium: 16 mg
  • Vitamin C: 24 mg
  • Karbohidrat: 13,7 g
  • Vitamin B1: 0,08 mg
  • Air: 85,3 g


B. Nilai Gizi Dari 100 gram Buah Nanas:
%AKG*

  • Lemak Total0.1g 0%
  • Lemak Jenuh 0g 0%
  • Lemak Trans 0g
  • Kolesterol 0mg 0%
  • Natrium/Sodium 1mg 0%
  • Karbohidrat Total 13g 4%
  • Serat Pangan 1.4g 6%
  • Gula 9.85g
  • Protein 0.54g 1%
  • Vitamin A0.33%
  • Vitamin C53.11%
  • Kalsium1.3%
  • Zat Besi3.625%
  • Asam Folat1.8%

*Persen AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 Kkal. Kebutuhan energi anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah.

Info kalori atau energi
Jumlah kalori termasuk kalori dari lemak adalah 50 Kkal, dan termasuk dalam kalori sedang (antara 40 - 400 Kkal)
Kadar lemak, Kolesterol dan Garam
Lemak = Rendah
Kolesterol = Rendah
Garam = Rendah
    
Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa buah yang segar dan manis sedikit asam ini mengandung banyak vitamin C, untuk per 100 gramya terdapat 53.11% dari Angka Kebutuhan Gizi (AKG) harian . Disamping itu nanas juga mengandung kalsium dan lain-lainnya.

Buah nanas yang kaya akan vitamin dan mineral, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh ini bisa disajikan dengan berbagai cara, sesuka hati kita, seperti dipotong-potong untuk dimakan secara langsung, dibuat es buah, dibuat jus atau bisa juga disajikan dengan dimasak dulu, seperti dibuat kolak nanas, dibuat dodol dan lain-lain.

Manfaat Buah Nanas Untuk kesehatan

Walaupun saat ini sudah banyak jus nanas olahan yang umumnya banyak dijual  di supermarket, tetapi dengan membuat jus nanas sendiri, maka hal itu akan lebih baik, lebih hemat dan tentu lebih meyakinkan.

Karena bisa saja jus olahan yang dibuat dipabrik itu mengandung gula berlebih, mengandung pengawet, atau yang lainnya yang tidak kita harapkan.

Seperti halnya buah jeruk, didalam buah nanas segar juga terkandung banyak vitamin dan serat, kandungan vitamin C-nya juga cukup banyak, disamping itu terkandung juga zat bromelain. 

Buah nanas ini juga rendah kolesterol, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi, tetapi walau demikian jangan dikonsumsi secara berlebih-lebihan, karena segala sesuatu kalau berlebih-lebihan akan berdampak negatif. Bukankah makan berlebih-lebihan juga akan berdampak negatif?!

Manfaat Buah Nanas Untuk Keshatan

Buah nanas yang benar-benar terasa segar dan nikmat saat diminum setelah lelah bekerja seharian atau saat diminum untuk berbuka puasa ini, manfaatnya juga tidak kalah baiknya dibandingkan rasanya.

Menyuruh anak untuk membiasakan mengkonsumsi buah nanas juga amat baik, karena buah nanas ini juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang-tulang mereka.

Demikian juga bagi orang-orang tua, mengkonsumsi buah nanas bagi mereka juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang mereka, sehingga tulangnya tetap kuat dan tidak rapuh. Baca juga Khasiat Dan Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

Buah nanas yang nikmat dan menyegarkan dan mempunyai kandungan nutrisi dan gizi yang cukup lengkap ini sangat tepat bila dijadikan buah yang dimasukkan dalam daftar menu makanan sehari-hari kita, karena buah yang satu ini mempunyai banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh kita.

Berikut ini saya sajikan untuk anda beberapa manfaat dari buah nanas:

√1. Meremajakan Kulit.

Disamping sebagai minuman yang manis asam (masam) dan nikmat, jus nanas juga mengandung vitamin dan asam askorbat. 

Nanas juga mengandung Array yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama untuk kulit. Nanas merupakan salah satu buah yang menjadi sumber vitamin C yang baik.

Vitamin C memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan serta elastisitas kulit tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi jus nanas, dapat menghindarkan kulit tubuh dari dehidrasi dan dapat menghilangkan sel-sel kulit yang mati.

√2.Mengatasi Peradangan Kulit.
Buah nanas dapat digunakan untuk mengatasi masalah peradangan kulit. Caranya, ambil setengah bagian buah nanas yang sudah masak. Kupas kulitnya, lalu parut. Pakai hasil parutan nanas untuk menggosok bagian kulit yang mengelupas dan bersisik. Lakukan kegiatan ini pada malam hari sebelum tidur. Esok harinya, baru dicuci.

√3. Menjaga Kesehatan Tulang.
Salah satu manfaat dari buah nanas adalah membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Hal ini karena adanya kandungan magnesium dan kalsium pada buah nanas yang bermanfaat untuk membantu dalam memperkuat tulang dan juga jaringan ikat.

Kandungan Magnesium dan kalsium pada buah nanas bermanfaat untuk membantu dalam memperkuat tulang dan juga jaringan ikat.

Buah nanas juga merupakan salah satu buah yang diketahui mengandung enzim Bromelain. Enzim ini berguna untuk menyembuhkan beberapa penyakit, terutama baik untuk penyembuhan dan mengurangi tingkat peradangan.


√4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh (Sistem Imun).
Vitamin C dalam nanas dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena efek antioksidan yang kuat. Selain itu nanas juga mengandung asam amino, baik yang esensial maupun non-esensial. Zat asam amino membantu peningkatan sistem kekebalan tubuh dan menjaga ketersediaan energi pada tubuh agar tidak kelelahan.

√5. Mencegah Kanker.
Mengkonsumsi buah nanas secara rutin dan teratur juga bisa mencegah terjadinya penyakit kanker. Ini bisa terjadi karena didalam buah nanas terkandung senyawa bromelain yang dikenal sebagai zat anti kanker.

Pada penelitian yang dilakukan Queensland Institute of Medical Research menunjukkan hasil bahwa terdapat dua molekul penting yang ada pada kandungan bromelain, yakni CCS dan CCZ.

CCS berfungsi untuk menahan protein Ras yang ditemukan pada 30 % penyakit kanker.

Adapun CCZ berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, guna mengenali dan menghancurkan sel kanker.

Kedua molekul tersebut diyakini berkhasiat dalam mencegah perkembangan sel-sel tumor pada payudara, paru-paru, usus besar, ovarium, dan melanoma.

√6. Mengurangi Rasa Sakit Akibat Kemoterapi.
Selain itu, kandungan bromelain dipercaya berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit dan dampak negatif setelah menjalani kemoterapi (pencegahan dan penyembuhan terhadap suatu penyakit dengan memasukkan bahan kimia ke dalam tubuh).

√7. Menangkal Radikal Bebas.
Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang diperlukan oleh tubuh untuk melawan kerusakan sel akibat radikal bebas. Buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, untuk buah nanas seberat 100 gram terkandung vitamin C sebanyak ± 53.11% dari angka kebutuhan gizi harian tubuh

Disamping itu Vitamin C juga bermanfaat untuk mencegah penumpukan plak pada arteri atherosclerosis yang dapat menimbulkan penyakit jantung. Lihat juga 30 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan.

√8. Pencahar Alami Untuk Mengatasi Sembelit.
Sembelit adalah keadaan sukar atau tidak dapat buang air besar, karena terdapat kotoran keras dalam usus. Sembelit dapat disebabkan karena kurangnya makanan berserat. Dan buah nanas adalah salah satu dari buah-buahan yang mengadung serat, sehingga dengan mengkonsumsinya akan membantu kekurangan serat yang dialami oleh tubuh.

Untuk meramu buah nanas sebagai stimulan aksatif yang dapat mengatasi sembelit itu tidak sulit. Cukup ambil buah nanas matang, lalu dijus. Untuk anak-anak yang menderita sembelit ringan, sebaiknya minum setengah cangkir jus nanas setiap pagi.

Sedang untuk orang dewasa dengan sembelit ringan, yang disarankan adalah minum segelas jus nanas, kemudian setelah ± 15 menit diikuti dengan minum segelas air putih.

√9. Mengatasi Cacingan, Menyehatkan Ginjal & Organ hati.
Dalam buah Nanas juga terdapat kandungan serat yang penting untuk menyehatkan dan mengoptimalkan kerja usus, yang juga dapat mengobati cacingan dan menghilangkan (membuang) penumpukan racun yang ada dalam organ ginjal dan organ hati.

Caranya, minum jus buah nanas yang belum terlalu masak dan rasanya masih asam.

√10. Mengatasi perut kembung.
Mengkonsumsi buah nanas, baik dikonsumsi secara langsung, dibuat es buah, atau dengan dibuat jus akan dapat mengatasi perut kembung. Hal itu bisa terjadi karena dalam buah nanas terkandung zat bromelain, yaitu sebuah zat yang mampu membantu memecah makanan sehingga dapat mengurangi perut kembung.

Selain itu bromelain juga efektif untuk mencegah peradangan setelah operasi, mengobati pembengkakan hidung saat mengalami infeksi sinusitis, dan mengurangi rasa sakit dari osteoartritis.

√11. Mengobati Asam Urat.
Memkonsumsi buah nanas secara rutin dan teratur juga dapat mengobati asam urat, sebab dalam buah nanas terdapat kandungan enzim bromelain dan kandungan kalium yang bersifat diuretik dan efektif dalam membantu mengatasi masalah asam urat. 

Namun, jangan mengkonsumsi buah nanas yang sudah lama dipetik, yang sudah terlalu matang dan gembur, sehingga sudah mengandung alkohol, karena kandungan alkoholnya justeru akan mengakibatkan kenaikan kadar asam urat.

√12. Menurunkan Tekanan Darah.
Berkat kandungan kaliumnya, buah nanas bermanfaat untuk membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Sedang seratnya mampu mencegah penyerapan lemak di saluran cerna, sehingga tidak terjadi penimbunan lemak dalam pembuluh darah yang bisa berakibat naiknya tekanan darah. Baca juga 35 Manfaat Mengkudu Untuk Kesehatan.

√13. Mengatasi Rasa Nyeri. 
Jus buah nanas segar merupakan minuman yang patut dikonsumsi oleh para binaragawan. Hal itu karena didalam buah nanas terdapat kandungan enzim bromelain yang bermanfaat untuk mengatasi rasa sakit pada otot tubuh. 

Bukan itu saja, kandungan bromelain yang terdapat pada buah nanas ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi nyeri sendi dan berperan dalam meminimalisir terjadinya pembekuan darah. Namun manfaat yang sangat mengagumkan ini hanya akan bisa diperoleh, apabila buah nanas dikonsumsi secara rutin dan teratur.

√14. Menyehatkan Pencernaan.
Mengkonsumsi buah nanas secara rutin dan teratur dalam dosis yang cukup, tidak berlebih-lebihan akan memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan pencernaan, karena nanas mengandung serat, yaitu salah satu nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga keteraturan usus.

Disamping itu enzim alami yang terkandung dalam buah nanas juga memainkan peran penting dalam peningkatan fungsi usus. Buah nanas juga kaya akan vitamin C, sehingga bisa membantu tubuh menjadi lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit.

Enzim bromelain yang terkandung dalam buah nanas juga berperan dalam memecah protein dalam makanan, dengan tujuan agar makanan bisa dicerna dengan baik di dalam usus.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Clinical Immunology 2008 lalu, diketahui bahwa kandungan bromelain memiliki sifat anti inflamasi, yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya peradangan dan penyakit pada usus besar, yang salah satunya mencegah cacingan.

√15. Meredakan Peradangan.
Nanas juga merupakan salah satu buah yang diketahui mengandung enzim Bromelain. Enzim ini berguna untuk menyembuhkan beberapa penyakit, terutama baik untuk penyembuhan dan mengurangi tingkat peradangan.

Kandungan bromelain bisa berperan sebagai zat anti peradangan, anti pengentalan darah, dan anti kanker.

Pada penelitian yang dilakukan para ahli, memberikan hasil bahwa mengkonsumsi buah nanas secara rutin dan teratur dapat membantu melawan arthritis dan juga masalah pencernaan.

Kandungan bromelain sering dimanfaatkan dalam mengatasi masalah peradangan pada kulit.

Seperti untuk mengobati memar di tubuh, keseleo, mengurangi bengkak, serta dapat mengurangi rasa sakit yang diderita.

√16. Penyembuhan Cepat.
Dalam buah nanas terdapat kandungan zat bromelain yang bersifat anti-inflamasi yang bermanfaat juga untuk membantu penyembuhan infeksi dan luka dengan lebih cepat.

Agar luka menjadi cepat sembuh, untuk obat luarnya, bisa mengoleskan jus nanas pada tempat yang sakit.

Rasanya memang perih dan sedikit menyakitkan, tetapi jus nanas ini dapat membantu membersihkan luka dan membuat proses penyembuhan lebih cepat.

√17. Menurunkan Berat Badan Dan Melangsingkannya.
Mengkonsumsi buah nanas secara rutin dan teratur juga dapat menurunkan berat badan. Ini bisa terjadi karena adanya enzim proteiolitik dalam kandungan buah nanas yang kerjanya menghambat penyerapan lemak dalam saluran pencernaan hingga bisa terbuang bersama feses. Selain itu, vitamin C yang terkandung didalamnya juga bisa menggiatkan proses pembakaran lemak, sehingga tidak menumpuk di dalam tubuh.

Kekayaan nutrisi pada buah nanas seperti vitamin A, C, tiamin, tembaga dan serat sudah tidak diragukan lagi. Namun salah satu yang cukup banyak andil adalah enzim bromelain. Enzim ini diyakini mampu mengurangi masalah lemak yang berlebih pada daerah sekitar perut dan pinggul, juga membantu pencernaan pada usus.

Pada sehuah penelitian diketahui, bahwa mengkonsumsi jus nanas bisa membantu pembakaran lemak, karena didalam buah nanas terkandung enzim bromelain. Enzim bromelain ini akan bekerja sama dengan enzim lain yang terdapat pada perut yaitu enzim lipase, untuk mencerna kandungan lemak pada makanan yang dimakan.

Selain itu, kedua enzim ini juga dapat menurunkan nafsu makan dan membuat pembuangan sekresi lemak menjadi lebih optimal. Sehingga lemak-lemak tersebut dapat terbantu untuk dikeluarkan dari tubuh.

√18. Pencegahan Degenerasi Makula.
Degenerasi makula adalah suatu kondisi orang dewasa yang mengalami kehilangan penglihatan. Gangguan ini menyebabkan kesulitan untuk membaca dan mengenali sesuatu dengan benar.

Zat beta karoten yang terdapat pada kandungan wortel, juga terdapat dalam kandungan buah nanas. Zat ini bisa membuat penglihatan menjadi tajam dan terang. Namun untuk bisa mendapatkan manfaat dari zat ini anda harus mengkonsumsi buah nanas secara rutin dan teratur.

√19. Membuat jantung bekerja stabil.
Dalam 100 gram buah nanas terdapat kandungan vitamin C sebanyak 53.11% dari angka kebutuhan gizi harian tubuh. Vitamin C ini juga bermanfaat untuk mencegah penumpukan plak pada arteri atherosclerosis yang dapat menimbulkan penyakit jantung.

Disamping vitamin C buah nanas ini juga mengandung serat dan kalium. Kandungan-kandungan tersebut berguna untuk mengontrol denyut jantung dalam memompa darah dan membuatnya tetap bekerja secara stabil.

Vitamin C dalam jumlah cukup baik pada buah nanas, beserta serat dan kalium sangat diperlukan untuk mendukung kesehatan jantung. Peningkatan asupan kalium yang disertai dengan menurunkan asupan natrium adalah perubahan pola makan yang paling penting untuk mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

Asupan tinggi kalium juga terkait dengan penurunan resiko stroke, mencegah kehilangan massa otot, menjaga kepadatan mineral tulang, serta menurunkan pembentukan batu ginjal. Lihat juga 37 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan.

Demikianlah uraian tentang buah nanas yang bisa saya sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat. Amin!

Referensi:
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Wikipedia Bahasa Indonesia
Dan sumber-sumber lainnya

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: