IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi

Minggu, 26 Maret 2017

46 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


Mentimun (
Cucumis Sativus) - BiriBisi
Mentimun, ketimun, atau timun (Cucumis sativus) adalah tumbuhan yg menjalar, bentuk buahnya bulat panjang, berwarna hijau, hijau muda, atau kuning, dimakan mentah sebagai lalap, dibuat acar, dan sebagainya.

Mentimun yang masih muda sangat enak dimakan, baik dimakan langsung dalam keadaan mentah ataupun dimasak terlebih dahulu. Penggunaan mentimun untuk dijadikan makanan sangat banyak dan bervariasi dari mulai sebagai lalapan, pedoyo (mentimun yang dikukus), es jus timun (mentimun yang dijus, diberi gula dan es batu, sangat enak untuk takjil) sampai dijadikan rujak oleg yang sangat enak rasanya, apalagi bila dimakan dengan kerupuk. Lezat!

Berikut ini saya sajikan untuk anda resep rujak uleg mentimun yang cukup enak rasanya itu:


Rujak Uleg Buah Mentimun Muda


Bahan:

2 buah mentimun, iris-iris tipis
4 buah belimbing, iris-iris tipis

Bumbu:

50 gram kacang goreng
50 gram gula merah
5 buah cabe rawit (bisa ditambah)
1/2 sdt garam
1/2 sdt terasi
1 biji asam Jawa
2 sendok makan kecap

pelengkap :

kerupuk

Cara Membuat:

Uleg semua bumbu sampai halus dan tercampur rata. Jangan lupa tes dulu rasanya.
Masukan mentimun dan belimbing ke dalam bumbu uleg, aduk rata sampai semuanya tertutup bumbu.
Selamat menikmati!

Mentimun, timun, atau ketimun (Cucumis sativus L.; suku labu-labuan atau Cucurbitaceae) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya. Baca juga 35 Manfaat Mengkudu Untuk Kesehatan.


Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan diseluruh dunia dan memiliki kandungan air cukup banyak didalamnya, sehingga berfungsi sebagai penyejuk. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta banyak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.


Habitus (perawakan) mentimun berupa herba lemah melata atau setengah merambat dan merupakan tanaman semusim, setelah berbunga dan berbuah tanaman mati. Perbungaannya berumah satu (monoecious) dengan tipe bunga jantan dan bunga hermafrodit (berkelamin ganda).


Bunga pertama yang dihasilkan, biasanya pada usia 4-5 minggu, adalah bunga jantan. Bunga-bunga selanjutnya adalah bunga hermafrodit apabila pertumbuhannya baik. Satu tumbuhan dapat menghasilkan 20 buah, namun dalam budidaya biasanya jumlah buah dibatasi untuk menghasilkan ukuran buah yang baik.


Buah berwarna hijau ketika muda dengan lurik-lurik putih kekuningan. Semakin buah masak warna luar buah berubah menjadi hijau pucat sampai putih. Bentuk buah memanjang seperti torpedo.


Daging buahnya perkembangan dari bagian mesokarp, berwarna kuning pucat sampai jingga terang. Buah dipanen ketika masih setengah masak dan biji belum masak fisiologi. Buah yang masak biasanya mengering dan biji dipanen, warnanya hitam.


Hama Dan Penyakit Tanaman Mentimun - BiriBisi

Hama yang ditemukan menyerang tanaman mentimun antara lain: kutu daun Aphis gossypii (Hemiptera: Aphididae), trips Thrips parvispinus (Tysanoptera: Tripidae), kutu kebul Trialeurodes vaporariorum (Hemiptera: Aleyrodidae), lalat pengorok daun Liriomyza huidobrensis (Diptera: Agromyzidae), kumbang daun Aulacophora similis (Coleoptera: Chrysomelidae), dan ulat daun Diaphania indica (Lepidoptera: Pyralidae). Selain itu juga dijumpai gejala buah bengkok, yang diduga disebabkan oleh serangan kepik Leptoglossus australis (Hemiptera: Coreidae).

Penyakit-penyakit penting yang terdapat pada lahan pertanaman mentimun adalah layu yang disebabkan nematoda puru akar Meloidogyne arenaria, embun bulu yang disebabkan Pseudoperonospora cubensis, bercak daun yang disebabkan Alternaria sp. dan Colletotrichum sp. dan penyakit mosaik mentimun yang disebabkan Cucumber Mosaic Virus (CMV).


Serangga hama yang banyak menimbulkan kerusakan berat dan kehilangan hasil panen adalah lalat pengorok daun L. huidobrensis dan kutudaun A. gossypii. Kehilangan hasil panen juga terjadi karena munculnya gejala buah bengkok, yang sebagian diduga disebabkan oleh serangan kepik L. australis.Virus-virus pada tanaman Cucurbitaceae dapat menyebabkan kegagalan panen dan kerugian ekonomi yang tinggi.


Salah satu virus yang terdapat pada Cucurbitaceae dan terbawa benih adalah Squash mosaic virus. SqMV berbahaya karena dapat menyebabkan kerugian yang sangat tinggi dan menjadi penghambat bagi negara penanam Cucurbitaceae seperti Indonesia.


Kandungan Gizi Dan Nutrisi Buah Mentimun - BiriBisi


A. Mentimun (Cucumis sativus) mentah, Nilai nutrisi per 100 gram:

Energi 15 Kcal <1%
Karbohidrat 3,63 g 3%
Protein 0,65 g 1%
Total Lemak 0.11 g 0.5%
Kolesterol 0 mg 0%
Diet Serat 0,5 g 1%
Vitamin
Folat 7 mg 2%
Niacin 0.098 mg <1%
Asam pantotenat 0.259 mg 5%
Pyridoxine 0.040 mg 3%
Riboflavin 0,033 mg 3%
Thiamin 0,027 mg 2%
Vitamin A 105 IU 3,5%
Vitamin C 2,8 mg 4,5%
Vitamin E 0,03 mg 0%
Vitamin K 16,4 mg 13,6% Elektrolit
Sodium 2 mg 0%
Kalium 147 mg 3%
Mineral
Kalsium 16 mg 1,6%
Besi 0,28 mg 3,5%
Magnesium 13 mg 3%
Mangan 0,079 mg 3,5%
Fosfor 24 mg 3%
Fosfor
Seng 0,20 mg 2%
Phyto-nutrisi
Karoten-ß 45 ug –
Crypto-xanthin-ß 26 ug –
Lutein-zeaxanthin 23 ug –
(Sumber: USDA )

B. Mentimun (Cucumis sativus) mentah, Nilai nutrisi per 100 gram:

Ketimun terdiri dari 95% air dan secara alami rendah kalori, lemak, kolesterol dan sodium. Menurut USDA National Database Gizi, 1 cangkir irisan mentimun dengan kulitnya (sekitar 119 gram) mengandung :

115 gram air

16 kalori
0,8 gram protein
0,2 gram lemak
2,9 gram karbohidrat (termasuk 0,9 gram serat dan 1,8 gram gula)
Di dalam secangkir ketimun ini, juga mencukupi kebutuhan harian zat seperti  11% dari vitamin K, 4% vitamin C, magnesium, kalium dan mangan dan 2% dari vitamin A, thiamin, riboflavin, B-6, folat, asam pantotenat, kalsium, zat besi, fosfor, seng dan tembaga.

C. Mentimun (Cucumis sativus) mentah, Nilai nutrisi per 100 gram:

Gula – 1,67 gm
Karbohidrat – 3,63 gm
Serat Diet – 0,5 gm
Riboflavin (Vitamin B2) – 0,033 mg
Niacin (Vitamin B3) – 0,098 mg
Asam Pantothenic (Vitamin B5) – 0,259 mg 
Thiamin (Vitamin B1) – 0,027 mg
Vitamin B6 – 0,040 mg
Lemak – 0,11 gm
Protein – 0,65 gm
Vitamin C – 2,8 mg
Asam Folat (Vitamin B9) – 7 μg
Zat besi – 0,28 mg
Calcium – 16 mg
Magnesium – 13 mg
Fosfor – 24 mg
Zinc- 0,20 mg
Potassium – 147 mg.

Manfaat Dan Kegunaan Buah Mentimun - BiriBisi

Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Kandungan air yang tinggi; vitamin A, B, dan C; serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika; membuat mentimun menjadi bagian penting dalam perawatan kulit.

Masker wajah yang mengandung sari mentimun digunakan untuk mengencangkan kulit. Asam askorbat dan asam caffeic yang hadir dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air, yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan di sekitar mata.


Mentimun/ketimun adalah sayuran yang banyak mengandung air dan bertekstur renyah, yang biasanya banyak di sajikan sebagai pelengkap untuk makan nasi, lalapan, salad, rujak, hingga sandwich. Kandungan kalori mentimun sangat rendah, namun ia mengandung banyak nutrisi daripada hanya sekedar air dan elektrolit. Bahkan hampir semua nutrisi yang diperlukan untuk diet seimbang terdapat dalam buah sayuran yang menyegarkan ini.


Ada banyak manfaat yang Luar biasa dari buah mentimun bagi kesehatan dan kecantikan. Mentimun yang rendah lemak jenuh, kolesterol, dan sodium ini juga sumber yang baik dari vitamin A, asam pantotenat, magnesium, fosfor dan magnesium.


Selain itu ia juga mengandung kalium, folat, karbohidrat, seng, Vitamin C dan Vitamin K. Semua nutrisi ini sangat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh, bahkan dapat mengobati penyakit dan meningkatkan proses dalam tubuh. Lihat juga 37 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan.


Khasiat Dan Manfaat Buah Mentimun Untuk Keshatan Dan Kecantikan - BiriBisi

Sayuran ini paling baik dipanen ketika masih muda, yaitu ketika dagingnya masih terasa lembut dan renyah. Rasanya yang sedikit manis, terutama jika dimakan mentah sebagai salad atau sandwich atau dalam bentuk jus ini membuat mentimun menjadi buah-buahan favorit bagi masyarakat Indonesia.

Tetapi dibalik itu semua mentimun mempunyai banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut ini khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan:


1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dan Mencegah Dehidrasi.

Vitamin C pada mentimun berperan aktif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit, baik karena perubahan cuaca atau karena yang lainnya. Kandungan air pada mentimun juga mampu mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

2. Sembelit.

Kalori mentimun sangat rendah, yaitu hanya 15 gram kalori per 100 gram .Tidak mengandung lemak atau kolesterol jenuh. Menkonsumsi mentimun bisa sebagai obat untuk mengatasi sembelit kronis.

3. Mencegah Gangguan Pencernaan.

Pada mentimun terdapat 2 komposisi dasar yang paling banyak keberadaannya, dan paling diperlukan untuk pencernaan yang sehat yaitu air dan serat. Kandungan serat dan air dalam mentimun yang melimpah dapat membersihkan usus dari racun.

Kulit mentimun yang mengandung serat larut juga membantu menambah kebutuhan buang air besar. Hal ini bisa membantu pergerakan makanan melalui saluran pencernaan dengan lebih cepat.


Kulit mentimun yang mengandung serat makanan yang tinggi ini juga dapat membantu untuk mengurangi sembelit, gangguan pencernaan dan mencegah penyakit lambung yang berkaitan dengan detoksifikasi usus.


4. Kandung Kemih & Ginjal.

Mentimun juga memiliki atribut penyembuhan bagi kondisi yang ada kaitannya dengan penyakit kandung kemih dan ginjal. Kandungan air dalam mentimun yang membantu fungsi ginjal dengan cara mempromosikan buang air kecil. Konsumsi sayuran ini secara teratur juga dapat melarutkan batu ginjal.

5. Mulas & Asam Lambung (Maag).

Masalah pencernaan seperti mulas, asam lambung, gastritis dan bahkan tukak lambung dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi rutin mentimun atau jus mentimun. Enzim yang disebut Erepsin dalam ketimun juga membantu dalam pencernaan protein.

6. Obat Cacing Pita.

Tidak hanya dagingnya, bijinyapun juga sangat bermanfaat. Biji mentimun dianggap sebagai obat alami untuk mengeluarkan cacing pita dari dalam saluran usus. Biji juga memiliki sifat anti inflamasi yang efektif untuk pengobatan pembengkakan selaput lendir hidung dan tenggorokan .

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi.

Ketimun adalah salah satu sumber kalium (potassium) terbaik, yaitu mengandung 147 miligram kalium per 100 gram. Senyawa Elektrolit yang ramah jantung ini bermanfaat mengurangi tingkat tekanan darah tinggi, mengurangi denyut jantung dengan meminimalkan efek dari natrium.

8. Menangkal Radikal Bebas.

Ketimun mengandung antioksidan seperti karoten, zea – xanthin dan lutein. Senyawa-senyawa ini bertindak sebagai pembersih radikal bebas yang umumnya menyebabkan penuaan dan penyakit terkait usia lainnya. Baca juga 21 Manfaat Nanas Untuk Kesehatan.

Ketimun memang kaya dengan beragam jenis antioksidan yang diantaranya adalah:


flavonoid

quercetin
apigenin
luteolin
kaempferol
termasuk vitamin C dan beta karoten.

Antioksidan dapat membantu melawan pertumbuhan gejala kanker dan menurunkan resiko penyakit kronis termasuk penyakit jantung.


9. Menyehatkan Jantung.

Kandungan kalium dalam mentimun seperti yang ada pada buah pisang, juga kandungan magnesium dan seratnya sangat baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi ataupun darah rendah. Keseimbangan kalium didalam maupun diluar sel-sel sangat penting bagi tubuh, untuk mengontrol keadaan tekanan darah dalam tubuh.

Sebagai elektrolit, kalium adalah ion yang memiliki muatan positif yang harus dipertahankan dalam konsentrasi tertentu (sekitar 30 kali lebih tinggi didalam sel daripada di luar sel) dalam rangka melaksanakan fungsinya. Hal ini meliputi interaksi zat terhadap sodium, untuk membantu transmisi impuls kontrol saraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung.


10. Membantu Menyembuhkan Gejala Rematik Dan Asam Urat.

Vitamin A, B, folat, kalium, dan magnesium dalam mentimun yang dicampur dengan jus wortel mampu meredakan nyeri astritis dan mampu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.


11. Mengurangi Peradangan.

Ekstrak mentimun juga dikenal untuk mengurangi peradangan, karena aktivitas enzim inflamasi pro seperti cyclo – oxyenase yang bekerja mencegah produksi oksida nitrat yang menyebabkan peradangan yang berlebihan.

12. Peningkatan Sirkulasi Darah.

Jus mentimun mengandung hormon yang sangat dibutuhkan oleh pankreas dalam memproduksi insulin yang sangat bermanfaat bagi pasien diabetes. Tembaga yang juga terkandung dalam mentimun juga membantu untuk menghasilkan sel darah yang sehat, dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

13. Mencegah Kanker.

Sayuran hijau segar ini juga mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol. Ini adalah 3 lignan sangat terkait dengan pengurangan risiko mengembangkan beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker usus, kanker ovarium, kanker rahim dan kanker prostat.

Ketika kita mengkonsumsi lignan, bakteri yang ditemukan di saluran pencernaan akan ditangkap oleh lignan ini, dan diubah menjadi enterolignans. Enterolignans ini mengikat ke reseptor estrogen, untuk mengurangi estrogen penyakit seperti terkait kanker.


14. Menjaga Kesehatan Mata.

Mungkin selama ini anda mengira bahwa sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan mata itu cuma wortel saja, karena wortel kaya akan vitamin A. Tetapi ternyata tidak demikian adanya, sebab mentimun juga bermanfaat bagi kesehatan mata, karena walaupun warna mentimun tidak merah, tetapi ia mengandung vitamin A yang cukup lumayan per 100 gramnyaá, yaitu sebanyak 105 IU atau memenuhi 3,5%. 

Meletakkan irisan mentimun pada kelopak mata juga mampu merelaksasi otot dan saraf mata, sehingga mata tidak mudah lelah yang dapat memicu penurunan kesehatan mata itu sendiri. Selain itu, mengkonsumsi mentimun juga dapat mencegah retensi air yang dapat memicu pembengkakan di sekitar mata.


15. Kesehatan Gigi, Mengobati Gusi, Dan Menghilangkan Bau Mulut. 

Mengunyah mentimun mentah dapat merangsang kelenjar air liur untuk memproduksi lebih banyak lagi dan dapat mengurangi zat asam dan alkali pada rongga mulut serta bekteri yang tumbuh di dalamnya.

Penyakit gusi seperti pyorrea secara efektif juga dapat diobati dengan mengkonsumsi ketimun. Mengkonsumsi ketimun juga baik untuk mendukung kesehatan gigi dengan mencegah timbulnya bau mulut. Fitokimia yang ada dalam sayuran ini akan mematikan bakteri penyebab bau mulut. 


Caranya adalah ambil seiris mentimun dan tekan-tekan ke langit-langit mulut dengan lidah selama 30 detik. Fitokimia akan mematikan bakteri penyebab bau mulut.


16. Menyembuhkan Mabuk & Sakit Kepala.

Ketimun juga bisa digunakan untuk menyembuhkan mabuk dan sakit kepala. Hal ini karena mentimun bisa membantu dehidrasi nutrisi tubuh, serta menghilangkan racun dari asupan alkohol. Makan beberapa iris mentimun sebelum tidur, vitamin B dan elektrolit dalam sayuran ini akan mengurangi intensitas mabuk dan sakit kepala.

17. Mengatur Tekanan Darah Dan Pereda Stres.

Mentimun memiliki sifat diuretik (pendorong produksi air seni), karena kandungan kalium dan kadar airnya tinggi. Juga mengandung mangan dan serat yang bermanfaat untuk mengatur tekanan darah, baik darah tinggi ataupun tekanan darah rendah. Uap yang dihasilkan dari mentimun yang dididihkan juga, jika dihirup bisa untuk pereda stres, menenangkan dan melemaskan otot-otot yang tegang dan indera.

18. Menghilangkan Racun.

Mentimun mengandung 95% air yang bermanfaat untuk menghidrasi tubuh dan menghilangkan racun. Kadar air yang tinggi dalam mentimun bekerja sebagai pembersih sistem dan mengeluarkan produk limbah untuk segera dibuang. Lihat juga 26 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan.

19. Menguatkan Tulang.

Sayuran ini juga mengandung Vitamin K , dimana kegunaan yang sangat penting dari vitamin tersebut adalah untuk memperkuat tulang dengan mempromosikan aktivitas orthotropic. Tingginya silika juga bermanfaat bagi kesehatan sendi dengan cara memperkuat jaringan ikat. Juga merupakan sumber kalsium yang baik, sehingga cocok untuk diet vegan (orang yang tifak makan daging, ikan, produk susu, atau telur). Mengkonsumsi cukup kalsium juga akan menjaga tubuh mendapatkan keseimbangan hormon dengan mengendalikan pelepasan hormon.

20. Menghambat Alzheimer,

Di dalam ketimun terdapat sejumlah zat yang bernama flavanol (fisetin), yang memiliki manfaat dalam peningkatan memori dan melindungi sel-sel saraf, dari penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Pada penelitian yang dilakukan melalui tikus, senyawa fisetin ini memberikan perlindungan secara progresif terhadap gangguan Alzheimer.

Tembaga dalam ketimun juga membantu neurotransmitter, keluarga kimia otak yang diperlukan untuk berkomunikasi. Hal ini juga membantu menghambat penyakit Alzheimer, dengan cara membatasi kerusakan netral dalam otak.


21. Menjaga Berat Badan.

Ketimun sangat rendah kalori, yang bekerja seperti manfaat apel untuk diet. Membuat camilan dengan mengisi satu cangkir mentimun, hanya mengandung 16 kalori. Serat larut dalam mentimun bertekstur seperti gel dalam usus, yang membantu untuk memperlambat pencernaan. Perut akan merasa kenyang lebih lama dan inilah yang merupakan salah satu alasan, mengapa makanan kaya serat dapat membantu mengontrol berat badan.

22. Menurunkan Kadar Gula Darah.

Mengkonsumsi mentimun bagi penderita diabetes itu amat baik, karena mentimun mengandung mineral mangan yang bermanfaat dalam proses sintesis hormon insulin dalam tubuh. Insulin adalah bio hormon yang dibentuk dalam pankreas yang mengendalikan kadar gula dl darah.

Khasiat Dan Manfaat Buah Mentimun Untuk Keshatan Kulit - BiriBisi

Sebagian besar produk perawatan rambut dan kulit dibuat dengan menggunakan mentimun sebagai salah satu bahan utamanya. Buah ketimun mentah juga banyak digunakan di banyak salon kecantikan dalam proses facial, yang bertujuan untuk mengurangi keriput dan bengkak di sekitar mata. Berikut beberapa manfaat utama mentimun bagi kulit:

23. Mengencangkan Kulit.

Manfaat terbesar dan paling penting dari mentimun bagi kulit adalah manfaat revitalisasi. Masker wajah yang mengandung sari mentimun bermanfaat untuk mengencangkan kulit.

24. Kulit Cerah.

Mengandung kandungan pemutih ringan yang dapat membalikkan taning pada kulit, sehingga kulit kembali muda dan bercahaya kembali.

25. Mencegah Pembengkakan Disekitar Mata.

Jika anda khawatir tentang kantung mata, maka mentimun bisa membantu anda. Asam askorbat dan asam caffeic dalam mentimun bisa membantu mengurangi pembengkakan di sekitar mata.

26. Tabir Surya.

Mentimun yang diiris atau dihaluskan yang dibalurkan pada kulit akan membantu masalah kulit akibat terbakar oleh sengatan sinar matahari. Hal ini merupakan cara alami, lembut dan murah untuk menangkal akibat buruk dari sengatan matahari yang terasa membakar.

27. Masker Wajah Alami.

Penggunaan paling umum lainnya adalah untuk meningkatkan peremajaan kulit. Tambahkan jus mentimun dengan beberapa tetes jus jeruk nipis, dan menggunakannya sebagai masker wajah. Hal ini akan memperbaiki kulit dan akan menambah kecerahan.



28. Penyegar.
Mentimun juga bisa anda gunakan untuk mengobati pori-pori terbuka. Ekstraklah sayuran ini dan gunakanlah sebagai toner. Anda juga bisa mencampurnya dengan cuka sari apel, bubur tomat dan gel Aloe Vera/lidah buaya agar bisa menjadi lebih efektif.





29. Menghilangkan Selulit.
Mentimun juga bisa membantu untuk membuang selulit pada paha. Campurkan beberapa sendok kopi bubuk dengan jus mentimun dan madu untuk membuat pasta tebal. Balurkan ini pada daerah yang terkena selulit, bungkus dengan kain muslin dan kelupas secara perlahan setelah 30 menit. Makan sayuran ini dalam keadaan segar juga dapat mengobati selulit .




30. Mencegah Noda Hitam Dan Mencegah Keriput.
Mentimun mengandung 95% air yang berguna untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik dan lembab. Bijinya yang juga kaya akan vitamin E dan kalium akan membantu mengurangi garis halus, keriput, noda hitam dan tanda-tanda penuaan.

31. Meremajakan Kulit.

Menempatkan irisan mentimun pada mata juga bisa mengurangi munculnya lingkaran hitam dengan cepat. Banyaknya kandungan antioksidan dan silika dalam buah ini dapat meremajakan kulit dan memudarkan lingkaran hitam pada mata. Tempatkan 2 iris mentimun pada mata dan biarkan selama 20 menit, atau anda juga bisa merendam 2 bola kapas kedalam jus mentimun dan menempatkannya pada mata anda.

32. Mengobati Bintik-Bintik Hitam Dan Jerawat.

Anda juga dapat menggunakan mentimun yang diparut untuk mengobati bintik-bintik dan noda hitam. Balurkan jus mentimun keseluruh wajah untuk mengobati bintik-bintik wajah. Mentimun akan memberikan banyak keuntungan bila digunakan sebagai masker wajah. Parutan mentimun atau jus mentimun dapat digunakan sebagai unsur utama masker wajah untuk mengobati keriput, jerawat dan masalah kulit lainnya .

Ambil mentimun segar, blender untuk membuat pasta halus. Tambahkan beberapa tetes jus jeruk npis dan 1 sendok teh madu . Oleskan keseluruh wajah dan biarkan selama 20 menit, kemudian cuci dengan air keran dan keringkan. Paket wajah ini akan membantu mengebalikkan taning.

Campurkaan beberapa jus kunyit dan jus lemon dengan bubur mentimun segar. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit, lalu cuci setelah mengering. Ini akan bermanfaat untuk mengontrol sekresi (pengeluaran) minyak pada wajah.

Gbr kunyit


Khasiat Dan Manfaat Buah Mentimun Untuk Kesehatan Rambut - BiriBisi


33. Mencegah Kerontokan Rambut.

Manfaat yang paling penting untuk rambut adalah memperkuatnya. Mentimun dalam bentuk jus berkontribusi bagi pertumbuhan rambut, terutama karena kandungan silikon, sulfur sodium, fosfor dan kalsium, yang merupakan nutrisi yang paling dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut . Rutin minum jus ketimun setiap hari baik untuk mengontrol kerontokan rambut.

34. Menghaluskan Rambut.

Jus mentimun juga dapat digunakan untuk membilas rambut, sehingga rambut menjadi halus dan mengkilap.

35. Pengkilap Stainless.

Sayuran tinggi air ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda pada alat yang terbuat dari stainless steel di rumah, sehingga bisa mengkilat lagi. Bahan kimia yang ditemukan dalam mentimun juga digunakan dalam pembuatan poles pengkilap sepatu.

36. Pengendali Hama.

Letakkan irisan mentimun dalam wadah, kemudian taruh disekitar kebun untuk mengendalikan hama siput. Bahan kimia dalam sayuran ini melepaskan aroma yang menarik hama dan serangga.

Efek Samping :

Bagi orang-orang tertentu mengkonsumsi mentimun dapat menyebabkan Alergi, terutama di sekitar rongga mulut yang menimbulkan gatal dan pembengkakan. Hal ini dapat dicegah dengan cara memasaknya sebelum dikonsumsi.

Dapat menyebabkan masalah gastritis dan gangguan pencernaan pada beberapa orang, hal ini terutama karena disebabkan oleh kandungan senyawa cucurbitacin pada mentimun.

Ketimun juga bisa menyebabkan keracunan dan kebotakan karena mengandung bahan kimia tertentu. Hal ini biasanya akan terjadi jika seseorang mengkonsumsi mentimun dalam jumlah berlebihan. Untuk menghindari hal ini, hindari juga memilih buah ketimun yang sudah keriput atau yang memiliki rasa agak pahit. Lihat juga 18 Penyebab Sakit Kepala Dan Pengobatannya.

Demikianlah uraian tentang mentimun, kandungan gizi, dan manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa saya sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat. Amin!


Referensi:

Dari berbagai sumber

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: