IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi
Page Hits Counter

Kamis, 16 Maret 2017

35 Manfaat Mengkudu Untuk Kesehatan


Mengkudu (Pace) - BiriBisi
Mengkudu adalah pohon yg banyak manfaatnya, termasuk suku Rubiaceae. Buahnya berwarna putih keruh berbentuk bulat sampai bulat telur, permukaannya berbenjol-benjol, berbiji banyak.


Daging buahnya yg masak lunak dan banyak mengandung air, rasanya agak masam. Digunakan sebagai obat peluruh kencing dan dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Lihat juga Darah Tinggi Atau Hipertensi Dan Obatnya.

Daunnya digunakan sebagai obat sakit perut. Akar dan kulit batangnya mengandung zat warna merah yg dipakai dalam pembatikan (membatik pakaianan).

Buah mengkudu (pace) yang sudah matang rasanya asam dan berbau menyengat dan tidak enak dimakan, tetapi yang gemading atau yang hampir matang sangat enak dibuat rujak rojok atau rujak bebek. Berikut ini saya sajikan untuk anda resep rujak bebek yang enak dan nikmat rasanya:

Rujak Bebeg Mengkudu

Bahan:


  • 1 buah (125 gram) mengkudu muda, dipotong-potong
  • 1 buah (100 gram) belimbing, dipotong-potong
  • 50 gram ubi merah, dipotong-potong
  • 5 buah (100 gram) jambu air, dipotong-potong
  • 50 gram bengkoang, dipotong-potong
  • 50 gram ketimun, dipotong-potong
  • 1 buah pisang batu (Bahasa Jawa = gedang klutuk), dipotong-potong
  • 1 buah (50 gram) kedondong, dipotong-potong
  • 100 gram nanas, dipotong-potong

Bumbu:


  • Cabai merah keriting 3 buah
  • Garam ¾ sendok teh
  • Gula merah (gula Jawa) 100 gram, disisir
  • Cabai rawit merah 2 buah
  • Air jeruk nipis 2 sendok teh
  • Terasi 1 sendok teh, dibakar
  • Kacang tanah goreng 2 sendok makan

Cara Membuat:


  • 1. Masukkan semua bahan ke dalam lumpang, tumbuk hingga memar, kemudian sisihkan.
  • 2. Tumbuk cabai merah keriting, cabai rawit merah, terasi, garam, gula merah, dan kacang tanah hingga halus, tambahkan air jeruk nipis ke dalamnya, kemudian aduk sampai rata.
  • 3. Campurkan buah kedalam lumpang yang berisi bumbu.
  • 4. Tumbuk kembali hingga menjadi serpihan-serpihan kasar.
  • 5. Rujak bebeg mengkudu siap disajikan.
  • Selamt menikmati!

Cara Praktis Mengkonsumsi Buah Mengkudu

Mengkudu (Morinda citrifolia) atau keumeudee (Aceh); pace, kemudu, kudu (Jawa); cangkudu (Sunda); kodhuk (Madura); tibah (Bali) berasal daerah Asia Tenggara, tergolong dalam famili Rubiaceae. Nama lain untuk tanaman ini adalah noni (Hawaii), nono (Tahiti), nonu (Tonga), ungcoikan (Myanmar) dan ach (Hindi).

Tanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3–8 m, memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

Secara tradisional, masyarakat Aceh menggunakan buah mengkudu sebagai sayur dan rujak. Daunnya juga digunakan sebagai salah satu bahan nicah peugaga yang sering muncul sebagai menu wajib buka puasa. Karena itu, mengkudu sering ditanam di dekat rumah di pedesaan di Aceh. Selain itu mengkudu juga sering digunakan sebagai bahan obat-obatan.

Asal usul mengkudu tidak terlepas dengan keberadaan bangsa Polinesia yang menetap di Kepulauan Samudra Pasifik. Bangsa Polinesia dipercaya berasal dari Asia Tenggara. Pada tahun 100 SM, bangsa yang terkenal berani mengembara.Tanpa sebab yang jelas mereka menyeberangi lautan meninggalkan tanah air mereka.

Ada kesan para pengembara itu di kecewakan oleh suatu hal dan maksud menjauhkan diri dari kehidupan sebelumnya. Setelah lama mengembara, mereka sampai di sekitar Polinesia, yaitu kepulauan di sekitar Pasifik Selatan. Para petualang tersebut langsung jatuh hati saat melihat indahnya pemandangan, kondisi pantai, dan pulaunya.

Uniknya, mereka seakan telah mempersiapkan diri untuk berpindah ke pulau lain. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya sejumlah tumbuhan dan hewan yang ikut dibawa, karena dianggap penting untuk mempertahankan hidup.

Beberapa tumbuhan asli, seperti pisang, talas, ubi jalar, sukun, tebu, dan mengkudu, dibawanya. Di antara yang dibawa itu, masih ada yang berupa stek dan tunas. Salah satu tumbuhan itu, yakni mengkudu, dianggap barang keramat.

Sejak 1500 tahun lalu penduduk kepulauan yang kini disebut hawaii itu mengenal mengkudu dengan sebutan noni. Mereka menduga tumbuhan bernama latin Morinda citrifolia tersebut memiliki banyak manfaat. Mereka memandangnya sebagai Hawaii magic plant, karena buah ini dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit.

Ada beberapa cara yang praktis dalam mengkosumsi buah mengkudu, baik untuk menjaga kesehatan ataupun untuk pengobatan, diantaranya dengan di jus dan dibuat sirup. Berikut ini saya sajikan untuk anda cara membuat sirup mengkudu, yang nantinya bisa anda pergunakan sehari-hari, baik untuk menjaga kesehatan ataupun untuk pengobatan:

Sirup Sehat Buah Pace (Mengkudu)

Bahan:
Buah pace (mengkudu) 1 kg
Gula aren 1 kg

Cara Membuat:


  • Blender buah pace yang sudah tua dan berair (matang dipohon) hingga lembut, lalu masukkan kedalam wadah / toples.
  • Sisir gula aren, lalu campurkan dengan buah pace.
  • Tutup rapat wadah / toples menggunakan kertas, jangan pakai plastik agar ada udara yang bisa keluar.
  • Kemudian disimpan selama 7 hari lamanya.
  • Saring, sirup sudah jadi. Simpan sirup dalam freezer agar tidak basi.
  • Untuk menjaga kesehatan, minum setiap pagi hari sebanyak 1 sendok makan. Dan untuk pengobatan, minum 2 kali pagi dan sore.
  • Selamat mencoba!

Seorang teman mengkonsumsi 1 buah mengkudu yang sudah tua dan berair (matang dipohon) untuk menjaga kesehatan dengan cara dijus, kemudian ditambah air putih hingga menjadi kurang lebih 2 gelas, untuk minum sehari-hari.


Ciri-ciri Umum Mengkudu (Pace)

Pohon mengkudu tidak begitu besar, tingginya antara 4–6 m. batang bengkok-bengkok, berdahan kaku, kasar, dan memiliki akar tunggang yang tertancap dalam. Kulit batang cokelat keabu-abuan atau cokelat kekuning-kuniangan, berbelah dangkal, tidak berbulu, anak cabangnya bersegi empat. Kayu mengkudu mudah sekali dibelah setelah dikeringkan. Bisa digunakan untuk penopang tanaman lada.

Berdaun tebal mengkilap. Daun mengkudu terletak berhadap-hadapan. Ukuran daun besar-besar, tebal, dan tunggal. Bentuknya jorong-lanset, berukuran 15-50 x 5–17 cm. tepi daun rata, ujung lancip pendek. Pangkal daun berbentuk pasak. Urat daun menyirip. Warna hiaju mengkilap, tidak berbulu.

Pangkal daun pendek, berukuran 0,5-2,5 cm. Ukuran daun penumpu bervariasi, berbentuk segitiga lebar. Daun mengkudu dapat dimakan sebagai sayuran. Nilai gizi tinggi karena banyak mengandung vitamin A. yg katanya bisa menyembuhkan ambein

Bunga tersusun majemuk, perbungaan bertipe bongkol bulat, bertangkai 1–4 cm, tumbuh di ketiak daun penumpu yang berhadapan dengan daun yang tumbuh normal. Bunga banci, mahkota bunga putih, berbentuk corong, panjangnya bisa mencapai 1,5 cm. Benang sari tertancap di mulut mahkota. Kepala putik berputing dua. Bunga itu mekar dari kelopak berbentuk seperti tandan. Bunganya putih, harum.

Buah majemuk, terbentuk dari bakal-bakal buah yang menyatu dan bongkol di bagian dalamnya; perkembangan buah bertahap mengikuti proses pemekaran bunga yang dimulai dari bagian ujung bongkol menuju ke pangkal; diameter 7,5–10 cm.

Permukaan buah majemuk seperti terbagi dalam sekat-sekat poligonal (segi banyak) yang berbintik-bintik dan berkutil, yang berasal dari sisa bakal buah tunggalnya. Warna hijau ketika mengkal, menjelang masak menjadi putih kekuningan, dan akhirnya putih pucat ketika masak.

Daging buah lunak, tersusun dari buah-buah batu berbentuk piramida dengan daging buah berwarna putih, terbentuk dari mesokarp. Daging buah banyak mengandung air yang aromanya seperti keju busuk atau bau kambing yang timbul karena pencampuran antara asam kaprat (asam lemak dengan sepuluh atom karbon), C10), asam kaproat (C6), dan asam kaprilat (C8). Diduga kedua senyawa terakhir bersifat antibiotik aktif. Baca juga Cara Mengobati Anyang-Anyangan Atau Kencing Tidak Lancar.


Nutrisi Dan Kandungan Buah Mengkudu (Pace)

Zat nutrisi: secara keseluruhan mengkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu.

Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat. Berbagai jenis senyawa yang terkandung dalam mengkudu : xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll.

Terpenoid. Zat ini membantu dalam proses sintesis organic dan pemulihan sel-sel tubuh. Zat anti bakteri.Zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu itu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti Pseudomonas aeruginosa,

Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Zat anti bakteri itu juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan) seperti Salmonella montivideo, S . scotmuelleri, S . typhi, dan Shigella dusenteriae, S . flexnerii, S . pradysenteriae, serta Staphylococcus aureus.

Scolopetin. Senyawa scolopetin sangat efektif sebagi unsur anti peradangan dan anti-alergi. Zat anti kanker. Zat-zat anti kanker yang terdapat pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal.

Xeronine dan Proxeronine. Salah satu alkaloid penting yang terdapt di dalam buah mengkudu adalah xeronine. Buah mengkudu hanya mengandung sedikit xeronine, tetapi banyak mengandung bahan pembentuk (precursor) xeronine alias proxeronine dalam jumlah besar.

Proxeronine adalah sejenis asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya. Xeronine diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif.

Sudah banyak sekali penelitian yang mampu membuktikan kandungan buah mengkudu itu sangat berkhasiat dan bermanfaat bagi kesehatan.

Seperti yang telah dikutip dari penelitian NCCAM, berikut ini kandungan nutrisi buah mengkudu yang patut anda ketahui:
Zat terpenoid
Nutrisi (protein, mineral, antioksidan, dll)
Zat antibakterial (Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Escherichia coli dan Bacillus subtilis, Staphylococcus aureus)
Zat anti-kanker (mampu menghambat pertumbuhan sel abnormal)
Zat bioaktif
Zat iridoid
Serat
Asetil
Metil
Morindone
Asam kapril, dan masih banyak lagi.


Khasiat Dan Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

Buah mengkudu merupakan buah asli yang berasal dari Asia Tenggara, buah ini berbentuk lonjong dan terdapat bintik-bintik kecil pada bagian kulitnya. Akan tetapi banyak masyarakat yang tidak menyukai buah mengkudu karena aromanya yang sangat menyengat sekali.

Pada umumnya buah mengkudu banyak dimanfaatkan dengan cara membuat menjadi rujak, jus, dan masakan. Namun sebelum mengonsumsi buah satu ini, Anda harus mengetahui jenis buah mengkudu yang berbahaya dan tidak.

Dilansir dari manfaat.co.id, buah mengkudu saat ini ada sekitar 80 jenis. Dimana 20 jenis diantaranya bisa kita konsumsi, sedangkan 60 jenis mengkudu lainnya beracun, atau dengan kata lain berbahaya apabila kita konsumsi.

Tetapi untungnya mengkudumengkudu yang ditanam oleh masyarakat adalah deri kelompok 20 jenis yang bisa dikonsumsi. Jadi tidak perlu khawatir, karena para pendahulu kita sudah melakukannya yang terbaik untuk kita, sebagai generasi penerus mereka.

Khasiat dan manfaat buah mengkudu akan bisa anda dapatkan dan anda rasakan, jika anda mau mengkonsumsinya secara rutin dan teratur. Berikut ini beberapa manfaat buah mengkudu untuk kesehatan yang kemungkinan akan anda peroleh:

√1. Mengobati Sakit Kepala.
Sakit kepala dapat muncul karena adanya penegangan pada bagian otot dan saraf pusat. Meski hanya sebatas sakit kepala ringan, tetapi jika dibiarkan itu akan sangat berbahaya sekali.

Menurut penelitian, manfaat buah mengkudu untuk mengobati sakit kepala terbilang cukup besar. sebab dalam buah berjuluk “pace” ini mengandung senyawa analgesik sebesar 75 %.

Tidak hanya bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit kepala saja, tetapi kandungan analgesik tersebut juga terbukti mampu mengurangi rasa nyeri. Bahkan keampuhannya melebihi morfin sulfat.

√2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Dan Menghindarkannya.
Khasiat buah mengkudu bagi penurunan hipertensi benar-benar tidak bisa dianggap sepele, karena buah yang satu ini dipercaya mengandung senyawa xeronin, kandungan senyawa inilah yang sangat berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah.

Selain mengandung xeronin yang bisa membantu menurunkan tekanan darah, buah mengkudu juga mengandung zat fitonutrien yang dipercaya mampu melebarkan pembuluh darah, sehingga akan meringankan kinerja organ jantung dalam memompa darah secara maksimal.

√3. Melancarkan Sistem Pencernaan.
Bukan hanya buah pepaya saja yang kaya akan kandungan serat, tetapi buah mengkudu pun termasuk buah yang kaya akan kandungan tersebut. Bahkan kandungan serat yang terdapat pada buah mengkudu bisa dikatakan lebih besar khasiatnya dari pada khasiat serat yang terdapat pada buah pepaya.

Ada banyak sekali manfaat buah mengkudu bagi pencernaan, mulai dari melancarkan BAB sampai dengan mengatasi adanya diare atau disentri.

Untuk mendapatkan khasiat buah pace tersebut, anda dapat mengkonsumsinya secara langsung atau membuatnya menjadi jus segar. Namun usahakan agar hal itu dilakukan sebelum mengkonsumsi makanan dalam porsi besar setiap harinya.

√4. Anti Inflamasi.
Inflamasi adalah reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh.

Peradangan dapat terjadi dimana saja, mulai dari sendi sampai peradangan pada bagian kulit. untuk mencegah dan mengatasi kondisi tersebut, ada baiknya anda memperbanyak konsumsi buah mengkudu.

Buah mengkudu mengandung senyawa yang bersifat anti-inflamasi, senyawa inilah yang membantu kita dalam mengatasi dan mencegah adanya peradangan. Bahkan apabila dikonsumsi secara rutin, kandungan analgesik pada buah tersebut akan sangat mujarab untuk mengurangi rasa nyeri akibat peradangan tersebut.

√5. Meningkatkan Sistem Imun.
Inilah salah satu khasiat dan manfaat buah mengkudu bagi kesehatan tubuh yang sangat diperhitungkan. Menurut para ahli mengkonsumsi mengkudu secara rutin akan sangat baik dan bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh.

Buah mengkudu mengandung berbagai macam mineral alami, seperti peptida, vitamin C, vitamin E, dan koenzim Q10. Kandungan-kandungan tersebutlah yang menjadi alasan khasiat dan manfaat buah mengkudu bagi sistem imun sangat besar sekali.

Dengan meningkatkatnya sistem imun tubuh, maka tubuh anda tidak akan mudah terserang penyakit. Terutama penyakit-penyakit ringan seperti flu, batuk, pilek, pusing, masuk angin, dan sejenisnya.

√6. Membasmi Kuman Dan Bakteri Dalam Tubuh.
Musuh terbesar manusia adalah kuman dan bakteri, sebab dari kedua mahluk biotik ini tubuh kita akan sangat mudah sekali terserang oleh bermacam-macam penyakit, baik penyakit dalam ataupun penyakit luar.

Namun dengan rajin mengkonsumsi buah mengkudu secara rutin anda akan terhindar dari serangan kuman dan bakteri tersebut, karena dalam buah ini mengandung senyawa antrakuionon dan terpana yang bersifat antibakterial.

√7. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat (LDL) Dalam Tubuh.
Kolesterol adalah lemak yg biasa terdapat dl darah, otak, empedu, dan batu empedu. Kolesterol yang terdapat dalam tubuh kita pada dasarnya dapat dibagi menjadi 2 macam, yaitu 1. kolesterol jahat (LDL) dan 2. kolesterol baik (HDL).

Apabila kadar kolesterol jahat (LDL) lebih tinggi dari pada kadar kolesterol baik (HDL), maka kondisi tubuh anda akan mudah terserang penyakit berbahaya. Mulai dari stroke sampai dengan serangan jantung.

Dikutip dari penelitian yang dilakukan di Pakistan – Saudi pada tahun 2011, zat xeronine dan proxeronine dalam buah mengkudu mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Mereka juga menambahkan, untuk mendapatkan khasiat dan manfaat dari buah yang satu ini, maka kita dapat mengkonsumsi air rebusannya secara rutin setiap hari.

√8. Mencegah Kanker.
Khasiat dan manfaat buah mengkudu berikutnya adalah dapat mencegah kanker. Penyakit kanker ini adalah merupakan penyakit yang sangat mematikan nomor dua setelah penyakit jantung dan penyakit ini mudah sekali menyerang tubuh.

Namun celakanya sampai saat ini belum ada obat yang bisa dipergunakan untuk menanggulanginya. Oleh karena itu langkah terbaik yang harus dilakukan adalah langkah pencegahan.

Menurut para ahli herbalis, buah mengkudu mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi. kandungan antioksidan dalam buah mengkudu inilah yang dipercaya bermanfaat bisa mencegah radikal bebas yang merupakan penyebab munculnya penyakit kanker.

√9. Mengobati Asam Urat.
Jangan menganggap sepele penyakit asam urat, sebab meski gejalanya hanya muncul beberapa saat saja, tetapi jika dibiarkan penyakit tersebut akan menyebabkan penyakit gagal ginjal dan bahkan penyakit stroke.

Untuk mengobatinya, anda dapat mengkonsumsi buah pace atau mengkudu secara langsung, karena buah yang satu ini mengandung senyawa iridoid tinggi yang mampu menurunkan kadar asam urat dalam diri anda.

Selain bisa membantu menurunkan kadar asam urat, kandungan iridoid tersebut juga mampu mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat peradangan sendi yang diakibatkan oleh penumpukan asam urat.

√10. Mengatasi Penyakit Diabetes.
Sebenarnya sampai sekarang belum ada obat yang pasti untuk penyakit diabetes, tetapi ada beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengontrol kadar gula agar tidak terlalu tinggi. sehingga penyakit diabetes tidak akan mengancam.

Dipercaya manfaat buah mengkudu bagi diabetes sangatlah besar, sebab dalam buah satu ini mengandung senyawa proxeronine yang mampu mengontrol kadar gula dalam darah tubuh kita.

Buah mengkudu bukan hanya berguna untuk mengontrol kadar gula dalam darah saja, tetapi jika pengkonsumsian buah yang satu ini bisa dilakukan secara rutin dan terus menerus, maka penyakit diabetes dapat anda cegah sejak dini. Baca juga resep herbal alami untuk Obat Kencing Manis.

√11. Mengobati Penyakit Gondok.
Penyakit gondok adalah penyakit bengkak pada leher bagian depan. Penyakit gondok dapat muncul disebabkan karena adanya pembengkakan pada bagian kelenjar tiroid. Untuk mengatasinya banyak sekali ahli yang menyarankan agar mengurangi konsumsi garam setiap harinya.

Selain mengurangi konsumsi garam, anda juga dapat mengonsumsi buah mengkudu secara rutin, karena menurut penelitian, buah satu ini akan membantu mengurangi pembengkakan yang ada dalam kelenjar tiroid secara bertahap.

√12. Menangkal Madikal Bebas.
Radikal bebas adalah molekul reaktif dengan satu atau beberapa elektron tidak berpasangan yang dapat merusak membran sel, DNA, lemak, dan protein.

Efek buruk adanya radikal bebas sangat merugikan bagi diri kita. Karena adanya radikal bebas tersebut, sel-sel tubuh kita akan mengalami kerusakan, terutama sel-sel pada bagian DNA. Seperti pengaruh buruk radikal bebas matahari (UVA/B), polusi udara, suara, dan masih banyak lagi.

Buah mengkudu mengandung senyawa yang bersifat bioaktif, sifat senyawanya inilah yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel tersebut. Karena itu, mengkonsumsi buah mengkudu secara rutin dan teratur akan membuat tubuh anda bisa terhindar dari efek buruk radikal bebas.

√13. Melancarkan Sistem Peredaran Darah.
Tidak lancarnya sistem peredaran darah dapat disebabkan oleh adanya penyempitan pembuluh darah dan karena terjadinya penyempitan ini kerja jantung dalam memompa darah akan menjadi berat.

Apabila peredaran darah yang tidak lancar ini dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka akan menyebabkan munculnya penyakit-penyakit berbahaya dalam tubuh yang bisa mengakibatkan kematian.

Menurut para ahli, buah mengkudu mengandung zat scopoletin yang berkhasiat untuk melebarkan pembuluh darah. Oleh karena itu mengkonsumsi buah mengkudu secara rutin dan teratur akan sangat berkhasiat dan memberi manfaat untuk melancarkan sistem peredarah darah tubuh anda.

√14. Mengobati Infeksi.
Infeksi atau kemasukan bibit penyakit, ketularan penyakit, peradangan dapat terjadi karena adanya pengaruh kuman dan bakteri pada bagian tubuh kita, baik pada bagian tubuh luar ataupun bagian tubuh dalam.

Manfaat buah mengkudu bagi infeksi itu sangat besar sekali, sebab buah yang satu ini mengandung senyawa antiseptik yang mampu mengatasi adanya infeksi akibat dari bakteri dan kuman.

Tetapi untuk mendapatkan khasiat dan manfaat buah mengkudu bagi infeksi dibagian dalam tubuh itu anda harus mengkonsumsi buah tersebut secara langsung dalam keadaan mentah (tidak dimasak). Dan apabila infeksi itu terjadi pada tubuh bagian luar, maka anda bisa mengoleskan buah tersebut yang sudah dihaluskan secara langsung pada bagian tubuh yang terifeksi.

√15. Meredakan Batuk Dan Pilek.
Penyakit batuk dan pilek merupakan penyakit ringan, semua orang pasti pernah mengalami penyakit tersebut, bahkan pernah berkali-kali mengalaminya. Munculnya penyakit batuk dan pilek dapat disebabkan oleh adanya pengaruh virus, terutama virus influenza.

Anda dapat meredakan batuk dan pilek tersebut dengan mengkonsumsi buah mengkudu secara rutin dan teratur, karena kandungan antibakterial dan antiseptik dalam buah yang satu ini dipercaya akan mampu memusnahkan semua bakteri dan virus penyebab batuk dan pilek tersebut. Liha juga Obat Flu Dan Pilek.

Caranya:


  • Blender 2 buah mengkudu yang sudah matang dan segar
  • Campurkan buah mengkudu tersebut dengan bubuk daun bujanggut
  • Setelah tercampur rebuslah dalam 2 gelas air sampai menyisakan 1 gelas saja.
  • Kemudian saring dan konsumsi 1 gelas air rebusan tersebut secara rutin, 2 kali sehari.
  • Catatan: pengobatan ini awalnya akan menimbulkan rasa gatal pada bagian tenggorokan, tetapi rasa gatal tersebut akan hilang dengan sendirinya seiring dengan pengkonsumsian ramun tersebut secara rutin. Lihat jug resep obat herbal alami untuk Obat Batuk



 √16. Mengobati Penyakit Kuning.
Penyakit kuning adalah penyakit yang menyebabkan seluruh tubuh menjadi berwarna kuning (icterus).

Penyakiakit kuning dapat muncul disebabkan karena adanya penumpukan bilirubin (pigmen air empedu berwarna kuning kemerahan merupakan hasil pemecahan sel darah merah oleh hati) pada bagian jaringan dan sel tubuh. Munculnya penyakit ini ditandai dengan kulit menguning, wajah pucat, lemas, dan bahkan berat badan menurun cukup drastis.

Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat oleh University of Chicago mampu membuktikan bahwa manfaat buah mengkudu bagi pengobatan penyakit kuning sangat besar sekali.

Kandungan senyawa bioaktif dan mineral alami dalam buah mengkudu dipercaya mampu menghancurkan penumpukan bilirubin yang ada pada bagian jaringan atau sel tubuh tersebut.

Dengan demikian, mengkonsumsi buah mengkudu secara rutin akan sangat baik untuk mengobati penyakit kuning. Baca juga resep herbal alami untuk Obat Penyakit Kuning.

√17. Menyembuhkan Peradangan Pada Usus.
Peradangan pada bagian usus dapat disebabkan karena pengaruh kuman dan bakteri yang dibawa oleh makanan-makanan yang telah kita konsumsi. Munculnya peradangan usus ditandai dengan rasa nyeri, perih, dan bahkan keluarnya darah saat BAB.

Untuk mengobati peradangan usus tersebut anda dapat mengkonsumsi buah mengkudu mentah secara rutin dan teratur. Sebab menurut para ahli, buah mengkudu mengandung zat scolopetin yang bersifat antibakterial.

Dengan adanya zat scolopetin dalam kandungan buah pace atau mengkudu yang bersifat antibakterial inilah semua bakteri penyebab peradangan tersebut dapat dimusnahkan.

√18. Mengobati Peradangan Pada Lambung.
Sama halnya dengan khasiat dan manfaat buah mengkudu bagi peradangan usus, peradangan pada lambung juga bisa anda obati dengan mengkonsumsi buah mengkudu secara rutin dan teratur.

Munculnya peradangan lambung ditandai oleh adanya rasa mulas, perih, dan bahkan nyeri (hampir mirip gejala maag). Untuk mengatasinya, rebuslah buah mengkudu dan konsumsi air rebusannya secara rutin dan teratur.

Dengan kandungan zat scolopetin yang bersifat antibakterial dan ani-inflamasi inilah, peradangan yang anda derita dan anda alami akan sembuh dengan sendirinya. Baca juga Khasiat Dan Manfaat jeruk nipis Bagi Kesehatan Dan Kecantikan.

√19. Mengatasi Keracunan.
Penelitian yang dilakukan di Universuty of Yale telah membuktikan bahwa manfaat buah mengkudu untuk detoksifikasi ra cun sangatlah besar. Penelitian ini dilakukan dengan 5 orang pasien yang mengalami keracunan. Tebukti setelah mengonsumsi buah mengkudu, 4 orang diantaranya sembuh dari keracunan tersebut.

Keracunan dapat muncul disebabkan karena berbagai macam faktor, mulai dari makanan yang kadaluwarsa sampai dengan keracunan obat-obatan tertentu. Adapun ciri-ciri orang yang keracunan antara lain adalah sebagai berikut:


  • Muka pucat
  • Sering mengalami pusing
  • Sakit perut
  • Mual-mual dan bahkan muntah
  • Sering BAB atau mengalami diare

√20. Mengobati Peradangan Tenggorokan.
Munculnya radang tenggorokan dapat disebabkan oleh luka pada bagian organ tersebut, baik luka dalam porsi kecil ataupun luka dalam besar.

Dengan adanya senyawa antibakterial dan anti-inflamasinya dalam kandungan buah menkudu, maka buah yang satu ini sangat bermanfaat untuk mengatasi peradangan pada bagian tenggorokan.

Untuk mendapatkan khasiat mengkudu bagi radang tenggorokan, silahkan anda konsumsi buah tersebut dalam keadaan mentah (tidak dimasak). Terutama buah mengkudu yang sudah tua (matang dipohon) yang mengeluarkan bau cukup menyengat.

√21. Menyembuhkan Infeksi Bronkitis.
Infeksi pada bagian bronkitis (radang cabang tenggorok) dapat disebabkan karena pengaruh dari bakteri dan kuman. Bakteri dapat menyerang bronkitis melalui saluran pernapasan, terlebih apabila anda selalu bernapas menggunakan mulut.

Infeksi bronkitis yang anda derita dapat anda sembuhkan dengan mengkonsumsi buah mengkudu, karena buah satu ini mengandung senyawa antibakterial yang mampu membunuh kuman dan bakteri penyebab infeksi bronkitis.

√22. Mengobati Peradangan Kulit.
Khasiat dan manfaat buah mengkudu berikutnya adalah mampu mengatasi radang kulit. Munculnya peradangan pada kulit disebabkan karena pengaruh radikal bebas, terutama radikal bebas dalam bentuk sinar matahari.

Ruam (bintil-bintil) merah, perih, kering, dan bahkan berdarah merupakan tanda bahwa kulit anda sedang mengalami peradangan. Untuk mengatasi kondisi tersebut, anda dapat menggunakan buah mengkudu yang dihaluskan sebagai masker kulit.

Dipercaya dengan kandungan senyawa scolopetin yang bersifat anti-inflamasi, buah satu ini mampu mengatasi adanya peradangan pada bagian kulit anda.

√23. Mengobati Sakit Gigi.
Sakit gigi dapat muncul disebabkan karena adanya masalah gigi berlubang. Munculnya masalah-masalah kesehatan gigi ini disebabkan karena adanya bakteri dan kuman dalam mulut.

Untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada dalam mulut, anda dapat mengkonsumsi buah mengkudu. Meskipun bau buah mengkudu yang sudah tua (matang dipohon) sangat menyengat, tetapi konon katanya mengunyah buah tersebut akan membantu menyegarkan nafas anda secara alami.

√24. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka Bakar.
Luka bakar dapat menyebabkan sel-sel kulit menjadi mati. Apabila sel kulit sudah mati, maka akan muncul bintik-binti atau bercak pada oermukaan kuli yang biasa disebut orang dengan istilah flek atau noda hitam pada bagian permukaan kulit.

Untuk mempercepat regenerasi sel-sel kulit baru pada bagian luka tersebut, Anda dapat menggunakan masker buah mengkudu. Sebab dalam buah satu ini terkandung senyawa terpenoid yang berkhasiat untuk mempercepat proses penyembuhan luka, dengan melakukan regenerasi sel kulit baru secara maksimal.

√25. Mengatasi Borok.
Khasiat dan manfaat buah mengkudu ini patut untuk anda coba dan anda buktikan, sebab buah mengkudu ini megandung senyawa antibakterial yang cukup tinggi. Kandungan antibakterial ini dipercaya mampu membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit borok.

Dan agar khasiat mengkudu tersebut bisa anda dapatkan, silahkan anda tempelkan buah mengkudu yang sudah dihaluskan pada bagian borok secara rutin dan teratur setiap sehabis mandi.

√26. Mengobati Disentri.
Disentri (penyakit radang selaput lendir usus besar dengan gejala utama berupa berak-berak bercampur lendir) menjadi pembunuh  balita nomor satu sejak beberapa tahun terakhir ini. Munculnya disentri dapat disebabkan karena adanya infeksi bakteri bernama shigella dusenteriae.

Bakteri tersebut bisa anda musnahkan dengan mengkonsumsi buah mengkudu. Karena dalam buah mengkudu terkandung senyawa antibakterial dan antiseptik yang berkhasiat untuk membunuh segala jenis bakteri.

√27. Mengatasi Diare.
Hampir sama dengan disentri, diare dapat muncul disebabkan karena bakteri. Akan tetapi untuk diare bakterinya berbeda spesies. Bakteri penyebab diare salah satunya adalah E Colli.

Selain mengandung serat cukup tinggi, buah mengkudu juga mengandung senyawa antibakterial yang mampu membunuh bakteri penyebab diare tersebut. Baca juga Khasiat Dan Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

√28. Menambah Stamina.
Apakah anda sering mengalami lemas dan lesu? Jika keadaan anda benar-benar demikian, maka anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi buah mengkudu secara rutin danteratur setiap hari.

Karena dengan kandungan kalori dan protein yang cukup, buah mengkudu tidak hanya menambah energi (stamina) tubuh anda saja, tetapi buah yang satu ini juga akan membantu membangun sel dan jaringan tubuh secara maksimal. Baca juga resep herbal alami untuk Obat Penambah Stamina Dan Gairah Seks

√29. Mampu Mengurangi Rasa Sakit.
Munculnya rasa sakit dapat disebabkan karena berbagai macam faktor, mulai dari peradangan sampai dengan adanya luka pada bagian tubuh tertentu.

Dan untuk mengurangi rasa sakit tersebut banyak ahli menyarankan agar mengkonsumsi buah mengkudu secara rutin dan teratur.

Karena dalam buah mengkudu terkandung senyawa anti-inflamasi, analgesik, dan zat bioaktif. Kandungan-kandungan senyawa inilah yang dipercaya mampu membantu anda dalam mengurangi rasa sakit.

√30. Meredakan Demam Tinggi.
Demam adalah panas badan (suhu badan) lebih tinggi dari pada biasanya, umumnya karena sakit. Demam bisa menimpa siapa saja, baik orang dewasa atau anak-anak.

Dan demam dapat anda obati dengan memanfaatkan buah mengkudu, baik demam pada anak ataupun demam pada orang dewasa. Berikut ini cara mengobati demam dengan menggunakan buah mengkudu:


  • Sediakan mengkudu tua dan berair (matang dipohon dan sudah berbau menyengat) sebanyak 2 buah, kencur ukuran sedang sebanyak 1 jari.
  • Tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus dan tercampur merata.
  • Rebus campuran 2 bahan tersebut dengan air sebanyak 2 gelas dan tersisa 1 gelas air rebusan saja. saring.
  • Konsumsilah rebusan herbal alami ini secara rutin. Minum 1 gelas, 2 kali dalam sehari.

√31. Mengobati Tumor.
Tumor adalah pembengkakan jaringan tubuh karena ketidak normalan kondisi. Tumor merupakan sebuah penyakit yang muncul disebabkan karena adanya pertumbuhan sel secara abnormal. Tumor dapat dibagi menjadi 2 macam, yakni tumor jinak dan tumor ganas.

Kedua penyakit tumor tersebut dapat anda atasi dengan menggunakan buah mengkudu yang dihaluskan, dengan cara menempelkannya pada bagian benjolan tumor. Namun apabila tumor terletak di dalam tubuh, maka anda dapat mengkonsumsi air rebusan buah mengkudu tersebut.

√32. Menghilangkan Kulit Bersisik.
Munculnya kulit bersisik dapat disebabkan karena kelembabannya telah hilang. Apabila kulit bersisik tersebut dibiarkan dalam waktu yang lama, maka akan menyebabkan munculnya penuaan-penuaan dini. Seperti keriput, kusam, kerutan, dan bahkan garis-garis.

Secara alami buah mengkudu mengandung senyawa yang bersifat sebagai pelembab. Dan selain berkhasiat melembabkan kulit, kandungan senyawa bioaktif dalam mengkudu itu juga akan membantu pengelupasan sel-sel kulit mati penyebab kulit besisik tersebut.

√33. Menjaga Kesehatan Tulang.
Buah mengkudu mengandung metil, asetil, dan asam kapril. Kandungan-kandungan senyawa inilah yang menjadi alasan kenapa buah mengkudu (pace) mempunyai manfaat bagi tulang yang begitu besar.

Kandungan tersebut tidak hanya mampu menjaga kesehatan tulang saja, tetapi kandungan tersebut juga mampu mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan menjaga kekuatan tulang secara alami.

√34. Mengobati Ambeien.
Meski hanya sebuah bejolan kecil, tetapi apabila ambeien (cak puru sembilik, wasir) dibiarkan akan sangat berbahaya, sebab ambeien tersebut akan bisa berubah menjadi tumor dan bahkan kanker yang mematikan.

Anda dapat mengatasi ambeien tersebut dengan cara mengkonsumsi air rebusan buah mengkudu secara rutin dan teratur setiap hari. Sebab dengan kandungan anti-inflamasi, antioksidan, antibakterial, dan mineral alaminya, buah mengkudu akan membantu proses penyembuhan pada pwnyakit ambeien.

√35. Mengobati Gangguan Kesehatan Kulit.
Jerawat, komedo, panu, kadas, kurap, kutu air, dan sejenisnya merupakan masalah kesehatan kulit yang sering kita derita. Munculnya gangguan-gangguan tersebut dapat disebabkan karena adanya pengaruh kuman dan bakteri.

Akan tetapi, anda dapat mengatasi berbagai macam masalah tersebut dengan mengoleskan buah mengkudu secara rutin dan teratur setiap hari. Bukan hanya membantu mengatasi berbagai gangguan tersebut saja, tetapi buah mengkudu juga baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Efek Samping Buah Mengkudu

Buah mengkudu sebenarnya sangat aman bagi siapapun apabila tidak dikonsumsi dengan tidak berlebih-lebihan. Segala makanan dan buah-buahan akan berdampak buruk bagi tubuh apabila dikonsumsi secara berlebih-lebihan. Kuncinya adalah yang terpenting sekedar cukup saja.

Namun demikian karena buah mengkudu ini mempunyai zat dan senyawa tertentu, maka buah mengkudu tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh:
√1. Ibu hamil dan menyusui.
Buah yang satu ini kalau dikonsumsi oleh ibu hamil, maka kemungjinan akan bisa menyebabkan kandungannya mengalami keguguran, sebab buah mengkudu banyak digunakan sebagai herbal aborsi. Selain itu bagi ibu yang menyusui, mengkudu kemungkinan juga akan menimbulkan efek racun pada ASI. Jadi jika anda sedang hamil atau sedang menyusui, maka sebaiknya ganti dengan yang lain yang aman untuk anda.
√2. Penderita Masalah Ginjal.
Dalam buah mengkudu terkandung senyawa kalium yang cukup tinggi, kandungan kalium ini akan sangat berbahaya apabila dikonsumsi penderita batu ginjal. Oleh sebab itu, apabila anda mengalami masalah ginjal jangan konsumsi buah tersebut. Lihat juga 30 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.
√3. Penderita Penyakit Liver.
Bagi anda yang menderita penyakit liver harap tidak mengonsumsi buah mengkudu, sebab kandungan mineral dalam buah yang satu ini dipercaya akan menganggu kinerja liver (hati) anda.

Demikianlah penjelasan mengenai khasiat dan manfaat buah mengkudu (pace) bagi kesehatan yang bisa saya sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat. Amin!

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: