IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi
Page Hits Counter

Jumat, 10 Maret 2017

Khasiat Dan Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Dan Kecantikan


Jeruk Nipis (Jeruk Keris) - BiriBisi
Jeruk nipis yang mempunyai rasa kecut atau asam ini amat mudah dijadikan wedang atau minuman yang nikmat dan menyegarkan, apalagi kalau diminum saat haus, seperti saat berbuka puasa.

Tinggal dibelah jadi dua saja, lalu diperas, kemudian ditambah air panas atau air dingin sebanyak 1 gelas dan tambahkan gula batu, gula pasir, atau gula merah (gula Jawa) secukupnya, aduk aduk sampai gulanya larut, maka jadilah wedang jeruk nipis yang nikmat dan menyegarkan. Lihat juga Darah Tinggi Atau Hipertensi Dan Pengobatannya.

Sebagian orang suka membuat wedang jeruk nipis dingin, sebagian lainnya lebih suka wedang jeruk nipis hangat, boleh juga sih kalau ada yang suka dua duanya, saat udara dingin minum wedang jeruk nipis hangat dan saat udara panas minum wedang jeruk nipis dingin.

Wedang jeruk nipis ini disamping rasanya nikmat dan menyegarkan juga bisa merangsang rasa lapar, sehingga sangat cocok untuk diminum oleh orang orang yang selera makannya berkurang. Anda bisa mencobanya, silahkan. He he he!

Selain bisa dibuat wedang secara langsung, jeruk nipis ini juga bisa dibuat sirup yang dapat disimpan cukup lama, sehingga nantinya dapat digunakan kapan saja tanpa harus repot repot memeras jeruk nipis lagi. Bagi anda yang sedang dalam program diet, sirup ini dapat memudahkan program diet anda, karena sangat praktis untuk dibawa kemanapun anda pergi. Berikut ini bahan dan cara membuat sirup jeruk nipis:

Bahan-bahan
100 ml air jeruk nipis
500 ml air
500 gram gula pasir

Cara membuat:
1. Campur air dengan gula pasir, rebus hingga mendidih dan gula hancur, buang buihnya dan dinginkan.
2. Saring dan masukkan ke dalam botol.
3. Hidangkan sebagai minuman penyegar dengan ditambah air.
4. Dapat disajikan hangat maupun dingin.

Bagaimana? Mudah bukan membuat resep sirup jeruk nipis ini. Jeruk nipis dapat anda temui dimana saja. Cukup mudah untuk membeli jeruk nipis. Jeruk nipis dapat dibeli dipasar tradisional atau di pasar modern. Pilihlah jeruk nipis yang masih fresh sehingga ketika membuat sirup, sirup yang disajikan masih terasa fresh. Sirup jeruk nipis lebih segar bila disajikan dengan es batu dan diminum dalam keadaan dingin. Tapi bila anda ingin minum sirop dalam keadaan hangat, sirop jeruk nipis ini juga dapat disajikan dalam keadaaan hangat. Semua tergantung dengan pilihan anda. Silahkan anda coba!

Jeruk nipis adalah merupakan jenis tumbuhan yang masuk kedalam suku jeruk-jerukan, tumbuhan jeruk nipis ini tersebar di Asia dan Amerika Tengah.

Jeruk nipis ini juga dikenal sebagai jeruk pecel, karena jenis jeruk ini sering digunakan untuk bumbu pecel. Jeruk nipis ini juga dikenal sebagai jeruk keris, khususnya di daerah Brebes Jawa Tengah, karena jeruk jenis ini sering digunakan untuk merawat dan memandikan keris pusaka.

Tinggi pohon jeruk nipis ini dapat mencapai 3-6 meter, bercabang banyak dan berduri, dengan daun lonjong, tangkai daun bersayap kecil, bunga berbentuk kecil dan muncul dari ketiak daun, dengan warna putih dan berbau harum.

Bentuk buah Jeruk nipis pada umumnya bulat sampai bulat telur, dengan warna hijau sampai kuning, sedang kulit buahnya cukup tipis dan mengandung banyak minyak atsiri.

Daging buahnya berwarna putih kehijauan, dengan rasa sangat asam walaupun sudah matang dan mengandung banyak vitamin C serta asam sitrat, berbiji kecil dan banyak dan bersifat poliembrioni.

Di Indonesia pohon jeruk nipis ini dapat hidup di dataran rendah sampai dataran tinggi hingga ketinggian 1000 m dari permukaan laut. Tumbuh baik di tanah alitik, ditempat tempat yang terkena sinar matahari langsung. Penanamannya dengan biji, okulasi ataupun cangkok.

Orang orang di Indonesia sering menggunakan buah jeruk nipis ini untuk dibuat minuman, untuk obat obatan, untuk bumbu atau penyedap masakan,  untuk merawat kecantikan, untuk menghilangkan atau mengikis karat pada benda benda logam, untuk merawat keris pusaka, yaitu senjata tradisional orang Jawa dan untuk merawat rambut. Baca juga Rematik Dan Pengobatannya.

Kandungan jeruk nipis

Seperti varian jeruk lainnya, jeruk nipis mengandung kadar vitamin C yang tinggi serta kandungan biokimia lain yang bermanfaat untuk tubuh manusia. Sari jeruk nipis mengandung air dan minyak volatil yang didalamnya terkandung nutrien, vitamin dan mineral. Berikut ini adalah kandungan nutrisi dari 100 gram jeruk nipis :

kandungan nutrisi dari 100 gram jeruk nipis
Serat 11%
Karbohidrat 4%
Kalori 2%
Protein 2%
Lemak 0%
Vitamin C 48%
Thiamin 2%
Folat 2%
Vitamin B6 2%
Asam Pantotenat 2%
Kalsium 3%
Zat besi 3%
Fosfor 2%
Potassium 3%
Tembaga 3%

Khasiat dan manfaat Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung senyawa yang bisa menjaga kesehatan tubuh dan bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Jeruk nipis mempunyai banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Ia dapat digunakan sebagai obat ataupun untuk menjaga kesehatan tubuh, baik sebagai obat luar ataupun sebagai obat dalam. Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat jeruk nipis untuk kesehatan:

1. Ambeien.
Salah satu manfaat jeruk nipis adalah untuk mengobati ambeien. Caranya, siapkan 10 gram akar pohon jeruk nipis, bersihkan kotoran yang menempel menggunakan air, kemudian rebus dalam 1 liter air selama 30 menit. Saring airnya, dan minum selagi masih hangat, 3 kali sehari.

2. Keseleo atau terkilir.
Buatlah minyak urut dari jeruk nipis untuk mengobati bagian tubuh yang cedera atau terkilir. Caranya sebagai berikut: Jeruk nipis matang yang menyimpan banyak air 3 buah, air panas ½ cangkir, masukkan ke dalam poci, tutup rapat, biarkan beberapa saat, kemudian tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan minyak gandapura. Gunakan ramuan untuk memijat atau mengurut bagian yang terkilir. Sehabis dipjat, minumlah 3/4 gelas air kelapa hijau muda. Lakukan 3 kali sehari.









3. Gangguan Pernapasan (asma).
Minyak flavonoid yang diekstrak dari jeruk nipis secara luas digunakan dalam obat-obatan anti-kongestif seperti balm, alat penguap, dan inhaler karena adanya kaempferol. Hanya dengan menghirup aromanya, dapat membantu mengatasi rasa sesak dan mual.

Asma adalah salah satu penyakit yang menyerang sistem pernafasan bagian atas yang dipicu oleh reaksi alergi. Setiap tahun, jumlah penderita asma di dunia semakin meningkat. Meskipun penyakit asma sulit disembuhkan tetapi bisa dicegah dan diredakan dengan berbagai cara, termasuk menggunakan jeruk nipis.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam World Journal of Pharmacy and Pharmacheutical menjelaskan bahwa ekstrak sari buah jeruk nipis dapat mencegah timbulnya asma sekaligus meredakannya. Hal ini disebabkan karena jeruk nipis mengandung senyawa anti bakteri yang dapat mengurangi kontraksi otot halus pada sistem pernafasan, khususnya pada bagian bronkus.

Jika anda seorang penderita asma, anda dapat menjadikan jeruk nipis sebagai obat traditional untuk mencegah dan meredakan kambuhnya asma.

4. Amandel.
 Jeruk nipis bisa bermanfaat untuk mengobati amandel yang bengkak. Jeruk nipis 3 buah, ambil kulitnya, cuci bersih, potong-potong, kemudian rebus dalam 2 gelas air sampai tersisa 3/4 nya. Saring dan gunakan airnya untuk berkumur beberapa menit, 3-4 kali dalam sehari.

5. Sakit Gigi.
Giling akar kecubung hitam dan legetan warak (jotang) hingga terkumpul masing-masing satu sendok makan, campur dengan air jeruk nipis sebanyak 1 sendok makan, beri larutan garam sebanyak ¾ ke dalam ramuan tersebut, aduk hingga tercampur rata, saring ramuan. Gunakan airnya untuk berkumur beberapa menit, lakukan 4-6 kali dalam sehari.







6. Mengontrol kadar gula darah.
Kencing manis atau diabetes membuat si penderitanya harus waspada terhadap makanan dan minuman yang hendak dikonsumsi. Kalau tidak mau memperhatikan kandungan gula pada apa yang dikonsumsinya, maka bisa menimbulkan resiko serius bagi penderita diabetes.

Jeruk nipis adalah merupakan buah ideal yang dianggap oleh American Diabetes Associtaion mampu mengatur penyerapan gula tubuh ke sistem sirkulasi darah, serta mampu mengurangi terjadinya peningkatan kadar gula darah. Jeruk nipis memiliki indeks glikemik rendah yang tidak menyebabkan peningkatan kadar glukosa diluar efek serat larut yang dikandungnya. Untuk penggunaan ini anda dapat mencampurkan air perasan dari satu buah jeruk nipis kedalam air putih sebanyak 1 liter untuk diminum saat haus.

7. Menguatkan pembuluh darah.
Sebagai buah yang kaya akan vitamin C membuat jeruk nipis memiliki daya desinfektan dan anti-toksin yang kuat terhadap racun mikroba. Vitamin C juga membantu memperkuat pembuluh darah agar tidak rapuh atau mudah sobek, sehingga akan menyebabkan pendarahan kecil.

8. Mengobati luka dan kudis.
Apabila kulit anda tergores pisau dengan luka yang kecil, segera sembuhkan dengan mengusapkan daging buah jeruk nipis pada permukaan kulit yang tergores mata pisau selama beberapa menit.

Secara bertahap semua kandungan dalam jeruk nipis akan bekerja sama untuk membersihkan luka akibat pisau. Pengobatan ini juga berlaku untuk kudis, hanya saja anda memerlukan bawang putih yang dilumatkan untuk dikombinasikan dengan air perasan jeruk nipis.



9. Menghindarkan dari penyakit jantung.
Kandungan serat pangan yang juga dapat membantu penderita diabetes dengan menjaga kadar gula darah ternyata memberi reaksi ganda berupa penurunan tekanan darah dan mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat) di dalam tubuh. Dengan begitu, maka penyakit jantung dan stroke akan menjauh dari Anda.

10. Meredakan konstipasi (sembelit).
Jeruk nipis dapat digunakan untuk meredakan konstipasi atau susah buang air besar. Jeruk nipis mengandung asam alami yang dapat membersihkan dinding usus halus dan melancarkan proses defekasi atau proses pembentukan tinja.

Jeruk nipis dapat digunakan sebagai laksatif atau perangsang buang air besar dengan mencampur sari jeruk nipis dengan air hangat dan sedikit garam. Jika anda memiliki masalah sulit buang air besar, maka cobalah ramuan jeruk nipis tersebut.

11. Meningkatkan kekebalan tubuh (imun) saat cuaca ekstrim. Musim dingin adalah waktu yang paling rentan bagi tubuh untuk terserang penyakit seperti flu dan batuk. Vitamin C di dalam jeruk nipis bisa menjadi solusi tepat untuk membantu anda untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imun) saat cuaca ekstrim, sehingga tubuh menjadi terjaga dari serangan penyakit musiman, kandungan antioksidan berupa flavonoid akan membantu tubuh anda untuk menumpas virus, sehingga tubuh tetap fit dalam cuaca ekstrim.

12. Menyeimbangkan pH Balance tubuh.
pH adalah ukuran keseimbangan asam dan basa di dalam tubuh, kondisi basa (alkali) menunjukkan tubuh dalam kondisi sehat atau positif sedangkan asam atau acid menunjukkan tubuh dalam kondisi kurang sehat atau negatif.

Normalnya, tubuh yang seimbang membutuhkan 80% alkali dan sisanya yakni 20% asam (acid) agar tetap stabil di segala cuaca. Namun, kebanyakan kita malah terbalik dalam pemenuhannya. Banyak makanan yang justru memicu peningkatan asam seperti nasi, es krim, cendol, daging, kopi, gula, dan roti yang banyak kita konsumsi.

Sementara makanan (sayur atau buah) yang membangun keseimbangan dengan memberi alkali seperti jeruk nipis malah kita jauhi atau jarang dikonsumsi. Mungkin anda bingung kenapa jeruk nipis termasuk makanan beralkali? Alasannya, meski rasanya asam, jeruk nipis mengandung acid citric yang bagus untuk dikonsumsi karena memberikan alkali cukup yang nantinya akan menyeimbangkan jumlah asam dalam tubuh.

13. Batuk.
Salah satu obat batuk yang praktis dan mudah dibuat adalah jeruk nipis yang dicampurkan dengan beberapa bahan alami lain. Banyak versi obat batuk dari jeruk nipis, Anda bisa memilih yang paling anda sukai dan benar benar mampu menyembuhkan batuk yang anda alami. 

Salah satu resep yang mudah dibuat adalah: Air perasan dari satu buah jeruk nipis, Madu sebanyak 1 sendok makan, Garam sedikit saja. Campur semua bahan dalam wadah dan hingga garam larut, saring, kemudian minum 2-3 kali sehari. Jika ingin ramuan lain, maka anda bisa mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan kecap sebanyak 1 sendok makan, lalu minum 2-3 kali sehari.





14. Batuk berdahak.
Jeruk nipis 1 buah, diperas, Air 200 cc, Gula batu secukupnya, diaduk sampai rata. Diminum 1 kali sehari sampai sembuh.



15. Bau Badan.
Apakah anda punya masalah dengan bau badan? Jeruk nipis bisa menjadi solusi bagi permasalahan bau badan anda, silahkan anda simak penjelasan mengenai cara membuat ramuan untuk mengatasinya berikut ini: Jeruk nipis 1 buah, potong menjadi dua bagian, oleskan kapur sirih tipis-tipis pada kedua irisan jeruk nipis tersebut. Oleskan ke lipatan kulit seperti ketiak setelah mandi, diamkan 5 menit, kemudian dibilas, lakukan tiap pagi dan sore hari.



16. Menyembuhkan infeksi pada sistem kemih.
Kalium dalam jeruk nipis bisa bertindak sebagai agen pelepas racun dan endapan yang memiliki peluang tersimpan dalam kandung kemih. Hal ini akan mengganggu proses kencing karena terjadinya penyumbatan urin pada saluran air kencing. Jeruk nipis akan membantu pembersihan endapan zat pada kandung kemih.

17. Batu Ginjal.
Kandungan kalium yang tinggi dari jeruk nipis sangat efektif dalam menghilangkan zat beracun dan endapan yang bisa disimpan dalam ginjal dan kandung kemih. Sifat disinfektan jeruk nipis juga membantu menyembuhkan infeksi pada sistem kemih. Selain itu, dapat membersihkan penyumbatan air seni yang dapat berasal dari endapan kalsium dalam saluran kemih.

18. Mengatasi anyang anyangan.
Kata anyang anyangan itu berasal dari bahasa Jawa, yaitu suatu penyakit disaluran kencing, di mana timbul keinginan untuk buang air kecil dengan frekuensi yang cukup sering disertai rasa ngilu, tetapi air kencing yang keluar tidak banyak, sehingga akan terasa belum tuntas dan menyebabkan rasa ingin kencing terus.

Anyang anyangan merupakan salah satu gejala infeksi saluran kemih yang bisa diobati dengan jeruk nipis. Berikut ini cara pengobatannya: Jeruk nipis 2 buah, potong jadi dua, peras dan ambil air perasannya, kemudian tambahkan air panas sebanyak 1 gelas, tambahkan juga gula batu secukupnya, aduk hingga gula batu larut. Minum selagi masih hangat, sehari sekali sampai masalah tuntas.

19. Mengurangi rasa capek atau letih pada beberapa titik tubuh.
Buatlah ramuan dari ⅓ daun jeruk nipis, ⅓ daun sambiloto, ⅓ daun ketepeng cina, 10 lembar daun sirih, 2 jari akar kepayang dan akar pepaya, 3 jari akar kelor, dan 10 buah cabai rawit.

Tumbuk semua bahan hingga halus, rendam dalam 1 liter alkohol selama 7 hari. Peras airnya dan simpan dalam botol. Gunakan ramuan ini untuk menggosok atau mengurut bagian tubuh yang capek pasca bekerja.














20. Menambah stamina.
Telur ayam kampung 1 butir, air perasan dari satu buah jeruk nipis, dan sedikit irisan gula merah (gula Jawa), campur jadi satu, aduk hingga gula larut. Minun satu kali dalam seminggu agar stamina tubuh terisi kembali.





21. Haid tidak teratur.
Salah satu manfaat jeruk nipis adalah dapat digunakan untuk mengobati haid yang tidak teratur. Caranya adalah sebagai berikut: Air perasan jeruk nipis 3 sendok, Madu murni 1 sendok makan, Air panas 200 cc. Minum selagi masih hangat, 3 kali sehari.

22. Minuman ibu hamil dan perempuan yang menopause.
Dua masa yang sudah pasti dialami oleh seorang wanita yang normal tersebut terkadang membuat banyak wanita lebih fokus pada kondisi kesehatannya. Berbagai nutrisi memang diperlukan ketika hamil dan menopause. Anda bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi berupa kalsium dan folat dengan konsumsi jeruk nipis segar yang setidaknya menyimpan 22 mg kalsium dan 5 mikrogram folat.

23. Jerawat dan bekas noda.
Jerawat dan noda bekas jerawat yang disebabkan oleh kotoran, minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pori pori wajah. Jerawat adalah masalah yang sering terjadi pada orang dengan kulit yang cenderung berminyak khususnya perempuan. Selain itu, bakteri yang hadir pada pori pori wajah akan memperburuk peradangan, meningkatkan kemerahan dan nyeri.

Sifat antibiotik jeruk nipis bisa menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Anda bisa mendapatkan wajah yang bebas jerawat dengan melakukan perawatan yang sama seperti mengatasi kulit berminyak. Hanya saja bagian yang digunakan adalah air perasan jeruk nipis. Oleskan air jeruk menggunakan cotton bud pada jerawat dan bekasnya, diamkan 30 menit hingga mengering, kemudian dibilas.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa memadukan jeruk nipis dengan madu secukupnya. Karena kedua bahan ini kontribusinya di bidang kecantikan, terutama merawat kulit sudah banyak dibuktikan oleh para pakar kecantikan di seluruh dunia. Anda bisa menggabungkan keduanya sebelum dioleskan pada wajah.

Campuran air jeruk nipis dan madu ini sangat bermanfaat, karena madu memiliki sifat anti bakteri yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri, dan sifat asam dari jeruk nipis akan bermanfaat untuk mengontrol kelebihan minyak diwajah. Lakukan perawatan wajah untuk menghilangkan jerawat dan bekas luka jerawat ini setiap minggu dengan memijat bagian kulit wajah dengan air jeruk nipis segar.

24. Menghilangkan ketombe.
Ketombe adalah bercak putih yang berada pada rambut yang dihasilkan dari pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala.

Sel kulit mati yang terkelupas ini berwarna putih dalam jumlah banyak, kehadirannya sangat mengganggu penampilan dan membuat seseorang tidak nyaman karena timbul rasa gatal yang serupa dengan masalah kutu.

Untuk menghilangkan ketombe anda bisa mencoba manfaat jeruk nipis. Seperti perawatan jeruk nipis lainnya, gunakan air jeruk nipis secara langsung ke kulit kepala, diamkan selama 30 menit, terakhir dibilas dengan shampo dan air. Lakukan tiga kali dalam seminggu.

25. Mencegah rambut rontok.
Jeruk nipis banyak digunakan untuk mengatasi masalah masalah yang terjadi pada rambut, seperti kerontokan rambut dan ketombe.

Rambut rontok adalah masalah normal yang pasti dihadapi oleh banyak remaja, yang membedakan adalah jumlah rambut yang rontok. Apabila mencapai puluhan helai perhari, maka hal itu menandakan adanya masalah pada kesehatan rambut. 

Anda bisa memulai pengobatan rambut rontok dengan menggunakan air dari hasil perasan jeruk nipis secara teratur. Oleskan secara merata dan biarkan semalaman (dibiarkan sambil tidur). Ketika pagi hari, anda bilas hingga bersih dengan air. Lakukan terus sampai rambut rontok berkurang.

26. Melebatkan Rambut.
Jeruk nipis bermanfaat dalam meningkatkan pertumbuhan rambut. Karena itu jeruk nipis digunakan untuk mengatasi kebotakan, rambut menipis dan rontok.

Nutrisi utama yang mendorong pertumbuhan rambut adalah vitamin C, yang terkandung dalam jeruk nipis dalam jumlah yang cukup besar. Namun penggunaan air jeruk nipis untuk mengoptimalkan pertumbuhan rambut ini harus dilakukan secara teratur seperti saat digunakan untuk menncegah kerontokan rambut dan untuk menghilangkan ketombe.

Rambut tipis akan terlihat seperti setengah botak, tentu hal itu akan mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Namun anda tidak perlu khawatir jika masalahnya hanya rambut tipis akibat jumlah rambut yang sedikit. Problem ini bisa anda atasi dengan cara melebatkan atau menyuburkan rambut dengan bantuan jeruk nipis. Caranya adalah sebagai berikut: Jeruk nipis 1 buah, dibelah jadi dua, lalu diperas dan diambil airnya, Merang padi secukupnya, dibakar sampai menjadi abu, kemudian rendam abu merang pada air secukupnya selama satu malam, lalu saring.

Kemudian carpur air rendaman abu merang dengan air jeruk nipis, lalu digunakan untuk membasuh kulit kepala sambik dipijat pijat. Lakukan hal ini setiap hari hingga terlihat adanya perubahan dalam rambut.



27. Rambut berkilau.
Air perasan jeruk nipis 1 sendok makan, Madu 1 sendok makan, Minyak zaitun 1 sendok teh. Campur jadi satu, lalu oleskan pada rambut secara merata dan diamkan kurang lebih 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih, baik juga bila dibilas dengan shampoo. Rambut yang berkilau tentu sangat diinginkan oleh semua orang khususnya oleh para wanita, karena rambut yang berkilau itu menunjukkan kesehatan rambut dan sangat indah dipandang.



28. Menghentikan kebiasaan merokok.
Isap jeruk nipis seiris demi seiris, kemudian minum air putih. Lakukan kebiasaan ini beberapa kali dalam sehari secara rutin tiap hari hingga anda sadar bahwa keinginan untuk membakar tembakau sudah berkurang, bahkan hilang.

29. Mengobati gangguan otak.
Penyakit semacam vertigo dan parkinson, dimana secara kasar keduanya dapat didefinisikan sebagai halusinasi seseorang yang mengira bahwa terjadi hal aneh di sekitarnya, seperti ada yang berbicara di sampingnya yang pada faktanya tidak ada dan ruangan bergerak atau terasa berputar.

Kedua penyakit tersebut merupakan gangguan neurologis atau penyakit yang menyerang sistem saraf. Kondisi ini akan membuat seseorang bertingkah aneh, karena itu harus segera diobati. Mulailah dengan pengobatan berstatus ringan seperti memanfaatkan jeruk nipis: Daun jeruk nipis setengah genggam, dihaluskan, Air jeruk nipis 1 sendok makan. Campur jadi satu dan balurkan pada tengkuk, dahi, dan pelipis, 2 kali sehari.

30. Radang Tenggorokan.
Terjadinya infeksi pada saluran tenggorokan atau biasa disebut dengan penyakit radang tenggorokan bisa membuat nafsu makan berkurang, karena saat terjadi peradangan di tenggorokan, maka akan sangat sulit menelan makanan. Dan jika hal itu dibiarkan begitu saja tanpa adanya upaya untuk mengobatinya, maka bisa menimbulkan gangguan kesehatan lain.

Karenanya segeralah diobati dengan ramuan herbal alami dari jeruk nipis berikut ini:. Jeruk nipis 3 buah, belah jadi dua, lalu peras, kemudian campur dengan air panas sebanyak 200cc, tambahkan 1 sendok makan madu,  aduk sampai rata. Gunakan ramuan ini untuk berkumur selama 3 menit, sebanyak 3 kali dalam sehari.

31. Lendir di Tenggorokan.
Jeruk nipis 2 buah, potong jadi dua, peras, dan tampung air perasannya di dalam gelas. Larutkan sedikit garam, aduk hingga rata. Minum sebelum makan. Jika ingin diberi perasa manis, anda bisa menuangkan sesendok madu setelah melarutkan garam.

32. Panu dan Kurap.
Akar landep 1 genggam, ditumbuk halus, Air perasan jeruk nipis secukupnya, aduk rata. Gosokkan pada bagian kulit yang terkena panu atau kurap. Gunakan perban untuk membalut dan gantilah perbannnya 2 kali sehari sampai sembuh.



33. Demam atau panas dingin.
Air perasan jeruk nipis 3 sendok makan, Air putih 200 cc, Gula aren atau gula Jawa secukupnya. Minum 2 kali sehari, pagi dan sore hari. 

Jika menderita demam, maka air jeruk nipis dapat dijadikan obat alternatif yang cukup ampuh. Buah jeruk pada umumnya mampu mengurangi demam, seseorang yang menderita demam sangat baik bila mau mengkonsumsi jus atau wedang jeruk nipis.

Wedang jeruk nipis ini secara parlahan lahan tapi pasti akan menstabilkan kondisi tuhuh, disamping melakukan olah raga ringan agar tubuh bisa mengeluarkan keringat, karena didalam jeruk nipis ini terkandung vitamin C dalam konsentrasi tinggi yang secara alami dapat menurunkan suhu tubuh menjadi normal.

34. Demam akibat malaria.
Jeruk nipis bisa bermanfaat untuk obat penurun panas atau demam akibat malaria, caranya sebagai berikut: Daun jeruk nipis sebanyak 3 lembar, Daun jarak kendala 5 lembar, Daun prasman 5 lembar. Rebus semua daun dengan air sebanyak 3 gelas hingga tersisa 1 gelas, dinginkan, saring airnya, bagi menjadi dua. Untuk diminum pada pagi dan sore hari.




35. Pegal Linu.
Jeruk nipis 1 buah, potong jadi dua, peras dan ambil air perasannya, lalu tambahkan sedikit air. Gunakan untuk menggosok bagian tubuh yang terasa pegal pegal. 

36. Melarutkan asam urat.
Jeruk nipis mampu melarutkan asam urat secara alami sehingga sering disebut sebagai obat asam urat herbal. Adanya asam sitrat dalam kandungan jeruk nipis itulah yang berkontribusi di sini. Jika Anda bermasalah dengan asam urat, maka setiap pagi dan sore hari minumlah segelas air perasan jeruk nipis untuk memperoleh manfaat dari jeruk nipis bagi kesehatan.

Selain asam urat, jus atau air perasan jeruk nipis secara bersamaan juga efektif melakukan aktivitas detoksifikasi. Semua racun berbahaya yang terakulumasi di dalam tubuh akan dikeluarkan, alhasil tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

37. Radang Sendi.
Salah satu dari banyak penyebab radang sendi adalah kelebihan asam urat yang menumpuk di tubuh. Asam urat adalah salah satu produk limbah yang buang air kecil yang normal akan membersihkan tubuh. Tapi sayangnya, bila terlalu banyak itu bisa membuat rasa sakit dan peradangan dari arthritis bahkan lebih buruk.

Orang yang menderita arthritis biasanya akan sering merasakan sakit pada persendian yang disebabkan oleh akumulasi asam urat. Jeruk nipis mengandung senyawa aktif yang dapat membantu membersihkan darah dari senyawa asam urat dan mencegah terjadinya akumulasi asam urat dalam persendian.

Asam urat tersebut nantinya akan dikeluarkan bersama urin dan tidak akan menimbulkan masalah pada penderita arthritis.

Asam sitrat yang ditemukan dalam buah jeruk seperti jeruk nipis adalah pelarut dimana asam urat dapat larut, meningkatkan jumlah yang dieliminasi dalam urin. Buah jeruk pada umumnya memiliki sifat anti inflamasi, dan dapat digunakan untuk sejumlah isu peradangan.

38. Melangsingkan tubuh.
Manfaat jeruk nipis untuk diet (menurunkan berat badan) sudah terbukti sejak lama. Pemerhati diet sering menyarankan penggiat diet agar mengawali hari dengan minum secangkir air jeruk nipis, karena kandungan serat pangannya dapat membantu menurunkan berat badan.

39. Mengobati penyakit maag.
Ada mitos yang mengatakan bahwa karna jeruk nipis rasanya asam, maka penderita maag tidak boleh mengonsumsinya. Padahal, sebenarnya kandungan dari jeruk nipis ini akan mampu mengobati rasa nyeri pada lambung.

Anda tinggal mengambil air perasannya dan campurkan dengan air putih. Konsumsilah air jeruk nipis tersebut secara rutin sebelum makan. Dengan melakukannya secara rutin, anda akan mendapati kondisi maag yang lebih baik dari sebelumnya.

Di Amerika juga banyak dokter yang menganjurkan penderita maag untuk melakukan pengobatan herbal ringan dengan mengkonsumsi jeruk lemon (jeruk nipis) sebagai obat komplementer maag yang banyak membuktikan hasil baik dari sekelompok penderita.

Untuk membuat ramuan ini tidaklah sulit, silahkan anda perhatikan cara pembuatannya berikut ini: Siapkan sebutir buah jeruk nipis, belah jadi dua, lalu peras dan campurkan air perasannya dengan air putih kurang lebih 100 cc. Minum ramuan ini sebelum makan, lalu makanlah seperempat jam setelah minum ramuan penyembuh maag alami ini.

40. Tekanan Darah Tinggi atau hipertensi.
Jeruk nipis yang merupakan salah satu buah buahan penyuplai kalium tentu akan memberikan dampak positif pada tubuh, seperti menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Buah ini secara langsung juga menampilkan keahliannya dalam mengurus penyakit kardiovaskulas dengan cara mengaktifkan sirkulasi darah.


41. Mengangkat sel kulit mati.
Jeruk nipis sering digunakan dalam perawatan kecantikan di spa spa, juga sering dipergunakan dalam pengobatan rumah untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit wajah. Asam sitrat yang terkandung dalam kulit jeruk nipis sangat berguna untuk mengelupaskan sel kulit mati. 

42. Membersihkan Komedo.
Komedo merupakana masalah yang sering dan umum terjadi bagi banyak orang. Bahkan banyak orang yang merasa kesulitan dalam membersihkan komedo karena selalu ada, ada dan ada lagi. Padahal dengan buah jeruk nipis ini kita dapat mengurangi komedo bahkan menghilangkan komedo dari wajah kita. Resep tradisional yang sudah terbukti ampuh untuk mengatasi ini adalah dengan menggosokkan air jeruk nipis ke seluruh wajah yang banyak terdapat komedo setiap malam. Biarkan saja semalaman dan bilas keesokan paginya. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

43. Kelembaban kulit alami.
Untuk menjaga kelembaban kulit secara alami dapat menggunakan: Air perasaan jeruk nipis secukupnya, Putih telur secukupnya. Campur jadi satu secara merata, oleskan pada muka secara merata, diamkan kurang lebih ¼ jam, basuh dengan air hangat, keringkan dengan handuk dengan cara ditempel tempelkan, jangan digosokkan. Dengan masker jeruk nipis ini kelembapan kulit dapat dipertahankan secara alami.

44. Menghilangkan noda hitam.
Air jeruk nipis dianggap sebagai agen pemutih alami karena sifatnya yang ringan pada kulit. Jeruk nipis dapat digunakan untuk meringankan bintik bintik gelap. Berikut ini cara mengambil manfaat dari jeruk nipis untuk menghilangkan noda hitam pada kulit wajah:

Celupkan kapas pada air jeruk nipis, oleskan ke bagian kulit yang gelap dan biarkan selama 30 menit. Pastikan untuk tetap tinggal di dalam rumah dan menghindari kontak langsung dengan sinar matahari, karena air jeruk nipis dapat membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari. Disarankan untuk menggunakan tabir surya sebelum keluar rumah.

45. Mengurangi jumlah produksi minyak.
Manfaat jeruk nipis untuk mengatasi kulit wajah berminyak. Kulit wajah adalah bagian paling rentan terhadap masalah kulit, karena itu sangat penting untuk memberi perawatan ekstra yang aman pada wajah jika ingin terhindar dari problem kecantikan seperti jerawat, komedo, dan sejenisnya.

Kulit berminyak terjadi akibat pori-pori kulit terbuka lebar sehingga produksi minyak menjadi berlebihan. Anda bisa merasakan dampak negatif dalam waktu singkat jika sadar bahwa kulit wajah berminyak. Jika tidak ingin menikmati hadiah buruk dari minyak berlebih pada wajah, maka segeralah diatasi dengan mengoleskan jeruk nipis pada wajah secara rutin.

Berikut cara membuat masker wajah dari jeruk nipis: Ambil satu buah jeruk nipis, cuci bersih, potong jadi dua bagian. Gosokkan bagian dalam jeruk nipis pada wajah yang sudah dibersihkan secara pelan pelan dan merata.

Apabila terdapat luka pada wajah, maka jangan diolesi. Diamkan selama 15 menti hingga air terserap ke dalam pori-pori kulit, bilas dengan air bersih. Dalam sekejap anda sudah bisa merasakan wajah yang terbebas dari minyak dan terasa sangat halus.

46. Wajah lebih sehat dan bersinar.
Semua perempuan pasti mengidamkan wajah yang bersih, kencang, dan cerah layaknya putri keraton, karena wajah yang bersih tanpa noda bisa menjadi modal untuk menuai kesuksesan di dunia pekerjaan.

Namun yang menjadi permasalahan adalah untuk mewujudkan mimpi ini tidaklah mudah, tapi juga tidak sulit, apabila punya keseriusan untuk menjalani perawatan dengan masker jeruk nipis.

Agar kulit sehat dan bercahaya, perlu mengolesi kulit, dengan sedijit air hangat yang dicampur dengan madu dan air perasan jeruk nipis, setiap pagi secara teratur. Apabila anda mau melakukannya secara rutin dan teratur, maka perlakuan tersebut akan memberikan cahaya alami pada kulit wajah anda. Siapkah anda untuk melakukannya?

47. Mengatasi Flek Hitam.
Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menimbulkan flek hitam pada kulit khususnya kulit wajah, sehingga akan mempengaruhi kebersihan, kemulusan dan kecantikan kulit. Dan jeruk nipis yang dikombinasikan dengan tepung beras dapat digunakan untuk menghapus flek flek tersebut secara efektif.

Cara penggunaannya adalah sebagai berikut: Tepung beras 1 sendok teh,Air jeruk nipis secukupnya. Campur kedua bahan hingga menjadi pasta. Oleskan pasta ini secara merata pada wajah secara merata dan biarkan hingga kering. Cuci muka dengan air jernih dan keringkan. Perawatan wajah ini akan efektif apabila dilakukan secara rutin,

48. Menyehatkan pencernaan.
Penyakit ringan yang berhubungan dengan sistem pencernaan seperti sembelit dan diare dapat diatasi dengan cara mengonsumsi air perasan jeruk nipis. Kebiasaan ini akan membuat kinerja usus berjalan dengan baik dan tetap stabil, sehingga buang air besar akan jadi lancar.

Jeruk nipis yang memiliki rasa kecut atau asam dengan aroma yang bisa membuat mulut mengeluarkan air liur ini benar benar bisa membantu pada kinerja pencernaan utama, keasaman alaminya akan membantu untuk memecah molekul makro makanan.

Kemudian flavonoidnya atau senyawa yang ditemukan dalam minyak wangi yang diekstrak dari jeruk nipis, akan merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan sekresi cairan pencernaan, empedu dan asam. Flavonoidnya juga bisa merangsang gerak peristaltik.

Ini juga merupakan alasan kenapa acar jeruk nipis dikonsumsi sebagai salah satu lauk pauk makan siang dan makan malam disebagian wilayah Indonesia dan dibanyak negara tetangga disebagian wilayah benua Asia. 

49. Membunuh cacing dalam usus.
Usus yang dijadikan hunian oleh cacing akan bermasalah. Anda bisa membunuh sekaligus mengeluarkan cacing dengan cara membiarkannya berkelahi dengan campuran air jeruk nipis dan air kelapa muda. Buatlah minuman dari campuran air perasan jeruk nipis 1 buah dengan air kelapa muda sebanyak 1 gelas. Minum 3 kali sehari, pagi sebelum sarapan, sore, dan malam hari menjelang tidur.

50. Membunuh bakteri penyebab penyakit malaria, kolera, tipes, dan difteri.
Selain membunuh cacing jeruk nipis ini bermanfaat juga untuk membasmi bakteri yang memengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Jenis penyakit dari bakteri yang penyebabnya mampu diatasi oleh jeruk nipis adalah malaria, kolera, tipes, dan difteri (penyakit menular berupa peradangan selaput lendir pada hulu kerongkongan, pangkal tenggorokan, dan batang tenggorokan).

51. Memperlambat penuaan kulit.
Perkembangan usia dan juga paparan sinar UV matahari akan membentuk melanin yang berpengaruh terhadap warna pada kulit dan akumulasi melanin pada kulit ini bisa menimbulkan bintik bintik gelap dan tanda tanda penuaan.

Untuk mendapatkan menfaat dari jeruk nipis agar bisa menghambat produksi melanin, dapat dilakukan seperti berikut : Kupas jeruk nipis dan gosokkan langsung pada kulit atau gunakan masker alami dengan kulit jeruk nipis, yang secara signifikan dapat mengurangi pigmentasi berlebihan pada kulit.

52. Membuat kulit tampak awet muda.
Usapkan air perasan jeruk nipis pada wajah untuk mengurangi tampilan kulit yang semakin menua seiring bertambahnya usia. Jangan lupa untuk diimbangi dengan minum air putih agar tekstur kulit tetap lembut dan kenyal layaknya wanita usia 20 tahunan.

53. Menyehatkan ginjal.
Anda mungkin pernah mendengar bahwa banyak minum akan menyehatkan ginjal. Secara umum mungkin itu benar, tetapi pada kenyataannya tidak semua jenis minuman dapat menyehatkan ginjal.

Para pakar sudah memberi rekomendasi beberapa minuman yang terbukti secara empiris bisa menyehatkan serta bisa mengobati permasalahan yang terkait dengan organ ginjal.

Salah satunya adalah air perasan jeruk nipis. Asam sitrat dalam jeruk nipis dapat mencegah proses pengikatan mineral lain yang dilakukan oleh kalsium yang jika dibiarkan terjadi, maka akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh, seperti terbentuknya batu ginjal.

Pada suatu kasus di salah satu RS yang berada di Amerika Serikat, banyak pasien batu ginjal yang dilarikan ke ruang gawat darurat. Satu dari 10 orang menderita batu ginjal yang kronis. Dokter memberinya saran untuk membiasakan minum air perasan lemon atau jeruk nipis setidaknya tiga kali dalam satu minggu.

54. Mencegah kanker.
Jeruk nipis merupakan agen anti kanker yang dapat menurunkan resiko sebagian jenis kanker seperti leukimia, lambung, dan usus besar. Kemampuan dalam menumpas sel kanker tersebut ada karena kandungan liminoid dalam jeruk nipis yang juga berperan ketika menangkal radikal bebas dari dalam tubuh seperti aktivitas teh hijau.

55. Meningkatkan kemampuan penglihatan.
Sama seperti menjaga daya tahan tubuh, kandungan vitamin C dan flavonoid sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan penglihatan. Vitamin C yang kaya akan antioksidan mampu melindungi mata dari segala bentuk ancaman dari dalam seperti kerusakan ataupun penuaan. Sedangkan flavonoid sangat bermanfaat untuk menjaga mata dari ancaman luar seperti iritasi dan infeksi. Sehingga dengan mengonsumsi jeruk nipis secara rutin, kemampuan dan kondisi mata pun akan sangat terjaga kualitasnya. Baca juga Sariawan Dan Obatnya.

Demikianlah penjelasan mengenai khasiat dan manfaat jeruk nipis bagi kesehatan dan kecantikan yang bisa saya sajikan kepada anda. Semoga bermanfaat.Amin!

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: