IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi
Page Hits Counter

Sabtu, 11 Maret 2017

24 Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


Jambu Biji Merah - BiriBisi
Jambu biji merah adalah buah jambu yang didalam dagingnya yang berwarna merah muda terdapat biji kecil kecil.
Buah jambu ini rasanya sangat enak dan menyegarkan, apalagi bila dimakan saat cuaca panas.

Banyak sekali orang yang langsung terpikat oleh penampilannya yang hijau kekuning kuningan cerah atau kuning cerah agak kemerah merahan saat sudah matang, baik yang sudah dipetik dari pohonnya atau saat masih menggantung pada dahan dahan pohonnya. Baca juga Obat Penyakit Jantung.

Pohon buah jambu yang berbuah tidak mengenal musim ini banyak ditanam disekeliling rumah rumah penduduk didaerah daerah di Indonesia, karena disamping rasa buah ini manis asam yang menyegarkan, juga buah ini bisa dijadikan jajanan atau cemilan gratis oleh pemiliknya, khususnya anak anak.

Buah jambu biji merah ini disamping bisa dimakan secara langsung, juga bisa diolah menjadi berbagai macam jajanan. Dan bagi anda yang ingin mencoba mengolahnya untuk dijadikan jajanan, berikut ini saya sajikan resep puding jambu biji merah:

Puding Jambu Biji Merah
Bahan-bahan:
Jambu biji merah 1 kg
Gula pasir 5 sendok makan (kalau suka manis, maka bisa ditambah lagi sesuai selera)
Vanilli 1 bungkus ukuran kecil
Nutrijel 1 bungkus
Susu kental manis putih 2 sachet
Air secukupnya

Cara Membuat:
Kupas jambu biji merah, cuci, kemudian parut. Tambahkan air. Kemudian peras / saring. Ambil air perasannya saja, buang bijinya.
Tambahkan semua bahan, kemudian dimasak sampai mendidih, aduk terus agar tdak mnggumpal.
Setelah matang, masukan kedalam cetakan
Selamat mencoba!

Jambu biji (Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu batu, jambu siki dan jambu klutuk adalah adalah jenis tanaman tropis, tanaman perdu dengan cabang yang banyak. Tinggi pohon ini rata-rata bisa sekitar 10-12 meter.

Jambu biji merupakan buah yang umum dijumpai di wilayah Asia. Jambu biji memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa manis asam (masam). Buah jambu biji dikenal mengandung banyak vitamin C.

Buah jambu biji mengandung banyak vitamin dan serat, sehingga sangat cocok sekali dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Warna daging jambu biji yang merah mengidikasikan jambu biji kaya akan vitamin A untuk kesehatan mata dan antioksidan. Buah jambu biji sangat cocok sekali dikonsumsi di siang hari karena buahnya yang segar dan mendinginkan badan.

Salah satu kandungan nutrisi yang terdapat pada jambu yang bermanfaat untuk tubuh adalah asam askorbat atau vitamin C. Di dalam jambu biji terdpat 126 miligram vitamin C, lebih dari 90 miligram asam askorbat diperlukan untuk laki laki setiap harinya atau untuk perempuan sekitar 75 miligram. 

Menurut Linus pauling institute. Vitamin C membantu bagian atau menjaga bagian setiap jaringan tubuh anda. Vitamin C sendiri berperan menumbuhkan kolagen (protein perekat yang terdapat dalam tulang dan tulang rawan), yaitu protein yang mendukung sel dan jaringan tubuh anda tetap utuh. Tanpa vitamin C tubuh anda bisa mengalami pecah pembuluh darah, robek kulit, dan gigi.

Jambu biji merah adalah merupakan salah satu jenis jambu yang sangat digemari oleh banyak orang. Rasanya yang lebih manis dan teksturnya yang lebih lembut lebih mudah membuat orang untuk menyukainya.

Saat ini jambu biji sudah menjadi tanaman budidaya yang sudah dibudidayakan dihampir seluruh pelosok dunia, didaerah daerah yang iklimnya tropis atau sub tropis seperti di negara Indonesia dan negara negara lain di Asia dan Amerika.

Kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalam jambu biji merah ini sangat baik untuk tubuh. Jambu biji merah bukan hanya memiliki rasa yang enak dan khas, tetapi juga memiliki kandungan vitamin dan gizi yang sangat baik bagi tubuh.

Agar tubuh tetap terjaga kesehatannya, maka seyogyanya anda banyak mengkonsumsi aneka macam buah buahan agar kebutuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anda bisa terpenuhi semua. Dan salah satu buah buahan yang bisa dimasukkan dalam menu harian anda adalah jambu biji merah. 

Karena jambu biji merah ini mengandung serat, vitamin C, asam folat, antioksidan dan lain sebagainya. Bahkan menurut sebuah penelitian kandungan vitamin C yang ada di dalam jambu biji merah 4 kali lebih besar dari yang ada di dalam buah jeruk.

Kandungan Gizi Jambu Biji Merah - BiriBisi
Berikut ini kandungan gizi jambu biji merah per 100g terdiri dari :

Serat diet 5.4 g 14%
Air 86 gram
Besi 0,26 mg 3%
Crypto-xanthin-ß 0 mcg
Elektrolit
Energi 68 Kcal 3,5%
Folates 49 mcg 12,5%
Fosfor 11 mg 2%
Thiamin 0,067 mg 5,5%
Total Lemak 0,95 g 3%
Vitamin A 624 IU 21%
Vitamin C 228 mg 396%
Vitamin E 0,73 mg 5%
Vitamin K 2.6 mcg 2%
Kalium 417 mg 9%
Kalsium 18 mg 2%
Karbohidrat 14,3 g 11,5%
Kolesterol 0 mg 0%
Lycopene 5204 mcg
Magnesium 22 mg 5,5%
Mangan 0,150 mg 6,5%
Mineral
Natrium 2 mg 0%
Niacin 1,084 mg 7%
Phyto-nutrisi
Protein 2,55 g 5%
Pyridoxine 0,110 mg 8,5%
Riboflavin 0,040 mg 3%
Selenium 0.6 mcg 1%
Seng 0,23 mg 2%
ß-karoten 374 mcg
Tembaga 0,230 mg 2,5%
Asam pantotenat 0.451 mg 9%

Kandungan kalori yang ada dalam jambu biji juga lebih besar dibandingkan dengan jumlah kalori yang terkandung pada buah nanas, jambu biji mengandung 30 kalori lebih banyak per porsinya, mengandung protein 3 kali lipat dan memiliki serat 4 kali lebih besar. Berikut ini kandungan di dalam sebuah jambu biji :

Vitamin A (21% dari nilai harian), yang penting untuk menjaga selaput lendir yang sehat dan kulit.

Folat (20%), bagus untuk wanita hamil untuk mencegah cacat tabung saraf.

Flavonoid termasuk beta karoten (inhibitor kanker).

Lycopene, yang pada jambu biji merah muda telah ditemukan untuk melindungi kulit terhadap sinar UV dan membantu mencegah kanker prostat.

Lutein dan cryptoxanthin, merupakan dua antioksidan.

Kalium, kandungan kalium pada jambu biji ini sama seperti yang terkandung pada buah pisang yang penting untuk denyut jantung serta regulator tekanan darah.

Jumlah zat penting lainnya dalam jumlah yang lebih kecil pada jambu biji, dapat disebutkan :

Asam pantotenat
Niasin
Vitamin B6 (pyridoxine)
Vitamin E dan K
Mineral magnesium
Tembaga
Mangan
Menanamkan dismutase enzim superoksida.

Mengapa buah jambu biji merah sangat baik untuk kesehatan? Berikut ini beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalam jambu biji merah yang membuat jambu biji merah ini sangat pas dan baik untuk dijadikan buah yang masuk dalam daftar menu harian anda untuk menjaga kesehatan tubuh anda:

Antioksidan
Dalam jambu biji merah ini terkandungan antioksidan yang cukup tinggi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dan itu tidak hanya terkandung didalam buahnya saja, namun didalam daunnya juga.

Untuk mengambil mamfaat antioksidan yang ada dalam daun jambu biji merah ini, anda bisa menjadikannya semacam teh yang nantinya bisa anda seduh untuk dijadikan minuman.

Antioksidan sangat penting bagi kesehatan tubuh karena mampu menangkal zat karsenogenik atau yang lebih dikenal dengan istila radikal bebas. 

Jika radikal bebas masuk ke dalam tubuh dengan mudah, maka dapat menyebabkan kerusakan sel yang mampu memicu tumbuhnya berbagai jenis penyakit, seperti kanker, penyakit dipembuluh darah dan penyakit berbahaya lainnya.

Oleh karena itu sangat baik jika anda mau membiasakan diri untuk mengkonsumsi jambu biji merah setiap hari.

Fitonutrein
Buah buahan yang memiliki daging berwarna merah seperti, jambu biji merah, semangka, strawberry, dan buah naga merah pada umumnya mengandung zat yang dinamakan dengan fitonutrein dimana manfaatnya sangat baik bagi kesehatan mata dan untuk memelihara organ prostat.

Vitamin A
Tahukah anda, mengapa buah yang memiliki warna cerah dan segar itu sangat baik untuk anda konsumsi? Jawabannya bukan hanya karena tampilannya saja yang lebih menarik dan menggoda.

Tetapi juga karena buah buahan tersebut memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang lebih banyak dibandingkan dengan buah buahan yang warnanya pucat.

Buah segar dan cerah, seperti jambu biji merah, mangga, semangka, tomat dan lain sebagainya itu mengandung zat karetenoid yang sangat tinggi. Karetenoid adalah vitamin A dan vitamin A ini sangat baik bagi kesehatan tubuh, khususnya mata.

Vitamin A bukan hanya terkenal penggunaannya untuk menjaga kesehatan mata, namun terkenal juga untuk pencegahan penyakit jantung, membuat kulit tetap sehat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menjaga serta merawat sel-sel tubuh.

Vitamin C
Menurut penelitian kandungan vitamin C yang ada di dalam buah jambu biji merah 4 kali lebih banyak dari pada yang ada di dalam buah jeruk. Dengan itu tentu sangat baik jika anda mau mengkonsumsi buah jambu biji merah ini, karena vitamin C ini sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh anda. 

Diantara manfaat vitamin C bagi tubuh adalah untuk menjaga kesehatan gigi, gusi, mulut, menjaga kesehatan pembuluh darah, meningkatkan fungsi otak, membantu menyenbuhkan bekas luka dan membantu tubuh dalam menyerap zat besi.

Selain itu vitamin C juga digunakan untuk membantu meningkatkan kolagen (protein perekat yang terdapat dalam tulang dan tulang rawan), yaitu tempat dimana sel sel baru dibentuk.

Itulah beberapa kandungan gizi dan nutrisi utama yang ada di dalam jambu biji merah yang perlu anda ketahui. Tapi tentu saja masih banyak lagi kandungan lainnya yang juga sangat bermanfaat bagi tubuh yang tidak dipaparkan. Lihat juga Obat Nafas Bau.

Khasiat Dan Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan - BiriBisi
Setelah kita selesai membicarakan tentang kandungan jambu biji merah, maka berikutnya kita akan membicarakan tentang khasiat dan manfaat jambu biji merah bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari jambu biji merah bagi kesehatan tubuh:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol.
Daun jambu biji mempunyai manfaat yang sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol (steroid yg banyak terdapat dalam minyak dan lemak hewan, kuning telur, jaringan saraf, empedu dan batu empedu) dalam tubuh dan juga dapat menurunkan trigliserida (molekul yang terdiri atas gliserol dan tiga molekul asam lemak).

Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi daun jambu biji secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (kolesterol plasma darah yang kaya protein, tetapi miskin lipoprotein yang dapat meningkatkan resiko terserang aterosklerosis; lipoprotein densitas rendah atau LDL) dalam darah dan trigliserida dalam waktu 4 sampai 12 minggu.

Caranya cukup mudah, sebagai berikut: Daun jambu biji sebanyak 7 lembar, Daun ceremai 2 lembar, Daun sirih 10 lembar. Semuanya direbus jadi satu dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Untuk diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.




2. Obat Demam Berdarah.
Daun jambu biji juga sangat ampuh menyembuhkan demam berdarah, sebab di dalam daun jambu biji terdapat dan terkandung enzim Quercetin yang berguna untuk menghambat proses pembentukan enzim mRNA sehingga dapat membunuh virus demam berdarah yang masuk dalam tubuh.

Caranya sebagai berikut: Daun jambu biji sebanyak 5 lembar, direbus dengan air sebanyak 2 gelas hingga mendidih. Untuk diminum setiap 4 jam sekali sampai sembuh.

3. Obat Diare.
Daun jambu biji sudah sangat dikenal baik oleh masyarakat Indonesia untuk mengatasi diare (penyakit dengan gejala berak berak; menceret; diare persisten, diare yg ditandai oleh tinja bersifat cair, berlendir, dan berdarah), karena ekstrak daun jambu biji ini dapat membunuh bakteri Staphylococcus aureus yang meruapakan bakteri penyebab utama diare dan dapat membuat perut lega setelah mengkonsumsinya.

Caranya sebagai berikut: Daun jambu  biji sebenyak 30 gram, Beras satu gemgam. Keduanya direbus jadi satu dengan air sebanyak 2 gelas. Untuk diminum 2 kali sehari.



Sebagian orang ada yang memakan langsung 3 lembar daun jambu biji yang masih muda dengan sedikit garam, dengan cara dikunyah kunyah dulu dalam mulut sampai halus, setelah itu langsung ditelan. Lakukan ini 2 kali sehari.

4. Obat Sariawan.
Selain buahnya yang banyak mengandung vitamin C ternyata daunnya juga mempunyai hal yang sama. Ini yang menyebabkan daun jambu biji bisa digunakan untuk mengobati sakit sariawan.

Caranya cukup mudah, sebagai berikut: Daun jambu biji 1 genggam, Kulit pohon jambu biji 1 jari. Kedua bahan direbus jadi satu dengan air sebanyak 1 liter hingga tinggal separuhnya, saring, ambil airnya, dan dinginkan. Untuk diminum 2 kali sehari.

5. Obat Luka.
Salah satu kandungan yang terdapat di dalam jambu biji ini adalah astringent (zat yg menyebabkan pengerutan jaringan sehingga dapat mengurangi sekresi (dipakai sbg obat luar untuk merawat kulit)) yang dapat menghentikan pendarahan saat luka. 

Caranya, cukup dengan mengunyah 3 lembar daun jambu biji dan tempelkan langsung kebagian kulit yang terluka.

6. Obat Ambeien (wasir).
Daun jambu biji juga sangat ampuh untuk mengatasi penyakit ambeien (wasir).

Caranya cukup mudah, sebagai berikut: Daun jambu biji beberapa lembar, Pisang batu 1-2 buah (gedang kelutuk = bahasa jawa). Kedua bahan ditumbuk sampai mengeluarkan air, peras dan dan ambil air perasannya. Minum setiap hari.



7. Obat Beser (sering buang air kecil).
Salah satu khasiat dari jambu biji adalah menghentikan beser (sering buang air kecil) yang berlebihan.

Caranya, cukup dengan memakan langsung daun jambu biji muda sebanyak 3 lembar, ditambah sedikit garam dan sedikit merica (lada). Lakukan ini sebanyak 2 kali sehari.





8. Obat Sakit Kulit.
Daun jambu biji juga bisa digunakan untuk mengobati sakit kulit. Caranya, cukup dengan melumatkan segenggam daun jambu biji, ditambah 7 kuntum bunga jambu biji, lalu tempelkan pada kulit yang sakit.

9. Obat Perut Kembung.
Jambu biji juga sangat efektif untuk mengobati perut kembung, yaitu perut yang membesar (mengeras) karena berisi gas hasil fermentasi yg tidak dapat dikeluarkan melalui mulut.

Caranya cukup mudah, sebagai berikut: Daun jambu biji sebanyak 3 lembar, Kulit pohon pulasari ½ jari, Adas 5 butir. Semuanya direbus dengan air sebanyak 3 gelas sampai tersisa 1 gelas. Untuk diminum habis.




10. Anti Kanker.
Salah satu manfaat dari buah jambu biji merah adalah untuk mencegah kanker. Hal ini dikarenakan buah jambu biji merah mengandung kalori dan lemak yang rendah. 

Selain itu buah jambu merah ini memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan dalam buah jambu biji merah juga efektif untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, jika anda mengkonsumsinya secara rutin.

Pencegahan kanker, anti penuaan , dan peningkatan daya tahan tubuh efektif terjadi, karena buah jambu biji rendah kalori dan lemak, tetapi mengandung vitamin penting, mineral , dan senyawa fenolik antioksidan poli dan flavonoid.

11. Pencernaan Lancar.
Selain antioksidan kandungan lainnya yang ada di dalam buah jambu biji merah adalah serat diet (larut) yang cukup tinggi, yaitu sebanyak 5,4 gram atau 14% dalam setiap buahnya.

Serat inilah yang mampu melancarkan pencernaan dan menghindarkan terjadinya penumpukan kotoran di dalam usus. Serat ini juga berfungsi dalam melindungi membran usus dari ikatan zat kimia berbahaya yang terdapat dalam makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Zat kimia itulah yang disinyalir menjadi penyebab terjadinya penyakit kanker.

12. Menjaga Syaraf Dan Otak.
Dengan mengkonsumsi buah jambu biji merah secara rutin berarti anda juga sedang berusaha menjaga fungsi syaraf dan otak, karena buah jambu biji merah itu mengandung vitamin B3 dan vitamin b6 yang mampu merangsang kinerja otak. 

Vitamin B6 atau yang juga dikenal dengan istilah pyridoxine ini juga berfungsi sebagai pelancar aliran darah dan dapat memberikan asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh otak dan syaraf.

13. Anti Radikal Bebas.
Radikal bebas adalah molekul reaktif dengan satu atau beberapa elektron tidak berpasangan yang dapat merusak membran atau selaput sel, DNA, lemak, dan protein.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kandungan vitamin C dalam buah jambu biji merah ini sangat tinggi dan bisa dijadikan sebagai antioksidan alami dalam tubuh. Antioksidan ini mampu menangkal radikal bebas dengan sangat efektif.

Radikal bebas yang berkembang saat ini dari lingkungan sangatlah mengkhawatirkan misalnya saja dari berbagai jenis polusi, seperti asap rokok, asap kendaraan, sinar UV berlebihan dan masih banyak lagi lainnya.

14. Tekanan Darah.
Kandungan senyawa elektrolit yang bernama kalium di dalam buah jambu biji merah itu sangat baik bagi tubuh. Kalium mampu membantu dalam mengendalikan tekanan darah akibat dari adanya reaksi natrium. Jadi jika anda merasa memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi, maka anda sangat disarankan untuk mengonsumsi buah buahan yang mengandung kalium tinggi yang salah satunya adalah buah jambu biji merah.

Buah lainnya yang mengandung kalium cukup tinggi adalah buah pisang, dengan kadar kalium yang setara dengan kalium yang ada di dalam buah jambu biji merah. Penyakit hipertensi tidak boleh disepelekan, karena penyakit itu adalah penyakit yang membunuh secara perlahan dan tidak menampakkan gejala secara signifikan.

15. Menyehatkan Kelenjar Tiroid.
Kelenjar tiroid (kelenjar gondok) merupakan kelenjar yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. jika fungsi dari kelenjar ini terganggu, maka akan membuat kesehatan tubuh menjadi terganggu. Untuk membantu menyehatkan kelenjar tiroid, anda bisa mengkonsumsi buah jambu biji merah, karena di dalamnya terkandung mineral tembaga yang sangat baik untuk kesehatan kelenjar tiroid.

16. Membantu Menyerap Nutrisi.
Mangan adalah salah satu senyawa yang ada di dalam buah jambu biji merah. Mangan ini memiliki fungsi mulia yaitu sebagai pembantu dalam penyerapan nutrisi saat makanan berada di dalam usus. Dan optimal atau tidaknya kesehatan tubuh itu bergantung kepada seberapa maksimalnya nutrisi dapat diserap oleh tubuh.

17. Relaksasi Tubuh.
Jika anda sedang merasa penat akibat pekerjaan dan kesibukan anda sehari hari, maka cobalah untuk membuat jus buah jambu biji merah tanpa gula, lalu istirahatkan tubuh anda dengan cara rebahan atau duduk santai.

Tindakan ini bisa mempercepat hilangnya rasa capai dan bisa membuat gairah dan semangat kerja anda akan terbentuk kembali, karena buah jambu biji merah ini mengandung magnesium yang mampu membuat efek rileks pada tubuh.

Magnesium mampu mengendurkan otot dan syaraf yang tegang karena kurang istirahat dan stress. Ditambah lagi didalam buah jambu biji merah itu terkandung vitamin B6 yang memiliki fungsi sebagai perileks syaraf.

18. Baik Untuk Ibu Hamil.
Karena terdapatnya vitamin dan nutrisi lainnya di dalam buah jambu biji merah, maka hal itu membuat buah jambu biji merah ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil.

Vitamin dan nutrisi yang ada di dalam buah jambu biji merah mampu melindungi janin dan juga menjaga kesehatan ibu hamil. Bagi para ibu yang sedang hamil, jangan sampai lupa untuk menambahkan buah jambu biji merah ke dalam daftar menu hariannya. 

Karena buah jambu biji merah mampu mencegah anemia dan bisa melengkapi kebutuhan gizi yang diperlukan untuk kesehatan ibu dan janin. Selain itu dengan kerajinannya mengkonsumsi buah jambu biji merah pada saat hamil akan mengurangi resiko terjadinya penyakit diabetes yang mungkin terjadi saat masa kehamilan, sehingga meskipun hamil, tetapi tubuhnya akan tetap sehat dan bugar.

Khasiat Dan Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kecantikan - BiriBisi
Selain untuk kesehatan, buah jambu biji merah ternyata juga sangat baik untuk menjaga kecantikan. Apa saja manfaatnya bagi kecantikan? Silahkan anda simak selengkapnya berikut ini:

19. Merawat Kulit Wajah.
Kandungan vitamin yang ada di dalam buah jambu biji merah ini sangat baik untuk merawat kulit wajah. Anda bisa mengambil manfaatnya dengan menjadikannya sebagai masker wajah.

Cara membuatnya pun sangat mudah, anda hanya harus menghaluskan buah jambu biji merah yang sudah matang, bisa dengan cara ditumbuk biasa atau dengan menggunakan blender. 

Setelah itu campurkan denga putih telur, supaya khasiatnya lebih maksimal dan supaya adonan masker menjadi lengket, sehingga mudah menempel di wajah. Setelah itu oleskan masker pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. 

Masker ini akan menghilangkan sel-sel kulit mati, sehingga kulit wajah akan menjadi lebih cerah dan berseri kembali. Setelah itu anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih, dingin atau hangat.

20. Melindungi Kulit Dari Sinar UV.
Tahukah anda bahwa buah jambu biji merah mengandung zat likopen (lycopene) yang 2 kali lebih banyak dibandingkan dengan yang ada di dalam buah tomat.

Likopen adalah antioksidan alami yang fungsinya melindungi kulit dari sinar UV dari sinar matahari pada siang hari, sehingga kulit akan lebih terlindungi dan lebih sehat. Dengan mengkonsumsi jambu biji merah ini anda akan mendapatkan kulit yang lebih cerah dan berseri.

21. Mencegah Penuaan Dini.
Berbagai macam jenis vitamin dan antioksidan yang ada di dalam buah jambu biji merah sangat bagus untuk kesehatan, terutama kesehatan kulit.

Karena kandungan tersebut mampu menghalau datangnya tanda tanda penuaan dini seperti garis garis halus, keriput dan tanda tanda penuaan dini lainnya. Selain itu radikal bebas dan racun yang masuk ke dalam kulit juga akan menghilang dengan lebih optimal.

22. Penyegar Kulit Alami.
Masih berhubungan dengan kandungan vitamin dan mineralnya yang cukup tinggi. Jambu merah ini dapat digunakan sebagai penyegar (toner) kulit secara alami yang bisa menjaga elastisitas kulit, sehingga akan terhindar dari berbagai permasalahan kulit, seperti kulit kering, stretch mark, keriput, garis halus dan masih banyak lagi yang lainnya.

Anda bisa menggunakan buah jambu biji merah sebagai ramuan herbal untuk kulit anda. Caranya adalah dengan membuat rebusan jambu biji merah dan menggunakannya untuk mencuci wajah. Lakukan hal ini secara rutin agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

23. Mengatasi Masalah Kulit.
Vitamin C yang terkandung di dalam jambu biji merah mampu meregenerasi kolagen (protein perekat yang terdapat dalam tulang dan tulang rawan), zat yang ada di dalam kulit yang menegaskan kulit.

Karena kolagennya sehat dan terawat, maka berbagai masalah kulit pun bisa menjadi hilang dengan memanfaatkan buah jambu biji merah ini.

jadi jika anda memiliki berbagai permasalahan dengan kulit anda, seperti flek hitam, jerawat, keriput, garis halus dan lainnya, maka jangan sungkan untuk mengkonsumsi buah jambu biji merah yang nikmat dan menyegarkan ini.

24. Memperindah Rambut.
Jambu biji merah juga baik untuk kesehatan rambut, karena mengandung berbagai macam jenis vitamin, seperti vitamin C, vitamin A, dan Vitamin B kompleks. Kandungan senyawa lainnya yang ada di dalam buah jambu biji merah seperti mangan, magnesium, kalium, serat, flavonoid dan lainnya juga sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut.

Jadi jika anda sedang mengalami berbagai permasalahan pada rambut, seperti rambut rontok, ketombe, rambut bercabang dan lainnya, maka tidak usah bingung, cukup buang rasa sungkan anda untuk mengkonsumsi buah jambu biji merah ini.

Itulah berbagai khasiat dan manfaat dari buah jambu biji merah yang bisa anda dapatkan sepenuhnya, baik untuk kesehatan anda ataupun kecantikan anda.

Apabila anda tidak mempunyai pohon buah jambu biji merah sendiri, maka anda bisa mendapatkannya di pasar pasar tradisional ataupun pasar swalayan modern.

Karena saat ini buah jambu biji merah sudah banyak dijual dipasaran. Anda juga bisa mengolah buah jambu biji merah ini sebagai jajanan sesuai dengan selera anda masing masing, seperti dijadikan jus buah, dijadikan salad buah, wedang setup (buah jambu yang direbus dan dicampur dengan rempah rempah), dan masih banyak lagi. Baca juga Khasiat Dan Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Dan Kecantikan.

Bahkan jika anda bisa memasarkan hasil dari aneka olahan buah jambu biji merah ini, maka anda akan mendapatkan nilai lebih dari hasil jerih payah anda. Silahkan anda coba!

Demikianlah penjelasan mengenai khasiat dan manfaat jambu biji merah bagi kesehatan dan kecantikan yang bisa saya sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat. Amin!

Referensi:
Dari berbagai sumber

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: