IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi
Page Hits Counter

Minggu, 05 Februari 2017

Cara Membuat Baca selengkapnya



Seorang blogger, tanpa kecuali, sudah barang tentu sangat menginginkan penampilan blognya terlihat rapih dari atas sampai bawah, karena blog baginya bisa di ibaratkan sebagi rumah tempat tinggalnya. Dan layaknya rumah tempat tinggal yang akan terasa nyaman untuk di tinggali apabila tampilan rumah tersebut indah, rapih, dan bersih, maka blogpun demikian.


Blog yang penampilannya masih awut-awutan juga akan membuat kita merasa tidak nyaman berada di dalamnya dan akan membuat kita merasa malu apabila di lihat oleh orang lain. Dan kalau keadaan semacam itu dibiarkan saja, maka sampai kapan kita akan siap menerima pengunjung?
Lihat Cara Memasang Menubar.

Bagi para bloger profesional membuat blog yang indah dan seo itu tidak sulit dan tidak memakan waktu yang lama, mungkin hanya dalam waktu beberapa jam saja blog yang mereka buat dari nol sudah bisa terlihat rapih dan seo friendly, karena mereka sudah sangat mahir dengan urusan ngeblog. Mereka sudah menguasai ilmunya, sehingga bagi mereka memulai dari mana pun sama saja dan tidak jadi masalah, mau memulai dari ataskah, mau memulai dari tengahkah, atau mau memulai dari bawahkah?!


Sedangkan bagi para bloger pemula merapihkan blog itu bukan pekerjaan yang mudah, pekerjaan itu tentu akan memakan banyak waktu dan banyak fikiran, bisa satu minggu, bisa satu bulan, bahkan bisa berbulan-bulan. 


Alasannya sederhana saja, yaitu karena mereka belum tahu ilmunya dan tidak tahu dari mana dulu mereka harus memulai, dari bagian atas (header) belum tahu ilmunya, dari bagian tengah belum tahu caranya, dan dari bagian bawah juga belum tahu ilmunya.




Penampilan artikel memanjang


Setelah kita selesai membuat blog  maka biasanya yang akan di kejar oleh kita adalah bisa segera menulis artikel dan mempostingnya, namun setelah kita berhasil membuat beberapa artikel, sebuah problim baru akan muncul, yaitu problim tampilan artikel yang memanjang ke bawah.


Hal ini merupakan problim serius bagi para blogger pemula. Coba kita bayangkan, jika kita telah membuat tiga artikel saja, maka untuk mencapai artikel pertama yang telah kita buat, yang tentunya saat itu sudah berada di urutan paling bawah, kita harus menscrollnya jauh ke bawah, sudah gitu terlihat tidak profesional lagi, kelihatan masih pemulanya.


Sementara kalau kita lihat halaman blognya para bloger profesional deretan artikelnya tertata rapih sedemikian rupa dan walaupun artikelnya sudah banyak, tetapi bisa ditampilkan dalam sebuah halaman yang pendek. Sehingga untuk mencapai artikel terbawah pun tidak perlu menscrollnya jauh-jauh ke bawah, beda sekali dengan blog kita yang kesannya memanjang ke bawah tak berujung.


Saat saya pertama kali mengenal blog pun masalah ini menjadi masalah utama yang menimpa diri saya dan tidak bisa saya atasi secepatnya. Itu terjadi karena ketidak mengertian dan ketiadaan ilmu saya saja, padahal sebetulnya untuk mengatasi hal itu tidak sulit dan tidak memakan waktu yang banyak, cukup beberapa detik saja sudah bisa teratasi. Maklum, namanya juga pemula, apalagi tanpa bimbingan sama sekali. He he he!


Dulu, saat pertama kali saya bisa membuat blog saya sempat bercerita kepada salah seorang teman saya. Kemudian teman saya menanyakan alamatnya, lalu dia bilang "Artikelnya memanjang ke bawah tidak?"

"Lihat sendiri saja" jawab saya kepadanya santai.

Dia kaget, ternyata artikel-artikel yang telah saya posting tersebut tidak  tampil memanjang ke bawah seperti artikel-artikel di dalam blognya, apalagi dia lebih dulu mengenal blog dari pada saya. Dia sendiri tidak mau memperlihatkan blognya pada saya, karena merasa malu atas penampilan artikelnya yang masih memanjang ke bawah.


Merapihkan bagian header


Sebetulnya untuk merapihkan blog itu tidak sulit di lakukan, walau oleh seorang pemula sekali pun. Kuncinya yang penting kita mau terus belajar dan tidak takut mencoba menerapkan apa yang telah di ketahui. Tidak usah buru-buru step by step saja, seperti sekarang ini, lakukan saja dulu untuk memperpendek tampilan artikel agar tidak memanjang ke bawah.


Kemudian rapihkan bagian header dari blog kita. Di situ kita bisa mulai dari judul blognya dulu, usahakan agar judul blog kita berpenampilan menarik. Bisa dengan cara menyembunyikan judul berikut deskripsinya dan menggantinya dengan logo, atau memperbesar ukuran judulnya. Baca Solusi Memperbesar Ukuran Font Judul Blog.


Menetapkan tata letak template


Berikutnya mantapkan keinginan anda untuk memilih tampilan template blog anda, mau tampilan template dengan tanpa sidebar, atau dengan satu sidebar sebelah kanan saja, dengan sidebar kiri saja, atau dengan sidebar kiri kanan sekaligus. Ini perlu di tentukan terlebih dulu sebelum melakukan langkah-langkah berikutnya. Tujuannya agar kita bisa menata dengan rapih widget-widget yang nantinya akan di terapkan di blog kita. Baca Cara Membuat Halaman Tanpa Sidebar.


Merapihkan bagian footer


Langkah berikutnya adalah merapihkan bagian footer, di bagian ini banyak PR yang harus di kerjakan, seperti membersihkan tulisan beranda, tulisan langganan entri atom, dan tulisan posting lama. Keberadaan tulisan-tulisan tersebut menurut saya membuat penampilan footer blog tidak sadap untuk di pandang, padahal nantinya di situ akan di tempatkan juga beberapa widget. Lihat Cara Menghilangkan Tulisan Beranda.


Di samping itu masih ada sesuatu yang perlu di bersihkan atau di hilangkan dari blog kita, yaitu gambar obeng dan tang. Kedua gambar ini akan selalu ada pada blog apabila kita memasang widget, jumlahnya pun bisa cukup banyak, tergantung pada jumlah widget yang kita pasang. 


Ikon obeng dan tang atau quick edit ini sebetulnya bermafaat untuk mempercepat proses pengeditan widget yang kita pasang, dan tidak mempengaruhi seo sama sekali. Jadi anda boleh membuangnya dan boleh membiarkannya, jika keberadaannya tidak anda anggap mengganggu pemandangan. Dan jika anda ingin menghilangkannya, maka lihat Cara Menghilangkan Gambar Obeng.


Membuat Baca selengkapnya atau read more




Baiklah kita kembali ke pokok pembahasan dalam artikel ini, yaitu tentang cara membuat tulisan Baca selengkapnya >> atau Read more >> agar artikel yang telah kita posting tidak tampil memanjang ke bawah seperti sekarang ini. Artikel yang di tampilkan secara penuh itu kan akan mengakibatkan tampilan halaman beranda blog menjadi tidak menarik, tidak profesional, dan bikin malu si empunya blog. Betulkan? Jadi harus segera di pendekkan!

Sebetulnya untuk membuat tulisan Baca selengkapnya itu tidak sulit dan tidak membutuhkan waktu yang lama, karena pasilitas untuk membuatnya tersedia dalam satu tempat di editor artikel blogger. Berikut ini langkah langkahnya:


√Pertama. Masuk ke dashbord blog


√Kedua. Pilih menu "Pos", lalu klik "Edit" pada artikel yang akan di ringkas


√Ketiga. Tempatkan kursor pada akhir tulisan yang akan di tampilkan


√Keempat. Klik ikon pembuat tulisan Baca selengkapnya atau Read more yang berada di bagian navbar. Lihat gambar berikut:




√Kelima. Hasilnya nanti akan seperti gambar di bawah ini:



Keterangan:

Garis tebal yang ada di antara tulisan (text) dalam halaman artikel itu adalah garis pembatas antara tulisan yang akan di tampilkan dan tulisan yang akan di sembunyikan. Anda bisa nengaturnya sesuai dengan apa yang anda inginkan.


Selamat mencoba!


Demikianlah panduan dan tutorial cara membuat Baca selengkapnya >> atau Read more >> yang bisa saya sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat. Amin!


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: