IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi

Sabtu, 25 Februari 2017

Darah Tinggi Atau Hipertensi Dan Obatnya



Tekanan darah tinggi atau hipertensi bukanlah suatu penyakit yang sebenarnya, melainkan hanya suatu gejala (sympton) dari suatu penyakit yang sebenarnya.
Tekanan darah tinggi dapat timbul dari penyakit jantung, ginjal, arterio sclerosis, dan mungkin juga saat hamil. Penyakit yang disertai tekanan darah tinggi itu sering sekali ditemukan pada orang-orang yang tubuhnya gemuk dan tambun. Baca juga Obat Pelangsing Tubuh.

Menjaga dan membatasi asupan garam merupakan salah satu langkah penting untuk mencegah dan mengatasi tekanan darah tinggi. Namun ini bukanlah satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk menjaga tekanan darah tetap sehat.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah merupakan salah satu penyakit yang muncul secara diam-diam. Sulit untuk mengetahui seseorang terkena hipertensi, tanpa mengukur tekanan darahnya.

Memang pada kenyataannya garam atau sodium memiliki peran penting dalam peningkatan tekanan darah, tetapi untuk menjaga tekanan darah pada kisaran normal, ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan juga selain mengurangi asupan garam.

Dalam keadaan normal, tekanan darah pada orang dewasa adalah 120/80. Artinya pada saat jantung berkerut, tekanannya 120 mm Hg dan pada saat jantung melemas, tekanannya 80 mm Hg. Jadi kalau tekanan darah seseorang melebihi dari ukuran itu, maka berarti dia menderita tekanan darah tinggi atau bloedruk.

Untuk bisa lebih mewaspadai bahaya dari tekanan darah yang melebihi kisaran normal, maka tekanan darah bisa dikelompokkan menjadi 3 kelompok. Pengkategoriannya adalah sebagai berikut:

√1. Prahipertensi. Tekanan darah yang masuk dalam kategori ini adalah Tekanan darah yang berkisar antara 120-139 untuk angka sistoliknya dan 80-89 untuk tekanan diastoliknya.
√2. Hipertensi tahap pertama. Tekanan darah yang masuk dalam kategori ini adalah Jika tekanan sistoliknya berada dikisaran 140-159 dan tekanan diastoliknya berada dikisaran 90-99.
√3. Hipertensi tahap kedua. Tekanan darah yang masuk dalam kategori ini adalah tekanan darah yang pada saat tekanan sistoliknya mencapai 160 atau lebih tinggi dan tekanan diastoliknya mencapai 100 atau lebih tinggi.

Gejala dan pengobatannya

Selalu sakit kepala, sukar tidur, pelupa atau sulit memusatkan pikiran, dan menjadi pemarah. Berbahaya atau tidaknya tekanan darah tinggi itu tergantung pada seberapa tinggi tekanannya. Yang jelas, semakin tinggi tekanannya, maka semakin tinggi juga bahayanya. Dan untuk mengetahui tekanan darah itu diperlukan alat pengukur tekanan darah.

Hal utama yang perlu diperhatikan untuk menurunkan dan menyembuhkan penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi yang anda derita adalah mengobati penyakit sebenarnya yang menyebabkan tekanan darah anda menjadi naik seperti yang telah saya sebutkan diatas, sehingga anda akan benar benar terbebas dari penyakit darah tinggi ini. Mengenai penyakit apa yang membuat tekanan darah anda menjadi naik itu, tentu anda yang lebih tahu. Tetapi jika anda tidak atau belum mengetahuinya, maka untuk mengetahuinya sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter. Lihat juga Obat Bersih Darah.

Berikut ini beberapa resep yang bisa membantu untuk mengurangi tekanan darah tinggi yang bisa anda pilih dan anda pergunakan:

√1. Bawang putih 2 butir, dipipis halus, diseduh dengan air panas ½ cangkir. Minum 2 kali sehari.



√2. Mentimun 2 buah, dikupas, diparut, dan diperas airnya. Minum 2 kali sehari.



√3. Daun murbei 20 helai, Adas 1 sendok teh, Pulasari 1 sendok teh. Semua direbus dengan air sebanyak 4 gelas hingga tersisa separuhnya, kemudian disaring dan dimaniskan dengan gula aren. Minum 2 kali sehari.








√4. Babakan pule 1 bagian, Buah ketapang 2 bagian, Daun meniran 4 bagian, Daun pegagan 2 bagian, Kumis kucing 2 bagian. Semuanya dimasak dengan air secukupnya. Boleh diminum banyak-banyak sebagai pengganti wedang teh.











Diet dan pola makan sehari hari


  • Kurangi minum kopi, coklat, atau teh, karena minuman-minuman itu bersifat stimulants.
  • Tidur yang cukup, berhati sabar atau menjauhi marah marah, karena dapat memperhebat tekanan darah.
  • Mengurangi makan garam atau yang terlalu asin
  • Mengurangi makanan berlemak
  • Menghentikan minum arak, bir, dan anggur.
  • Makanlah buah belimbing yang telah matang 2 sampai 3 buah setiap hari.


Tekanan darah pada kisaran normal bergantung pada pola makan sehat secara keseluruhan. Namun perlu diketahui bahwa tidak ada satu makananpun yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara cepat atau seketika.

Pola makan yang terbaik untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah pola makan yang bisa menghentikan tekanan darah tinggi. Ada empat prinsip utama dalam pola makan tersebut, yaitu:


  • Meningkatkan asupan nutrisi dari biji bijian utuh, ikan, unggas, dan kacang kacangan.
  • Memperbanyak konsumsi buah, sayur, dan produk susu rendah lemak.
  • Mengurangi garam, makanan dan minuman manis, serta daging merah.
  • Mengurangi makanan yang tinggi lemak jenuh, kolesterol, dan lemak trans.

Kafein meski pengaruhnya terhadap tekanan darah masih diperdebatkan, namun sebaiknya dijauhi, sebab ada kemungkinan zat ini dapat meningkatkan tekanan darah. Untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh kafein terhadap tekanan darah, anda bisa mencek tekanan darah anda sebelum dan sekitar 30 menit setelah meminum kopi atau minuman yang berkafein lainnya. Jika tekanan darah anda naik hingga 10 poin, maka berarti anda memiliki sensitivitas terhadap kafein. Selain kopi dan minuman berkafein lainnya, penderita tekanan darah tinggi jiga dianjurka untuk mengurangi coklat atau teh, karena minuman-minuman itu bersifat stimulants.

Mengkonsumsi minuman keras, seperti arak, bir, dan anggur juga harus benar-benar ditinggalkan, sebab walau ada yang mengatakan jika minuman itu dikonsumsi dalam jumlah sedikit hingga sedang tidak mempengaruhi tekanan darah, tetapi yang jelas minuman tersebut bisa menyebabkan masalah tekanan darah tinggi yang bersifat permanen, karena minuman tersebut berpotensi bertentangan dengan obat antihipertensi, sehingga bisa mengurangi keefektifannya. Mengkonsumsi minuman keras juga dapat meningkatkan berat badan seseorang, padahal kelebihan berat badan itu merupakan salah satu pemicu utama hipertensi.

Satu langkah yang baik lainnya jika anda memiliki kecenderungan tekanan darah tinggi adalah memonitor tekanan darah anda secara teratur. Cobalah untuk menggunakan alat pengukur tekanan darah yang dapat dilakukan di rumah secara teratur. Konsultasikan hal tersebut pada sesi kunjungan rutin ke dokter jika anda melihat ada perubahan pada hasilnya. Baca juga Cacing Kremi Dan Pengobatannya.

Demikianlah pembahasan mengenai tekanan darah tinggi atau hipertensi yang bisa saya sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat. Amin!

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: