IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi
Page Hits Counter

Senin, 02 Januari 2017

Rematik, Sebab Dan Pengobatannya



Daftar Isi Halaman



  • Definisi Rematik
  • Gejala dan ciri-ciri rematik
  • Sebab-sebab rematik
  • Pengobatan rematik
  • Pantangan

Definisi rematik


Rematik (Encok) yang sering disebut dengan rheumatismos, rheumatism, dan reumatik ini secara sederhana bisa di definisikan sebagai kondisi kerusakan pada persendian akibat tersendatnya proses perbaikan yang dilakukan secara terus-menerus oleh sistem dalam tubuh pada persendian tersebut. Baca juga Obat Batuk Tusis Dan Batuk Rejan.

Sehingga mengakibatkan bertumpuknya cairan yang dianggap jahat (mukus) yang mengalir dari otak ke persendian tersebut dan struktur lain dalam tubuh. Karenanya, para ahli kedokteran memasukkan penyakit ini dalam kelompok penyakit pada persendian atau reumatologi.

Dalam istilah kedokteran ini pula, rematik lebih sering disebut dengan keadaan yang selalu disertai rasa ngilu, nyeri dan kaku pada sistem tulang dan otot (muskuloskeletal) dan terjadinya penyakit pada jaringan ikat (connective tissue). Bisa juga dikatakan sebagai penyakti yang menyerang sendi, otot dan jaringan tubuh lain.

Penyakit rematik atau yang dalam bahasa medisnya disebut rheumatoid arthritis (RA) adalah penyakit yang menimbulkan rasa ngilu dan nyeri akibat otot atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan. 


Gejala Atau Ciri-ciri Rematik


Penyakit rematik atau rheumatoid arthritis (RA) ini mengakibatkan sendi-sendi yang terserang akan mengalami peradangan dan menimbulkan gejala sebagai berikut:

Persendian menjadi bengkak karena cairan yang tidak bisa terbuang dan menumpuk di dalamnya
Perendian terasa kaku, terutama pada pagi hari atau setelah lama tidak digerakkan
Perendian yang terserang terasa ngilu dan nyeri akibat peradangan yang aktif. Lihat juga Obat Sakit Kepala.

Penyaki rematik yang terus berkembang bisa menyebabkan kerusakan dan perubahan bentuk permanen pada persendian. Akibatnya pergerakan sendi mulai terbatas dan fungsi sendi bisa hilang sepenuhnya.





Selain pada sendi, penyakit rematik ini juga bisa menyebabkan gejala-gejala lain, seperti kelelahan, demam, nyeri otot dan nafsu makan yang berkurang.

Dan rheumatoid arthritis ini juga bisa berkembang di luar persendian tubuh dan menyerang organ lain seperti mata, kulit, ginjal dan jantung. (Jika perut anda mules-mules, baca ini).

Sebab-Sebab Rematik

Penyakit rematik atau rheumatoid arthritis disebabkan oleh berbagai macam hal. Diantaranya, darah kurang sehat atau darah kotor, darah asam atau kencing asam, dan lain-lain. 


Dan penderita penyakit rematik ini sekitar 90% adalah orang yang berusia di atas 60 tahun. Jika usia kita telah melewati 50 tahun, sebaiknya jangan terlalu banyak melakukan aktivitas yang membebani anggota badan. Dan bagi penderita rematik yang berbadan gemuk sebaiknya segera menurunkan berat badannya agar beban lutut tidak terlalu berat.


Pengobatan Rematik

Pengobatan penyakit rematik ini harus dilakukan luar dan dalam, yaitu dengan menggunakan obat gosok atau param sebagai obat luarnya dan menggunakan obat minum atau ramuan jamu sebagai obat dalamnya.


Berikut ini resep-resep obat luar yang bisa di pilih:



  • 1. Parutan jahe 2 sendok makan, spirtus 3 sendok makan. Keduanya dicapur, untuk menggosok bagian yang sakit, 3 kali sehari.








  • 2. Daun kecubung wulung (hitam) 5 helai, dipipis halus dengan air secukupnya dan sedikit garam. Untuk menggosok atau mengurut bagian yang sakit.




  • 3. Air jeruk nipis 1 sendok makan, Mnyak jarak 1 sendok makan. Dicampur jadi satu. Untuk mengurut bagian yang sakit, dipakai secukupnya.







  • 4. Daun kecubung wulung 4 helai, Daun kemangi 20 helai. Keduanya digiling halus, dicampur minyak kayu putih 1 sendok teh. Untuk mengurut bagian yang sakit dan dibalurkan sebagai paramnya.






Dan berikut ini resep-resep obat rematik untuk bagian dalam tubuh atau ramuan jamu untuk di minum yang bisa di pilih:



  • 5. Daun kumis kucing 1 genggam direbus dengan air sebanyak 4 gelas hingga tinggal setengahnya. Minum 1 gelas, 2 kali sehari.






  • 6. Kulit mayosi bubuk 6 gram, Kulit sintok bubuk 4 gram, Jahe kering 6 gram, Daun kiurat segar 20 gram, Daun saga manis segar 15 gram. Semuanya direbus dengan air 3 gelas hingga mendidih. Untuk diminum 1 hari.















Note:

Kalau rheumatik atau encok membengkak, supaya dikompres dengan dengan handuk yang dicelup air panas dengan ditetesi minyak gandapura secukupnya.



Berusahalah supaya bisa keluar keringat, misalnya dengan melakukan gerak badan atau olah raga ringan.

Pantangan


Agar penyakitnya tidak menjadi parah dan bisa cepat sembuh, maka penderita penyakit rematik sangat di anjurkan untuk menghindari makanan dan minuman beralkohol, kopi, daging merah, daging sapi, daging kambing, daging bebek, jeroan dan eberapa jenis ikan seperti ikan tuna, makarel, dan ikan sarden.(Kalau anda masuk angin, nih obatnya).




Makanan seafood seperti kepiting dan udang juga dianjurkan agar dihindari, begitu juga makanan yang manis dan makanan ringan dengan kadar gula fruktosa tinggi didalamnya, juga makananan dengan kandungan ragi didalamnya, seperti roti dan tapai atau peuyeum. 


Pendek kata penderirita penyakit rematik itu harus merubah pola makan dan menu makanan sehari-harinya, karena sudah terbukti bahwa pola makan dan menu makanan sehari-harinya selama ini telah mengakibatkan penyakit ini. Jangan ketinggalan baca juga Obat Kencing Manis.


Comments
0 Comments