IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi

Kamis, 19 Januari 2017

Cara Merubah Warna Teks



Seringkali kita tertimpa perasaan bosan melihat penampilan blog kita.

Blog yang pada awalnya kita klaim sebagai salah satu blog yang berpenampilan paling menarik di dunia. Maunya. He he he! Tetapi kini kita anggap penampilannya begitu membosankan.

Apabila anda mengalami gejala macam itu dalam diri anda, maka itu wajar-wajar saja, normal-normal saja, dan sangat manusiawi. Tetapi sebaiknya jangan anda biarkan kejadian itu menimpa diri anda sampai berlarut-larut. Karena hal itu bisa berdampak pada menurunnya semangat ngeblog anda. Bagaimana tidak, orang melihat blog saja merasa malas, apalagi mau membuat artikel?!

Lihat Cara Menghilangkan Gambar Obeng.

Sifat bosan atau jemu itu merupakan salah satu sifat atau karakter yang sudah dari sananya disematkan pada diri manusia, yang tidak mungkin akan bisa di buang darinya. Karena itu manusia menjadi makhluk yang pembosan, makan dengan lauk pauk berupa sayur gulai terus-terusan saja akan merasa bosan, begitu juga dengan hal-hal yang lainnya. Karena itu tercetuslah ide untuk membuat daftar menu makanan sehari-hari, yang tujuannya agar tidak malas makan, sehingga kesehatan tubuh dan stamina akan terus terjaga. Dan lain-lain.


Tips menghilangkan rasa bosan dalam ngeblog


Seorang blogger profesional saat pertama kali terjun ke dunia ngeblog, tentu sudah bertekad akan menjadikan ngeblog sebagai kegiatan rutin yang tidak akan di tinggalkan, walau suatu saat nanti rasa bosan akan melanda dirinya. Untuk itu anda harus mempunyai tips-tips jitu yang bisa menghilangkan perasaan bosan tersebut.


Rasa bosan boleh saja melanda pada diri seorang blogger profesional, tetapi kegiatan ngeblog jangan sampai berhenti. Itulah semboyan yang harus di miliki oleh seorang blogger profesional.


Salah satu cara untuk menghilangkan rasa bosan dalam ngeblog adalah merubah penampilan blog, baik tata letak atau pun warnanya, seperti warna teks judul blog, warna teks judul postingan yang di sebut juga sebagai link postingan, atau pun warna teks postingannya. Dengan perubahan tampilan blog ini di harapkan akan bisa menimbulkan kembali semangat ngeblog anda yang sempat drop. Baca juga Cara Memperbesar Ukuran Font Judul Blog disini.


Untuk merubah warna teks-teks tersebut bisa di lakukan dengan dua cara, yang kedu-keduanya bisa di lakukan secara bersamaan atau salah satunya saja. Silahkan anda pilih cara mana yang akan anda lakukan. Yang pertama melalui fasilitas yang telah di sediakan blogger dan yang kedua melalui pengeditan template.


Perlu anda ketahui bahwa tutorial cara merubah warna teks ini didasarkan pada template sederhana blogger. Jadi kalau template anda bukan menggunakan template sederhana blogger, maka tingkat keberhasilannya tidak beisa di jamin, khususnya untuk cara yang kedua, yaitu merubah warna teks melalui pengeditan template.


Merubah warna teks melalui fasilitas blogger


Merubah warna teks menggunakan fesilitas yang telah disediakan blogger itu tidak sulit. Anda hanya memerlukan beberapa langkah saja untuk melakukannya. Berikut ini langkah-langkahnya:


#Pertama. Masuk ke dashbord blog anda


#Kedua. Pilih menu "Template", lalu klik "Sesuaikan"




#Ketiga. Klik menu "Tingkat Lanjut", lalu pilih sub menu yang berada di sebelahnya. Untuk merubah warna judul blog, pilhlah menu "Judul Blog", kemudian pilih warna yang anda sukai, setelah itu klik tombol "Tetapkan ke blog" yang berada di sebelah kanan atas. Untuk merubah warna teks deskripsi blog, pilihlah menu "Deskripsi Blog", kemudian pilih warnanya seperti di atas. Dan seterusnya.


Hanya saja dalam fasilitas yang di sediakan blogger tersebut saya mengalami kesulitan untuk merubah warna teks judul postingan dan teks postingan saya, sehingga saya tidak bisa merubah warna teks-teksnya. 


Namun anda tidak perlu khawatir, karena pada akhinya saya tetap bisa merubah warna teks-teks itu sesuka hati dan dengan tanpa kesulitan. Hanya saja tidak menggunakan fasilitas yang telah disediakan blogger tersebut, tetapi melalui  cara pengeditan template seperti yang akan saya jelaskan di bawah.


Penting:

Saat anda memilih warna, maka perhatikan juga kodenya, karena kode-kode warna itu nanti akan di gunakan untuk merubah warna teks melalui pengeditan template.

Merubah warna teks melalui pengeditan template


Sudah saya sebutkan di atas bahwa merubah warna teks judul postingan yang di sebut juga dengan link postingan dan teks postingan itu sulit di lakukan melalui fasilitas yang di sediakan oleh blogger, bahkan saya merasa tidak mampu melakukannya. Mungkin itu karena kebodohan saya saja. Tapi syukurlah akhirnya saya bisa melakukannya melalui pengeditan template.


Berikut ini langkah-langkah yang harus di lakukan untuk merubah warna teks judul postingan yang disebut juga dengan link postingan dan merubah warna teks postingan melalui pengeditan jenis template sederhana blogger:


#Pertama. Masuk ke dashbord blog anda


#Kedua. Klik menu "Template", lalu klik "Edit HTML"




#Ketiga. Untuk merubah teks postingan, maka carilah kode berikut ini, agar lebih mudah gunakan tombol ctrl + f:


<Group description="Page Text" selector="body">


#Keempat. Lengkapnya nanti akan seperti ini:


<Group description="Page Text" selector="body">

     <Variable name="body.font" description="Font" type="font"
         default="normal normal 50px Arial, Tahoma, Helvetica, FreeSans, sans-serif" value="normal normal 50px &#39;Trebuchet MS&#39;, Trebuchet, Verdana, sans-serif"/>
     <Variable name="body.text.color" description="Text Color" type="color" default="#ffcccc" value="#ff9900"/>
   </Group>

Keterangan:

Kode warna yang berada setelah kata value yaitu kode #ff9900 yang saya beri warna merah adalah kode untuk warna orange yang saya masukkan untuk mengganti kode warna default dari template "Sederhana" blogger. Kode itulah yang harus anda ganti dengan kode warna yang anda inginkan.

Apabila anda menginginkan teks postingannya berwarna biru tua, maka gantilah kode tersebut dengan kode warna #0000ff ini, sehingga nanti susunannya menjadi seperti berikut ini:


<Variable name="body.text.color" description="Text Color" type="color" default="#ffcccc" value="#ff0000"/>


#Kelima. Untuk merubah teks judul postingan atau disebut juga dengan link postingan, maka setelah anda menemukan kode untuk merubah teks postingan, scroll saja sedikit ke bawah. Nanti anda akan menemukan kode berikut ini:


<Group description="Links" selector=".main-outer">

     <Variable name="link.color" description="Link Color" type="color" default="#00ffff" value="#f4cccc"/>
     <Variable name="link.visited.color" description="Visited Color" type="color" default="#ffff00" value="#ff9900"/>
     <Variable name="link.hover.color" description="Hover Color" type="color" default="#999999" value="#999999"/>
   </Group>

Keterangan:

Kode yang berada setelah kata value yang saya beri warna merah itulah kode yang harus anda ganti dengan kode warna yang anda sukai. Misalnya anda menginginkan linknya berwarna ungu tua, kodenya adalah #9900ff, maka susunannya akan menjadi seperti di bawah ini:
<Variable name="link.color" description="Link Color" type="color" default="#00ffff" value="#9900ff"/>

#Kelima. Klik "Simpan Template'. Itu apabila anda mengedit template secara langsung di editor template blogger, namun apabila anda melakukannya secara offline menggunanakan hp android, maka baca artikel saya yang berjudul Cara Membuat Blog Pakai Android disini.


Demikianlah panduan dan tutorial cara mengganti warna teks yang bisa saya sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat!


Comments
0 Comments