IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi

Jumat, 27 Januari 2017

Cara Menghilangkan Tulisan Beranda



Di awal-awal saya terjun menekuni dunia ngeblog, saya selalu merasa terganggu apabila melihat tampilan halaman blog saya. Kalau saya amati dari atas sampai bawah, rasanya kok masih belum rapih.


Tidak seperti penampilan blog-blog lain milik para profesional yang walaupun isinya padat, tapi terlihat begitu menawan. Saya pun sempat berfikir mungkin itu karena template saya ini template Sederhana gratisan dari blogger, karena itu saya harus menggantinya dengan dengan template karya para bloger profesional. Lihat Cara Ngeblog Pakai Android Agar Irit Kuota Internet.

Tetapi setelah saya fikir-fikir dengan matang, maka saya pun mengabaikan keinginan tersebut dan memantapkan diri untuk terus menggunakan template Srderhana gratisan dari blogger ini, masa sih template buatan blogger ini tidak bisa di rapihkan dan juga tidak seo friendly. Lihat gambar dibawah ini template Sederhana blogger juga bisa bertengger di halaman kedua search engine sejak saya unggah kemarin sampai saat saya mengunggah artikel ini, bahkan salah satu artikel saya langsung bertengger di halaman utama satu hari setelah saya unggah:





Merubah tampilan template sendiri

Kemudian saya segera berusaha untuk merapihkan tampilan blog saya agar bisa berpenampilan lebih menarik dari sebelumnya. Tapi yang namanya pemula, tetap saja masih kebingungan. Dari bagian mana dulu saya harus mulai merapihkannya dan bagaimana caranya? Pertanyaan-pertanyaan itu terus berkecamuk di benak saya dan tidak bisa  saya jawab sampai beberapa waktu.


Hingga akhirnya saya memutuskan, pertama-tama saya harus merapihkan bagian headernya dulu, alasannya ya karena bagian header ini yang akan terlihat terlebih dahulu oleh pengunjung blog sebelum bagian-bagian lainnya. Tetapi pengerjaannya itu pun tidak bisa saya lakukan dengan cepat, karena di samping masih kurang ilmunya, juga karena saya harus sambil terus menulis artikel. Baca Cara Menempatkan Judul Blog Di Tengah.


Alhamdulillah, seiring berjalannya waktu, maka akhirnya perapihan bagian header pun bisa terselesaikan. Tidak begitu menarik sih, masih kalah jauh dari penampilan headernya blog-blog profesional, tetapi bagi saya itu sudah saya anggap lebih bagus dari pada sebelumnya, sudah terlihat rapih. Lihat juga Cara Memperbesar Ukuran Judul Blog.


Setelah itu saya bergerak ke bagian berikutnya, yaitu ke area tempat postingan-postingan blog di tampilkan. Di sini cara merapihkannya tentu lewat cara penulisan artikel yang baik. Dan itu saya anggap tidak sulit. 


Karenanya saya pun langsun bergerak ke bagian bawahnya, yaitu ke bagian footer template. Disini saya dapati beberapa tulisan yang saya anggap sangat menggangu pemandangan, karena menurut saya tulisan-tulisan itu tidak di perlukan keberadaannya di situ, yaitu tulisan Langganan Entri Atom, Posting Lama, dan Beranda.


Tulisan-tulisan itu harus saya buang atau hilangkan dari tempat itu agar daerah itu bisa terlihat lebih rapih dari sebelumnya. Dan tentang inilah tujuan saya membuat artikel ini, walau dalam judul cuma tertulis cara mengilangkan tulisan beranda saja, biar judulnya simpel, tidak terlalu panjang. 


Soalnya ada pakar seo yang bilang kalau membuat judul itu jangan terlalu panjang, katanya. He he he! Mengenai judul ini, silahkan baca artikel saya Cara Custom Permalink. Disana anda akan tahu bagaimana cara membuat judul yang seo (search engine optimization) dan terbaik, agar artikel anda banyak di baca orang. Bukankah itu tujuan kita dalam membuat blog ini? Berbagi adalah sesuatu yang indah, dan rasanya ada kebahagiaan tersendiri apabila hasil karya kita bermanfaat bagi orang banyak.


Cara menghilangkan tulisan beranda, langganan entri atom, dan posting lama


Oke, sekarang kita ke pembahasan utama dalam artikel ini, yaitu cara menghilangkan tulisan beranda, langganan entri atom, dan posting lama  yang ada pada templat Sederhana blogger. Untuk menghilangkan tulisan-tulisan tersebut tidak banyak langkah yang diperlukan, anda hanya perlu melakukan sedikit pengeditan template saja. Eh, maaf salah ngomong. He he he! Tepatnya anda harus menghapus beberapa kode-kode html yang ada di template Sederhana anda. Berikut ini langkah-langkahnya:


#Pertama. Masuk ke dashbord blog anda


#Kedua. Pilih menu template, lalu klik "Edit HTML"




# Ketiga. Cari kode berikut ini, lalu hapus semuanya. Carinya pakai tombol ctrl + f yah, agar cepat ditemukan:

<div class='feed-links'>

<data:feedLinksMsg/>
<b:loop values='data:links' var='f'>
<a class='feed-link' expr:href='data:f.url' expr:type='data:f.mimeType' target='_blank'><data:f.name/> (<data:f.feedType/>)</a>
</b:loop>
</div>

#Keempat. Kemudian untuk menghapus tulisan "Beranda" cari kode berikut, berdasarkan pengalaman saya kode itu ada dua, hapus saja kedua-duanya:


<data:homeMsg/>


#Kelima. Untuk menghapus tulisan "Posting Lama" atau "Older Post" cari kode berikut, satu-satu, lalu hapus:


<data:olderPageTitle/>


<data:newerPageTitle/>


#Keenam. "Simpan Template". Lalu lihat hasilnya di blog anda. Baca Cara Membuat Daftar Isi Blog.


Demikianlah panduan dan tutorial cara menghilangkan tulisan beranda, langganan entri atom, dan posting lama yang bisa saya sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat. Amin!


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: