IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi
Page Hits Counter

Minggu, 29 Januari 2017

Cara Menghilangkan Gambar Obeng



Bagi para pemula yang menggunakan template gratisan blogger saat melihat tampilan halaman beranda blognya, tentu akan melihat tampilan halaman berandanya yang masih kurang bersih dan rapih, karena di dalamnya masih terdapat noda-noda hitam yang menggangu pemandangan. 


Noda-noda hitam itu sebetulnya adalah gambar (ikon) obeng dan tang yang bersilangan, dan gambar itu baru akan terlihat jelas apabila layar android kita di perbesar.




Manfaat gambar obeng dan tang


Gambar (ikon) obeng dan tang itu sebetulnya merupakan alat untuk mempercepat pengeditan widget atau gadget yang di pasang pada sebuah blog. Jadi sebetulnya ini di buat untuk kemudahan para bloger.


Coba anda bandingkan, jika anda berada di halaman home (beranda) blog anda dan anda mau melakukan pengeditan terhadap sebuah gadget yang telah anda pasangkan di blog anda, tapi tanpa menggunakan ikon tersebut, maka langkah yang harus anda lakukan adalah anda harus kembali dulu ke dashbord blog anda, lalu pilih menu tata letak, lalu klik "Edit". Anda memerlukan tiga langkah untuk sampai ke area pengeditan.


Sementera bila anda melakukannya melalui ikon obeng dan tang, maka anda bisa langsung masuk ke area pengeditan cukup dengan satu langkah, yaitu cukup klik ikon tersebut, lebih cepat dua langkah kan. Itulah kegunaan ikon obeng dan tang yang telah di sediakan oleh blogger.com. Baca Cara Membuat Tombol Demo.


Keberadaan dan ketidak beradaan gambar obeng dan tang tidak mempengaruhi seo

Ada yang bilang katanya keberadaan ikon obeng dan tang yang dalam bahasa htmlnya tercatat seperti ini <b:include name='quickedit'/> di halaman sebuah blog akan mengurangi nilai seo dari blog tersebut. Kalau menurut saya sih keberadaannya pada halaman sebuah blog tidak akan mengurangi nilai seonya sama sekali.


Bantahan saya ini bukan asal-asalan dan tanpa dasar loh. Jujur saya beritahukan kepada anda bahwa saya sendiri baru menghilangkan gambar (ikon) obeng dan tang dari blog saya ini kemarin, tepatnya tanggal 28 Januari 2016, bahkan saat saya membuat artikel ini jaraknya belum sampai sehari.


Dan sebelumnya artikel-artikel yang saya buat selalu bertengger di halaman kedua di search engine google setelah satu jam saya posting, bahkan salah satunya pernah bertengger di halaman pertamanya, salah satunya lagi yang berjudul Cara Membuat Blog Pakai Android malah bertengger di urutan pertama pada halaman pertama mesin pencarian (search engine) bing.com. Dan yang terakhir artikel saya yang berjudul Cara Membuat Kotak Pencarian Keren yang baru saja saya posting sekitar 3 jam yang lalu juga bertengger di halaman kedua di mesin pencarian google, padahal saat saya memposting artikel ini ikon obeng dan tang sudah saya hapus dari blog saya. Berikut ini foto-fotonya.









Kalau adanya gambar tersebut berpengaruh terhadap seo, maka secara logika harusnya artikel yang terakhir saya posting itu bisa langsung bertengger di halaman pertama di search engine. Betul kan?! Belum di hapus saja bisa langsung berada di halaman kedua bahkan ada yang pernah langsung berada di halaman pertama stelah beberapa jam saya posting, sudah di hapus juga berada di halaman kedua, mestinya kan langsung di halaman pertama, tapi ini tidak. Itu berarti sama saja kan?!

Jadi keberadaan gambar obeng dan tang atau ketidak beradaannya di sebuah blog itu tidak berpengaruh pada seo sama sekali. Dengan begitu pendapat yang mengatakan keberadaan ikon obeng dan tang di sebuah blog bisa berpengaruh pada seo itu tidak benar. Baca juga Cara Memasang Tombol Share Melayang.


Pertanyaanya adalah kalau begitu untuk apa kita menghapus ikon obeng dan tang yang ada di blog kita, toh keberadaanya dan ketidak beradaannya di sebuah blog itu tidak ada pengaruhnya sama sekali pada seo?


Jawabannya adalah agar halaman blog kita terlihat bersih dan rapih! Setidaknya itu adalah alasan saya kenapa saya singkirkan gambar obeng dan tang dari halaman blog saya. Terus terang saya selalu merasa risih saat melihat noda-noda hitam di halaman blog saya ini, sehingga akhirnya noda-noda tersebut saya buang dari halaman blog saya. Baca juga Cara Menghilangkan Tulisan Beranda.


Enaknya ngeblog pakai android

Perlu anda ketahui bahwa saya ini ngeblognya menggunakan tablet android yang lebar layarnya cuma 8 (delapan) inci, sehingga gambar obeng dan tang itu terlihat bagaikan noda hitam saja, kecuali kalau di perbesar, maka baru nampak jelas jelas bahwa noda hitam itu ternyata ikon obeng dan tang yang bersilangan., tidak tahu deh kalau di komputer.


Tetapi ngeblog pakai android itu lebih enak lho dari pada ngeblog pakai komputer dan laptop, bisa sambil tiduran, bisa di luar rumah dan lain-lain, sehingga kalau ngeblog sampai seharian pun tidak ada keluhan pegal-pegal pada pinggang. He he he!


Beda dengan ngeblog pakai laptop apalagi pakai komputer. Saya nulis pakai laptop dan komputer dua jam saja sudah merasa capai. Ngetik pakai laptop memang masih lebih santai dari pada ngetik pakai komputer, tetapi tetap saja tidak bisa sesantai ngeblog pakai android.


Apa lagi kalau menperhitungkan kuota internat yang di habiskan juga, maka makin jelaslah kelebihan ngeblog pakai android ini. Sekedar sharing saja nih, saya ini sejak dari awal sampai sekarang ngeblognya pakai android, tanpa campur tangan komputer dan laptop sedikit pun, walaupun kedua benda itu saya miliki.


Membuat blog pakai android, mengganti domain pakai android, menulis artikel juga pakai android, pokoknya kegiatan ngeblog saya ini semuanya pakai android. Kuota internetnya juga cukup irit, sejak sekitar tanggal 10 Desember 2016 sampai sekarang, tanggal 28 Januari 2017 saya baru membeli kuota internet sebanyak 6.25 gb, itu pun sampai artikel ini saya posting masih ada sekitar 1 gb-an lagi. Silahkan baca Cara Ngeblog Pakai Android Agar Irit Kuota Internet.


Menghapus gambar obeng dan tang

Oke, kita kembali ke pembahasan utama dalam artikel ini, yaitu mengenai cara menghapus gambar obeng dan tang dari halaman blog kita. Sebetulnya cara menghilangkan gambar tersebut dari blog itu tidak memerlukan banyak langkah, karena anda hanya perlu masuk ke "Edit HTNL" saja, kemudian menghapus beberapa kode yang sama dari template anda.


Setelah itu anda bisa mengecek langsung hasilnya dari blog anda, tetapi perlu anda ketahui bahwa template yang saya pakai adalah template "Sederhana" dari blogger. Berikut ini langkah-langkahnya:


#Pertama. Masuk ke dashbord blogger anda


#Kedua. Pilih menu "Template", lalu klik "Edit HTML"




#Ketiga. Cari kode berikut ini, lalu hapus:

<b:include name='quickedit'/>


#Keempat. Simpan Template, lalu lihat blog anda untuk mengecek hasilnya.


Sekamat mencoba!

Keterangat:

Perlu anda ketahui bahwa kode tersebut jumlahnya cukup banyak, tergantung berapa widget atau gadget yang pernah anda pasang. Jika anda pernah memasang lima gadget dalam blog anda, maka jumlahnya di template ada lima dan seterusnya. Dan gambar obeng dan tang itu akan muncul lagi apabila setelah anda menhapus kode tersebut dari template, anda memasang gadget lagi, walaupun gadget yang anda pasang itu gadget yang sama. Dan untuk menghapusnya anda perlu kembali lagi ke "Edit tenplate". Begitu juga seterusnya. Baca juga Cara Custom Permalink.

Demikianlah panduan dan tutorial cara menghilangkan gambar obeng dan tang dari blog yang bisa saya sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat. Amin!


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: