IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi

Minggu, 15 Januari 2017

Solusi Memperbesar Ukuran Font Judul Blog



Mengotak-atik blog adalah pekerjaan yang amat menyenangkan bagi kebanyakan blogger,

khususnya bagi para pemula. Tujuannya tentu saja tidak lain dan tidak bukan hanyalah untuk memperindah dan mempercantik tampilan blog yang di milikinya. Rasanya ada kepuasan tersendiri apa bila sesuatu yang kita kerjakan bisa berhasil dengan baik. Begitulah kata sebagian orang. He he he!

Memoles judul blog dengan merubah ukuran font dan merubah jenis fontnya


Bentuk template blog itu bisa di gambarkan sebagai bentuk yang mirip dengan manusia. Sebagaimana manusia mempunyai banyak anggota tubuh, yaitu ada kepalanya, ada badannya, ada tangannya, dan ada kakinya, maka blog pun demikian.


Header adalah merupakan kepala blog, body merupakan badannya, sidebar merupakan tangnnya dan footer merupakan kakinya. Blog yang keren adalah blog yang berpenampilan menarik mulai dari kepala sampai kakinya. 


Penilaian itu sama persis dengan penilaian kita terhadap sosok seorang manusia. Dan seperti halnya kita selalu menilai ketampanan atau kecantikan seseorang dari bentuk mukanya dulu, maka kekerenan dan keelokan sebuah blog pun akan di nilai dari bagian headernya dulu. 


Karena itu dalam mempercantik tampilan sebuah blog, harus dimulai dari bagian headernya dulu, setelah itu bagian-bagian lainnya.


Mendandani dan merias judul blog

Untuk mendandani dan merias judul blog, anda di tuntut menimal harus menguasai tiga hal, bahkan lebih. Tanpa kemampuan melakukan tiga hal tersebut, jangan harap anda bisa mendandani dan merias judul blog anda dengan baik. Berikut ini penjelasannya:


#Pertama. Kemampuan merubah posisinya, yaitu kemampuan meletakkannya di sebelah kiri, kemampuan meletakkannya di bagian tengah, dan kemampuan meletakkannya di sebelah kanan template blog yang kita pergunakan.


Karena untuk merubah posisi judul blog itu kemungkinannya cuma bisa di lakukan dalam tiga tempat tersebut, yaitu kiri, tengah, dan kanan dari template blog. Mengenai merubah posisi atau letak judul blog ini silahkan baca Di sini.


#Kedua. Kemampuan merubah ukuran dan jenis fontnya, mulai dari ukuran kecil, ukuran sedang, sampai ukuran besar dan sangat besar, juga mulai dari jenis font Arial, Tahoma, sampai dengan jenis-jenis font lainnya.


Sebab dengan kemampuan merubah ukuran dan jenis font judul blog ini, nantinya kita akan bisa berkreasi untuk memperindah penampilan header blog kita dengan ukuran dan jenis font yang sesuai menurut imajinasi kita, sehingga akan di peroleh hasil yang sangat memuaskan hati kita.


Tanpa kemampuan ini, rasanya mustahil bagi kita untuk bisa mempercantik dan memperindah bagian header di template blog kita dengan hasil yang sangat memuaskan. Baca juga Cara Membuat Tulisan Berjalan Untuk Hiasan Blog.


Pekerjaan merubah ukuran font judul blog ini sebetulnya bukan hal yang sulit untuk di lakukan, karena untuk melakukannya hanya memerlukan beberapa langkah dan ketelitian saja. Saya yakin kalau anda sudah tahu caranya, maka anda akan bisa melakukannya dengan mudah. Mengenai tata cara merubah ukuran dan jenis font judul blog ini akan saya jelaskan secara lengkap di bawah.


#3. Kemampuan merubah jenis warnanya, dari mulai warna merah, warna biru, warna hijau, warna abu-abu, sampai warna-warna yang lainnya.


Kemampuan merubah warna ini sangat di perlukan dalam mendekorasi font judul blog, sehingga nantinya judul blog yang kita buat akan terlihat sangat menarik, manis, dan enak di pandang mata.


Ingat judul blog ini bagaikan wajah bila di ibaratkan dengan manusia. Seperti telah saya katakan di atas bahwa penilaian tampan dan cantikanya seorang manusia itu pertama-tama di lihat dari tampang wajahnya, setelah itu yang lainnya. Begitu juga halnya dengan blog.


Cara merubah ukuran dan jenis font judul blog

Untuk merubah ukuran dan jenis font judul blog ini ada dua cara atau metode. Yang pertama, menggunakan fasilitas yang di sediakan blogger. Dan yang kedua, melalui edit html template blog.


A. Merubah ukuran font judul blog menggunakan fasilitas blogger


Berikut ini langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk merubah ukuran dan jenis font judul blog menggunakan fasilitas yang telah di sediakan oleh blogger:


#Pertama. Masuk ke dashbord blogger


#Kedua. Pilih menu "Template", lalu klik "Sesuaikan"





#Ketiga. Klik menu "Tingkat Lanjut" yang ada di atas halaman blog, kemudian pilih sub menu "Judul Blog". Setelah itu, anda tinggal memilih ukuran dan jenis font yang sesuai dengan keingin anda berikut warnanya. Lalu klik tombol "Terapkan ke blog" yang ada di sebelah kiri atas halaman blog untuk menyimpan penyetelan yang telah anda lakukan.


Hanya saja ukuran font judul blog yang disediakan blogger itu terbatas sampai 80px saja ( ini berdasarkan dashbord blogger yang ada dalam tablet android yang saya pergunakan untuk ngeblog sehari-hari. Kalau di laptop, saya tidak tahu, mungkin bisa lebih dari 80px), sehingga apabila kita menginginkan ukuran font yang lebih besar dari itu, maka kita tidak akan bisa mendapatkannya.


Tetapi anda tidak perlu khawatir, karena saya sudah punya solusi atau pemecahan dari kesulitan ini. Dan itu akan saya beritahukan kepada anda dalam segmen berikutnya di bawah, Sehingga nantinya anda bisa memperbesar ukuran font judul blog anda berkali-kali lipat dari ukuran font terbesar yang di sediakan oleh blogger.


B. Merubah ukuran dan jenis font judul blog melalui edit html


Berikut ini langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk merubah ukuran font judul blog melalui edit html template blog:


#Pertama. Masuk ke dashbord blogger


#Kedua. Pilih menu "Template", lalu tekan tombol "Edit Template"





#Ketiga. Cari kode berikut, agar bisa lebih cepat gunakan tombol Ctrl + f atau bisa langsung di cari secara manual, letaknya tidak jauh kok, yaitu berada dibawah kode /* Variable definitions

   ==================== ini:

<Group description="Blog Title" selector=".header h1">

     <Variable name="header.font" description="Font" type="font"
         default="normal normal 60px Arial, Tahoma, Helvetica, FreeSans, sans-serif" value="normal normal 120px &#39;Trebuchet MS&#39;,Trebuchet,Verdana,sans-serif"/>
     <Variable name="header.text.color" description="Title Color" type="color" default="#3399bb"  value="#666666"/>
   </Group>

#Keempat. Perhatikan tulisan yang berwarna orange, di situ tertulis normal normal 60px dan normal normal 120px. Silahkan anda ganti angkanya, berapa yang sesuai menurut selera anda, khususnya yang kedua, yaitu angka 120px, karena angka yang kedua ini yang berpengaruh.


#Keempat. Klik "Simpan Template". Setelah itu silahkan anda cek hasil kerja anda.


Template blogger sudah seo friendly

Perlu anda ketahui bahwa kode html ini merupakan kode html dari template sederhana yang saya pasang pada blog saya sejak awal saya buat, yaitu pada sekitar bulan Nopember 2016 yang lalu.


Jadi kalau template anda bukan template sederhana, maka saya tidak bisa menjamin akan keberhasilannya. Atau kalau anda bersedia ganti saja template blog anda dengan template sederhana dari blogger.


Template sederhana blogger ini sudah SEO friendly kok. Ini sudah saya buktikan dengan pernah bisa bertenggernya sebuah artikel yang saya buat dalam halaman pertama pencarian google. Dan yang terakhir dua artikel saya yang baru saya posting pada hari Jumat tanggal 13 Januari 2017 kemarin juga mampu bertengger di halaman kedua dalam pencarian di mesin pencarian google.


Dalam pencarian di mesin google seach yang saya lakukan sehari setelah di publish bahkan kurang dari sehari, artikel pertama yang berjudul "Cara Membuat Halaman Tanpa Sidebar" bertengger di urutan ke 7 pada halaman kedua atau berada di urutan ke 17, kalau di hitung secara keseluruhan dari halaman pertama.


Dan dalam pencarian di mesin google seach yang saya lakukan sehari setelah di publish bahkan kurang dari sehari, artikel kedua yang berjudul "Cara Menempatkan Judul Blog Di Tengah" bisa bertengger di urutan ke 10 pada halaman kedua atau berada di urutan ke 20, kalau di hitung secara keseluruhan dari halaman pertama.


Perlu anda ketahui bahwa dalam pencarian di google search itu saya menggunakan hp Samsung Duos yang amat kecil. Berikut ini gambar-gambar dari keberadaan artikel saya di halaman mesin google search tersebut:










Demikianlah pandun dan tutorial tentang memperbesar ukuran font judul blog yang bisa saya sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat. Amin!

Comments
0 Comments