IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi
Page Hits Counter

Rabu, 11 Januari 2017

Cara Membuat Tulisan Berjalan Untuk Hiasan Blog


Membuat tulisan berjalan (running text) untuk hiasan halalaman blog sebenarnya tidak sulit, karena hal itu bisa di lakukan cukup dengan menempatkan beberapa baris kode perintah html saja di dalamnya.


Tulisan berjalan itu bisa anda pasang di tempat mana pun yang anda inginkan dan anda sukai di halaman blog anda, baik di bagian header, footer, body, sidebar atau di bagian lainnya, bahkan bisa anda tempatkan di bagian mana pun di halaman artikel yang anda posting.


Tulisan berjalan (running text) dikenal sebagai marquee (kemah besar), karena untuk membuatnya di halaman blog, perintah yang di gunakan adalah tag marquee, yaitu sebuah kode perintah dari salah satu kode perintah HTML, yang di pergunakan untuk membuat tulisan menjadi bergerak sesuai dengan yang kita inginkan.




Tulisa berjalan ini sangat baik di tempatkan pada halaman blog, karena bisa menarik perhatian para pengunjung blog, sehingga kita bisa menyampaikan sesuatu kepada mereka, baik berupa pesan persahabatan, seperti ucapan selamat datang atau yang lainnya.



Tulisan berjalan tag marquee

Dengan kode html tag marquee ini, kita bisa membuat banyak variasi gerakan, seperti tulisan berjalan dari kiri ke kanan, kebalikannya, yaitu dari kanan ke kiri, hanya sekali berjalan, di ulang-ulang, dari atas ke bawah, dari bawah ke atas, berupa tulisan bergerak mondar mandir secara acak, berupa tulisan dengan di dekorasi, atau pun yang lainnya.

Saya yakin nantinya anda akan bisa berkreasi sendiri sesuai dengan yang anda inginkan, yaitu dengan mengkombinasikan atribut-atributnya beserta kode CSS di dalamnya.



Format kode html tulisan berjalan

Untuk Membuat tulisan berjalan diperlukan Format Kode html dasar, yang nantinya bisa anda tambahkan atribut dan kode CSS di dalamnya agar menghasilkan berbagai macam variasi.

Berikut ini saya sajikan format kode HTML dasar untuk membuat tulisan berjalan, yang kemudian akan dibubuhi atribut sehingga bisa menghasilkan berbagai macam variasi gerak, baik dengan di dekorasi atau tanpa di dekorasi.


Dan dari contoh-contoh itu anda bisa memilih salah satunya untuk anda tempatkan pada halaman blog anda sebagai penghias agar tampilan blog anda lebih keren dan menarik:


<marquee [attribut] >Di sinilah tempat anda menuliskan text bergerak yang ingin anda tampilkan</marquee>



Keterangan:


  • 1. <marquee [attribut] >. Ini adalah tag pembuka marquee dan di dalam tag pembuka inilah atribut ditambahkan.
  • 2. Di sinilah tempat anda menuliskan text bergerak yang ingin anda tampilkan. Tulisan ini yang nantinya akan bergerak sesuai dengan yang anda inginkan dan ini bisa anda ganti dengan tulisan yang anda inginkan.
  • 3. </marquee>. Tag penutup marquee ini merupakan akhiran dari kode html tulisan berjalan.

Atribut ini sifatnya opsional. Artinya tanpa menambahkannya pun tulisan itu sudah bisa bergerak dari arah kanan ke kiri. Jadi boleh ditambahkan, boleh juga tidak. Hanya saja nanti tulisannya akan berupa tulisan yang standar dengan ukuran font normal dan tanpa dekorasi.


Atribut sendiri fungsinya untuk mengatur, mendekorasi atau memvariasikan tulisan berjalan yang anda inginkan tersebut. Jadi dalam kode html tulisan berjalan ini sebetulnya atribut itu sangat di perlukan dan berguna. Ibarat kata pepatah "Tulisan bergerak tanpa atribut" boleh di katakan "Bagaikan sayur tanpa garam". Hambar, tidak enak di makan. He he he!

Lihat juga Cara Custom Permalink Blogger Agar Blog Lebih SEO.


Macam-macam Atribut Tag Marquee

Ada banyak atribut kode HTML untuk tag marquee ini, diantaranya adalah:


  • Scrollday (hari gulir), berupa angka. Atribut ini digunakan untuk mengatur delay (kelambatan) tulisan berjalan dalam milidetik (1/1000 detik), semakin besar angkanya, maka akan semakin lambat gerakannya.
  • Loop (putaran), berupa angka normal, angka -1, dan kata infinite (tidak terbatas). Atribut loop ini digunakan agar tulisan terus berulang sesuai dengan aturan yang kita pilih. Jika yang dimasukan angka, maka tulisan akan bergerak berulang-ulang sesuai dengan angka yang dimasukan. Jika yang dipilih adalah angka -1 (minus satu), maka tidak akan diulang. Dan jika yang dimasukkan kata infinite (tak terbatas), maka akan berulang-ulang terus menerus.
  • Width (lebar), berupa angka persentase. Atribut ini digunakan untuk mengatur lebar tempat tulisan berjalan semakin besar angkanya, maka akan semakin lebar tempatnya.
  • Bgcolor (backgroun color), berupa kata warna dalam bahasa inggris. Atribut ini digunakan untuk memberikan latar atau background pada tulisan bergerak yang anda buat.
  • Title (judul), berupa text. Atribut ini digunakan agar ketika tulisan berjalan di sentuh memakai mouse (mouse over) akan muncul pesan popup.
  • Scrollmount (menggelinding dari gunung), berupa angka. Atribut ini digunakan untuk mengatur kecepatan gerak tulisan, semakin besar angka yang dimasukan maka akan semakin cepat gerakannya
  • Direction (arah), berupa kata left, right, up, dan down. Atribut ini digunakan untuk mengatur ke mana arah gerakan tulisan berjalan. Jika memilih left, maka tulisan akan berjalan ke kiri. Jika memilih right, maka tulisan akan berjalan ke arah kanan. Jika memilih up, maka tulisan akan berjalan ke atas. Dan jika memilih down maka tulisan akan berjalan ke arah bawah.
  • Behavior (perilaku), berupa kata scroll (gulir), slide (peluncuran), alternate (alternatif). Atribut ini digunakan untuk mengatur jenis prilaku gerakannya. Jika ingin teks bergerak sekali, kemudian berhenti dan diulangi lagi, maka pilihlah scroll. Jika menginginkan tulisan bergerak, berhenti dan diulangi lagi dari awal, maka pilihlah slide. Dan jika ingin teks terlihat memantul (bouncing) dari ujung kembali ke ujung, maka pilihlah alternate.
  • Style (gaya), berupa kode css tertentu. Atribut style ini diisi dengan kode css. Jadi anda harus menguasai kode css tertentu untuk menggunakan atribut ini. Kode css sendiri di sini gunanya untuk mendekorasi tampilan text berjalan yang anda inginkan seperti mewarnai text, mewarnai latar belakang tulisan, memilih font, memilih format font tebal miring, dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui atribut untuk tag marquee di atas, maka anda akan dengan mudah membuat text berjalan untuk halaman blog anda dengan berbagai macam variasi sesuai dengan yang anda inginkan.



Format Penulisan Attribut pada Tag Marquee

Mengenai atribut ini, anda bisa memasukannya lebih dari satu dalam tag marquee. Dan jika atribut yang dimasukan lebih dari satu, maka setiap atribut yang satu dengan atribut lainnya harus dipisahkan dengan space, formatnya penulisannya kurang lebih akan seperti berikut ini:

<marquee atribut1='nilai_attr1'  atribut2='nilai_attr2' attribut3='nilai_attr3' attribut_n='nilai_attr_n'>text berjalan</marquee>


Nilai atribut bisa menggunakan kutif tunggal, kutif ganda atau tanpa kutif, huruf besar dan huruf kecil tidak dibedakan.



Cara Membuat Tulisan Berjalan dengan berbagai variasi

Berikut ini saya sajikan beberapa contoh cara membuat tulisan berjalan dengan beberapa variasi yang bisa anda jadikan sebagai acuan untuk berkreasi sendiri:

#Pertama. Tulisan berjalan standar (dari kanan ke kiri)

Kode Html:
<marquee>This is an example of running text</marquee>
Hasil:
This is an example of running text

#Kedua. Tulisan berjalan dari kiri ke kanan dengan efek memantul

Kode HTML:
 <marquee direction='left' behavior='alternate'>Ini adalah tulisan berjalan mondar mandir</marquee>
 Hasil:
Ini adalah tulisan berjalan mondar mandir

#Ketiga. Tulisan Berjalan dari Kanan kekiri

Kode HTML:
<marquee directoion='left'>Ini adalah tulisan berjalan dari kiri ke kanan</marquee>
Hasil:
Ini adalah tulisan berjalan dari kanan kekiri

#Keempat. Tulisan Berjalan dari kiri kekanan dengan efek memantul

Kode HTML:
<marquee direction='right' behavior='alternate'>Tulisan berjalan dari kiri kekanan memantul</marquee>
Hasil:
Tulisan berjalan dari kiri kekanan memantul


#Kelima. Tulisan berjalan dari atas kebawah
Kode HTML:
<marquee direction='down'>Tulisan berjalan dari atas kebawah</marquee>
Hasil:
Tulisan berjalan dari atas kebawah

#Keenam. Tulisan Berjalan dari bawah keatas

Kode HTML:
<marquee direction='up'>Tulisan berjalan dari bawah keatas</marquee>
Hasil:
Tulisan berjalan dari bawah keatas


#Ketujuh. Tulisan berjalan dari kiri kekanan memantul dengan background merah dan warna tulisan putih
Kode HTML:
<marquee behavior='alternate' direction='right' bgcolor='red' style='color:white; font-weight:bold;'>Tulisan berjalan berlatar merah dengan warna tulisan putih</marquee>
Hasil:
Tulisan berjalan berlatar merah dengan warna tulisan putih
ulisan berjalan berdengarnulisan putih
#Kedelapan. Tulisan berjalan dengan gerak acak

Kode HTML:
<center><marquee direction="up" scrollamount="2" align="center" behavior="alternate" width="90%"><marquee direction="right" behavior="alternate">Contoh Tulisan Berjalan</marquee></marquee></center>
Hasil: 


Contoh Tulisan Berjalan


Hal Penting Dalam Pembuatan Tulisan Berjalan

Sebenarnya untuk membuat tulisan berjalan apapun jenis dan variasinya tidaklah sulit. Hal penting yang harus anda lakukan adalah memahami dan menguasai tentang kode HTML untuk membuat tulisan berjalan tersebut, yaitu tag marquee, atribut-atributnya, dan kode-kode CSS, seperti yang sudah disebutkan di atas.

Dengan kepiawaian anda dalam mengkombinasikan atribut dan kode CSS ke dalm kode html tag marquee tersebut, maka anda akan bisa mendapatkan tulisan berjalan yang sesuai dengan keinginan anda. Silahkan sekarang anda bereksperimen sendiri.



Penerapkan tulisan berjalan pada halaman blog anda

Untuk menerapkan atau memasang tulisan berjalan pada halaman blog bukanlah perkara yang sulit. Saya yakin anda akan bisa melakukannya tanpa kesulitan. 

Perlu anda ketahui bahwa untuk menerapkan dan memasang tulisan berjalan ke dalam blog itu ada dua cara, yang pertama menggunakan widget, dan yang kedua melalui editor artikel.



Menggunakan Widget

Untuk memasang kode html tulisan berjalan menggunakan widget blog itu memerlukan beberapa langkah:
#Pertama. Masuk ke dashbord blog anda

#Kedua. Klik menu tata letak (layout), kemudian klik tambahkan gadget, bisa yang ada di bagian header, bisa yang ada di bagian sidebar, ataupun yang ada di bagian footer.


#Ketiga. Pilih widget HTML/Javascript, kemudian pastekan salah satu kode di atas atau kode hasil kreasi anda sendiri ke dalamnya, lalu tekan tombol "Simpan".


Selain dengan cara di atas, bisa juga dengan cara lainnya, yaitu meletakkan kode html tulisan berjalan tersebut pada widget kotak pencarian atau yang lain yang telah anda pasang di blog anda, di gabung jadi satu.


Apabila cara ini yang anda pilih, maka anda tinggal klik tombol "Edit" pada widget tersebut, kemudian pastekan kode html tulisan berjalan yang anda inginkan di atas atau di bawah kode html kotak pencarian atau yang lain, lalu klik "Simpan".



Melalui Artikel

Untuk memasang tulisan berjalan yang hanya akan muncul pada artikel tertentu saja, maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

#Pertama. Anda harus berada di editor artikel atau sedang menulis artikel.


#Kedua. Masuk ke mode HTML, lalu

pastekan salah satu kode HTML tulisan berjalan yang anda kehendaki di atas kode html artikel, atau pada sela-selanya, atau bisa juga dibawahnya, kemudian klik "Simpan"

#Ketiga. Klik "Pratinjau" (preview) untuk melihat hasilnya sebelum dipublish.

Lihat juga Cara Mengganti Blogspot.com Dengan .com Atau Lainnya.

Demikianlah tutorial membuat tulisan berjalan (running text) yang bisa saya sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat. Amin!


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: