IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi

Senin, 16 Januari 2017

Cara Membuat Blog Pakai Android



Dengan hadirnya hp android, maka aktifitas manusia dalam banyak hal jauh lebih mudah dari sebelumnya, bahkan hal-hal yang dulunya tidak bisa di lakukan menggunakan hp, kini bisa di lakukan dengan hp android dengan sangat mudah, termasuk kegiatan ngeblog.


Sebelum era android rasanya hampir mustahil kegiatan ngeblog ini bisa dilakukan menggunakan hp, karena pada waktu itu hp cuma bisa digunakan untuk menelpon, sms, dan hal-hal lain yang sederhana seperti berfoto dan mendengarkan musik.


Kalau dulu orang yang hobi menulis dan mempunyai banyak ide-ide di kepalanya namun tidak punya komputer atau laptop, maka dia tidak bisa menyalurkan hobi dan tidak bisa menuangkan ide-idenya, kecuali dalam lembaran-lembaran kertas yang sangat terbatas. Sungguh sangat membosankan!


Tetapi kini segalanya telah berubah, kini tinggal punya kemauan saja. Kalau kita punya kemauan yang kuat, maka kita bisa segera menyalurkan hobi dan menuangkan ide-ide yang ada di otak kita dengan sangat mudah, yaitu lewat kegiatan ngeblog. Dengan modal hp android di bawah 500 ribuan pun kegiatan itu sudah bisa di lakukan dengan lancar.


Ayo ngeblog pakai hp android


Bagi anda yang mempunyai hobi menulis, ayo salurkan hobi anda lewat kegiatan ngeblog. Segeralah membuat blog di blogger.com, gratis tanpa di pungut biaya sedikit pun, mudah cuma dengan beberapa langkah saja anda sudah bisa mempunyai blog yang di idam-idamkan. Kemudian segera tuangkan semua ide-ide yang ada di benak anda ke dalam blog anda.


Jangan biarkan ide-ide anda itu hanya menumpuk dan mengendap di dasar benak anda, karena bisa jadi sebetulnya ide anda itu sedang di cari dan sangat berguna bagi orang banyak. Lagi pula blog anda itu nantinya bisa di jadikan sarana untuk mencari uang. Dengan begitu kegiatan ngeblog ini juga bisa di jadikan pekerjaan utama anda. Lihat Cara Memasang Menubar.


Bloger berduit


Mungkin bangat banyak orang yang berpendapat bahwa kegiatan ngeblog itu hanya pekerjaan orang yang malas dan hanya buang-buang waktu saja. Karenanya bisa jadi mereka menganggap sepele terhadap orang yang hobi ngeblog ini. Mereka mungkin akan berkata Time is money, jadi gunakanlah waktumu itu untuk cari uang. Itu lebih bermafaat bagimu dan keluarga.


Dari satu sisi mereka benar, tapi dari sisi yang lain mereka salah. Karena sesungguhnya dunia ngeblog itu bukan dunianya orang yang malas-malasan dan pengangguran tanpa penghasilan. Sudah banyak orang yang membuktikan bahwa dirinya bisa mendapat penghasilan tetap yang lumayan besar, bahkan boleh di bilang sangat besar pada setiap bulannya dari kegiatan ngeblog ini.


Saya yakin kalau mereka sudah tahu keadaan yang sebenarnya, maka mereka tidak akan berani menganggap sepele lagi terhadap seorang bloger profesional. Sebab ternyata apa yang mereka kira selama ini adalah salah besar.


Bloger profesional itu bukan pengangguran tanpa penghasilan juga bukan orang yang sengaja membuang-buang waktunya begitu saja. Tapi bloger profesional itu adalah orang yang sengaja meluangkan banyak waktunya untuk menyalurkan hobinya lewat ngeblog untuk bebagi pengetahuan sekaligus mencari nafkah untuk keluarga tercintanya. Kalau demikian apanya yang salah dari seorang bloger?


Namun untuk menjadi seorang bloger yang berhasil itu di perlukan kerja keras yang tidak mengenal lelah secara terus menerus. Kerja keras di sini maksudnya bukan kerja berat yang banyak menguras tenaga dan keringat, tetapi lebih kearah mau berusaha melawan rasa jenuh dan rasa prustasi karena misalnya sudah sekian lama ngeblog kok penghasilan yang di idam-idamkan belum juga diperoleh. Baca Cara Membuat Tombol Demo.


Perlengkapan ngeblog pakai hp android


Untuk bisa melakukan kegiatan ngeblog pakai hp android itu diperlukan dua perlengkapan, yang pertama berupa perlengkapan utama, yaitu berupa hp android atau yang kita kenal juga dengan sebutan smartphone (sebaiknya menggunakan setidaknya yang dualcore) dan yang kedua berupa perlengkapan pendukung, yaitu berupa aplikasi-aplikasi yang bisa membuat kegiatan ngeblog ini berjalan.


Berikut ini saya utarakan kepada anda beberapa aplikasi yang di perlukan dalam kegiatan ngeblog pakai hp android:


#Pertama. Aplikasi "Hacker keybord". Bisa anda instal gratis dari google playstore.




Keybord ini sangat penting dalam mendukung kelancaran ngeblog pakai hp android, sebab di dalamnya ada tombol Ctrl yang akan muncul apa bila di pergunakan dengan posisi hp melebar (tidak berdiri). Tombol ini sangat di perlukan untuk pengeditan template blog.


Sebetulnya cuma tombol ctrl inilah yang di perlukan dari hacker keybord. Seandainya keybord-keybord hp android bawaan pabrik ada tombol ctrlnya, maka anda tidak perlu repot-repot untuk menginstalnya. Ini berdasarkan apa yang ada dalam keybord hp android saya dan beberapa pemilik hp android yang saya kenal.


#Kedua. Aplikasi "WPS Office". Bisa anda instal gratis dari google playstore.




Penggunaan aplkasi WPS Office ini:


A. Untuk menulis artikel lengkap, baik dengan gambar atau tanpa gambar secara offline sampai menjadi konsep yang sudah layak untuk di unggah melalui editor artikel blogger.


Cara mengunggahnya adalah sebagai berikut:


#1. Copy dulu semua konsep artikel yang telah anda buat, kemudian masuk ke dashbord blogger


#2. Pilih menu "Pos", lalu klik "Entri baru"


#3. Pastekan hasil copy ke dalam halaman editor. Kemudia kalau artikelnya sudah anda anggap lengkap dan layak untuk di unggah, maka klik "Publish". Kalau belum, maka klik "Simpan".


Perlu anda ketahui bahwa gambar-gambar yang anda masukkan dalam konsep artikel anda yang ada di WPS Office itu tidak bisa di copy-pastekan ke dalam editor artikel blogger. Untuk memasukannya diperlukan aplikasi lain yang akan saya sebutkan dibawah.


B. Untuk menyimpan file template blog, yang berupa kode html yang sewaktu-waktu di perlukan untuk di edit. Karena menurut pengalaman saya, mengedit html template blog secara langsung di editor template blogger sangat sulit dilakukan pakai hp android, bahkan saya tidak bisa melakukannya.


Solusinya saya simpan dulu file tersebut kedalam WPS Office, lalu saya edit secara offline. Setelah selesai di edit, kemudian saya pasang ke blog. Dengan banyaknya melakukan kegiatan ngeblog secara offline ini, yang diantaranya adalah menulis artikel dan pengeditan template blog, maka kita mendapatkan beberapa keuntungan.


Di antaranya kita bisa melakukan penulisan artikel dan pengeditan template blog dengan lebih tenang dan lebih teliti, karena bisa kita lakukan sambil tiduran dan juga kita bisa mengirit kuota internet kita. Ini yang sangat penting.


Berdasarkan pengalaman, dalam satu bulan saya cuma menghabiskan kuota sekitar 4-5 gb saja. Bukankah itu sangat irit. He he he! Makanya, ayo kita ngeblog pakai hp android. Manfaatkanlah juga hp android dualcore yang anda miliki itu untuk kegiatan ngeblog.


Mengunduh tema (template) dari blog dan memasangkannya kembali ke dalamnya


Mengunduh tema (template) default blogger untuk keperluan pengeditan dan memasangkannya kembali setelah berhasil di edit bukan perkara yang sulit. Saya yakin anda akan bisa melakukannya dengan mudah, karena hal itu bisa anda lakukan dengan beberapa langkah saja dan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.


Cara mengunduh tema (template) default blogger dari blog adalah sebagai berikut:


#1. Masuk dashbord blogger, kemudian klik menu "Tema" (Template)




#2. "Edit HTML", lalu kita salin (copy) semua. Caranya sebagai berikut:

a. Blok semua isi templat dengan cara menekan tombol ctrl + a
b. Salin (copy) semuanya, dengan cara menekan tombol ctrl + c

#3. Masuk ke menu WPS Office, kemudian pilih menu dokumen, lalu tempel (paste)kan hasil salinan tersebut kedalamnya, lalu "Simpan". Setelah itu kita edit, selasai pengeditan sebaiknya jangan langsung di simpan, tetapi pasang dulu ke blog.


Cara memasangkan kembali tema (template) hasil editan ke dalam blog adalah sebagai berikut:


#1. Copy seluruh template hasil editan yang ada di halaman dokumen WPS Office, kemudian masuk ke dashbord blogger


#2. Pilih menu "Tema", lalu klik "Edit HTML"


#3. Hapus semua tema yang ada di halaman editor tema blogger. Kemudian tempel (paste)kan tema hasil copian dari WPS Office tersebut.


#4. Klik "Simpan". Dan lihat hasilnya di blog anda.


Penting:

Seringkali terjadi setelah saya selesai menekan tombol "Simpan Tema" dan berhasil dalam penyimpanannya, kemudian saya tekan tombol "Kembali" untuk keluar dari halaman tersebut muncul peringatan seperti ini:
"Anda masih memiliki perubahan yang belum disimpan dan akan hilang", maka abaikan saja peringatan tersebut dengan cara menekan tombol OKE.

Kalau penyimpanannya tidak berhasil, maka segera teliti ulang template anda, sebab bisa saja terjadi saat anda mengeditnya secara tidak sengaja anda menekan tombol keybord dan ada sebuah huruf yang terketik ke dalamnya, maka hapuslah huruf itu, dialah penyebab kegagalan tersebut.


Atau kegagalan tersebut bisa di sebabkan oleh faktor salah baris, yaitu yang mestinya dalam penyimpanan tema ke WPS Office itu di mulai dari baris pertama, ternyata anda melakukannya dari baris berikutnya, maka betulkan dulu posisi barisnya, kemudian pasangkan.


#Ketiga. Aplikasi "Picasa". Bisa anda instal gratis dari google playstore.




Aplikasi dari google ini di pergunakan untuk menyimpan file-file foto yang akan anda pasang kedalam artikel-artikel yang akan anda posting. Tanpa aplikasi ini anda tidak akan bisa memasang gambar atau foto kedalam postingan anda.


Jadi aplikasi ini memang benar-benar sangat anda butuhkan. Tetapi aplikasi ini tidak bisa di jalankan tanpa tersambung dengan internet, sehingga anda tidak bisa menyimpan file-file gambar dan foto dari galeri foto hp anda secara offline.


Cara mengunggah foto dari galeri fota hp ke picasa adalah sebagai berikut:


#1. Masuk ke galeri foto hp anda, kemudian pilih foto yang akan anda unggah ke picasa


#2. Klik tombol untuk berbagi, kemudian pilih picasa. Kalau di sisi tombol berbagi sudah muncul icon picasa, maka langsung saja klik icon tersebut


#3. Isikan kata atau hurup di atas garis tex yang berada di bagian atas halaman yang muncul setelah menekan tombol icon picasa, lalu klik "Unggah". Selesai.


Cara memasang foto pada artikel yang akan di posting adalah sebagai berikut:


#1. Anda harus berada di halaman editor artikel blogger


#2. Tempatkan kursor (jarum penanda) di tempat dimana gambar akan anda tempatkan, lalu klik icon gambar yang ada di deretan menu navbar


#3. Pilih gambar yang akan anda masukkan kedalam artikel, lalu klik "Add Selected". Selesai.


Itulah sarana-sarana yang di perlukan untuk kegiatan ngeblog sehari-hari. Dengan sarana-sarana tersebut kegiatan ngeblog yang tadinya mustahil di lakukan dengan hp, kini bisa dilakukan dengan mudah pakai hp android dualcore. Sekarang anda tinggal membuat blognya saja, agar anda bisa segera menuangkan ide-ide anda untuk di bagikan kepada orang lain. Siapa tahu ide-ide anda itu sangat di perlukan oleh orang lain. Semoga!


Cara membuat blog gratis di blogger.com pakai hp android


Berikut ini langkah-langkah yang harus anda lakukan dalam membuat blog:


#Pertama. Masuk ke https://www.blogger.com


#Kedua. Login menggunakan akun Google milik sendiri. Jika belum punya, silahkan klik Di sini untuk membuatnya




#Ketiga. Jika sebelumnya belum membuat profil Google+ maka klik “Buat profil Google+” tapi kalau sudah punya, maka langsung ke tahap berikutnya




#Keempat. Klik “Lanjutkan ke Blogger”




#Kelima. Klik “Blog baru” untuk membuat blog baru




#Keenam. Isi detail blog




Keterangan:


Judul 


Kolom judul di isi dengan judul blog yang di inginkan. Terserah mau apa judulnya, tapi sebaiknya yang relevan dengan tema artikel yang nanti akan di buat. 


Jangan khawatir, judul ini sewaktu-waktu bisa diganti dengan tanpa mempengaruhi keadaan blog anda kok. Jadi yang terpenting sekarang ini blognya jadi dulu, walau judulnya masih belum sesuai atau masih kurang sreg dengan hati.


Alamat 


Pada kolom ini harus memasukkan alamat blog yang belum digunakan oleh orang lain, mislanya blogsehat.blogspot.com dan sebagainya. 


Jika alamat yang di pergunakan sudah digunakan oleh orang lain, walau pun itu nama sendiri, maka akan muncul tanda seru [ ] berwarna kuning. 


Jika belum, maka akan muncul tanda centang [    ] berwarna biru. Itu artinya kata yang di masukkan bisa di pergunakan sebagai alamat blog anda.  


Tema (Template)


Tampilan model tema yang ada pada gambar di atas adalah bentuk tampilan blog jika sudah jadi nanti. Untuk sementara, klik saja dulu salah satu model tema "Sederhana", agar proses pembuatan blog ini berjalan lancar.


Tema sederhana blogger ini sudah SEO friendly kok. Ini sudah saya buktikan dengan bisa bertenggernya banyak artikel yang saya buat dalam halaman pertama pada mesin pencarian google search. Beberapa yang lain langsung masuk ke halaman kedua setelah beberapa jam saya posting, dan yang terakhir artikel saya yang berjudul "Solusi Memperbesar Ukuran Font Judul Blog" yang baru saya posting pada hari Minggu tanggal 15 Januari 2017 kemarin juga mampu bertengger di posisi ke 3 pada halaman kedua atau di urutan ke 13 kalau di hitung dari halaman pertama dalam pencarian di mesin pencarian google seach, pada saat itu, saya melakukan pencarian menggunakan hp biasa yang berlayar kecil di mesin pencarian google search tiga jam setelah saya mempostingnya. Berikut ini gambarnya:






#Ketujuh. Klik Buat Blog


Peng-klik-an ini di maksudkan untuk menyimpan semua yang sudah di torehkan tadi.




Selamat!


Blog yang di idam-idamkan sudah jadi. Dan untuk melihat blog yang telah di buat, silahkan klik tombol “Lihat blog”


Sekedar share saja, sampai saat ini saya masih setia menggunakan template sederhana blogger gratisan yang saya pilih pertama kali pada saat saya membuat blog gratisan ini. Hanya saya modifikasi tampilannya sedikit dan saya ganti domain blognya agar bisa lebih serius ngeblog.


Kalau pada saat membuat blog alamatnya adalah www.biribisi.blogspot.com, maka sekarang alamatnya menjadi www.biribisi.com (berbayar)


Jika ingin tahu cara mengganti domain blogspot.com dengan domain lain, seperti .com, .id, .net, atau yang lainnya, maka silahkan klik Disini.


Demikianlah panduan dan tutorial cara membuat blog pakai hp android yang bisa saya sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat. Amin!


Comments
0 Comments