IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi

Jumat, 20 Januari 2017

Cara Memasang Tombol Share Melayang



Ketika saya amati dengan seksama tampilan beranda blog saya dari atas sampai bawah, ternyata didalamnya masih ada sesuatu yang belum sesuai dengan yang saya harapkan. Pandangan mata ini selalu terbentur pada tampilan tombol share yang berada di bawah setiap judul postingan terbaru.


Rasanya dengan tampilan tombol share yang sangat kecil yang berada dibawah setiap judul postingan terbaru itu membuat tampilan halaman beranda secara keseluruhanya menjadi kurang rapih dan kurang menarik, karena hanya terlihat goresan hitam yang memanjang saja. Lihat Cara Membuat Blog Pakai Android.

Pentingnya tombol share untuk blog


Pernah suatu ketika tombol share itu saya tiadakan, namun setelah saya pikir-pikir akan pentingnya fungsi dari sebuah tombol share di dalam blog, maka kemudian saya pasang kembali.




Sebuah tombol share itu harus ada di dalam blog agar artikel-artikel yang ada didalamnya bisa di share dengan mudah ke media sosial yang di inginkan. Siapa tahu sebagian dari teman-teman yang berada di media sosial tersebut ada yang membutuhkan isi dari artikel-artikel blog kita, dengan begitu berarti kita bisa sedikit membantu mereka.

Namun tampilan dari tombol share default blogger ini tidak membuat tampilan halaman beranda blog ini menjadi semakin menarik, tetapi justru malah membuatnya terkesan ngeres (Bahasa Jawa = tidak rapih). Keadaan ini terus mengganggu pikiran saya dan membuat saya selalu berulang-berulang memikirkannya, tapi belum juga mendapatkan solusinya.


Prinsip pemasangan tombol share mengambang

Dalam pemasangan sebuah tombol share pada blog kita itu harus berdasarkan pada prinsip-prinsip sebagai berikut:

#Pertama. Keberadaannya itu harus membuat tampilan halaman blog kita akan menjadi lebih keren dari pada sebelumnya, jangan sampai  justru dengan keberadaan tombol share tersebut tampilan blog kita akan menjadi tidak menarik.

#Kedua. Keberadaannya itu tidak boleh menggangu pengunjung yang membaca artikel blog kita, karena sering sekali saya dapati sebuah blog yang di hiasi dengan tombol share mengambang yang bisa membuat tampilan blog tersebut menarik, namun keberadaanya itu menghalang-halangi tulisan yang sedang di baca oleh pengunjung blognya, sehingga akhirnya si pengunjung itu segera keluar dari blog tersebut.

Semestinya keberadaan tombol share dalam sebuah blog itu bukan hanya membuat tampilan blog akan lebih indah dan menarik dari pada sebelumnya, tetapi juga tidak menghalang-halangi tulisan yang sedang di baca oleh para pengunjung. Baca 

Jadi dalam pemasangan tombol share itu kita jangan hanya membidik sisi keindahannya saja, sementara sisi yang lain yang justru lebih penting malah di tinggalkan. Sehingga keberadaan tombol share itu akan di anggap oleh para pengunjung blog kita sebagai sampah yang perlu di buang. Padahal hal yang paling penting dari sebuah blog itu adalah artikelnya bisa di baca oleh orang yang membutuhkanya, bukan keindahan blognya!

Berdasarkan prinsip-prinsip tersebut, kemudian saya memasang sebuah tombol share melayang yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar dan di tempatkan di sisi kiri atas halaman. Ini dilakukan agar kebaradaan tombol share tersebut tidak menggangu pembaca sama sekali.

Dengan begitu keberadaan tombol share tersebut bukan hanya akan membuat tampilan blog menjadi lebih menarik dari sebelumnya, tetapi juga akan menambah kenyamanan para pengunjung blog kita.

Sehingga dengan keberadaannya di blog kita, trafic pengunjung blog kita akan meningkat dan membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama di dalamnya. Semoga!
Lihat juga Cara Membuat Tulisan Berjalan.

Memasang tombol share melayang

Untuk memasang kotak share melayang ini anda hanya memerlukan beberapa langkah saja yaitu:

#Pertama. Masuk ke dashbord blog anda

#Kedua. Pilih menu template, lalu klik tombol "Edit HTML"

#Ketiga. Cari kode <head>. Bisa anda cari dengan tombol ctrl + f, atau anda gulir saja dari awal template kebawah secara manual, karena keberadaan kode <head> di template sederhana blogger ini ada di bagian atas

#Keempat. Pasang kode berikut ini persis di atas kode <head> tersebut:

&lt;script&gt;
document.write(&#39;&lt;script src=&quot;//sharebutton.net/plugin/sharebutton.php?type=vertical&amp;u=&#39; + encodeURIComponent(document.location.href) + &#39;&quot;&gt;&lt;/scr&#39; + &#39;ipt&gt;&#39;);
&lt;/script&gt

#Kelima. Klik "Simpan Template". Lihatlah blog anda untuk mengetahui hasilnya.

Demikianlah panduan dan tutorial cara memasang tombol share melayang yang bisa saya sajikan untuk anda. Senoga bermanfaat. Amin!

Comments
0 Comments