IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi

Selasa, 31 Januari 2017

Cara Membuat Deskripsi Penelusuran terbaik Ala BiriBisi



Definisi

Deskripsi adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Atau secara ringkas bisa disebutkan bahwa deskripsi adalah uraian.

Sedangkan kata penelusuran itu berasal dari kata telusur yang mempunyai kata kerja menelusuri yang berarti berjalan sepanjang tepi (sungai,  jalan), seperti kata "Dia menelusuri sungai sampai ke hulunya.

Dengan uaraian di atas bisa di simpulkan bahwa "Deskripsi Penelusuran" adalah urain tentang judul konten atau artikel yang di pergunakan untuk menelusri sebuah konten atau artikel yang berada di blog. Kira-kira seperti itulah maksud dari kata deskripsi penelusuran itu. Baca Cara Custom Permalink blogger.


Saat pertama kali saya menekuni dunia bloging ini, sedikitpun saya tidak mengerti tentang blog, ngeblog dan pernik-perniknya, semuanya itu asing bagi saya. Tetapi keinginan untuk memiliki sebuah blog yang katanya bisa dipergunaka untuk berbagi pengetahuan dengan orang lain dan bisa menghasilkan uang itu sangat kuat, sehingga saya berusaha untuk bisa membuatnya sendiri, dan alhamdulillah akhirnya kerja keras itu menghasilkan sebuah blog yang sudah bisa terindek oleh google search engine.




Terus terang saja BiriBisi ini merupakan blog baru yang di buat oleh seorang blogger baru atau pemula, jadi sangat wajar apabila masih banyak kekurangan di sana-sini. Namun saya mempunyai keinginan yang kuat agar blog ini bisa terindek oleh mesin pencarian google.


BiriBisi.Com ini awalnya bernama BiriBisi.blogspot.co.id seperti blog-blog gratisan lain yang dibuat di blogger.com. Nama tersebut menurut saya masih terlalu panjang, masih susah di ingat oleh orang, beda jauh, misalnya dengan nama seach engine "Google.Com yang sangat pendek, sehingga orang akan mudah sekali untuk mengingatnya.


Mengganti domain

Saya yakin sebetulnya domain blogspot.com itu tidak kalah kualitasnya dengan domain-domain lain yang berbayar, karena domain blogspot.com itu milik google. Tetapi alasan terlalu panjang itulah yang mendasari saya bersikeras untuk menggantinya dengan domain lain. 

Pada awalnya saya menginginkan domain .com gratisan. Saya pun segera berselancar untuk mencarinya, tetapi di tengah perjalanan terpikirkan oleh saya bahwa domain .com gratisan itu jangan-jangan kualitasnya lebih rendah, maksudnya ada kemungkinan setelah domain itu kita miliki, kemudian akan mandeg atau di cabut di tengah jalan dan lain-lain.


Kalau itu terjadi, gawatlah. Heh he he! Bagaimana coba kalau blog kita sudah mulai ramai di kunjungi orang, kemudian secara tiba-tiba tidak bisa di akses lagi, maka bisa rugi besar kita. Mengelola blog kan perlu modal, baik modal uang atau pun modal energi, setidaknya biaya untuk membeli komputer atau hp android, kuota internet, tenaga, dan fikiran, kecuali kalau kita bisa mendapatkan kuota internet gratisan secara terus-menerus, mungkin itu bisa mengurangi biaya pengeluaran sehari-harinya.


Karena itu akhirnya saya mencari situs penyedia dan pengelola domain yang bisa di percaya dan berpengalaman. Lihat Cara Mengganti Blogspot.Com dengan domain .com, .id, dan lain-lain disini. Kenapa harus memilih yang berpengalaman dan bisa dipercaya? Untuk pertanyaan ini saya yakin anda sudah mempunyai jawaban sendiri.


Blog belum bisa terindeks oleh mesin pencarian google

Begitu saya selesai membuat blog, maka beberapa jam kemudian saya langsung memposting artikel, lalu beberapa menit berikutnya saya mencoba mengaksesnya, alhamdulillah bisa diakses dengan mudah. Sungguh saat itu saya benar-benar merasa sangat senang, karena ternyata saya telah berhasil membuat blog yang saya idam-idamkan.

Namun beberapa jam kemudian, kebahagiaan itu sirna. Kenapa? Karena setelah saya mencoba mencari artikel yang telah saya posting melalui mesin pencarian google dengan kata kunci judul artikel tersebut tidak bisa di temukan.


Itu terjadi berkelanjutan sampai domain blogspot.com-nya sudah saya ganti dengan .com (berbayar), bukan itu saja, kemudian saya coba mencarinya dengan kata kunci nama blognya, yaitu "biribisi", namun tetap saja tidak bisa di temukan. Akhirnya saya mencoba mencarinya dengan kata kunci biribisi.com, ternyata tidak terindek juga. Lihat Cara Ngeblog Pakai Android Agar Irit kuota Internet.


Cara agar blog bisa terindek mesin pencarian google

Pusing saya memikirkan bagaimana caranya agar blog saya ini bisa terindek oleh mesin pencarian google? Saat itu yang saya fikirkan blog saya dulu, bukan artikel yang saya buat, karena blognya saja belum bisa terindek oleh google apalagi konten-kontennya.

Hingga akhirnya saya memutuskan untuk mengirimkan alamat blog dan artikel-artikel saya yang telah di posting ke mesin pencarian google melalui google webmaster, silakan klik disini untuk submit blog dan artikel anda yang telah anda posting. Alhamdulillah akhinya situs biribisi.com bisa terindeks oleh mesin pencarian googl.com.


Rasanya senang sekali hati saya ini, sebab dengan demikian blog saya ini sudah bisa di akses oleh pengguna internet, baik di akses secara langsung atau pun melalui mesin pencarian google, tetapi artikel-artikelnya belum bisa keluar juga saat di cari melalui google earch engine, mungkin masih kalah bersaing dengan artikel-artikel sejudul dari blog lain.


Deskripsi yang baik akan membantu artikel bisa terindeks oleh mesin pencarian google

Siapa sih yang tidak menginginkan artikelnya bisa muncul saat di cari melalui mesin pencarian google? Mayoritas bloger menginginkannya, termasuk saya, seorang bloger pemula dengan blog baru buatan sendiri yang baru pula. He he he! Apa anda juga menginginkannya?

Artikel bisa terindeks oleh nesin pencarian google itu merupakan hal yang sangat saya idam-idamkan, karena sudah 1 bulan lebih sejak saya membuat blog artikel yang saya posting belum juga ada yang muncul saat saya cari di mesin pencarian google dengan kata kunci judul artikelnya.


Jujur, saya terjun ke dunia bloging ini dari nol besar, dan tanpa bimbingan siapa pun. Awalnya saya hanya tahu dari beca-baca katanya ngeblog itu bisa untuk cari uang dan kebetulan saya  hobi menulis, maka saya pun segera menekuninya. 


Jadi amat wajar kalau sampai sekarang saya masih terus melakukan percobaan-percobaan, termasuk dalam usaha saya agar blog dan artikel saya bisa terindeks oleh mesin pencarian google. Alhamdulillah akhinya setelah 1 bulan 4 hari saya ngeblog ada satu artikel saya yang bisa terindeks oleh mesin pencarian google.


Awalnya saya tidak tahu kenapa artikel saya yang kesembilan ini bisa muncul saat saya cari melalui mesin pencarian google satu jam setelah saya posting. Saya mencoba mencari penyebabnya sambil terus membuat artikel-artikel lain, tetapi belum ketemu juga, malah artikel-artikel berikutnya yang saya posting sampai yang ke empat belas tidak bisa muncul lagi saat saya cari, seprti banyakan artikel saya yang lain.  Baca juga Cara Menhilangkan Gambar Obeng Dan Tang.


Setelah itu saya berhenti sejenak dari kegiatan ngeblog untuk berfikir, mengapa artikel-artikel yang saya buat tidak mau muncul saat saya cari dari mesin pencarian google? Saya sadar blog saya ini baru seumur jagung, dan saya pun baru saja menggelutinya, kayaknya berat sekali untuk bersaing dengan blog-blog milik para blogger profesional yang telah lebih dulu eksis. Keprustasian mulai menghinggapi hati saya, tetapi saya ingin mampu bersaing dengan mereka dan ingin blog saya bisa terus terindeks oleh mesin pencarian google.




Membuat deskripsi penelusuran terbaik ala BiriBisi
Maka saya pun memulai menulis artikel lagi sambil memperbaiki kualitasnya sebisa saya, dengan harapan artikel yang saya buat kali ini bisa terindek oleh mesin pencarian google. Saya juga mencoba untuk memperbaiki deskripsi penelusurannya dan alhamdulillah setelah artikel tersebut saya posting 17 menit kemudian bisa muncul saat saya cari dimesin pencarian google. Lihat Cara Membuat Kotak Pencarian Keren.

Ini adalah sebuah keberhasilan yang patut saya syukuri, ternyat usaha saya ini membuahkan hasil. Dan setelah artikel ini, alhamdulillah artikel-artikel yang saya buat bisa muncul saat saya cari dimesin pencarian google sekitar 17 menitan setelah saya posting. Ada yang lansung di halaman utama, tetapi kebanyakan dihalaman kedua, walau ada juga yang mencul dihalaman ketiga dan kelima.


Mungkin itu tergantung pada kwalitas artikel dan pesaing-pesaingnya. Tapi bagi saya itu tidak jadi masalah selagi masih bisa muncul dibawah halaman10 dari halaman google search engine, walau saya masih terus berusaha agar artikel-artikel saya nantinya bisa bertengger dihalaman utama seperti salah satunya yang bisa berada di halaman utama google search dan satu yang lainnya berada diurutan pertama dihalaman utama mesin pencarian bing.com.


Apa kuncinya? Jawabannya, setelah saya amati ternyata peningkatan kualitas artikel dan deskripsi penelusuran yang menarik, mengandung kata kunci, walau tidak seluruhnya dan tidak lebih dari 150 karakter termasuk tanda baca dan spasi, tetapi yang terbaik adalah maksimal 80 karakter, termasuk tanda baca dan spasi. Baca juga Cara Membuat Daftar Isi Blog.


Selamat mencoba. Good luck!


Demikianlah panduan dan tutorial cara membuat deskripsi penelusuran terbaik ala BiriBisi. Semoga bermanfaat. Amin!


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: