IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi
Page Hits Counter

Rabu, 25 Januari 2017

Cara Membuat Daftar Isi Blog


Definisi daftar isi - BiriBisi
Daftar isi adalah sebuah halaman khusus atau tersendiri yang ada dalam sebuah blog yang berisi catatan judul-judul artikel atau konten yang ada dalamnya,

baik blog yang hanya mempunyai satu label atau pun blog yang mempunyai banyak label.


Sebuah blog yang sudah mempunyai banyak konten tentu sangat membutuhkan akan adanya daftar isi yang selalu di tampilkan dalam bentuk menu di deretan menubar dalam halaman berandanya, agar para pengunjungnya bisa dengan mudah dalam mencari konten-konten yang berada di dalamnya.


Pentingnya daftar isi - BiriBisi
Daftar isi dan kotak pencarian (search box) itu kedua-duanya sangat dibutuhkan kebedadaannya pada sebuah blog. Kedua-duanya bisa saling melengkapi, karena pencarian konten dalam sebuah blog akan lebih efektif apabila si pencari telah mengetahui bahwa konten yang dicarinya tersebut ada di dalamnya.


Dan melalui daftar isi itulah para pengunjung blog akan bisa dengan mudah untuk mengetahui konten-konten yang ada didalamnya dan mereka juga akan bisa mengakses konten-konten tersebut dengan mudah, baik secara langsung dalam daftar isi tersebut atau dilain waktu bisa mengaksesnya melalui kotak pencarian.


Berdasarkan alasan-alsan yang telah saya sampaikan diatas, maka kita tahu bahwa daftar isi itu sangat diperlukan keberadaanya disebuah blog, baik blog yang sudah besar atau pun blog yang nantinya akan menjadi blog yang besar. Siapa sih yang tidak ingin blognya menjadi blog yang besar dan ternama? He he he!

Lihat Cara Ngeblog Pakai Android Agar Irit Kuota Internet

Penempatan daftar isi yang terbaik - BiriBisi
Daftar isi yang telah kita buat harus diletakkan ditempat yang sangat strategis dihalaman beranda atau home blog kita dalam bentuk tombol menu, dan penempatannya yang paling pas secara teori adalah dalam jajaran menubar yaitu sebuah deretan menu yang terketak di bagian header blog.


Mengapa bagian header yang di pilih, bukan yang lainnya? Jawabannya karena bagian tersebut adalah bagian blog yang akan terlihat lebih dahulu oleh mata para pengunjung blog sebelum bagian-bagian yang lainnya.


Memang sih, secara logika kita bisa meletakkannya dibagian yang lain, bebas terserah kita mau ditempatkan dibagian mana saja dihalaman beranda atau home blog kita, tetapi itu tadi, secara teori menharuskan kita untuk meletakkannya di bagian header. Disamping karena alasan-alasan diatas juga penempatannya pada bagian header blog itu karena alasan untuk mempercantik tampilan blog kita.


Coba anda lihat penampilan blog milik para blogger profesional, anda bisa melihat betapa cantiknya penampilan blog-blog mereka dengan deretan menu yang berada dalam menubarnya. Seakan-akan deretan menu tersebut beruoa sebuah kalung yang melingkar dileher seorang perempuan cantik, sehingga membuat tampilan blog mereka menjadi sangat menarik.


Kalau kita belum mampu membuat penampilan blog kita semenarik penampilan blog mereka, ya setidaknya kita harus menjadikan penampilan blog kita terlihat sangat rapih dari atas sampai bawah, agar banyak dan terus dikunjungi oleh para pengguna. Senoga!


Tahapan-tahapan membuat daftar isi - BiriBisi
Dalam pembuatan daftar isi ini tidak membutuhkan banyak tahapan, karena anda hanya dituntut untuk meletakkan script tertentu saja pada bagian mode HTML (bukan mode compose) dihalaman statis dan meletakkannya 
persis dibawah kode html yang akan muncul (ada) secara otomatis saat anda mengklik tombol mode HTML yang ada disisi kiri atas disebelah tombol mode compose pada halaman tersebut. Dan nantinya daftar isi yang anda buat akan ada (muncul) secara otomatis pada saat anda membukanya. Lihat Cara Membuat Tombol Demo Dan Tombol Download

Berikut ini langkah-langkah yang harus anda lakukan dalam pembuatan daftar isi blog:


#Pertama. Masuk kedraf blogger anda


#Kedua. Pilih menu laman, lalu klik "Laman Baru"




#Ketiga. Menulis judul laman di kolom judul yang berada di bagian atas halaman editor laman. Terserah anda mau di beri judul apa, bisa Daftar Isi, bisa Daftar Isi Blog, atau Menurut nama label yang anda buat untuk postingan-postingan anda.

#Keempat. Klik mode "HTML", lalu anda pastekan script berikut ini persis di bawah kode html yang muncul (ada) secara otomatis saat anda mengklik mode HTML pada laman tersebut:


<style>

p.labels a{color: #242424; text-transform: uppercase;font-size: 15px;}
a.post-titles {color: #0000FF;}
ol li{list-style-type:decimal;line-height:25px;}
</style>
<script type="text/javascript" src="http://yourjavascript.com/7366511402/simplesitemap.js"></script>
<script src="http://contohblognih.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=bloggersitemap"></script>

#Kelima. Klik "Publikasikan", kemudian lihat hasilnya diblog anda. Baca Cara Memasang Menubar


Sebagai alternatif, anda bisa mempastekan script berikut ini selain script diatas sebagai penggantinya. Anda bisa memilih mau menggunakan script yang diatas atau yang berikut ini, karena hasilnya akan sama saja:


<style>

p.labels a {
    color: #fff;
    text-transform: uppercase;
    font-size: 15px;
    font-weight: 600;
    border-bottom: 1px solid #ddd;
    display: block;
    padding: 8px;
    background: #555;
}
a.post-titles {color: #0000FF;}
ol li{list-style-type:decimal;line-height:25px;}
.sitemap-link{display:none}
</style>
<script type="text/javascript" src="http://yourjavascript.com/7366511402/simplesitemap.js"></script>
<script src="/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=bloggersitemap"></script>

Demikianlah panduan dan tutorial cara membuat daftar isi blog yang bisa saya sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat. Amin!



Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: