IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi

Senin, 09 Januari 2017

Cara Custom Permalink Blogger Agar Blog Lebih SEO



Definisi permalink


Kata permalink itu merupakan gabungan dari dua kata yang dipendekkan, yaitu kata perma yang merupakan kependekan dari kata permanent yang berarti tetap dan kata link yang berarti tautan.


Jadi Permalink yang sering juga disebut dengan "url" (uniform resource locator) adalah tautan tetap yang di miliki oleh sebuah halaman blog atau situs dan dijadikan referensi oleh
pengguna internet untuk membuka atau mengakses halaman tersebut.
Kenapa link itu disebut dengan link permanent atau tautan tetap? Padahal sejatinya anda bisa saja merubah dan menggantinya kapan saja anda mau.

Jawabannya adalah karena apabila anda merubah dan menggantinya, maka link penggantinya itu akan di anggap oleh mesin pencari sebagai sebuah link dari artikel baru dan akan diberlakukan sebagaimana artikel baru lainnya, walaupun kontennya masih tetap seperti sedia kala.


Dan itu tentunya sangat merugikan bagi pemilik blog, karena para pengunjung artikel tersebut akan kesulitan atau bahkan tidak akan menemukan artikel yang di carinya dengan link yang mereka miliki sebelumnya.





Custom permalink


Custom permalink adalah upaya membuat link sebuah postingan atau artikel yang di posting sesuai dengan keinginan diri kita.


Perlu anda ketahui, pada dasarnya apabila sebuah artikel yang telah diberi judul dan kemudian di posting, maka secara otomatis pihak blogger.com akan langsung membuatkan permalinknya. Namun permalink tersebut terbatas hanya sampai beberapa kata saja.


Dan perlu anda ketahui juga, bahwa dalam pembuatan permalink itu harus menggunakan huruf kecil semua dan setiap spasi yang ada pada judul artikel harus diganti dengan tanda hubung atau dashes (-), underscore (_), atau dot (.),  juga semua tanda baca (punctuation) yang ada di dalamnya harus di buang.


Kecuali yang ini " http://www. dan .html ", karena ia nantinya akan di buat secara otomatis oleh pihak blogger.com sebagai tanda url. Tugas anda dalam custom permalink itu nantinya cuma memasukkan kata saja tanpa embel-embel kata http:// dan .html segala.


Jadi apabila judul yang anda buat ukurannya lebih panjang dari ketentuan pemberian judul secara otomatis yang di berlakukan oleh blogger, maka link judul dari artikel yang anda buat akan terpotong.



Contoh:

Misalnya pada bulan Januari tahun 2017 anda membuat sebuah artikel yang di beri judul sebagai berikut:
Panduan Ngeblog Lengkap Di Blogger.Com Untuk Pemula

Maka Blogger.com secara otomatis akan membuatkan permalinknya sebagai berikut:

http://www.namabloganda/17/01/panduan-ngeblog-lengkap-di-bloggercom.html
Dan itu berarti ada beberapa kata yang di buang.

Itu tentu sangat tidak di inginkan oleh anda. Dan karena alasan ketidak puasan itulah pihak blogger memberi fasilitas khusus pembuatan link permanen secara manual kepada para penggunanya.


Dengan pasilitas tersebut anda bisa membuat link permanent yang sesuai dengan judul artikel yang telah anda buat. Berkaitan dengan contoh di atas, maka dengan fasilitas tersebut anda bisa membuatkan linknya sebagai berikut:

http://www.namabloganda/17/01/panduan-ngeblog-lengkap-di-bloggercom-untuk-pemula.html

Dan jika anda membidik optimasi seo di dalamnya, maka permalink tersebut bisa anda modifikasi sedemikian rupa agar anda bisa memasukkan kata kunci yang anda bidik dalam tiga atau lima kata maksimal untuk seo on page.


Jadi permalink untuk judul diatas akan menjadi kurang lebih seperti berikut ini:

http://www.namabloganda/tahun/bulan/panduan-ngeblog-lengkap-untuk-pemula.htmll

Itulah yang dimaksud dengan custom permalink di blogger.com



Tujuan custom permalink


Selain alasan yang telah disebutkan di atas tujuan custom permalink juga mempunyai beberapa alasan lain, diantaranya adalah:


1. Agar permalink lebih mudah dipahami dan di ingat. Karena semakin mudah dipahami (human friendly)  dan mudah diingat, maka nilai sebuah permalink akan lebih tinggi, baik dimata pengunjung maupun di mata mesin pencari.


2. Untuk Meletakan kata kunci (Keyword) yang dibidik. Karena sebuah permalink itu dapat digunakan untuk mengoptimalkan optimasi seo (search enggine optimization) onpage yang dimiliki oleh sebuah artikel blog.


Brean Dean sebagai salah satu pakar seo pernah menjelaskan dalam artikel blognya tentang seo on page, bahwa salah satu yang harus kita libatkan untuk optimasi seo on page adalah selalu mengupayakan untuk meletakan kata kunci yang dibidik pada permalink dan sebisa mungkin untuk membuat permalink yang simple dan pendek.


3. agar bisa membuat permalink yang lebih pendek dari judul artikelnya.


Quicksprout dalam infografiknya menjelaskan bahwa menurut Matt cutts salah satu faktor optimasi seo on page yang tidak kalah pentingnya adalah membuat permalink sependek dan sesimple mungkin dan usahakan permalink hanya terdiri dari 3 sampai 5 suku kata saja.


Jika kebetulan judul artikel yang anda buat berupa judul long tail keyword, maka jika anda tidak modifikasinya, maka kemungkinan besar permalink yang di generate otomatis oleh blogger bisa jadi hanya memanjang mengikuti text judulnya saja dari awal hingga batas tertentu, sehingga kemungkinan masih ada kata kunci yang tidak di masukkan.


Oleh karena itu jika anda kebetulan ingin melibatkan optimasi seo on page pada permalink artikel tersebut, sebaiknya permalinknya anda modifikasi sedemikian rupa sehingga mengandung kata kunci yang dibidik dan jumlah suku katanya bisa menjadi hanya terdiri dari 3 sampai dengan 5 suku kata saja.


Misalkan anda membuat artikel yang membidik kata kunci optmasi seo on page,  kemudian judul yang anda buat untuk artikel tersebut adalah "Bagaimana Cara Optimasi Seo On Page Yang Benar", maka untuk membuat permalinknya agar dapat mengandung kata kunci yang dibidik, anda setidaknya harus memodifikasinya sehingga struktur url permalink untuk artikel tersebut kurang lebih menjadi http://www.namabloganda/tahun/bulan/seo-on-page.html



Saat yang tepat untuk memodifikasi permalink agar lebih seo


Seperti yang sudah saya singgung di atas, untuk memodifikasi permalink pada blogspot sebenarnya sangat mudah, karena blogger sudah menyediakan fasilitasnya. Akan tetapi pemodifikasian permalink itu sebaiknya di lakukan Pada saat artikel yang anda buat belum di publish.


Sekali anda publish, maka permalink selamanya akan menjadi struktur url permalink dari artikel yang bersangkutan, dan tidak bisa lagi anda ubah.


Berikut ini langkah-langkah untuk memodifikasi permalink:


1. Berada di halaman editor artikel blog dan artikelnya masih belum dipublis.


2. Klik icon menu permalink yang ada di sebelah kanan halaman editor artikel, seperti gambar dibawah ini:




3. Pilih "Tautan permanen khusus", kemudian masukkan kata dari judul artikel yang akan di jadikan struktur url permalink.


4. Klik tombol "Selesai".



Dashes (-), Underscore  _), atau dot (.)


Permalink yang digenerate (di buat secara otomatis) oleh Blogger sejauh yang saya tahu sampai saat ini akan menggunakan tanda dashes untuk memisahkan tiap kata dari judul artikel yang di jadikan permalink, namun ketika menggunakan fasilitas custom permalink, maka kita bisa membuat pemisah antar katanya sesuai dengan yang diinginkan, bisa menggunakan dashes, underscore, ataupun dot.


Yang mana saja yang anda pilih, itu hak prerogatif anda. Tetapi berdasarkan referensi video dari mattcutt yang membahas mengenai Underscores vs dashes dalam url, di ketahui bahwa penggunaan pemisah kata dalam permalink sangat disarankan untuk menggunakan tanda dashes (-), karena dashes dianggap lebih seo friendly jika dibandingkan dengan karakter lainnya.



Tahun dan tanggal


Pengaturan url blogspot memang tidak selengkap dan sedinamis wordpress. Di wordpress kita bisa menentukan format peralink yang beraneka ragam untuk struktur url sesuai dengan yang kita inginkan, salah satunya adalah dengan menghilangkan tanggal dan tahun sehingga lebih pendek dan tentu akan lebih seo friendly, namun khusus blogger sampai saat ini masih belum diberikan keleluasaan untuk memodifikasi format url bawaannya, sehingga struktur url blog berflatform blogger masih mengandung tahun dan tanggal pada setiap url permalinknya. Baca juga Cara Mengganti Blogspot.Com Dengan Domain Lain.


Demikianlah mengenai custom permalink yang saat ini bisa saya sampaikan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda. Amin!



Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: