IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi
Page Hits Counter

Minggu, 01 Januari 2017

Batuk (Batuk Tusis Dan Batuk Rejan)


Batuk Tusis


Batuk Tusis bisa disebabkan oleh rangsang, radang atau pembuntuan jalan-jalan pernafasan oleh lendir, misalnya pada pilek, bronchitis, kinkhoes, dan lain-lain.

Baca juga Obat Perut Mules

Batuk itu ada batuk basah, yaitu batuk yang disertai dengan keluarnya lendir atau riak. Juga ada batuk kering, yaitu kebalikan dari batuk basah. Biasanya penderita batuk kering itu lebih menderita dari pada penderita batuk basah.


Pilihlah resep obarnya dibawah ini:



  • 1. Jeruk nipis yang tua 1 buah diperas dan airnya diaduk dengan kecap manis sebanyak 2 sendok makan. Minum 3 kali sehari 1 sendok makan.








  • 2. Daun sirih 15 helai direbus dengan air 6 cangkir, dibubuhi gula batu secukupnya hingga tersisa 3 cangkir. Minum 3 kali sehari 1 cangkir.



  • 3. Daun sirih 10 helai, Daun tapak liman 5 helai, Kapulaga 3 buah, Cengkeh 20 biji, Kayu manis 2 jari, Gula enau secukupnya. Semua dimasak dengan air 4 gelas hingga tersisa setengahnya. Minum 2 kali sehari 1 gelas.












  • 4. Resep lain, semacam sirup batuk Kapulaga 3 buah, Daun jinten ½ genggam, Kencur 2 jari, Jahe 3 jari, Bawang merah 3 butir, Daun kaki kuda 2 genggam. Semua dimasak dengan air 5 gelas hingga tinggal 2 gelas. Kemudian disaring, diambil airnya, dicampur madu 6 sendok makan. Minum 3 kali sehari 2 sendok makan. (Hanya tahan disimpan sehari semalam).












Penting :

Makan buah mengkudu yang sudah matang dapat meringankan batuk atau mempercepat kesembuhannya. Hentikan merokok, minum es, dan makanan yang berminyak (gorengan).



Pencegahan :

Menjauhi sumber penularan. Setiap percikan batuk, air ludah ataupun dahaknya itu mengandung bakteri-bakteri yang bisa menular melalui udara. Karena itu sangat dianjurkan bagi penderita untuk menutup mulutnya dengan saputangan saat sedang batuk. Baca juga Obat Diabetes.


Batuk Rejan


Batuk rejan (Kinkhoest) ini biasa menyerang anak-anak. Penyebabnya adalah basil yang disebut Haemophilus.


Gejal-gajalanya:


Datangnya serangan selalu sekonyong-konyong ( mendadak ), anak batuk mengkikil, terutama di malam hari dan sering diikuti muntah-muntah sampai wajahnya menjadi kemerah-merahan.


Biasanya dapat sembuh sendiri dalam masa 3-4 bulan dan sesudah itu penderita memperoleh semacam kekebalan atau tidak akan terserang kinkhoest lagi. Resep- resep dibawah ini terutama untuk meringankan rasa sakitnya dan supaya dapat sembuh lebih cepat:



  • 1. Daun kaki kuda yang sudah dibikin bubuk 1 sendok teh diseduh dengan air panas ½ cangkir, diberi gula batu secukupnya, diaduk. Minum 4 kali sehari.




  • 2. Bunga kembang sepatu 3 kuntum dipipis, diberi air masak ½ cangkir, peras, saring. Minum 2 kali sehari.




  • 3. Daun telang 15 helai, Bunga telang 1 kuntum, Pulasari ½ jari, Adas sejumput, Bawang merah 2 butir. Semuanya digiling halus, diberi air masak 1 cangkir, peras, saring. Minum 2 kali sehari.









  • 4. Untuk obat luarnya: Air jeruk nipis 1 sendok makan, Minyak kayu putih 5 tetes, Kapur sirih sejumput. Campur rata semua bahan, lalu diparamkan atau digosokkan didada, punggung, dan leher setiap hendak tidur malam.

Pantangan:


Gula, yang manis-manis, es dan makanan gorengan. Kalau batuknya amat parah, suruh tinggal istirahat di rumah saja. Baca Obat Flu Dan Pilek.


Comments
0 Comments