IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi
Page Hits Counter

Minggu, 27 November 2016

Cara Membuat Blog di Blogger


Kali ini BiriBisi akan memberikan panduan membuat blog dengan platform blogger. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membuatnya:

1. Membuat email Gmail terlebih dahulu.


Jika anda belum punya email Gmail, maka silahkan anda ikuti panduan Cara Membuat Email Gmail. Mengapa demikian? Ya, karena saat kita akan login atau masuk blogger.com, tempat dimana kita akan membuat blog disyaratkan telah memiliki akun email gmail [bukan yang lain, seperti yahoo, hotmail, dan lain-lain].


Akun gmail ini bukan cuma berguna untuk tujuan membuat blog saja, tapi juga berguna untuk keperluan lainnya, seperti untuk mendaftar ke Facebook, upload video di Youtube, dan lain sebagainya. Jadi ada banyak keuntungannya, apabila kita mempunyai akun tersebut.

Bahkan sekarang ini, email bisa dibuat sebagai alat untuk mencari penghasilan dari internet, yaitu dengan cara mengikuti beberapa program periklanan yang memang khusus untuk promosi lewat email.


2.  Masuk ke https://www.blogger.com


Apabila tidak bisa masuk dengan cara klik di atas, maka cukup ketik saja kata blogger di google.com.

Setelah bisa masuk ke blogger.com, anda akan melihat gambar seperti di bawah ini.



Silahkan ketik alamat email anda pada kotak yang bertuliskan Email. Dan ketik kata sandinya pada kotak yang bertuliskan Sandi. Lalu pencet kotak biru yang bertuliskan Masuk. 3. Membuat blog baru
Setelah login atau masuk, kamu akan diarahkan ke halaman seperti yang tertera di bawah, silahkan klik tombol di sebelah kiri yang bertuliskan Blog Baru







4. Beri nama dan alamat
Selanjutnya akan muncul halaman kecil yang di dalamnya terdapat 4 langkah singkat pembuatan blog.




Keterangan:

1. Judul.

Kolom judul di isi dengan judul blog anda. Terserah mau apa saja judulnya, tapi sebaiknya yang relevan dengan tema artikel yang akan anda buat nantinya.  Tapi judul ini nantinya bisa diganti kapan saja anda mau. Jadi yang terpenting sekarang ini blognya jadi dulu, walau judulnya masih be!um sesuai dengan pemikiran anda.  

2. Alamat.
Pada kolom ini anda harus memasukkan alamat blog yang belum digunakan oleh orang lain, mislanya blogsaya.blogspot.com dan sebagainya.

Jika alamat yang anda pergunakan sudah digunakan oleh orang lain, walau pun itu nama anda sendiri, maka akan muncul tanda seru [] berwarna kuning.

Jika belum, maka akan muncul tanda centang [    ] berwarna biru. Itu artinya kata yang anda masukkan bisa di pergunakan sebagai alamat blog anda.

Contoh: 


Judul :  ALBIRIBISI    
Alamat :  www.albiribisi.blogspot.co.id

3. Tema (Template).

Tampilan model tema (template) yang ada pada gambar di atas adalah bentuk tampilan blog anda jika sudah jadi nanti. Untuk sementara, klik saja dulu salah satu model template Sederhana, agar proses pembuatan blog ini berjalan lancar.

Gampang nanti kalau blognya sudah jadi, anda bisa menggantinya dengan yang keren, bahkan dengan yang lebih keren lagi dari karya para blogger yang bisa anda download, bahkan secara cuma-cuma.


Bagi anda yang belum paham cara menggantinya, silahkan baca artikel saya yang berjudul Cara Mengganti Tema (Template) Blog Dan Lain-Lain agar bisa memahami tahapan-tahapannya secara benar, sehingga bisa membuat tampilan blognya bagaikan blog atau web profesional yang berbayar.


4. Klik Buat Blog. 

Ini gunanya untuk menyimpan semua yang sudah anda torehkan tadi.

Selamat! 

Kini blog sederhana anda telah jadi. Dan jika anda telah mengisinya dengan artikel, maka blog anda sudah bisa di akses oleh siapa pun.

Demikianlah cara membuat blog diblogger yang bisa saya sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat. Amin!






Comments
0 Comments